Sabtu, 12 Januari 2013

Adat Pernikahan di Indonesia #3 (Betawi)

Kemeriahan Gaya Betawi

Masyarakat Betawi memiliki sejarah panjang sebagaimana terbentuknya kota Jakarta sebagai tempat domisili asalnya. Sebagai sebuah kota dagang yang ramai, Sunda Kelapa (nama Jakarta tempo dulu) disinggahi oleh berbagai suku bangsa. Penggalan budaya Arab, India, Cina, Sunda, Jawa, Eropa, dan Melayu seakan berbaur menjadi bagian dari karakteristik kebudayaan Betawi masa kini. Tradisi budaya Betawi laksana campursari dari beragam budaya dan elemen etnik masa silam yang secara utuh menjadi budaya Betawi kini. Kemeriahan budaya Betawi juga terwakili melalui tata cara pernikahan Betawi.



Pada tata cara pernikahan Betawi, ada banyak serangkaian prosesi. Berikut kami paparkan rangkaian upacara pernikahan gaya Betawi yang masih dilakoni oleh sebagian besar masyarakat Betawi.

NGEDELENGIN

Didahului masa perkenalan melalui mak comblang yang disebut Ngedelengin. Ngedelengin bisa dilakukan beberapa kali dan dalam jangka waktu bervariasi mulai dari satu atau dua bulan sampai satu tahun. Hal ini sedikit banyak tergantung pada kesigapan si gadis menghadapi jenjang pernikahan. Namun seiring dengan kemajuan jaman, fungsi mak comblang dan proses ngedelengin sudah jarang diperlukan. Pasalnya, si pria sudah bisa menemukan tambatan hati sendiri, sekaligus memiliki kesanggupan untuk menentukan pilihannya untuk menuju mahligai perkawinan.


NGELAMAR

Ngelamar merupakan pernyataan resmi dari pihak keluarga laki-laki untuk menikahkan putranya kepada pihak calon mempelai perempuan. Ngelamar dilakukan oleh beberapa orang utusan yang disertai dengan membawa sejumlah barang bawaan wajib seperti uang sembah lamaran, baju atau bahan pakaian wanita, serta beberapa perlengkapan melamar lainnya. Setelah Ngelamar selesai, acara yang sangat menentukan pun dilanjutkan yakni membicarakan masalah mas kawin, uang belanja, plangkah (kalau calon mendahului kakaknya), dan kekudang (makanan kesukaan calon mempelai wanita). Apabila bawa tande putus telah disepakati, maka dilanjutkan dengan pembicaraan yang lebih rinci perihal apa dan berapa banyak tande putus serta segala hal yang berkaitan dengan acara pernikahan.


BAWA TANDE PUTUS
Acara ini hampir mirip dengan acara pertunangan. Tande putus bisa berupa apa saja, namun orang Betawi biasanya memberikan tande putus berupa cincin belah rotan, uang pesalin sekadarnya, serta aneka rupa kue. Tande putus ini sendiri artinya si gadis atau calon none mantu telah terikat dan tidak dapat lagi diganggu oleh pihak lain. Begitu pula dengan calon tuan mantu atau si pemuda. Setelah tande putus diserahkan, maka berlanjut dengan menentukan tanggal dan hari pernikahan.

PIARE CALON NONE PENGANTEN
Setelah pembicaraan persiapan pernikahan selesai, kemudian calon pengantin wanita akan dipiare (dipelihara) oleh tukang piare. Tujuannya yaitu untuk mengontrol kegiatan, kesehatan dan memelihara kecantikan calon none mantu menghadapi pernikahan. Selain perawatan fisik, juga dilengkapi program diet dengan pantangan makanan tertentu untuk menjaga berat tubuh ideal calon mempelai wanita.


SIRAMAN, DITANGAS, NGERIK DAN MALEM PACAR

Acara siraman atau memandikan calon mempelai wanita diadakan sehari sebelum akad nikah dan biasanya diawali dengan pengajian. Setelah acara siraman, calon mempelai wanita menjalani upacara tangas (semacam mandi uap). Perawatan dimaksudkan untuk menghaluskan dan mengharumkan kulit tubuh sekaligus mengurangi keringat pada saat hari pernikahan. Berikutnya adalah prosesi ngerik atau mencukur bulu kalong dan membuatkan centung pada rambut di kedua sisi pipi di depan telinga. Kemudian dilanjutkan dengan malem pacar, malam dimana mempelai wanita memerahkan kuku kaki dan tangannya dengan pacar.



