Kamis, 03 Januari 2013

Wisata "Kampung".

Tema kali ini, terkesan murah dan kumuh (kampung). Tapi, kalau pembaca penah kesana (Wisata Kampung), mungkin Anda tidak kecewa dan sangat menyenangkan. Bagi pembaca yg ingin mengajak keluarga, sanak family, rekan kerja ataupun tetangga. Tidak ada salahnya mencoba ke "wisata Kampung" berikut ini : 

Jika anda pusing untuk memilih lokasi atau tempat berlibur bersama keluarga. Sekarang tak perlu lagi. Ini dia, Kampung Gajah. Anda bisa uji nyali dengan mencoba permainan out door seperti flying fox, Tornado air, mengendarai ATV motor, bumper boat. Dan jangan lupa, ada juga buggy car, bebek-bebekan, kereta mini dengan jalur mengelilingi area bumper boat, untuk buah hati Anda. Dan masih banyak lagi.

Laper? Jangan khawatir! Berbagai jenis makanan, dari jajanan seperti siomay, batagor, sosis bakar, es lilin, ice jelly sampai resto dengan view pegunungan dan lesehan makanan sunda tersedia di sana. Harganya? Yah, nggak terlalu murah tapi masih reasonable. Kalau sudah puas bermain, kita bisa mampir ke area memetik strawberry yang terpisah di dekat parkiran. Hasil petikan dihargai 60ribu/kg. Overall, Kampung Gajah menawarkan hiburan outdoor yang menarik.

Banyak tempat yang bisa dijelajah di bagian utara Bandung. Selain menawarkan keindahan alam yang masih asri, kawasan Bandung utara juga memiliki banyak tempat wisata yang bisa diulik. Salah satunya adalah Kampung Gajah Wonderland. Kawasan wisata ini berada di Jalan Sersan Bajuri Km 3.8 Bandung.

Kampung Gajah ini mengusung konsep one stop recreation untuk anak dan dewasa. Dengan biaya masuk Rp 25 ribu dan Rp 15 ribu untuk motor, serta tiket terusan Rp 150 ribu untuk hari biasa dan Rp 200 ribu pada akhir pekan, pengunjung dapat menikmati berbagai macam fasilitas dan wahana yang ada di Kampung Gajah.

Di lahan seluas 60 hektare ini, terdapat sekitar 36 wahana yang bisa dijelajah satu per satu. Seperti Formula Kart, Sky View, Cross, Segway, 4D Rider, Delman Royal, Mini ATV, hingga permainan yang memacu adrenalin seperti ATV Adventure, Tubby Slide, Sky Rider, dan lainnya. Area Children Playground dan Rumah Teletubbies juga tersedia bagi pengunjung yang membawa serta anak-anaknya yang masih kecil.

Sebagai one stop recreation, tempat wisata yang berdiri sejak 25 Desember 2010 ini terbilang cukup lengkap. Bagi pecinta kuliner, ada empat macam restoran yang tersaji mulai dari restoran ala Jepang, Western, Asia dan Indonesia. Factory outlet juga disediakan bagi pecinta fesyen yang up to date.

Jauh memandang dari Western Cafe yang ada di bagian depan area Kampung Gajah, pemandangan Bandung sungguh memikat. Bahkan menurut Herman, saat pagi hari yang cerah kita bisa melihat dengan jelas gunung-gunung yang mengelilingi Bandung.

Keindahan lukisan sang maha pencipta juga bisa dinikmati di hampir setiap wahana. Seperti saat kita berada di wahana Sky View. Di wahana yang menawarkan melihat pemandangan Bandung dari ketinggian 25 meter dengan menggunakan balon udara ini hanya satu-satunya di Indonesia. Mata akan dimanjakan dengan pemandangan hamparan pegunungan dan Bandung dari atas lalangin dan merasakan terpaan angin Lembang yang sejuk.

Selain bermain di area Zona Wonderland, Kampung Gajah juga menawarkan Waterboom yang tak kalah seru. Sungguh petualangan yang mengasyikan berada di tempat ini. Selamat berlibur.!


Kampung Daun terletak di daerah Cihideung, di Jl. Sersan Bajuri. Jika Anda menuju Lembang, Anda akan menemukan Terminal Ledeng. Kira-kira di seberang terminal ini, Anda dapat berbelok ke arah kiri untuk menuju Jalan Sersan Bajuri. Jalanan menanjak dan kecil harus dilewati. Anda akan melewati tempat-tempat yang sudah cukup dikenal dan sering dikunjungi di Bandung seperti The Peak, Sapu Lidi dan Kampung Gajah. Kampung Daun sendiri berada di dalam kompleks perumahan yang tergolong mewah. Sepanjang jalan menuju Kampung Daun, lampu-lampu obor di sisi jalan perumahan ini akan menjadi penunjuk jalan.

Jika berkunjung pada malam hari anda akan merasakan suasana yang begitu dingin, Tempat ini memang berada di daerah ketinggian sehingga udara dingin menjadi hal yang wajar terlebih lagi jika hujan. Jadi, untuk Anda yang tidak kuat dengan udara dingin, bisa mengenakan sweater atau jaket agar tidak kedinginan Sebelum memasuki area Kampung Daun, Anda dapat memesan tempat terlebih dahulu. Pada sisi kiri sebelum Anda masuk, pelayan akan menanyakan jumlah orang yang akan masuk. Selanjutnya Anda akan diberi nomor saung tempat Anda dapat bersantap. Saung yang diberikan biasanya berdasarkan jumlah orang karena ukuran saung yang berbeda sehingga kapasitas yang ditampung juga berbeda.

Di bagian depan Kampung Daun, Anda dapat melihat aneka dagangan tempo dulu yang mungkin sering berkeliling di rumah Anda. Misalnya, ada pedagang gulali, dodol, dan kue-kue tradisional. Tak ketinggalan, terdapat congklak yang bisa dimainkan untuk Anda yang rindu permainan ini. Ada juga panggung hiburan dan galeri yang berisi aneka macam pakaian atau souvenir yang bisa dibeli. Untuk panggung hiburan biasanya baru ada ketika malam minggu.

Memasuki Kampung Daun di malam hari, suasana romantis semakin kental. Lampu kuning menyala di sisi-sisi jalan diantara kegelapan malam, jalanan setapak sedikit berkelok dari batu-batu dan saung panggung dari bambu diantara pepohonan. Di saung-saung inilah Anda dapat menikmati makanan dengan suasana santai, Anda akan bersantap secara lesehan. Pada bagian depan saung, terdapat kentongan yang biasa ada di pos ronda di pedesaan. Kentongan ini di gunakan untuk memanggil pelayan. Hehehe unik yah. Untuk sisi-sisinya ditutupi dengan tirai yang diikat pada tiang-tiang bambu. Dengan atap jerami, saung semakin menyatu dengan suasana pedesaan yang ingin ditampilkan.

Saung ini akan menjadi tempat yang menyenangkan untuk bersantap karena disini Anda dapat mendengar gemericik air yang mengalir sambil menghirup udara yang bersih dan segar, memanjakan mata Anda dengan pemadangan yang alami romantis, melihat dinding tebing beserta pepohonan dan lampu-lampu. Ditambah lagi dengan bantal yang ada di saung, bisa-bisa membuat Anda tertidur dibuai sejuknya udara malam.

Sambil menunggu datangnya makanan, Anda dapat berkeliling tempat ini. Semakin memasuki area dalam yang semakin mendaki, Anda dapat melihat air terjun buatan. Walaupun buatan, tetapi Anda dapat merasakan segarnya air, menikmati bebatuan dan melihat derasnya air. Pada bagian atas air terjun ada juga ruangan tempat Anda bersantap. Tempat ini biasanya menjadi tempat favorit bagi pengunjung karena dapat melihat aliran deras air terjun.

Air dari air terjun buatan ini mengalir ke sungai-sungai kecil yang dihubungi jembatan. Banyak pengunjung yang menjadikan tempat ini untuk berfoto. Tak jauh dari jembatan ini terdapat kayu-kayu yang dibakar membentuk api unggun. Beberapa pengunjung senang mendekati api unggun ini untuk menghangatkan tubuh.

Tak hanya mengandalkan suasana, Kampung Daun juga berusaha menyediakan kuliner untuk memuaskan pengunjung. Sebagian besar pilihan merupakan menu makanan Indonesia seperti Nasi Timbel, Nasi Pepes Daun Kemangi Sambal Pete, Nasi Liwet Parahyangan, Rawon, Sop Buntut, Sate, Ayam dan Ikan Goreng dan menu khas Sunda. Nasi Bakar Sambal Belut merupakan menu khas Indonesia yang juga patut dicoba.

