Senin, 21 Februari 2011

Bangun Pagi N Manfaatnya


Anda pernah mendengar slogan "Early to bed, early to rise, makes a man healthy, wealthy, and wise"? Slogan ini sungguh tepat, karena ketika Anda tidur lebih cepat dan bangun lebih awal, Anda mendapat cukup waktu istirahat dan bangun dalam kondisi yang segar-bugar. Dengan kondisi ini, Anda bisa lebih meningkatkan produktivitas hidup Anda sepanjang hari. Maka, untuk Anda yang masih belum bisa mendapatkan quality time akibat selalu begadang dan bangun kesiangan, coba pertimbangkan untuk lebih mengatur waktu. Bangun pagi itu menyenangkan, lho, karena Anda bisa mendapatkan waktu ekstra untuk melakukan hal-hal yang ingin Anda lakukan.  
  1. Mengasah pikiran dan hati Pagi hari merupakan waktu yang baik untuk pengembangan diri. Misalnya, untuk membaca buku Your Job Is Not Your Career-nya Rene Suhardono yang tak juga habis dibaca itu. Baca buku ini pada pagi hari. Suasana yang masih tenang akan menjadi anugerah yang bisa Anda gunakan untuk mengembangkan diri Anda, secara profesional, emosional, fisik, mental, dan spiritual. pagi hari adalah waktu untuk mengasah pikiran dan hati. 
  2. Berolahraga Tidur lebih awal, membuat Anda mampu bangun pagi dengan bugar. Waktu yang masih ada bisa Anda gunakan untuk berolahraga, entah di rumah atau di gym dekat kantor. 
  3. Membereskan hal-hal kecil Bereskan hal-hal kecil yang harus Anda lakukan lebih dulu untuk menyelesaikan tugas yang lebih besar pada hari itu. Misalnya, membersihkan rumah. 
  4. Meningkatkan produktivitas Jika Anda mengawali hari lebih awal, Anda akan membuat hari terasa lebih panjang. Dengan demikian, Anda bisa melakukan lebih banyak dalam satu hari daripada biasanya. Jika pekerjaan Anda menumpuk untuk esok hari, tidurlah lebih awal, bangun lebih pagi, maka Anda bisa menyelesaikan tugas dengan lebih cepat. 
  5. Menggunakan waktu untuk berpikir Pakar keuangan James Citrin pernah mengatakan, "Heningnya pagi seringkali terjadi ketika pikiran kita sedang jernih, dan memungkinkan untuk memecahkan persoalan penting." Artikelnya, Tapping the Power of Your Morning Routine, akan memberikan wawasan pada Anda betapa berharganya waktu pagi. Dalam artikel tersebut Jim juga melaporkan bahwa 80 persen pejabat perusahaan yang diwawancaranya bangun pukul 05.30 atau lebih pagi. 
  6. Melakukan meditasi Meditasi menyebabkan keseimbangan emosional dan kesejahteraan diri. Jika Anda mengawali hari dengan bermeditasi, Anda akan membawa keseimbangan dalam hidup Anda sepanjang hari, dan memperbaiki kualitas hidup Anda. Pagi menjadi waktu yang lebih baik untuk meditasi karena pikiran Anda masih segar, rileks, dan otak masih tajam. 
  7. Mengalahkan kemacetan Warga Jakarta atau kota besar lain di Indonesia tentu tahu, jika Anda harus menempuh waktu puluhan kilometer menuju kantor setiap hari, Anda akan menghemat waktu jika berangkat ke kantor lebih awal. Dengan tiba di kantor lebih awal Anda bisa menggunakan waktu yang masih ada untuk melakukan hal-hal yang Anda sukai, entah itu membaca, olahraga, menelepon orangtua di kampung, merencanakan kegiatan dalam sehari, dan lain sebagainya. Daripada menggunakan waktu ini untuk mengarungi kemacetan, lebih baik memanfaatkannya untuk "me time" kecil-kecilan kan?
 