AKAD NIKAH
Puncak adat Betawi adalah Akad nikah. Meriah dan penuh warna-warni, demikian gambaran dari tradisi pernikahan adat Betawi menjelang akad nikah. Diiringi suara petasan, rombongan keluarga mempelai pria berjalan memasuki depan rumah kediaman mempelai wanita sambil diiringi oleh ondel-ondel, tanjidor serta marawis (rombongan pemain rebana yang menyanyikan lagu berbahasa Arab). Bahkan dahulu, rombongan calon mempelai pria berjalan sambil menuntun kambing.


BUKA PALANG PINTU

Sesampainya di depan rumah terlebih dulu diadakan prosesi buka palang pintu, berupa berbalas pantun dan adu silat antara wakil dari keluarga pria dan wakil dari keluarga wanita. Prosesi tersebut dimaksudkan sebagai ujian bagi mempelai pria sebelum diterima sebagai calon suami yang akan menjadi pelindung bagi mempelai wanita sang pujaan hati. Uniknya, dalam setiap petarungan silat, jago dari pihak mempelai wanita pasti dikalahkan oleh jagoan mempelai pria.


DI PUADE
Selain itu ada pula prosesi di puade. Setelah kedua mempelai duduk di puade (pelaminan), tukang rias membuka roban tipis yang menutupi kepala mempelai wanita. Selanjutnya mempelai pria memberikan sirih dare kepada mempelai wanita sebagai lambang cinta kasih. Biasanya di dalam sirih diselipkan uang sebagai uang sembe (seserahan).

KULINER
Warna-warni dalam prosesi pernikahan gaya Betawi turut hadir dalam makanan antaran yang diberikan calon mempelai pria kepada calon mempelai wanita. Yang paling populer saat ini adalah roti buaya.  Roti buaya merupakan lambang kesetiaan karena hewan tersebut dikenal sebagai binatang yang setia dan hanya kawin sekali seumur hidup. Karena itu, dengan adanya roti buaya, diharapkan kedua mempelai bisa hidup langgeng selamanya, tanpa perlu perceraian dan menikah lagi dengan orang lain. Sebuah prinsip pernikahan yang tertinggi dan tidak bisa tergantikan oleh apapun. Aslinya, roti buaya tidak ada isinya. Namun sekarang ini banyak pembuat roti buaya yang memasukan coklat, keju, sosis atau daging ke dalam roti agar lebih nikmat saat disantap. Baca juga artikel mengenai "Kuliner Khas Betawi" DISINI.


Selain roti, adapula pisang raja yang jumlahnya dua sisir. Pisang raja menjadi pilihan utama mengingat pisang tersebut adalah pisang terbaik di antara pisang-pisang lainnya karena lebih kuat dan dapat bertahan dalam beberapa alias tidak cepat busuk. Saat akan dijadikan antaran ketika lamaran, ujung pisang raja dibungkus dan dibuatkan topi menggunakan kertas warna kuning atau merah atau warna emas dan metalik.

Yang tak boleh ketinggalan adalah sirop (umumnya berwarna merah berjumlah tiga botol). Sirop yang rasanya manis ini menjadi lambang akan terbentuknya hubungan antar keluarga yang harmonis dan rukun. Penggunaan sirop sebagai salah satu antaran lamara ini juga disebabkan adanya kebiasaan orang Betawi memakan roti ditaburi atau ditutul  dengan sirop. Sirop dimasukan dalam bongsang diikat rapi dan diberi hiasan dengan kertas krep warna-warni.



Adat Pernikahan di Indonesia #2 (Sunda)

Dahulu, ngaras merupakan ungkapan rasa hormat dan rasa terima kasih atas kebaikan orangtua dari anak yang akan pergi jauh atau merantau untuk waktu yang lama. Kini, ngaras dilakukan dalam pernikahan adat Sunda sebagai ungkapan rasa hormat anak kepada ayah dan ibu, sehingga mendapatkan barokah (berkah) dan restu lahir batin dari ayah ibunya. 