Selain makanan Indonesia, ada juga menu dari negara lain seperti Steaks, Pasta atau Pizza. Jika Anda tidak ingin makan berat, ada makanan ringan tradisional seperti Batagor, Surabi, Tahu dan Pisang Goreng serta Colenak. Melengkapi santapan Anda, hidangan penutup Es Goyobod, Es Krim atau Pancake dapat juga dipesan. Suasana pedesaan juga dapat dirasakan dari penyajian makanan dan minuman. Sebagian makanan dan minuman disajikan dalam tempat yang unik. Misalnya nasi bakar yang disajikan di dalam bambu yang sedikit hangus bekas dibakar. Minuman yang diletakkan dalam gelas yang berasal dari batok kelapa ataupun teh hangat yang disajikan di dalam teko kecil dari tanah liat.

Rasa makanan Indonesia lebih banyak digemari pengunjung selain memang rasanya lebih cocok menikmati makanan Indonesia dalam suasana seperti ini. Untuk urusan harga sih yah agak mahal yah. Tapi saya rasa itu sebanding dengan apa yang anda dapatkan disana. Kampung Daun memang akan menjadi tempat bersantap yang menyegarkan. Suasana yang khas pedesaan, tenang, rimbun dan alami juga menjadi tempat wisata yang akan menyegarkan dari kepenatan.Kampung Daun juga cocok jika Anda ingin merasakan menikmati suasana romantis bersama pasangan anda 

Hotel Kampung Sampireun mulai Beroperasi pada bulan Januari 1999 yang mana peresmiannya dilakukan oleh Menteri Pariwisata Seni dan Budaya Bapak Marzuki Usman pada tanggal 4 September 1999.

Kampung Sampireun merupakan sebuah Resort bernuansa Perkampungan Sunda yang berada di ketinggian ± 1.000 meter diatas permukaan laut.

Berlokasi di Kampung Ciparay desa Sukakarya kecamatan Samarang Kabupaten Garut, Jawa Barat dengan luas area ± 3,6 hektar termasuk luas Situ Sampireun (1 Hektar) dengan 7 mata airnya.

Kampung Sampireun memiliki 22 Bungalow terdiri dari 8 unit tipe Kalapalua Suite (Satu kamar tidur & teras), 4 unit tipe Kurjati Suite (Satu kamar tidur, ruang tengah, & teras), 6 unit tipe Waluran Suite (Dua kamar tidur, ruang tengah, & teras), 1 unit tipe Cikuray Suite (Dua kamar tidur, ruang tengah, & teras), 1 unit tipe Papandayan Suite (Dua kamar tidur, ruang tengah, & teras) , dan 1 unit tipe Manglayang (Tiga kamar tidur, ruang tengah, & teras).

Bungalow dirancang dengan ciri khas Rumah Panggung Tatar Sunda Parahyangan. Selain itu Kampung Sampireun memiliki fasilitas: Seruling Bambu Restaurant, Bale Putri Amantie, Waroeng Kopi ala kampung sebagai tempat interaksi Warga Kampung (Tamu dan Karyawan), tradisional Kiara Payung Meeting Room yang menampung hingga 45 orang, Taman Sanghyang Dayu Garden yang dapat dipergunakan sebagai tempat “Dinner Party”, Kolam Renang, dan Taman Sari Royal Heritage Spa yang berdiri pada tahun 2003. Peresmian pembukaan Spa tersebut dilakukan oleh Amelia Vega, Miss Universe 2003. Serta fasilitas Children Playground.

Kampung Sampireun sendiri diambil dari nama Situ yang artinya Danau, dan Sampireun yang dalam bahasa Indonesia berarti Tempat Singgah. Danau ini memiliki sumber mata air yang cukup besar yang masih dimanfaatkan oleh masyarakat setempat untuk mengairi sawah-sawah dan pemandian umum. Di salah satu sudut masih dipertahankan kebun bambu yang menambah nuansa sejuk dan tenang dengan suara gemerisiknya. Tanaman Pinus yang rindang dan sudut-sudut lainnya ditata dengan yang asri dengan tema “Tropical Gardenlust”. Dengan temperatur yang sangat sejuk antara 12°C-18.°C, dan konsep  yang   unik  yaitu “Back To Nature” maka Kampung Sampireun menjadi tempat favorit bagi mereka yang berbulan madu dan untuk meluangkan akhir pekan bagi pribadi-pribadi yang membutuhkan istirahat dari rutinitas sehari-hari di kota besar.

Dengan dilengkapi perahu untuk setiap bungalau, maka tamu yang menginap dapat menikmati nuansa Situ Sampireun ditemani dengan ribuan Ikan Mas yang akan menemani ketika berperahu. Para tamu juga dapat menikmati acara “Calung”, yaitu kesenian tradisional yang dipentaskan setiap sore di deck utama danau. Dan pada malam hari para Tamu akan di “Nina Bobo-kan” oleh alunan Kecapi Suling yang dimainkan langsung oleh grup kesenian Kampung Sampireun. Setelah dinner, ada staff kami yang akan mengelilingi danau dari perahu untuk menyuguhi “Sekoteng”, minuman tradisional Sunda untuk menghangatkan tubuh.

Untuk Tamu yang baru tiba akan dihidangkan “Welcome Drink” berupa “Bajigur” yaitu minuman tradisional yang terbuat dari Santan, Gula Merah, dan Daun Pandan. Dihidangkan hangat, serta panganan kecil berupa Rangginang-Ranggining da keripik. Setelah itu, Tamu akan diantar dari Lobby ke bungalau dengan cara yang unik yaitu dengan menggunakan Perahu atau Rakit.

Salah satu fasilitas di resort ini adalah Taman Sari Royal Heritage Spa. Spa ini memiliki 2 Villa, 2 ruangan standard, 5 therapist, 1 ruang meditasi, 1 ruangan body sauna, jamu bar dan juga kolam renang mini. Diberikan 25% diskon untuk semua treatment paket bagi mereka yang bermalam di Kampung Sampireun (Kecuali sauna dan special promo).

Paket-paket yang ditawarkan pun cukup beragam. Mulai dari Paket Meeting, Paket Outing / Gathering, Paket Makan Siang, Paket Mancing, dan lain lain. Paket yang istimewa di Kampung Sampireun adalah Paket Bulan Madu. Istimewa karena didukung oleh lokasi Resort yang dikelilingi pegunungan, Taman – taman bunga hingga memberikan nuansa Kampung yang kental, asri dan eksotis, jauh dari keramaian kota. Dengan mengambil paket ini, tamu yang berbulan madu akan dimanjakan oleh berbagai servis seperti:
  • Floating Candle light dinner di atas rakit
  • Tretment Spa untuk berdua
  • Photo Couple
  • Special Gift
  • Dan lain sebagainya
Kampung Sampireun akan berusaha agar mereka yang berbulan madu di resort ini akan mendapatkan pengalaman terindah yang mengesankan, dan bagi keluarga atau wisatawan yang datang kami akan  janjikan beribu pengalaman yang indah dan mengesankan yang tidak akan pernah anda temukan di tempat lain selain di Kampung Sampireun.

kawasan seluas 5 hektar yang berada di Desa Malakasari, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, Propinsi Jawa Barat, adalah bekas lokasi penambangan batu yang telah ditinggalkan terbengkalai oleh masyarakat penambang. Dahulu kawasan ini merupakan sebuah Gunung Batu dengan sebutan GUNUNG PANGGUNG. Melalui sentuhan seorang geofisikawan lulusan ITB ( IR. Bambang Suteja ) yang juga seorang master trainer, tempat ini di REKLAMASI menjadi sebuah Kawasan Wisata Edukasi dan Outbound yang sangat asri.

Rusa Totol tidak asing lagi bagi sebagian masyarakat Indonesia terutama yang pernah berkunjung ke Istana Bogor, apalagi bagi penduduk kota Bogor karena telah ditetapkan menjadi fauna identitas Kota tersebut sejak tahun 1995. Untuk masyarakat Bandung dan sekitarnya tidak perlu ke Bogor untuk melihat Rusa Totol, karena hanya sekitar 6 km ke selatan dari pintu tol Buahbatu atau pintu tol Mohamad Toha terdapat penangkaran rusa totol yang juga sebagai kawasan Wisata Alam Edukasi dan Outbound dengan nama Kampung Batu Malakasari. Kawasan wisata ini tepatnya berada di Baleendah Kabupaten Bandung. Penangkaran Rusa Kampung Batu Malakasari terdapat 23 ekor Rusa Totol yang sudah jinak. Rusa totol mempunyai nama latin Axis axis bukanlah fauna asli Indonesia melainkan berasal dari India dan Sri Lanka dalam bahasa Inggris disebut sebagai Chital, Axis Deer, Indian Spotted Deer, satu genus dengan Rusa Bawean (Axis kuhli) yang asli Indonesia. 

Binatang yang lucu dan cantik ini didatangkan oleh Thomas Stanford Raffles, Gubernur Jenderal Inggris pada tahun 1814 untuk menempati halaman Istana Bogor. Di Kampung Batu Malakasari selain rusa totol, juga terdapat fauna lain seperti Marmut dan Kelinci yang lucu-lucu, Kambing Ettawa, Sapi Perah, juga Merak.