Apa yang Anda lakukan ketika membuka mata dan terbangun di pagi hari? Kebanyakan Anda pasti akan menjawab malas beranjak dari kasur. Segera hilangkan malas dan susun semangat di jam-jam awal mata terbuka dengan beberapa langkah tepat berikut.
Gerakan yang tepat di pagi hari akan membuat Anda fokus, bersemangat dan tampak positif meski rutinitas sehari-hari cukup melelahkan. Ini dia 8 tips yang akan membuat Anda menyambut pagi dengan lebih bersemangat.
  1. Lihatlah Sesuatu Yang Berwarna. “Ketika mata Anda terbuka dan melihat sesuatu yang berwarna, adrenalin akan terpicu dan seketika itu pula energi Anda akan terdorong,” ujar Leatrice Eiseman, direktur eksekutif dari Pantone Color Institute. Gunakan warna-warna cerah seperti merah, orange atau kuning pada bantal, selimut atau apapun yang berada dekat area kasur ketika Anda membuka mata untuk pertama kalinya.
  2. Bangun dan Lihatlah Bunga Mawar. “Melihat sekuntum bunga mawar ketika terbangun, terutama bagi wanita akan meningkatkan mood dan semangatnya yang akan bertahan sepanjang hari,” ujar Nancy Etcoff, PhD, anggota Harvard Medical School and the Harvard University Mind/Brain/Behavior Initiative.
  3. Berhenti Memencet Tombol ‘Snooze’ di Alarm Anda. Ketika Anda menekan tombol snooze, otak Anda tahu dan akan berkata bahwa bunyi itu akan mati beberapa menit lagi, sehingga Anda akan tertidur lebih pulas. Tapi itu juga artinya Anda akan lebih capek mendengar bunyi itu daripada ketika mendengar bunyi itu pertama kalinya.“Strategi yang paling tepat adalah menyetel alarm pada jam dimana Anda benar-benar akan bangun, tidak usah menyetelnya lebih awal karena Anda tahu hal itu hanya akan membuat Anda lebih sering menekan tombol snooze,” ujar Jodi Mindell, PhD dari The Sleep Disorders Center at the Children’s Hospital of Philadelphia.
  4. Gambarkan Harimu Sejenak. Ketika Anda benar-benar terbangun, tutup mata sejenak dan gambarkan apa yang akan Anda kerjakan pada hari itu dengan penuh semangat dan positif. “Berimajinasi tentang aktivitas selanjutnya akan merangsang otak untuk berpikir dan Anda akan berusaha mewujudkannya ketika benar-benar beraktivitas,” ujar Dana Lightman, PhD, psikolog dai Abington, PA.
  5. Minumlah Air Segera Setelah Bangun. Meminum segelas air segera setelah terbangun adalah cara yang baik untuk mengganti cairan tubuh yang berkurang semalamnya. “Segala sesuatu yang terjadi di dalam tubuh memerlukan air. Tanpa air yang cukup, sistem metabolisme dalam tubuh akan bekerja lebih keras yang dapat menyebabkan melemahnya fungsi organ,” ujar Holly Andersen, MD, seorang asisten profesor di Weill Cornell Medical Center.
  6. Biarkan Sinar Matahari Masuk. Sinar matahari yang menyentuh kulit akan membuat Anda lebih terbangun. Bacalah koran di dekat jendela atau keluarlah untuk sekedar minum kopi beberapa menit. “Cahaya pagi yang masuk ke dalam tubuh bagaikan jam biologis yang akan menghentikan sekresi melatonin, hormon yang membuat seseorang mengantuk dan meningkatkan hormon serotonin yang memicu mood seseorang” ujar James B. Maas, PhD, seorang profesor psikologi di Cornell University.
  7. Beri Sedikit Pijatan Di Wajah. Memijat area di sekitar wajah akan meningkatkan sirkulasi darah dan mempercepat bangun tidur. Mulailah memijat dari daerah kening, pipi, pukul-pukul dengan telapak tangan, kemudian daerah dagu dan akhirnya seluruh bagian wajah. Selain meningkatkan sirkulasi darah, gerakan memijat bisa membuat Anda berpijar dengan cepat.
  8. Bermainlah Sedikit. Aktivitas fisik adalah satu cara ampuh untuk mengusir malas. “Melakukan seks di pagi hari contohnya bisa meningkatkan mood Anda karena beberapa hormon akan keluar, seperti hormon peningkat stamina (testosteron), energi (dopamin) dan ketenangan (oxytocin),” ujar Helen E. Fisher, PhD, seorang anthropolog dari Rutgers University.