Sejak dahulu pernikahan memang menjadi babak terpenting dalam perjalanan kehidupan manusia. Berbagai upaya dilakukan untuk membuat pesta pernikahan menjadi meriah dan tak terlupakan. Terkikis oleh waktu dan zaman, prosesi pernikahan di Indonesia menjadi lebih sederhana dan modern. Banyak pasangan yang "memotong" prosesi agar lebih mudah dan cepat, atau mengurangi prosesnya karena dianggap tidak terlalu penting. Saat ini, semakin banyak pasangan yang lebih menyukai pernikahan ala negara barat karena dianggap lebih modern dan prosesnya cukup kilat. Salah satu prosesi pernikahan adat yang mulai tergerus modernisasi adalah pernikahan adat Sunda. Menurut Drs. M. Rachmat Sastradipradja, atau yang lebih dikenal dengan Mang Rachmat yang bergelut di bidang kesenian Sunda sejak tahun 1968 ini, musik dan lagu dalam pernikahan adat Sunda, sudah mulai diganti dengan lagu dangdut yang dianggap lebih populer dan menghibur. Padahal menurut Mang Rachmat dengan melakukan prosesi pernikahan tradisional yang sesuai dengan adat istiadat, sama dengan meneruskan dan menjaga budaya leluhur yang sangat berharga. Sesuatu yang seharusnya tak kita biarkan hilang ditelan kemajuan zaman. Bagi pria yang telah membantu kurang lebih ratusan pernikahan adat Sunda, termasuk anak para petinggi negara dan selebritis ini, prosesi pernikahan adat Sunda sendiri adalah proses pernikahan sakral yang dibungkus dengan humor dan biayanya sama sekali tidak mahal. 


PENGANTIN WANITA 
Tradisi busana di Tanah Pasundan ini terinspirasi dari busana putri-putri kerajaan Sunda di masa lampau. Meski terkesan sederhana, namun tidak kalah memikat dan indah untuk dipandang. Cantik dan elegan. Ada beragam gaya busana pengantin Sunda. Namun, yang paling dikenal ada dua gaya yaitu busana pengantin Sunda Putri dan busana pengantin Sunda Siger. 

Pada pengantin Sunda Putri mengenakan kebaya dan kain batik. Kebaya yang dikenakan pengantin Sunda Putri terbuat dari brokat berwarna putih model kartini. Kebaya yang digunakan adalah kebaya panjang hingga hampir mencapai lutut pengantin. Pada kebaya terpasang kalung permata panjang dan kalung permata panjang. Pengantin wanita juga mengenakan cincin permata dan gelang permata sepasang. Di pinggang terdapat Benten Permata sebagai aksen dan memberi kesan elegan pada pengantin wanita. 

Pada bagian bawah, pengantin wanita mengenakan kain batik dengan motif khusus yaitu Sido Mukti atau corak Lereng-eneng dan terdapat wiron (lipatan pada bagian depan kain). 

Tak ketinggalan yaitu selop yang terbuat dari bahan yang sama dan warna senada dengan kebaya pengantin. Hal ini membuat penampilan pengantin semakin cantik mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki.

PENGANTIN PRIA 
Untuk busana pengantin Sunda Putri, pengantin pria mengenakan Jas buka Prangwedana berwarna senada dengan pengantin wanita. Demikian pula dengan kain batik yang dikenakan pengantin pria, harus sama dengan pengantin wanita, yaitu kain batik corak Lereng-eneng atau Sido Mukti.

Pengantin pria juga memakai bendo hiasan permata, Boro Sarangka (tempat menyimpan keris) dan Kewer. Sebagai pelengkap, pengantin pria mengenakan keris perlambang kegagahan. Keris yang diberi hiasan bunga diselipkan di bagian depan yaitu di Boro Sarangka.  


Adapun susunan rangkaian acara pernikahan adat Sunda dapat dilihat di bawah ini:

Satu hari sebelum hari-H

NGARAS

Ngaras adalah kegiatan mencuci kaki orangtua. Ngaras dilakukan dalam perkawinan adat Sunda gaya Sukapura. Ngaras dilakukan sebagai ungkapan rasa hormat anak kepada ayah dan ibu agar mendapatkan barokah (berkah) dan restu lahir batin dari kedua orangtuanya. Sehingga dapat hidup rukun, damai dan bahagia seperti halnya yang dijalani orangtua mereka.