Disamping itu pengunjung bisa bermain Panjat dinding dan Flying Fox, naik Rumah Pohon, naik Perahu, bahkan bisa mencoba membajak sawah khas sunda pakai kerbau (Ngawuluku) yang sangat menantang dan mengasyikkan.
Jika lapar jangan khawatir ! karena di kawasan ini terdapat kompleks kuliner yang menyediakan berbagai makanan berat seperti nasi timbel, ayam goreng/bakar, ikan goreng/bakar, mie baso juga makanan ringan serta minuman dingin dan bermacam juice buah. Bahkan pada hari minggu, disini tersedia makanan langka yaitu Gulai TUTUT ! (Keong Sawah)

KEGIATAN WISATA ALAM KAMPUNG BATU MALAKASARI
  • WISATA PELAJAR/STUDENT TOUR. (AGRO WISATA, GEO WISATA, EKOWISATA, dan OUTBOND).
  • FAMILY / CORPORATE GATHERING. (Arisan, Reuni Kecil, Reuni Akbar, Perpisahan, dll.)
  • RESEPSI OUTDOOR / INDOOR.
  • TRAINING ( Outbond Motivation Training, Outbond Management Motivation Training, Achievement Motivation Training, Power Brain / Power of Mind Training, Leadership Training, Smart Camp, dll. ).
  • SEMINAR, MUKTAMAR, dll.
Kegiatan Paket Wisata Pelajar ( Student Tour ), minimal 30 orang :
• Studi Pertanian 
( Pengenalan Aneka Tanaman, Green House, dan Bercocok Tanam )
• Studi Peternakan 
( Pengenalan Ternak Rakyat seperti Unggas, Kelinci, Kambing Perah, dan Sapi Perah)
• Studi Geologi 
( Pengenalan Sejarah Geologi Kampung Batu, dan Bandung Selatan )
• Studi Lingkungan 
( Pengenalan berbagai Ekosistem, Pengenalan tentang Pupuk Organik, 
Praktek membuat Lubang Resapan Biopori )
• Minum Susu Segar / Juice Jambu Merah ( tergantung musim dan persediaan )
• Outbond : 
- Jelajah Gunung Batu
- Jelajah Danau (Naik Perahu)
- Panjat Dinding, dan Flying Fox Lintas Danau 120 meter ( untuk SD kelas 4 ke atas ataupun dewasa )
- Naik Rumah Pohon, Aneka Jembatan Gantung, dan Mini Flyng Fox 
( untuk TK s/d SD kelas 3 )
- Jelajah Pesawahan dan Praktek Bajak Sawah dengan Kerbau
- Ngagogo / Tangkap ikan di kolam ( Ikan dibawa pulang )

BIAYA PAKET WISATA EDUKASI :

1. Untuk PAUD, RA, TK  Rp  75.000 per siswa
2. Untuk SD                       Rp  80.000 per siswa
3. Untuk SLTP                   Rp  90.000 per siswa
4. Untuk SLTA                  Rp 100.000 per siswa 

BONUS :

- Tiket Masuk untuk Guru
- Makan siang untuk siswa
- Makan siang untuk guru (1 guru per 20 siswa peserta)

Keterangan : 
- Setiap kelompok (± 20 siswa) dipandu oleh seorang pembimbing dari KBM.
- Pemesanan paling lambat 2 minggu sebelum kunjungan.
- Pembayaran paling lambat 1 minggu sebelum kunjungan.
- Materi studi Pertanian, Peternakan, Geologi, dan Lingkungan akan berbeda 
untuk setiap tingkatan sekolah.




Tempat Wisata Kota Depok, Jawa Barat

Sebenarnya di Depok selain banyak menyediakan wisata kuliner (sepanjang Margonda dan akses Kelapa Dua), juga banyak tersedia wisata air (waterpark), wisata alam, serta wisata budaya. Beberapa tempat wisata Depok yang perlu Anda kunjungi bersama keluarga.  Banyak terdapat tempat wisata di kota depok yang belum dikembangkan secara maksimal , dan disosialisasikan secara umum , Pariwisata juga merupakan sumber pendapatan suatu daerah dan meningkatankan perekonomian masyarakat secara keseluruhan , apabila dapat dikembang secara maksimal dengan peran serta pemerintah kota maupun masyarakat sekitar tempat wisata.

Berbagai macam tempat wisata yang mempunyai potensi yang baik menunggu para investor dalam bidang wisata yang dapat dikunjungi oleh warga depok maupun para wisata luar kota yang berkunjung di kota depok antara lain:
  • Kampung 99


Kampung 99 Pepohonan, adalah tempat hunian sekaligus wisata bagi keluarga, dibangun dgn konsep yang menyatu dengan alam. Lokasinya 14 km dari tol Fatmawati dengan alamat lengkap, Jl. KH. Muhasan II, Kelurahan Meruyung, Kecamatan Limo, Depok 16515 (seberang Mesjid Kubah Emas Dian Al Mahri), Telp : 021 999 55610, 021 7788 3623.

Jika jenuh dengan suasana perkotaan, Kampung 99 Pepohonan atau Kampung Rusa dapat menjadi tujuan wisata keluarga Anda. Mengusung konsep menyatu dengan alam, Anda dapat mengadakan acara khusus, seperti outbound untuk anak atau dewasa, arisan, family gathering, ulang tahun, menginap di rumah kayu, memancing, atau hanya untuk menikmati udara segar tanpa terganggu oleh bisingnya suara dan polusi asap kendaraan, serta makan makanan sehat di resto alami.

Nama 99 sendiri berawal dari kisah unik yang terjadi ketika ada kunjungan Taman Kanak-kanak dari Jakarta sedang mengadakan wisata outbound dan pengenalan terhadap lingkungan di kampung itu. Rencananya acara itu akan diikuti oleh 100 anak. Akan tetapi satu orang tidak hadir, maka bibit pohon gmelina yang ditanam hanya 99 batang. Itulah asal mula nama tersebut. Sedangkan nama Kampung Rusa berasal dari salah satu hewan yang dipelihara, yaitu rusa jenis Timorensis.

Meskipun begitu, di sini juga terdapat kambing Etawa, sapi, kerbau, tupai, burung, dan ayam mutiara. Beragam macam pohon pun ada, seperti Pohon Maja, Trembesi, Jati Putih, Rengas, Kemang, Karet, dan masih banyak lagi pohon langka lainnya. Banyak kegiatan edukatif bertema lingkungan yang menghibur bisa dilakukan, antara lain mengenal tumbuhan, menanam pohon, memanen padi dan sayur-mayur, memberi makan ternak, memandikan kerbau, dan membajak sawah. Anak-anak juga bisa mencoba membuat roti tradisional dan modern, memasak sayur dan lauk bersama. Bahkan beberapa permainan outbound seperti flying fox, spider web, dan naik sampan di sungai juga bisa dilakukan. Ini bisa membuat liburan Anda bersama keluarga semakin ceria.

Ada binatang Rusa jenis Timorensis, Kambing Etawa, Sapi, Kerbau, tupai, burung, dll. Beragam macam pohon pun ada, seperti Pohon Maja, Trembesi, Jati Putih, Rengas, Mahoni, Kemang, Karet,dan masih banyak pohon2 langka lainnya, karena hampir setiap hari selalu ada pohon yg ditanami. Disini juga tersedia yoghurt strawberry, carcade (teh arab), susu kambing jahe. Menu makanan dan minuman yg dijual sifatnya alami dan hasil dari kebun sendiri. Memasak pun memanfaatkan bahan yang ada seperti kayu bakar.

Bagi rekan2 yang mau mengadakan acara khusus u/ keluarga, seperti outbound u/ anak atau dewasa, arisan, family gathering, ulang tahun, menginap di rumah kayu, memancing, atau hanya u/ menikmati udara yang segar tanpa terganggu oleh bisingnya suara kendaraan, polusi asap kendaraan, makan di resto alam silakan berkunjung ke Kampung 99 Pepohonan.
  • Masjid Kubah Emas


Masjid Dian Al Mahri dikenal juga dengan nama Masjid Kubah Emas adalah sebuah masjid yang dibangun di tepi jalan Raya Meruyung-Cinere di Kecamatan Limo, Depok. Masjid ini selain sebagai menjadi tempat ibadah salat bagi umat muslim sehari-hari, kompleks masjid ini juga menjadi kawasan wisata keluarga dan menarik perhatian banyak orang karena kubah-kubahnya yang dibuat dari emas. Selain itu karena luasnya area yang ada dan bebas diakses untuk umum, sehingga tempat ini sering menjadi tujuan liburan keluarga atau hanya sekedar dijadikan tempat beristirahat. Masjid jadi tempat wisata? Apa yang menarik dari masjid itu dan mengapa sering dikunjungi banyak orang? Keistimewaan Kubah Emas terletak pada kubahnya yang memang dibuat dari emas. Meskipun begitu belum ada yang mencoba mengambil emasnya tuh.

