Sabtu, 01 Desember 2012

Cabe dan Manfaatnya

Cabe merupakan salah satu bumbu dasar untuk penyedap rasa masakan, umumnya berwarna merah menyala atau hijau tua. Jika cabe dibelah, maka kita akan menemukan tangkai putih di dalamnya yang mengandung zat capsaicin yang seperti minyak dan menyengat sel-sel pengecap lidah. Zai inilah yang mengakibatkan cabe menjadi pedas dan panas di lidah ketika kita mengkonsumsinya. Tapi zat ini jugalah yang membuat orang ketagihan dan kecanduan saat menyantap makanan.


Namun, dibalik sensasi rasa pedasnya terdapat berjuta manfaat dan kandungan gizi yg belum kita ketahui sebelumnya. Selain berkhasiat untuk meningkatkan nafsu makan juga memiliki manfaat lain untuk tubuh.

Contohnya, pada cabe rawit yang rasa pedasnya luar biasa, ternyata mengandung vitamin C dan betakaroten (provitamin A) yang konon dapat mengalahkan kandungan pada buah-buahan seperti mangga, nanas, papaya atau semangka. Bahkan menurut penelitian, kadar mineralnya, terutama kalsium dan fosfor mengungguli ikan segar. Sebetulnya di antara jenis-jenis cabai lainnya, paprika merah memiliki kandungan vitamin C yang paling tinggi, hingga dua kali lipat.

Selama ini mungkin kita berpikir sumber vitamin c paling utama terdapat pada buah jeruk. Namun banyak sekali penelitian yang membuktikan bahwa kandungan vitamin c terbanyak justru terpadat pada cabai. Bahkan vitamin C pada satu cabai rawit lebih banyak daripada satu buah jeruk. Itu baru satu saja kandungan pada cabai? Apa saja khasiat dan manfaat cabai yang lainnya?


Cabai adalah salah satu jenis makanan yang kaya akan gizi. Cabai rawit memiliki banyak kadar vitamin C dan betakaroten (provitamin A), lebih tinggi daripada buah-buahan seperti jeruk, nanas, mangga, dan semangka. Bahkan kandungan mineral pada cabai rawit, khususnya kalsium dan fosfor, mengalahkan ikan segar. Namun vitamin C cabai hijau lebih kaya dibanding cabai rawit. 

Sifat ini juga terdapat pada paprika merah yang kandungan vitamin C-nya dua kali lipat lebih banyak dari paprika berwarna lain. Kadar betakaroten paprika merah juga lebih tinggi 9 kali lipat dibanding paprika hijau. Bagian dekat kulit paprika terdapat kadar betakaroten paling banyak.

Rasa pedas pada cabai disebabkan oleh zat bernama kapsaisin yang terdapat pada biji cabai. Kapsaisin ini memiliki sifat stomakik, yaitu berfungsi untuk menambah selera makan. Selain itu cabai juga mengandung hormon endorphin yang membuat makanan terasa lebih nikmat. Maka tidak heran, sambal pedas membuat kita ingin makan lebih banyak.


Sementara kadar betakarotennya pun lebih unggul dibandingkan dengan paprika hijau, 9 kali lebih besar. Sebagian besar kandungan betakaroten paprika terkonsentrasi pada bagian di dekat kulit.

Adapun manfaat cabe yang lainnya yaitu :

1. Penyembuh Luka

Jika jari Anda secara tidak sengaja teriris pada saat memasak, pada umumnya Anda akan mencari obat merah untuk menyembuhkannya. Namun walaupun Anda telah member obat merah pada luka, rasa sakit/nyeri tetap saja berasa kuat.

Alternatif obat merah yang tidak hanya mencegah infeksi tapi juga segera meredakan rasa nyeri dan pendarahan sehingga mempercepat proses penyembuhan adalah cabe merah. Caranya, adalah cabe merah dikeringkan kemudian ditumbuk sampai halus.

Setelah itu ditaburkan pada luka-luka. Bubuk cabai tersebut tidak akan membuat perih luka Anda. Justru sebaliknya, cabe akan menghentikan dengan cepat nyeri dan pendarahan yang ada. Ini disebabkan karena adanya zat capsaicin pada cabe merah yang menghilangkan rasa sakit.

2. Pereda Demam Tinggi

Dibandingkan dengan pengobatan konvensional, mengatasi demam tinggi dengan cabe merupakan solusi alternatif yang mudah, murah dan cepat. Tapi yang dugunakan bukan buah cabenya tapi daunnya.

Caranya, pertama ambil segenggam daun cabai rawit, lalu tumbuk sampai halus. Tambahkan 1 sendok minyak selada dan campurkan kedua bahan ini sampai rata. Setelah itu tempelkan ramuan pada ubun-ubun atau dibalurkan pada seluruh badan.