SIRAMAN
Setelah selesai acara ngaras, maka calon mempelai masuk kembali ke kamar pengantin. Kemudian keluar lagi, sudah dengan pakaian khusus yang dibimbing ayah dan ibu menuju tempat siraman. Kemudian calon pengantin didudukkan. Sebelum siraman dilakukan, calon mempelai diazankan terlebih dahuhu. Baru kemudian dilakukan penyiraman yang berlangsung selama sekitar 30 menit. Makna disuarakan azan adalah sebagai pengingat bahwa pernikahan merupakan suatu peristiwa penting yang sama halnya dengan kelahiran dan kematian. Azan juga dimaksudkan sebagai bekal agar tidak lupa akan masa yang akan datang dan mengingatkan bahwa pada saatnya nanti, manusia akan berpulang. Sementara siraman memiliki makna yaitu menyucikan diri, lahir batin menjelang pernikahan yang akan dilakukan atas dasar niat baik. Air siraman, berupa air putih yang diberi bunga 7 rupa, termasuk bunga mawar, melati, cempaka dan potongan daun pandan. Untuk busana dan riasan, umumnya sederhana. Pakaian berupa kain panjang atau kemben. Bila ingin terlihat lebih mewah dapat ditambahkan rompi dari bunga melati. Acara siraman diiringi dengan musik kecapi dan tembang-tembang Sunda selama 10-30 menit.

SESERAHAN


Usai upacara siraman, upacara dilanjutkan dengan upacara seserahan yaitu upacara pranikah yang dilakukan sebagai tindak lanjut dari upacara lamaran. Proses upacara seserahan dimulai dari mempelai wanita dan keluarganya bersiap-siap menanti kedatangan calon mempelai pria. Makna utama seserahan adalah menyerahkan calon mempelai pria kepada keluarga calon mempelai wanita. "Bukan hanya menyerahkan barang, Barang hanya sebagai sambilan saja," ujar Mang Rachmat. Ketika calon mempelai pria dan rombongan datang, wakil dari keluarga calon perempuan siap menyambut dan mempersilakan rombongan menempati tempat yang telah disediakan. Penuntun acara adat mempersilakan juru bicara keluarga calon mempelai pria mengutarakan maksud kedatangannya. Selanjutnya, penuntun acara adat akan meminta juru bicara calon mempelai wanita untuk memberi jawaban.

NGEUYEUK SEUREUH


Ngeuyeuk Seureuh adalah peragaan mengenai bagaimana menjalani hidup berumah tangga lewat berbagai barang perlengkapan ngeuyeuk seureuh yang dibawa ketika upacara seserahan dan terhampar di hadapan mempelai dan orang tua. Acara ini Ngeyeuk Seureuh dibimbing oleh kokolot upacara dan diiringi tembang Sunda dengan dihadiri oleh kedua keluarga atau undangan. Perlengkapan ngeuyeuk seureuh terdiri dari minimal 25 macam barang yang ditutup dengan kain putih. Pada acara ngeuyeuk seureuh juga dijelaskan arti barang-barang yang diselimuti kain putih ini lewat tembang-tembang Sunda yang diiringi instrumen kecapi. Acara penutup ini berlangsung selama lebih kurang satu jam. Beberapa contoh kegiatan dalam prosesi ngeuyeuk seureuh adalah:


a. Disawer beras, artinya agar pasangan mempelai hidup sejahtera

b. Dikeprak (dipukul) dengan sapu lidi, yang disertai dengan nasihat agar mempelai harus saling memupuk kasih sayang dan giat bekerja.
c. Membuka kain putih penutuppengeuyeuk, melambangkan rumah tangga yang akan dibina oleh mempelai masih bersih dan belum ternoda.
d. Membelah mayang jambe dan buah pinang (oleh calon pengantin pria), yang memiliki makna agar keduanya saling mengasihi dan dapat menyesuaikan diri.
e. Berebut uang di bawah tikar sambil disawer, melambangkan berlomba mencari rezeki dan disayang keluarga

Saat hari-H

SABDA NIKAH DAN MAKNANYA
Setelah akad nikah selesai, acara dilanjutkan dengan serangkaian upacara sabda nikah yang dilakukan untuk memeriahkan pesta pernikahan. Upacara ini dilakukan setelah pasangan pengantin resmi menjadi suami istri dan merupakan puncak dari prosesi upacara pernikahan adat Sunda. Upacara sabda nikah meliputi:

  • Sembah sungkem

Prosesi sembah sungkem sebenarnya mirip dengan prosesi ngaras. Perbedaannya, ngaras dilakukan seorang calon mempelai pengantin, sedangkan pada acara sembah sungkem kedua mempelai yang sudah resmi menikah melakukannya bersama-sama di hadapan kedua orangtua. 

  • Melepas burung merpati 

Setelah melakukan sembah sungkem, mempelai diajak keluar rumah. Kemudian ibu mertua dari mempelai pria mengambil merpati jantan dan ibu dari mempelai wanita mengambil merpati betina yang sudah disiapkan sebelumnya. Kemudian merpati tersebut dilepaskan ke angkasa. 