Dibangun oleh Hj. Dian Djuriah Maimun Al Rasyid, pengusaha asal Banten. Dibangun sejak tahun 2001-2006, dan diresmikan tanggal 31 Desember 2006, bertepatan Idul Adha, mesjid ini dibuka untuk umum. Dibangun di atas lahan 50 hektar, luas masjid sekitar 8000 meter persegi dapat menampung sekitar 20.000 jemaah. Selain bangungan masjid yang konon termegah se Asia Tenggara. Anda dan keluarga bisa menikmati keteduhan pohon-pohon dan taman yang ditata apik untuk tempat bersantai dan makan bersama keluarga. Bagi Anda yang suka foto-foto, banyak objek foto dan tempat yang bagus untuk latar foto Anda bersama keluarga. Salah satu bangunan Masjid yg dianggap megah khas Timur Tengah,  yang ada di kota Depok, Jawa Barat adalah Masjid Dian Al-Mahri atau yg lebih dikenal di kalangan wisatawan lokal maupun luar negeri dg nama Masjid Kubah Emas.

Keunikan Masjid Kubah Emas
Dikenal dg nama Masjid Kubah Emas karena Masjid Dian Al Mahri ini memiliki 5 kubah yg dilapisi dengan emas murni setebal 2 hingga 3 milimeter dan mozail kristal. 1 kubah utama berukuran besar yg menyerupai arsitektur Kubah Taj Mahal, dg diameter bawah 16 meter, diameter tengah 20 meter, dan tinggi 25 meter.  4 Kubah lainnya memiliki diameter bawah 6 meter, tengah 7 meter, dan tinggi 8 meter.
Keunikan lainnya, lapisan emas murni tidak hanya terdapat pada 5 buah kubah, tapi juga pada relief hiasan di atas tempat imam yg terbuat dari emas 18 karat. Begitu juga pagar di lantai dua dan hiasan kaligrafi di langit-langit masjid. Sedangkan mahkota pilar masjid yang berjumlah 168 buah berlapis bahan prado atau sisa emas. Masjid Kubah Emas juga memiliki 6 menara masing-masing setinggi 40 meter.

Secara umum, arsitektur Masjid mengikuti tipologi arsitektur masjid di Timur Tengah dengan ciri kubah, minaret (menara), halaman dalam (plaza), dan penggunaan detail atau hiasan dekoratif dengan elemen geometris dan obelisk, untuk memperkuat ciri keislaman para arsitekturnya. Ciri lainnya adalah gerbang masuk berupa portal dan hiasan geometris serta obelisk sebagai ornamen.
Dengan keunikannya tersebut, Masjid Kubah Emas dianggap sebagai masjid indah termegah di Asia Tenggara saat ini.

Alamat Lokasi Masjid Dian Al-Mahri
Masjid ini terletak di Jalan Meruyung Kecamatan Limo Kota Depok, Jawa Barat.  Hampir setiap hari khususnya pada hari-hari libur seperti hari minggu, masjid ini dikunjungi oleh para wisatan lokal sejabodetabek.
Peta Rute Masjid Kubah Emas
  • Dari arah Terminal Depok dengan menggunakan kendaraan pribadi dapat mengambil jalan menuju arah Kecamatan Sawangan hingga sampai di pertigaan Parung Bingung. Kemudian berbelok ke kanan ke arah Kecamatan Cinere, menempuh jarak sekitar 3-4 km menuju lokasi masjid.
  • Dari Terminal Kota Depok dengan menggunakan kendaraan umum menaiki kendaraan angkutan kota (angkot) nomor 03 dan turun di pertigaan Parung Bingung. Dilanjutkan menggunakan jasa transfortasi motor Ojek dg jarak tempuh sekitar 7 km.
  • Dari Terminal Lebak Bulus atau Terminal Pondok Labu di Jakarta Selatan, dapat kendaraan  angkutan kota (angkot) bernomor 102 dan turun di pertigaan Parung Bingung, kemudian belok kanan menuju arah lokasi masjid.
Sejarah Masjid Kubah Emas
Dibangun oleh seorang pengusaha asal Banten yang bernama Hj. Dian Djuriah Maimun Al Rasyid, di sebuah kawasan seluas 50 hektar (50.000 M2) di tahun 2001 dan selesai pada tahun 2006.   Kemudian masjid ini dibuka untuk umum pada tanggal 31 Desember 2006, bertepatan dengan Idul Adha yang kedua kalinya pada tahun itu. Posisi Masjid berada di atas area luas tanah  sebesar 60 x 120 meter atau sekitar 8000 meter persegi.
  • Taman Wisata Pasir Putih



Terletak di Jl Raya Pasir Putih, Depok, Jawa Barat. Posisinya terletak di belakang perumahan Sawangan Permai, Tugu Sawangan, Depok. Di sini terdapat berbagai macam arena permainan yang menarik, seperti waterpark, playground, flying fox, ATV dan masih banyak lagi. Taman ini merupakan tempat wisata yang cocok untuk anak-anak karena selain waterpark juga ada arena outbond.

Untuk tiket masuk, Senin-Kamis seharga Rp 12.000 untuk dewasa dan Rp 10.000 untuk anak-anak. Sedangkan hari Sabtu-Minggu dan hari libur, tiketnya seharga Rp 15.000 untuk dewasa dan Rp 12.000 untuk anak-anak. Tempat wisata ini tutup pada hari Jumat, akan tetapi dibuka jika bertepatan dengan hari libur nasional.

Disini banyak aneka wahana permainan seru untuk anak-anak dan orang dewasa juga bisa berenang dan basah-basahan. Jauh dari pusat keramaian dan melalui jalan kampung akan terasa suasana yang berbeda. Ada tiga waterpark yang cukup luas dan aneka wahana di kolam mulai dari tong tumpah, air mancur, dan seluncur.

Puas basah-basahan, ada beberapa tempat makan dan warung makan untuk mengisi perut Anda. Ada juga penyewaan tikar seharga Rp 10.000 bagi Anda yang ingin bersantai di bawah pohon yang rindang. Untuk permainan flying fox orang dewasa dikenai seharga Rp 20 ribu dan Rp 15 ribu untuk anak-anak. Ada juga aneka permainan dan wahana lainnya, seperti trampolin, bungy trampolin, ATV, pemancingan, taman bermain, hingga bungalow. Taman Wisata Pasir Putih juga menampung berbagai jenis acara untuk family gathering.
  • Godong Ijo


Address :Jl. Cinangka Raya KM 10 No. 60 Serua Bojongsari, Sawangan Depok, Jawa Barat 16517 (Arah Ciputat ke Parung ada di kanan jalan, sekitar 2.6km sesudah perempatan Gaplek atau 3.6km sebelum Lap. Golf Sawangan). Phone :021-74710678/ 021 – 741-3334 , 0858 8383 9999 & 0813-83765977 (Jane). Fax :(021) 741-3334. Opening hours :Setiap hari pukul 09.00-17.00 (hari kerja) & pukul 09.00 18.00 ( hari Minggu/libur ).

Dengan lahan seluas 2,5 ha, Godongijo adalah sebuah nursery atau tempat pembibitan tanaman hias yang juga dilengkapi dengan kolam pemancingan ikan dan rumah makan. Tidak hanya sbg tempat pembibitan tanaman, tempat ini juga cocok untuk wisata keluarga yang menginginkan kedekatan dengan alam tanpa harus pergi jauh ke luar kota.  Godongijo Nursery memiliki fasilitas lapangan yang cukup luas untuk anak-anak berlarian, selain itu mereka juga bisa melihat satwa unik dan berkegiatan memancing bersama keluarga. 

Godong ijo menawarkan banyak pilihan bagi pengunjung. Diantaranya; Young Greeners, dirancang untuk menghibur sekaligus merangsang anak-anak supaya lebih peduli terhadap lingkungan. Dalam progam ini, terdapat pertunjukan Life Opera dengan tema Stop Global Warming, Fast Learning Camp (Kemah Belajar Super Cepat) perpaduan acara Mind Map, Super Memory, Succesful Learning Strategies, Brain Gymnastic, Brain Games, Outbond Games, Planting Class, dan Reptile Corner.

Tak hanya untuk anak-anak, Godong Ijo menawarkan program untuk keluarga dan perusahaan. Sebut saja Company Gathering Package dan Family Gathering Package, yaitu penawaran yang memberikan program “play, green, and smart” karena terdapat berbagai jenis permainan yang mendidik dengan memperkenalkan berbagai jenis tanaman hias dan satwa langka koleksi khusus Godongijo. Selain itu juga ditambahkan tata cara dasar penanaman dan perawatan tanaman hias. Objek wisata peraih prestasi Amazing Garden se-Asia Tenggara  ini juga mempunyai tanaman obat atau apotik hidup yang langka di pasaran, seperti koleksi terbaru dari Adenium Collection yang ditambahkan pada tahun 2010-2011.

Bila Anda lelah dengan berbagai tanaman dan beraktivitas, Anda dapat bersantai di Botanical Café, di mana Anda dapat menyantap hidangan ala Indonesia dan Thailand sambil menikmati teduhnya alam.