Selimuti badan penderita dengan selimut yang tebal. Tak berapa lama, badan akan mengeluarkan keringat, sehingga panas badan akan menurun dengan cepat.

3. Meredakan pilek dan hidung tersumbat

Karena cabe mengandung zat capsaicin yang dapat mengencerkan lender, sehingga lendir yang tersumbat dalam rongga hidung akan menjadi encer dan keluar. Akibatnya, hidung menjadi tidak tersumbat lagi. Ini berlaku pada sinusitis dan juga batuk berdahak.

4. Mencegah Stroke

Cabe dapat memperkecil risiko terserang stroke, penyumbatan pembuluh darah, impotensi, dan jantung koroner. Karena, dengan mengkonsumsi capsaicin secara rutin darah akan tetap encer dan kerak lemak pada pembuluh darah tidak akan terbentuk. Sehingga, darah akan mengalir dengan lancar. Jadi, cabe juga berkhasiat mengurangi terjadinya penggumpalan darah (trombosis).

5. Meringankan sakit kepala dan nyeri sendi

Pernah dengar kan nasihat kalau pusing, makan yang pedas-pedas? Nasihat itu ada benarnya karena rasa pedas yang ditimbulkan capsaicin dapat menghalangi aktivitas otak ketika menerima sinyak rasa sakit dari pusat sistem saraf. Terhambatnya perjalanan sinyal ini akan mengurangi rasa sakit yang kita derita.

Selain itu cabe berkhasiat juga untuk meredakan migrain

6. Meningkatkan nafsu makan

Karena capsaicin dapat merangsang produksi hormon endorphin, hormon yang mampu membangkitkan rasa nikmat dan kebahagiaan. Sehingga, nafsu makan menjadi bertambah.

7. Menurunkan kadar kolesterol dan sebagai antibiotik alami

8. Memiliki kandungan antioksidan

Yang dapat digunakan untuk mengatasi ketidaksuburan (infertilitas), afrodisiak, dan memperlambat proses penuaan

9. Membuat darah berputar lebih cepat hingga mampu meningkatkan metabolisme.

10. Mencegah perut kembung.

11. Mengatasi Rematik
Caranya:
- Siapkan 15 buah cabai rawit
- 1/2 sendok teh kapur sirih
- 1 buah jeruk nipis
- Giling cabai rawit dan peras jeruk nipis
- Campur semua bahan itu dan aduk rata
- Balurkan pada bagian tubuh yang rematik
- Lakukan rutin sampai sembuh
* Mengatasi Sakit Perut dan Bisul
Caranya:
- Siapkan 15 gram daun muda cabai rawit
- 1/2 sendok teh kapur sirih
- Giling daun cabai dan tambah kapur sirih aduk rata
- Balurkan ramuan pada perut dan bisul
- Lakukan 1 atau 2 kali saja
12. Mengatasi Frostbite (Jari Nyeri karena Kedinginan)
Caranya:
- Siapkan 5 buah cabai rawit segar
- Buang biji cabai nya dan giling sampai halus
- Balurkan ke bagian yang sakit
13. Mengatasi Kaki dan Tangan Lemas
Caranya:
- Siapkan 2 bonggol akar cabai rawit
- 15 pasang cakar ayam
- 60 gr kacang tanah
- 6 butir hungcao
- Potong-potong semua bahan
- Tambahkan air dan arak sama banyaknya sampai semua bahan itu terendam kira-kira 1 cm diatasnya
- Ramuan itu dimasak dengan cara di tim
- Setelah dingin, saring airnya dan minum sehari 2 kali
- Masing-masing setengah dari ramuan tersebut

14. Meningkatkan Vitalitas dan Kebugaran Tubuh
Caranya:
- Siapkan 6 butir cabai jawa yang sudah dicuci bersih
- Tumbuk sampai jadi bubuk
- Ambil pula 3 petai cina kering yang sudah dibuat tepung
- 2 butir kuning telur dan madu
- Campur semua bahan tersebut dan aduk rata
- Minum setiap hari
Selain kebugaran tubuh, dapat meningkatkan gairah seks juga
15. Membersihkan Rahim Setelah Melahirkan
Caranya:
- Cuci 3 gr akar cabai jawa
- Keringkan dan tumbuk sampai jadi bubuk
- Seduh dengan satu cangkir air panas
- Minum tiap hari
* Mengatasi Kejang Perut
Caranya:
- 3 lembar daun cabai jawa dicuci bersih
- Ditumbuk sampai halus
- Seduh dengan segelas air panas
- Diminum hangat-hangat.
16. Mengusir Pegal-Pegal dan Perut Kembung
Caranya:
- Cuci bersih 2 butir cabai jawa
- Satu rimpang lempuyang
- Tumbuk halus
- Oleskan pada bagian tubuh yang terasa pegal ataupun perut yang kembung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comment Using Facebook