  • Sawer pengantin 

Sawer pengantin adalah nasihat berupa tembang dan nyanyian kepada kedua mempelai. Sebelum melakukan sawer pengantin, biasanya penuntun acara adat sudah menjelaskan "aturan mainnya" terlebih dahulu kepada pasangan pengantin. Pada saat sawer pengantin, orangtua memiliki kesempatan terakhir untuk memberikan nasihat sebelum menyerahkan pengantin perempuan kepada suaminya. Alat-alat yang diperlukan biasanya berupa payung besar, bokor berisi uang emas, uang logam, kunyit yang diiris-iris dan permen. 

  • Menginjak telur dan mencuci kaki 

Ritual menginjak telur dan mencuci kaki melambangkan keturunan. Bila dalam acara tersebut telur yang diinjak pecah, pengantin akan segera memperoleh keturunan. Sementara mencuci kaki adalah melambangkan penyucian diri dari berbagai hal negatif. 

  • Membakar harupat (lidi) dan memecah kendi 

Harupat harus dibakar sampai menyala dan ditiup bersama-sama. Melalui ritual membakar harupat, diharapkan kedua mempelai mau saling mengalah. Sementara ritual memecahkan kendi bermakna bahwa keduanya harus bekerja sama untuk mencapai tujuan. 

  • Buka pintu 

Buka pintu memiliki makna penting khususnya dalam kehidupan bertetangga. Sebelum bergaul dengan tetangga, kita tentu harus membuka pintu terlebih dahulu agar diterima sebagai bagian dari lingkungan kita. 

  • Huap lingklung 

Huap Lingklung dan huap deudeuh (kasih sayang). Artinya, kedua pengantin disuapi oleh kedua orangtuanya masing-masing sebagai tanda kasih sayang dari orangtua yang terakhir kali. Kemudian masing-masing mempelai saling menyuapi sebagai tanda kasih sayang. Acara huap lingklung diakhiri dengan saling menarik bakakak (ayam utuh yang telah dibakar). Mempelai yang mendapatkan bagian terbesar konon akan mendapatkan banyak rezeki.

PENYAMBUTAN TAMU AGUNG

Setelah rangkaian upacara adat selesai, acara dilanjutkan dengan penyambutan tamu agung yang dapat dilakukan di rumah maupun di gedung. Kedua mempelai beserta keluarga di pintu gedung sudah siap disambut oleh mang lengser, enam penari tabur bunga, enam orang penari umbul-umbul, sepasang penari persembahan, dua orang pembawa kujang, dan seorang pembawa payung kuning. Pada saat para penari menari, penuntun acara adat menceritakan hal-hal baik dari kedua mempelai berdasarkan hasil mewawancarai mereka sebelumnya. Biasanya pengantin cenderung bahagia mendengarkan ini. Saat kedua mempelai dan kedua orangtua naik pelaminan, keluarga pengiring berbelok menuju tempat yang telah tersedia. Kemudian masuk tari khusus persembahan oleh penari pasangan (apa maksudnya: kemudian masuk sepasang penari menarikan tarian khusus persempahan? Atau kemudian masuk sepasang penari menarikan tarian khusus sebagai persembahan bagi kedua mempelai?). Mertua wanita dipersilakan menyerahkan buket bunga kepada menantu wanita. Sedangkan mertua laki-laki dipersilakan memasangkan keris kepada menantu laki-laki. Setelah penyambutan tamu agung selesai, acara dilanjutkan dengan sambutan atas nama kedua keluarga dan ditutup dengan doa. Selanjutnya, penuntun acara akan mempersilakan para tamu yang datang untuk memberikan ucapan selamat dan acara resepsi (hiburan dan makan malam) dilanjutkan.


Adat Pernikahan di Indonesia #1 (Jawa)

Secar kodrati, manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan dengan segala fungsi dan potensinya yang tunduk kepada aturan hukum alam; lahir, tumbuh, berkembang, menikah, memiliki keturunan, hingga akhirnya , meninggal dunia. Karena hukum alam itulah, manusia tak dapat hidup sendiri tampa bantuan manusia lainnya. Manusia biasa bersosialisasi dengan manusia lainnya dan merupakan bagian dari sitem sosial masyarakat yang secara berkelompok membentuk budaya.