Memasuki cafe ini, Anda akan dibuat serasa memasuki "hutan", karena cafe ini didesain dengan konsep "hutan di tengah kota". Berbagai macam fasilitas seperti taman asri yang ditanami pepohonan langka yang telah berusia puluhan tahun akan memberikan kesan Hutan Alami, dilengkapi dengan Kolam Ikan Koi, Kolam Ikan Alligator, Kolam Ikan Arapaima Gigas (Fresh Water Mammal) akan menyegarkan pikiran Anda dari kesibukan sehari-hari.

Anda dapat melihat dan berinteraksi dengan satwa-satwa unik koleksi Godong Ijo, seperti Kura — Kura Raksasa terbesar di dunia, Ular Raksasa terbesar di dunia dan Ular Phyton Albino. Kehadiran satwa-satwa ini selalu menarik perhatian para pengunjung, khususnya anak-anak Cafe Godong Ijo juga menyediakan tempat bermain anak yang luas dapat menampung 300-an anak sehingga meraka dapat bermain dengan bebas disini.

Untuk Anda yang gemar memancing terdapat Danau Pemancingan yang dilengkapi saung dan rakit. Sebagai salah satu sarana menambah pengetahuan anak, Anda dapat memperkenalkan Miniatur Ekosistem dan Fishing for Kids.

Ada 2 sistem pemancingan yang ditawarkan. Yang pertama sistem Fun Fishing, pengunjung dapat memancing dengan sistem kiloan dan hasil pancing dapat dimasak ditempat di bakar, goreng atau dijadikan sop ikan yang lezat. Bagi penggila mancing (mania mancing) dapat pula memancing system jackpot dimana pengunjung akan mendapatkan jackpot bila berhasil menangkap ikan jackpot (syarat dan ketentuan berlaku).

Cafe ini dilengkapi dengan meja "Round Table" yang terbuat dari kayu jati pilihan yang telah berusia ratusan tahun dan juga kursi dan furniture yang antik dan elegan. Kesan mewah sangat terasa di cafe ini sehingga sangat cocok untuk berbagai acara seperti menjamu relasi bisnis, jamuan karyawan perusahaan (company gathering), meeting (dilengkapi screen, OHP, microphone), menjamu tamu kehormatan, kumpul keluarga (family gathering), arisan keluarga, acara ulang tahun, halal bihalal, maupun hanya untuk sekedar menghabiskan waktu istimewa bersama keluarga.

Bagi Anda yang harus berinteraksi dengan dunia maya, fasilitas Free Hot Spot dapat dinikmati dengan bebas di cafe ini.

Menu Khas Godongijo.
Siapa yang tidak kenal "Sayur Asem", pastilah semua orang sudah pernah mencoba sayur asem tetapi sayur asem khas Godong Ijo ini sangat unik dan nikmat karena dicampur dengan "Kecombrang" dan juga dapat dipilih tambahan isi udang, daging sapi atau tuna yang semuanya sama — sama lezat. Ditemani dengan sambal "Kecombrang" yang unik dan segar yang menggugah selera, aneka makanan khas sunda yang tersaji menjadi lebih menggoda. Inilah yang membedakan cafe ini dengan cafe lainnya.

Ikan Gurame adalah salah satu menu andalan di cafe ini. Ikan gurame dapat disajikan dengan cara digoreng tepung panir ala Thailand ditemani sambal Thailand, Gurame Pecak atau Gurame bakar. Selain ikan Gurame, da pula ikan Patin, Mas, Lele yang dapat dipilih untuk disajikan dengan cara dibakar, digoreng atau asam manis.

Jangan lupa untuk mencoba menu Bebek Peking Bumbu Bali Kacang Mede, dan Bebek Peking Kalasan. Menu seafood yang wajib dicoba adalah Udang Asam Manis dan Udang Telor Asin yang menjadi menu favorit pengunjung karena keunikan rasanya dan yang pasti harganya tidak berat dikantong. Menu yang tak kalah menariknya yaitu aneka Masakan Thailand, mulai dari Nasi Goreng Thailand (Ayam, Udang, Ebi), Tom Yum (Sop Ayam, Udang Thailand), Ayam Kacang Mede ala Thailand (Kai Phad Phed Mamuang) hingga panganan ringan ala Thailand yaitu Singkong Thailand (Munchium) dan berbagai minuman Thailand (Thailand Tea, Thailand Coffee. Cendol Mutiara Thailand). Jenis sayuran lain yang tersedia adalah Cah Kangkung, Cah Pok Coy, Pecel Semarang dan lalapan.

Suasana bersantap akan terasa menyegarkan karena Anda sapat bersantap di saung saung di tepi danau yang nyaman. Suasana Danau Pemancingan dengan nuansa taman yang asri akan menambah kepuasan pengunjung.

Berkunjung ke Godong Ijo bersama keluarga maupun para sahabat akan menjadi pengalaman wisata yang menyenangkan. Suasana yang asri, fasilitas yang lengkap, makanan yang lezat dan pelayanan yang ramah akan menjadikan tempat menjadi tempat favorit untuk bersantai.

Harga makanan: Rp 8.000 - Rp. 55.000
Harga minuman: Rp 3.000 - Rp 12.000
Buka: Setiap hari
Senin - Jum’at pukul 09.00 - 17.00 WIB
Sabtu - Minggu / Hari Besar pukul 09.00 - 17.00 WIB
  • Depok Fantasi Water Park


Nah, water park lain yang juga bisa Anda jajal ketika liburan tiba adalah Depok Fantasy Water Park di Depok, Jawa Barat. Water park ini menarik karena dibangun dengan mengambil teman "Cerita 1.001 Malam". Depok Fantasy Water Park ini memang paling cocok buat keluarga muda yang memiliki anak kecil. Selain memang desainnya unik dan sangat menghibur karena banyak pancuran air, pasti anak-anak suka. Air di kolam pun rendah, hanya selutut orang dewasa.

Di sebelah kanan pojok, ada kolom renang khusus untuk orang dewasa. Tapi ukurannya kecil jadi ketika waktu libur, sulit rasanya bisa berenang bebas disana. Paling cuma basah-basahi badan. Biasanya orang tua yang ikut berbasah basah karena ikut nemani anaknya berenang. Serta main air di pancuran.

Sama seperti water park lain yang memiliki ciri khas, Depok Fantasy Water Park juga punya ciri, yaitu bentuk bangunan yang mirip istana di padang pasir. Selain itu, ikon Depok Fantasy juga terpampang di bagian depan bangunan, seperti Aladdin dan Putri Jasmine.

"Water park ini yang terbesar di depok sampai saat ini," kata Staf Promosi Depok Fantasy Water Park, Maival kepada detikTravel, Minggu (9/9).

Masuk ke dalam, ada 4 jenis wahana, yaitu Jasmine Pool, kolam olympic, dan Kiddy Pool. Yang terakhir adalah wahana air yang paling difavoritkan anak-anak.

Depok Fantasy Water Park juga menyediakan flying fox setinggi 50 meter untuk segala umur. Tempat bermain air ini biasanya ramai saat pagi dan sore hari, sedangkan siang sepi karena udara yang panas.

Tertarik datang? Pengunjung bisa datang pada hari Senin-Jumat adalah Rp 28.000/orang. Harga akan sedikit melambung pada hari Sabtu yaitu jadi Rp 40.000 per orang. Sedangkan pada hari Minggu dan libur nasional, harga menjadi Rp 50.000 per orang. Jam buka mulai dari pukul 09.00-18.00 WIB.
  • Taman Bunga Wiladatika cibubur Depok


Masyarakat mengenal taman seluas ± 32 hektar ini sebagai Taman Bunga Cibubur. Di dalam taman ini terdapat pula Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pramuka Nasional (Pusdiklatnas), Olah raga dan gedung pertemuan.

Presiden Soeharto meresmikan taman yang terletak di seberang Bumi Perkemahan pada tahun 1980. Tujuan dari taman ini sebagai tempat rekreasi dan sarana menggali dana untuk membiayai kegiatan Pramuka.

Di dalam taman ini terdapat fasilitas outbond, kolam renang, tenis, dan penginapan yang menampung 500 orang. Lapangan Gajah Mada yang berada dalam area ini biasa dipakai untuk Upacara HUT Gerakan Pramuka 14 Agustus dengan Pembina Upacara Presiden. 

Fasilitas :
  • Gedung Olah Raga
  • Lapangan Tenis
  • Kolam Renang
  • Saung di Taman
  • Outbond
  • Bola Gelo
  • Dream Zpne
  • Sepeda Sehat
  • Becak Mini
  • Penginapan
  • Ruang Pertemuan
  • Ruang Resepsi
  • Ruang Penataran
  • Klinik Umum dan Gigi
  • Scout Shop
  • Madu Pramuka
Kantor Taman Rekreasi Wiladatika : Jl. Jambore I, Cibubur-Jakarta 13720
Telp. (021) 8731859-8730415-8730934-8731858, Fax. 8731857
Email : wiladatika_cibubur@yahoo.com

Lokasinya yang strategis, membuat Taman Bunga Cibubur menjadi alternatif lokasi liburan yang tepat. Hal utama yang menjadikan Taman Bunga sebagai tempat berlibur adalah karena sekarang ini sudah ada Wahana Outbound untuk anak2 di Taman Bunga Wiladatika Cibubur.