Sulit bangun pagi dan selalu lembur di malam hari pasti membuat kenyamanan tidur Anda terganggu.
Cobalah untuk melatih diri tidur lebih awal, agar Anda bisa bangun pagi dengan segar. Rutinitas pekerjaan pun tidak akan terganggu bila Anda rutin melakukan tidur lebih awal. Berikut tips cara mudah bangun pagi tanpa harus merasa terpaksa dan tersiksa.
* Buatlah rutinitas malam hari
Untuk bisa bangun lebih awal, salah satu kuncinya adalah tidur lebih wajar. Lakukan rutinitas malam hari yang bisa merangsang rasa kantuk. Mulailah dengan mandi air hangat, minum secangkir teh chamomile, lakukan pernapasan dalam atau berbaringlah di tempat tidur dengan berselimut atau bisa juga lakukan aktivitas ringan seperti membaca atau menulis buku harian. Jika Anda bisa melakukan ritual ini secara rutin sebelum tidur, dijamin Anda bisa tidur lebih awal dan bangun dengan perasaan segar di pagi hari.
* Matikan TV dan komputer
Televisi dan internet bisa merangsang Anda untuk melakukan banyak kegiatan di malam hari. Jangan menonton TV di tempat tidur dan berhenti berselancar di internet mulai pukul 20.00 WIB.
* Hindari kafein
Sembilan belas cangkir kopi di siang hari mungkin bisa menjadikan Anda seperti burung hantu di malam hari. Mulailah berhenti mengonsumsi kopi setelah pukul 16.00 WIB jika tidur Anda di malam hari tidak ingin terganggu.
* Jangan konsumsi makanan berat di malam hari
Makan berat sebelum tidur dapat mengganggu ritual tidur dan membuat Anda lebih sulit bangun di pagi hari. Tetaplah melakukan aktivitas makan malam. Tapi ingat jangan mengonsumsi makanan dengan porsi yang berat. Konsumsi sup, semur vegetarian atau bisa juga dengan salad hangat dengan komposisi sayuran di malam hari. Ini lebih baik daripada Anda mengonsumsi banyak lemak seperti daging.
* Buka tirai sebelum matahari terbit
Jika Anda ingin bangun lebih pagi, mintalah bantuan pada siapapun untuk membuka tirai Anda sebelum matahari terbit. Masuknya cahaya matahari ke dalam kamar tidur sangat baik, selain sebagai sirkulasi udara, sinar matahari juga bisa membangunkan tidur Anda.
* Kenali motivasi bangun di pagi hari
Pikirkan hal positif apa yang bisa memotivasi Anda untuk bangun lebih awal. Anda memerlukan alasan untuk melakukan sesuatu agar menjadi sukses, bukan hanya alasan untuk tidak melakukan sesuatu yang lain. Tulis dalam buku harian atau secarik kertas, aktivitas apa yang akan Anda mulai di pagi hari. Letakkan di samping tempat tidur Anda. Pasang alarm, tepat sebelum aktivitas Anda mulai di pagi hari.
* Membuat janji pagi
Adanya jadwal pertemuan pagi bisa melatih Anda untuk selalu bangun lebih awal. Kewajiban untuk bangun lebih awal, tidak hanya untuk diri sendiri tetapi juga untuk orang lain. Anda akan menganggap diri punya tanggung jawab jika Anda tahu bahwa kehadiran Anda sedang dinanti banyak orang.
* Beri hadiah pada diri sendiri
Jika Anda adalah tipe orang yang menanggapi imbalan untuk menyelesaikan tugas dengan baik, tips ini sangat penting. Berikan diri Anda hadiah sederhana seperti secangkir kopi di kafe favorit atau 15 menit membaca blog sebelum Anda melompat ke kamar mandi, tapi begitu Anda sudah melakukan kerja keras dan melakukan berbagai hal besar, manjakan diri Anda sebelum pergi ke kamar tidur. Berikan diri Anda sedikit imbalan, seperti pijatan lembut atau minum secangkir teh.

Ereksi pagi atau Nocturnal Penile Tumescence (NPT) merupakan peristiwa fisiologis yang normal. Hal ini terjadi selama tahap tidur REM (gerakan mata cepat atau rapid eye movement), yaitu tahap tidur dalam saat terjadi mimpi, meningkatnya laju respirasi dan aktivitas otak, serta otot-otot menjadi lebih rileks, yang ditandai dengan gerakan bola mata yang cepat.
Hal ini terjadi sekitar 3-5 kali per malam selama tidur. Jadi jika seseorang terbangun selama tahap tidur REM, maka orang tersebut akan mengalami ereksi sekitar 20 menit. Hal ini dapat terjadi dalam beberapa hari, setiap hari atau tidak terjadi sama sekali.
Penyebab pasti ereksi pagi belum diketahui. Tapi seperti dilansir dari Wellsphere, Selasa (29/6/2010), para ahli memperkirakan ereksi pagi disebabkan oleh stimulan otak yang terjadi pada fase tidur dalam REM.
Pada tahap REM, struktur kerangka otot tubuh sedang rileks dan menyebabkan kapiler dalam tubuh mengalami hypervasodilation (sangat sensitif), sehingga terjadilah ereksi.
Alasan lain terjadinya ereksi pagi hari adalah karena adanya peningkatan kadar testosteron pada tengah malam hingga menjelang fajar. Kadar testosteron mulai meningkat dan mencapai puncaknya pada sekitar pukul 5 hingga 8 pagi. Ereksi ini juga terkait dengan peningkatan denyut jantung.
Satu hipotesis bahwa ereksi ini adalah cara tubuh untuk memastikan bahwa semuanya dalam kondisi kerja yang baik. Ada berbagai faktor yang mempengaruhi ereksi pagi, seperti panjang dan kualitas tidur yang baik.
Perubahan dalam ereksi pagi hari tidak selalu menunjukkan masalah serius. Ereksi pagi bisa saja tidak terjadi karena seseorang bangun pada tahap tidur yang lain, selain tahap tidur REM.
Tapi dokter menggunakan ereksi pagi untuk menilai kasus disfungsi penis dan memutuskan apakah itu karena faktor psikologi atau fisiologis.
Jika seorang pasien tidak dapat ereksi sebagai respons terhadap rangsangan seksual dan tidak mengalami ereksi pagi, maka penyebabnya adalah disfungsi fisiologis. Jika dia masih bisa ereksi pagi maka penyebab disfungsi hanya psikologis.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comment Using Facebook