Oleh sebab itu, ada beragam budaya  ataupun adat istiadat dari tiap-tiap kelompok masyarakat dalam melaksankan kehidupan sehari-hari. Setiap kelompok masyarakat memiki kelompok sosialnya masing-masing yang terus melekat turub menurun dari nenek moyangnya terdahulu sehingga , tak heran bila saat kita menjumpai adat-istiadat ataupun kebudayaan dalam menyambut peristiwa penting dalam kehidupan di Nusantara, Salah satunya pernikahan atau perkawinan.

Dalam kehidupan manusia, pernikahan merupakan peristiwa yang sangat penting dan memiliki nilai yang sakral. Melalui pernikahan seseorang akan melepas dirinya dan lingkungan keluarganya untuk membentuk keluarga baru. Begitu pentingnya moment sebuah perkawinan, sehingga setiap orang umumnya ingin merayakan. Momen itu dalam sebuah upacara yang sakral dan meriah, dengan melibatkan para kerabat dan unsur masyarakat lainnya.

Karena lingkungan sosial masyarakat kita berbeda-beda antara satu dengan lainnya, maka adat kebiasaan dalam upacara perkawinan pun berbeda-beda. Namun demikian pada intinya, setiap adat(tradisi) memiliki maksud dan tujuan yang sama, yaitu membentuk kelaurga baru yang bahagia dan senatiasa diberkahi oleh Tuhan yang Maha Kuasa.

Setiap rangkaian upacara perkawinan adat memiliki simbol dan makna yang dalam. Karena itu, kebanyakan dari masyarakat kita masih  tetap menjunjung tinggi upacara perkawinan adat tersebut sebagai sebuah ritual yang tidak boleh dilupakan. Kendati demikian, ada sebagian masyarakat memilih perkawinan mereka dirayakan secara praktis. Sehingga , tidak semua rangkaian upacara perkawinan adat dilaksanakan oleh mereka, tetapi hanya dipilih berdasarkan kepentingan dari makna upacar perkawinan tersebut.


Keagungan Pernikahan Budaya Jawa




Budaya tanah Jawa masih menyimpan sejuta keindahan dan keagungan yang tetap dipegang teguh oleh masyarakatnya. Hal ini bisa dilihat dalam upacara pernikahan yang penuh makna dan unik. Beragam tradisi dan tata cara pernikahan menjadi bagian dari adat masing-masing wilayah. Berikut prosesi pernikahan adat Jawa Solo yang umum dilakukan oleh masyarakat Jawa Tengah dan sekitarnya.


Pernikahan adalah suatu rangkaian upacara yang dilakukan sepasang kekasih untuk menghalalkan semua perbuatan yang berhubungan dengan kehidupan suami-istri guna membentuk suatu keluarga dan meneruskan garis keturunan. Guna melakukan prosesi pernikahan, orang Jawa selalu mencari hari â€Å“baik”, maka perlu dimintakan pertimbangan dari ahli penghitungan hari â€Å“baik” berdasarkan patokan Primbon Jawa. Setelah ditemukan hari â€Å“baik”, maka sebulan sebelum akad nikah, secara fisik calon pengantin perempuan disiapkan untuk menjalani hidup pernikahan, dengan cara diurut perutnya dan diberi jamu oleh ahlinya. Hal ini dikenal dengan istilah â€Å“diulik”, yaitu pengurutan perut untuk menempatkan rahim dalam posisi yang tepat agar dalam persetubuhan pertama memperoleh keturunan, dan minum jamu Jawa agar tubuh ideal dan singset.

Sebelum pernikahan dilakukan, ada beberapa prosesi yang â€Å“harus” dilakukan, baik oleh pihak laki-laki maupun perempuan. Menurut Sumarsono (2007), tata upacara pernikahan adat Jawa adalah sebagai berikut :

Babak I (Tahap Pembicaraan)
Yaitu tahap pembicaraan antara pihak yang akan punya hajat mantu dengan pihak calon besan, mulai dari pembicaraan pertama sampai tingkat melamar dan menentukan hari penentuan (gethok dina).