Harga Tiket masuk sebesar 5 ribu perak per orang dan per kendaraan relatif cukup murah untuk menikmati keindahan taman bunga.Tiket Outbond dikenakan sebesar 10 ribu perak per orang. Kegiatan Outbond adalah kegiatan untuk anak2 yang bermanfaat untuk melatih fisik, daya tahan, dan keberanian anak. untuk mencoba wahana outbond diberbagai tempat wisata. Kegiatan Outbond ini tidak akan membosankan, karena di sekitar tempat outbond anda akan di suguhkan oleh pemandangan yg indah..tidak hanya itu.. di sana juga ada kolam renang yamg cukup luas dan nyaman..tarif masuknya RP.5000..kalo hari libur RP.10.000…

fasilitas yg sering di gunakan adalah gedung pandan sari…gedung ini biasanya di gunakan untuk acara pernikahan…pasti anda tidak akan bosan..karena ada cibubur junction di seberang taman bunga…di sana anda bisa belanja dan bersantap makanan yang lezat…

Beberapa alternatif transportasi ke Taman Wiladatika/Cibubur Junction.
  • Kendaraan pribadi
Bagi rekan-rekan yang berkendaraan pribadi, dari manapun berada tinggal menuju arah pintu Tol Cibubur. Setelah itu mencari keberadaan Cibubur Junction Mall.
Khusus dari Bandung:
Lewat tol “cipularang” sebelum Bekasi ada tol yang menuju ke Bogor yaitu JORR (Jakarta Oto Ring Route). Setelah dari tol tersebut belok ke arah “Bogor” lalu akan masuk Jagorawi dan keluar di pintu tol Cibubur!!. selanjutnya lihat peta ke arah Wiladatika Cibubur atau Cibubur Junction.
  • Taksi
Tinggal ngasih tau pak supir taksi untuk ke Cibubur Junction, Insya Allah dia tau. Kalau dia belum tau, minta dia mengarahkan kendaraan ke pintu tol Cibubur. Setelah itu, jangan malu bertanya ke orang di jalan untuk memastikan keberadaan Cibubur Junction.
NB: Supaya harga argo gak melambung, pilihlah taxi dengan ”tarif lama” merk Express (putih dengan neon Kuning), Putra (biru), Koperasi (Hijau).
  • Kendaraan Umum lainnya:
Dari manapun Anda, bisa menuju 3 tempat dibawah ini yang biasa dilalui bis atau angkutan umum dari luar kota:
a. UKI (Universitas Kristen Indonesia)
Dari UKI naik metromini (3/4) jurusan Cileungsi, turun di Cibubur Junction.
Bisa jadi alternatif pemberhentian untuk rekan-rekan dari Bogor.

b. Terminal Kampung Rambutan
Dari Kampung Rambutan naik angkot carry biru (121), turun di depan gerbang Taman Wiladatika atau di depan Cibubur Junction.
Bisa jadi alternatif pemberhentian untuk rekan-rekan dari
Bandara Soekarno Hatta (Cengkareng) dengan sebelumnya naik DAMRI ke Kampung Rambutan.
Stasiun Jati Negara (jadi mending turun di Jati Negara aja, kalau dari Gambir agak jauh), dengan naik angkot ke arah Kampung Rambutan.
Dari Depok, sebelumnya naik 112 dari margonda atau terminal Depok.

c. Pasar Rebo/Kiwi (jalan Raya Bogor)
Dari Pasar Rebo atau Kiwi bisa naik angkot Kijang Merah (T. 16), turun di depan Cibubur Junction.
Cocok untuk rekan-rekan dari Depok, yang dah bosen diatas angkot 112. Ini alternatif, sebelum sampai di Kampung Rambutan.

Rute Khusus:
Dari Pasar Cisalak atau Radar Auri atau Giant Cimanggis, bisa naik angkot Carry biru (79). Turun di depan gerbang taman Wiladatika.
Ini juga bisa jadi alternatif dari Depok: dari Margonda naik D11/112 sampai Pal, trus naik 42 ke arah Cibinong. Turun di Radar Auri atau Giant Cimanggis.
Tapi angkot 79 jumlahnya terbatas. Butuh kesabaran dalam menanti.semoga info nya bermanfaat:-)
  • zidane water park /outing


Lokasi berada di perbatasan antara kelurahan pasir putih dan kelurahan bedahan dapat di tempuh melalui jalan raya pasir putih dari margonda anda melalui jalan raya sawangan sampai bertemu pertigaan jalan limo kubah mas ambil kiri jalan muchtar raya setelah bertemu pom bensin sekitar 200 meter ada gerbang perumahan BSI anda bisa melalui jalan perumahan tersebut atau melalui pertigaan setelah gerbang perumahan BSI , ambil lurus menuju jalan raya sawangan permai , sampai bertemu jalan pasir putih terus sampai bertemu dengan pertigaan belok kanan jalan kekupu . menuju pondok zidane bedahan atau untuk yang tidak bawa kendaraan bisa naik angkot no 28 , disarankan membawa kendaraan sendiri.
Fasilitas: Pondokan ,Saung Bambu, Rumah Tingkat,saung panjang Aulan , Paket Outbound , Kolam Renang Umum , Taman bermain .Buka jam : 08.00 s/d 16.00
Check in 13.00 Check out jam 12.00 ( 23 Jam )

Lokasi : Jl. Raya Bengkok Rt. 03/04 Kp. Perigi Kel. Bedahan Kec Sawangan Depok. Phone : Atn: Fahmi 021.99143564 , 0251.8611063

Rabu, 02 Januari 2013

Air mata (Menangis).


"air mata telah jatuh membasahi bumi tak kan sanggup menghapus gelisah, penyesalan yg kini ada jadi tak berarti karna waktu yg bengis terus pergi menangislah bila harus menangis karena kita semua manusia. Manusia bisa terluka manusia pasti menangis dan manusia pun bisa mengambil hikmah dibalik segala duka tersimpan hikmah yg bisa kita petik pelajaran dibalik segala suka tersimpan hikmah yg kan mungkin bisa jadi cobaan" 
Kalimat diatas, mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Yup's, itu adalah salah satu tembang andalan dari Dewa 19 "air mata". Tapi, artikel kali ini, bukan ngebahas tentang lagu ataupun Dewa 19. Kali ini, yg akan dibahas adalah "air mata" atau "menangis".

Setiap orang tentu saja pernah menangis dalam hidupnya. Dari sejak kita terlahir di dunia, kita sudah merasakan air mata keluar dari mata.

Menangis merupakan ekspresi emosi ketika seseorang merasa tersakiti baik mental maupun fisik, atau bahkan saat seseorang merasa sangat bahagia.