Babak II (Tahap Kesaksian)
Babak ini merupakan peneguhan pembicaaan yang disaksikan oleh pihak ketiga, yaitu warga kerabat dan atau para sesepuh di kanan-kiri tempat tinggalnya, melalui acara-acara sebagai berikut :

1. Srah-srahan
Yaitu menyerahkan seperangkat perlengkapan sarana untuk melancarkan pelaksanaan acara sampai hajat berakhir. Untuk itu diadakan simbol-simbol barang-barang yang mempunyai arti dan makna khusus, berupa cincin, seperangkat busana putri, makanan tradisional, buah-buahan, daun sirih dan uang. Adapun makna dan maksud benda-benda tersebut adalah :

  • Cincin emas. Yang dibuat bulat tidak ada putusnya, maknanya agar cinta mereka abadi tidak terputus sepanjang hidup.
  • Seperangkat busana putri. Bermakna masing-masing pihak harus pandai menyimpan rahasia terhadap orang lain. 
  • Perhiasan yang terbuat dari emas, intan dan berlian. Mengandung makna agar calon pengantin putri selalu berusaha untuk tetap bersinar dan tidak membuat kecewa.
  • Makanan tradisional. Terdiri dari jadah, lapis, wajik, jenang; semuanya terbuat dari beras ketan. Beras ketan sebelum dimasak hambur, tetapi setelah dimasak, menjadi lengket. Begitu pula harapan yang tersirat, semoga cinta kedua calon pengantin selalu lengket selama-lamanya.
  • Buah-buahan. Bermakna penuh harap agar cinta mereka menghasilkan buah kasih yang bermanfaat bagi keluarga dan masyarakat.
  • Daun sirih. Daun ini muka dan punggungnya berbeda rupa, tetapi kalau digigit sama rasanya. Hal ini bermakna satu hati, berbulat tekad tanpa harus mengorbankan perbedaan.
2. Peningsetan.
Lambang kuatnya ikatan pembicaraan untuk mewujudkan dua kesatuan yang ditandai dengan tukar cincin antara kedua calon pengantin.

3. Asok tukon
Hakikatnya adalah penyerahan dana berupa sejumlah uang untuk membantu meringankan keuangan kepada keluarga pengantin putri.

4. Gethok dina
Menetapkan kepastian hari untuk ijab qobul dan resepsi. Untuk mencari hari, tanggal, bulan, biasanya dimintakan saran kepada orang yang ahli dalam perhitungan Jawa.

Babak III (Tahap Siaga)
Pada tahap ini, yang akan punya hajat mengundang para sesepuh dan sanak saudara untuk membentuk panitia guna melaksanakan kegiatan acara-acara pada waktu sebelum, bertepatan, dan sesudah hajatan.

  1. Sedhahan. Yaitu cara mulai merakit sampai membagi undangan.
  2. Kumbakarnan. Pertemuan membentuk panitia hajatan mantu, dengan cara :

  • pemberitahuan dan permohonan bantuan kepada sanak saudara, keluarga, tetangga, handai taulan, dan kenalan.
  • Adanya rincian program kerja untuk panitia dan para pelaksana.
  • Mencukupi segala kerepotan dan keperluan selama hajatan.
  • Pemberitahuan tentang pelaksanaan hajatan serta telah selesainya pembuatan undangan.
   3. Jenggolan atau Jonggolan
Saatnya calon pengantin sekalian melapor ke KUA (tempat domisili calon pengantin putri). Tata cara ini sering disebut tandhakan atau tandhan, artinya memberi tanda di Kantor Pencatatan Sipil akan ada hajatan mantu, dengan cara ijab.

Babak IV (Tahap Rangkaian Upacara)
Tahap ini bertujuan untuk menciptakan nuansa bahwa hajatan mantu sudah tiba. Ada beberapa acara dalam tahap ini, yaitu :

1. Pasang tratag dan tarub
Pemasangan tratag yang dilanjutnya dengan pasang tarub digunakan sebagai tanda resmi bahwa akan ada hajatan mantu dirumah yang bersangkutan. Tarub dibuat menjelang acara inti. Adapun ciri kahs tarub adalah dominasi hiasan daun kelapa muda (janur), hiasan warna-warni, dan kadang disertai dengan ubarampe berupa nasi uduk (nasi gurih), nasi asahan, nasi golong, kolak ketan dan apem.