Berbagai penelitian seputar menangis membuahkan delapan fakta unik, diantaranya :
  • Rasa Marah Akan Hilang Setelah Menangis. Sekitar 85 persen wanita dan 73 persen pria mengakui jika rasa marah dan sedih akan berkurang setelah menangis. Seperti yang Anda tahu, air mata tidak hanya diproduksi karena adanya perasaan emosional saja. 
  • Air mata juga berfungsi untuk membersihkan dan mengurangi dehidrasi pada membran mata yang dapat menyebabkan penglihatan menjadi kabur. Iritasi dan menguap juga bisa memicu naiknya produksi air mata. Namun, meskipun keduanya bisa menyebabkan munculnya air mata, air mata emosional dapat menyebabkan iritasi karena memiliki komposisi kimia yang berbeda.
  • Wanita Lebih Mudah Menangis. Jika wanita dianggap lebih mudah menangis, maka itu mungkin saja benar. Rata-rata, wanita menangis sebanyak 47 kali dalam setahun, sedangkan pria menangis hanya tujuh kali setahun. Namun, ini bukan hanya karena perempuan dianggap lebih emosional dan lemah dibanding laki-laki, melainkan fakta-fakta medis menyebutkan bahwa saluran air mata pria memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan wanita. Sedangkan untuk bayi, durasi normal menangis mereka adalah sekitar 1-3 jam.
  • Orang Lebih Sering Menangis di Malam hari. Tentu saja, kita tidak bisa memprediksi kapan kita akan menangis karena kita tidak bisa memprediksi emosi kita juga. Namun menurut penelitian, kebanyakan orang menangis antara pukul 19.00-22.00.
  • Rata-rata menangis berdurasi 6 Menit. Tak hanya waktu yang menunjukkan kapan orang menangis, tetapi durasinya juga. Meskipun hanya berlangsung sebentar, rata-rata sebagian besar orang menghabiskan waktu 6 menit setiap kali menangis.
  • Menangis itu Sehat. Buang jauh-jauh rasa malu untuk melepaskan air mata. Menurut para ilmuwan, menangis tak hanya sekedar respon tubuh terhadap kesedihan dan frustasi, namun juga menandakan sehat.
  • Menangis bisa Meredakan StressMenangis juga cara yang ampuh untuk mengurangi stres emosional. Hal ini tentu saja baik bagi kesehatan, karena stres memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Dari hasil penelitian diketahui bahwa air mata mengandung hormon prolaktin yang efektif melawan stressAir mata memiliki fungsi seperti keringat dalam berolahraga, maka menangis baik untuk meredakan stres. Air mata mengurangi beberapa bahan kimia yang muncul dalam tubuh karena stres seperti endorfin, leusin-enkaphalin, dan prolaktin. Tapi di satu sisi, air mata juga dapat meningkatkan tingkat stres dan memperparah penyakit yang diakibatkan oleh stres seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan maag.
  • Manangis Sebagai pengobatan yang baik. Menangis juga bisa menurunkan tekanan darah dan denyut jantung, serta membuat respon terhadap pengobatan lebih baik.
  • Membantu Melihat. Fungsi dasar air mata adalah memungkinkan manusia untuk melihat. Air mata tidak hanya melumasi bola mata dan kelopak mata, tapi juga mencegahnya agar tidak kekeringan. Jika tidak dilumasi dengan baik, maka mata tidak dapat melihat.
  • Membunuh Bakteri. Air mata sebeanranya adalah zat antibakteri dan antivirus yang bekerja melawan semua kuman dari tempat-tempat yang dikunjungi. Air mata mengandung lisozim, cairan anti kuman yang dapat membunuh 90 – 95 % bakteri hanya dalam 5-10 menit.
  • Menyingkirkan Racun. Ahli biokimia bernama William Frey telah meneliti air mata dan menemukan bahwa air mata yang terbentuk ketika mengalami kesedihan lebih beracun dari air mata yang terkena debu atau iritasi. Ternyata, air mata tersebut mengeluarkan racun dari tubuh yang terbentuk karena stres.
  • Meningkatkan Suasana Hati. Terlalu banyak kadar zat mangan (Mn) dapat menyebabkan hal-hal buruk seperti: kecemasan, kegelisahan, lekas marah, kelelahan, agresi, gangguan emosional, dan seluruh perasaan negatif lainnya. Menangis menurunkan kadar mangan seseorang. Air mata yang keluar ketika sedih mengandung konsentrasi protein 24 % lebih tinggi dan dapat mengangkut molekul mangan yang beracun.
  • Menarik Simpati dan Mendekatkan Diri dengan Orang Lain. Air mata secara dramatis dapat mengubah pendangan seseorang dan menyatukan orang dengan cara yang tulus. Air mata dapat memecah dinding emosional dan hambatan mental dalam diri sendiri terhadap orang lain.
Menangislah Bila Ingin Menangis, namun jangan di paksakan untuk menangis karena bagaimana pun Tersenyum lebih indah dari pada menangis.

Rasulullah Saw. bersabda, "Ada dua jenis tetesan yang sangat disukai oleh Allah, tetesan air mata karena takut pada-Nya dan tetesan darah karena perjuangan di jalan-Nya."

Aisyah bertanya kepada Rasulullah Saw., "Adakah diantara pengikut-pengikutmu yang akan masuk surga tanpa hisab?", "Ia" jawab Nabi. "Dia adalah orang yang banyak menangis karena menyesali dosa-dosa yang telah ia lakukan."

Rasulullah Saw. bersabda : "Wajah yang dibasahi air mata karena takut pada Allah walaupun sedikit akan diselamatkan dari api neraka." Beliau juga bersabda, "Jika seseorang menangis karena takut pada Allah maka dia tidak akan masuk neraka, seperti tidak mungkinnya air susu masuk kembali ke putingnya."

KOPASSUS, Kebanggaan Indonesia.

KOMANDO INDONESIA, DITAKUTI AMERIKA SERIKAT

Logo kopassus.gif
Mungkin kalian semua sudah tidak aneh mendengar kata KOPASSUS.disini saya akan membawa kan tema tentang KOPASSUS

KOMANDO PASUKAN KHUSUS 
Komando Pasukan Khusus yang disingkat menjadi Kopassus adalah bagian dari Bala Pertahanan Pusat yang dimiliki oleh TNI Angkatan Darat yang memiliki kemampuan khusus seperti bergerak cepat di setiap medan, menembak dengan tepat, pengintaian, dan anti teror.
Dalam perjalanan sejarahnya, Kopassus berhasil mengukuhkan keberadaannya sebagai pasukan khusus yang mampu menangani tugas-tugas yang berat. Beberapa operasi yang dilakukan oleh Kopassus diantaranya adalah operasi penumpasan DI/TII, operasi militer PRRI/Permesta,Operasi Trikora, Operasi Dwikora, penumpasan G30S/PKI, Pepera di Irian Barat, Operasi Seroja di Timor Timur, operasi pembebasan sandera di Bandara Don Muang-Thailand (Woyla), Operasi GPK di Aceh, operasi pembebasan sandera di Mapenduma, serta berbagai operasi militer lainnya. Dikarenakan misi dan tugas operasi yang bersifat rahasia, mayoritas dari kegiatan tugas daripada satuan KOPASSUS tidak akan pernah diketahui secara menyeluruh. Contoh operasi KOPASSUS yang pernah dilakukan dan tidak diketahui publik seperti: Penyusupan ke pengungsi Vietnam di pulau Galang untuk membantu pengumpulan informasi untuk di kordinasikan dengan pihak Amerika Serikat (CIA), penyusupan perbatasan Malaysia dan Australia dan operasi patroli jarak jauh (long range recce) di perbatasan Papua nugini.
Prajurit Kopassus dapat mudah dikenali dengan baret merah yang disandangnya, sehingga pasukan ini sering disebut sebagai pasukan baret merah. Kopassus memiliki moto Berani, Benar, Berhasil.
Komando Pasukan Khusus atau KOPASSUS (Special Force Command) adalah Pasukan Elite yang dimiliki oleh Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD). Semboyan KOPASSUS yaitu Tribuana Chandraca Catya Dharma. Tugas Pokok dari KOPASSUS adalah melaksanakan Pembinaan Fungsi Teknis Militer Khusus dan kesiapan operasional pasukan sesuai Kebijaksanaan Kasad serta melaksanakan Operasi Khusus terhadap sasaran strategis terpilih sesuai perintah Panglima TNI. KOPASSUS juga dikenal dengan sebutan Baret Merah.

PASUKAN ELITE 
Pasukan elite adalah satuan militer yang dibentuk dan dilatih untuk melakukan misi perang non-konvensional, anti-teroris, pengintaian, aksi langsung, dan pertahanan luar negeri. Pasukan khusus biasanya terdiri dari kelompok kecil yang sangat terlatih, yang dipersenjatai dengan senjata khusus, yang bekerja secara mandiri, dan dengan kerja sama yang dekat.
Proses seleksi masuk pasukan elite sangat sulit, dan biasanya pelatihannya melebihi dua tahun. Beberapa misi juga membutuhkan pelatihan sendiri. Karena tugas pasukan elite biasa secara diam-diam dan berhubungan dengan informasi rahasia, para calon anggota pasukan elite diharuskan melewati proses pengujian yang berat.

BEBERAPA PRESTASI KOPASSUS 
  1. KOPASSUS juara satu sniper dalam pertemuan Pasukan Elite Asia Pasific Desember 2006. Dengan hanya mengandalkan senjata buatan Pindad! Nomor 2-nya SAS Australia.
  2. KOPASSUS menempati urutan 2 (dari 35) dalam hal keberhasilan dan kesuksesan operasi militer (intelijen - pergerakan - penyusupan - penindakan) pada pertemuan Elite Forces in Tactical, Deployment and Assault di Wina Austria. Nomor satunya Delta Force USA.
  3. Negara-negara afrika utara hingga barat sekarang memiliki acuan teknik pembentukan dan pelatihan pasukan elite mereka. 80% pelatih mereka dari perwira-perwira KOPASSUS.
  4. Pasukan Paspampres Kamboja adalah pasukan Elit yang di latih oleh KOPASSUS.
  5. Pada perang Vietnam, para tentara Vietkong meniru strategy KOPASSUS dalam berperang melawan Amerika Serikat yang mengakibatkan kekalahan Pasukan Amerika yang mempunyai persenjatan canggih dan lengkap. Kekalahan ini membuat Amerika serikat malu di mata dunia.
  6. KOPASSUS terlibat dalam operasi pembebasan sandera dalam pesawat Garuda Airline Woyla pada tahun 1981.
  7. Tim Indonesia (KOPASSUS, WANADRI, MAPALA UI, dan FPTI) mendaki puncak Gunung Everest dan berhasil menjejaki kakinya di puncak tertinggi dunia itu di tahun 1997. Pendakian tersebut pun menjadikan Negara Indonesia sebagai negara pertama di Asia Tenggara yang menjejaki puncak Gunung Everest.
Kemampuan yang tidak terlalu mengandalkan teknologi canggih dan Skill di atas rata-rata pasukan luar Elite luar negeri lainnya menjadi nilai plus dari KOPASSUS. Itu pula yang menimbulkan anggapan 1 prajurit KOPASSUS setara dengan 5 prajurit reguler

SEJARAH KOPASSUS

Kesko TT III/Siliwangi

Pada tanggal 16 April 1952Kolonel A.E. Kawilarang mendirikan Kesatuan Komando Tentara Territorium III/Siliwangi (Kesko TT). Ide pembentukan kesatuan komando ini berasal dari pengalamannya menumpas gerakan Republik Maluku Selatan (RMS) di Maluku. Saat itu A.E. Kawilarang bersama Letkol Slamet Riyadi (Brigjen Anumerta) merasa kesulitan menghadapi pasukan komando RMS. A.E. Kawilarang bercita-cita untuk mendirikan pasukan komando yang dapat bergerak tangkas dan cepat.
Komandan pertama saat itu adalah Idjon Djanbi. Idjon Djanbi adalah mantan kapten KNIL Belanda kelahiran Kanada, yang memiliki nama asli Kapten Rokus Bernardus Visser. Pada tanggal 9 Februari 1953, Kesko TT dialihkan dari Siliwangi dan langsung berada di bawah Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD).


KKAD

Pada tanggal 18 Maret 1953 Mabes ABRI mengambil alih dari komando Siliwangi dan kemudian mengubah namanya menjadi Korps Komando Angkatan Darat (KKAD).


RPKAD

Tanggal 25 Juli 1955 organisasi KKAD ditingkatkan menjadi Resimen Pasukan Komando Angkatan Darat (RPKAD), yang tetap dipimpin oleh Mochamad Idjon Djanbi.
Tahun 1959 unsur-unsur tempur dipindahkan ke Cijantung, di timur Jakarta. Dan pada tahun 1959 itu pula Kepanjangan RPKAD diubah menjadi Resimen Para Komando Angkatan Darat (RPKAD). Saat itu organisasi militer itu telah dipimpin oleh Mayor Kaharuddin Nasution.
Pada saat operasi penumpasan DI/TII, komandan pertama, Mayor Idjon Djanbi terluka, dan akhirnya digantikan oleh Mayor RE Djailani.


Puspassus AD

Pada tanggal 12 Desember 1966, RPKAD berubah pula menjadi Pusat Pasukan Khusus AD (Puspassus AD). Nama Puspassus AD ini hanya bertahan selama lima tahun. Sebenarnya hingga tahun 1963, RPKAD terdiri dari dua batalyon, yaitu batalyon 1 dan batalyon 2, kesemuanya bermarkas di Jakarta. Ketika, batalyon 1 dikerahkan ke Lumbis dan Long Bawan, saat konfrontasi dengan Malaysia, sedangkan batalyon 2 juga mengalami penderitaan juga di Kuching, Malaysia, maka komandan RPKAD saat itu, Letnan Kolonel Sarwo Edhie -karena kedekatannya dengan Panglima Angkatan Darat, Letnan Jenderal Ahmad Yani, mengusulkan 2 batalyon 'Banteng Raider' bentukan Ahmad Yani ketika memberantas DI/TII di Jawa Tengah di upgrade di Batujajar, Bandung menjadi Batalyon di RPKAD, masing-masing Batalyon 441"Banteng Raider III", Semarang ditahbiskan sebagai Batalyon 3 RPKAD di akhir tahung 1963. Menyusul kemudian Batalyon Lintas Udara 436 "Banteng Raider I", Magelang menjadi Batalyon 2 menggantikan batalyon 2 lama yang kekurangan tenaga di pertengahan 1965. Sedangkan Batalyon 454 "Banteng Raider II" tetap menjadi batalyon di bawah naungan Kodam Diponegoro. Batalyon ini kelak berpetualang di Jakarta dan terlibat tembak menembak dengan Batalyon 1 RPKAD di Hek.

Kopassandha

Tanggal 17 Februari 1971, resimen tersebut kemudian diberi nama Komando Pasukan Sandi Yudha (Kopassandha).
Dalam operasi di Timor Timur pasukan ini memainkan peran sejak awal. Mereka melakukan operasi khusus guna mendorong integrasi Timtim dengan Indonesia. Pada tanggal 7 Desember 1975, pasukan ini merupakan angkatan utama yang pertama ke Dili. Pasukan ini ditugaskan untuk mengamankan lapangan udara. Sementara Angkatan Laut dan Angkatan Udara mengamankan kota. Semenjak saat itu peran pasukan ini terus berlanjut dan membentuk sebagian dari kekuatan udara yang bergerak (mobile) untuk memburu tokoh Fretilin, Nicolau dos Reis Lobato pada Desember 1978. Prestasi yang melambungkan nama Kopassandha adalah saat melakukan operasi pembebasan sandera yaitu para awak dan penumpang pesawat DC-9 Woyla Garuda Indonesian Airways yang dibajak oleh lima orang yang mengaku berasal dari kelompok ekstremis Islam "Komando Jihad" yang dipimpin Imran bin Muhammad Zein, 28 Maret 1981. Pesawat yang tengah menerbangi rute Palembang-Medan itu sempat didaratkan di Penang, Malaysia dan akhirnya mendarat di Bandara Don Mueang, Bangkok. Di bawah pimpinan Letkol Sintong Panjaitan, pasukan Kopassandha mampu membebaskan seluruh sandera dan menembak mati semua pelaku pembajakan. Korban yang jatuh dari operasi ini adalah Capa (anumerta) Achmad Kirang yang meninggal tertembak pembajak serta pilot Kapten Herman Rante yang juga ditembak oleh pembajak. Imran bin Muhammad Zein ditangkap dalam peristiwa tersebut dan dijatuhi hukuman mati.
Pada tahun 1992 menangkap penerus Lobato, Xanana Gusmao, yang bersembunyi di Dili bersama pendukungnya.

Kopassus

Dengan adanya reorganisasi di tubuh ABRI, sejak tanggal 26 Desember 1986, nama Kopassandha berubah menjadi Komando Pasukan Khusus yang lebih terkenal dengan nama Kopassus hingga kini.
ABRI selanjutnya melakukan penataan kembali terhadap grup di kesatuan Kopassus. Sehingga wadah kesatuan dan pendidikan digabungkan menjadi Grup 1, Grup 2, Grup 3/Pusdik Pasuss, serta Detasemen 81.
Sejak tanggal 25 Juni 1996 Kopasuss melakukan reorganisasi dan pengembangan grup dari tiga Grup menjadi lima Grup.
  • Grup 1/Parakomando — berlokasi di Serang, Banten
  • Grup 2/Parakomando — berlokasi di Kartasura, Jawa Tengah
  • Grup 3/Pusat Pendidikan Pasukan Khusus — berlokasi di Batujajar, Jawa Barat
  • Grup 4/Sandhi Yudha — berlokasi di Cijantung, Jakarta Timur
  • Grup 5/Anti Teror — berlokasi di Cijantung, Jakarta Timur
Detasemen 81, unit anti teroris Kopassus, ditiadakan dan diintegrasikan ke grup-grup tadi. Sebutan bagi pemimpin Kopassus juga ditingkatkan dari Komandan Kopassus yang berpangkat Brigjen menjadi Komandan Jendral (Danjen) Kopassus yang berpangkat Mayjen bersamaan dengan reorganisasi ini

Indonesia baru-baru ini di nobat kan menjadi pasukan elit terbaik ke 3 dunia.
Discovery Channel Military pernah membahas tentang pasukan khusus terbaik di dunia (TOP ELITE SPECIAL FORCES IN THE WORLD). Seluruh pasukan khusus didunia dinilai kinerjanya dengan parameter menurut pendapat dari berbagai pengamat bidang militer dan ahli sejarah. Posisi pertama di tempati SAS (Inggris), peringkat kedua MOSSAD (ISRAEL) lalu peringkat ketiga adalah KOPASUS (Indonesia).
penilaian yang dilakukan pada saat itu bukan hanya kecanggihan alat. namun dituntut skill army. dengan itu KOPASSUS termasuk pasukan elit yang di takuti oleh amerika. 1 orang Kopassus setara dengan 5 orang tentara reguler SALUT............
Kabar nya ketika presiden RI sekarang akan menambah personil Kopassus ada dua negara yang menjadi risau akan pernyataan tersebut yaitu negara AUSTRALIA yang "ketakutan" dan negara AMERIKA yang "gemetar".

Kopassus juga telah banyak melatih pasukan pasukan khusus dari negara lain. diantara nya negara negara berkembang di benua afrika dan di Asia tenggara itu sendiri seperti pasukan Khusus dinegara KAMBOJA.