2. Kembar mayang
Berasal dari kata â€Å“kembar” artinya sama dan â€Å“mayang” artinya bunga pohon jambe atau sering disebut Sekar Kalpataru Dewandaru, lambang kebahagiaan dan keselamatan. Jika pawiwahan telah selesai, kembar mayang dilabuh atau dibuang di perempatan jalan, sungai atau laut dengan maksud agar pengantin selalu ingat asal muasal hidup ini yaitu dari bapak dan ibu sebagai perantara Tuhan Yang Maha Kuasa. Barang-barang untuk kembar mayang adalah :
  • Batang pisang, 2-3 potong, untuk hiasan. Biasanya diberi alas dari tabung yang terbuat dari kuningan.
  • Bambu aur untuk penusuk (sujen), secukupnya.
  • Janur kuning, ± 4 pelepah.
  • Daun-daunan: daun kemuning, beringin beserta ranting-rantingnya, daun apa-apa, daun girang dan daun andong.
  • Nanas dua buah, pilih yang sudah masak dan sama besarnya.
  • Bunga melati, kanthil dan mawar merah putih.
  • Kelapa muda dua buah, dikupas kulitnya dan airnya jangan sampai tumpah. Bawahnya dibuat rata atau datar agar kalau diletakkan tidak terguling dan air tidak tumpah.
3. Pasang tuwuhan (pasren)
Tuwuhan dipasang di pintu masuk menuju tempat duduk pengantin. Tuwuhan biasanya berupa tumbuh-tumbuhan yang masing-masing mempunyai makna :
  • Janur. Harapannya agar pengantin memperoleh nur atau cahaya terang dari Yang Maha Kuasa. 
  • Daun kluwih. Semoga hajatan tidak kekurangan sesuatu, jika mungkin malah dapat lebih (luwih) dari yang diperhitungkan.
  • Daun beringin dan ranting-rantingnya. Diambil dari kata â€Å“ingin”, artinya harapan, cita-cita atau keinginan yang didambakan mudah-mudahan selalu terlaksana.
  • Daun dadap serep. Berasal dari suku kata â€Å“rep” artinya dingin, sejuk, teduh, damai, tenang tidak ada gangguan apa pun.
  • Seuntai padi (pari sewuli). Melambangkan semakin berisi semakin merunduk. Diharapkan semakin berbobot dan berlebih hidupnya, semakin ringan kaki dan tangannya, dan selalu siap membantu sesama yang kekurangan. 
  • Cengkir gadhing.
  • Air kelapa muda (banyu degan), adalah air suci bersih, dengan lambang ini diharapkan cinta mereka tetap suci sampai akhir hayat.
  • Setundhun gedang raja suluhan (setandan pisang raja). Semoga kelak mempunyai sifat seperti raja hambeg para marta, mengutamakan kepentingan umum daripada kepentingan pribadi. 
  • Tebu wulung watangan (batang tebu hitam). Kemantapan hati (anteping kalbu), jika sudah mantap menentukan pilihan sebagai suami atau istri, tidak tengok kanan-kiri lagi.
  • Kembang lan woh kapas (bunga dan buah kapas). Harapannya agar kedua pengantin kelak tidak kekurangan sandang, pangan, dan papan. Selalu pas, tetapi tidak pas-pasan. 
  • Kembang setaman dibokor (bunga setaman yang ditanam di air dalam bokor). Harapannya agar kehidupan kedua pengantin selalu cerah ibarat bunga di taman.
4. Siraman
Ubarampe yang harus disiapkan berupa air bunga setaman, yaitu air yang diambil dari tujuh sumber mata air yang ditaburi bunga setaman yang terdiri dari mawar, melati dan kenanga. Tahapan upacara siraman adalah sebagai berikut :
  • calon pengantin mohon doa restu kepada kedua orangtuanya. 
  • Calon mantu duduk di tikar pandan tempat siraman.
  • Calon pengatin disiram oleh pinisepuh, orangtuanya dan beberapa wakil yang ditunjuk.
  • Yang terakhir disiram dengan air kendi oleh bapak ibunya dengan mengucurkan ke muka, kepala, dan tubuh calon pengantin. Begitu air kendi habis, kendi lalu dipecah sambil berkata â€Å“Niat ingsun ora mecah kendi, nanging mecah pamore anakku wadon”.
5. Adol dhawet
Upacara ini dilaksanakan setelah siraman. Penjualnya adalah ibu calon pengantin putri yang dipayungi oleh bapak. Pembelinya adalah para tamu dengan uang pecahan genting (kreweng). Upacara ini mengandung harapan agar nanti pada saat upacara panggih dan resepsi, banyak tamu dan rezeki yang datang.

6. Midodareni
Midodareni adalah malam sebelum akad nikah, yaitu malam melepas masa lajang bagi kedua calon pengantin. Acara ini dilakukan di rumah calon pengantin perempuan. Dalam acara ini ada acara nyantrik untuk memastikan calon pengantin laki-laki akan hadir dalam akad nikah dan sebagai bukti bahwa keluarga calon pengantin perempuan benar-benar siap melakukan prosesi pernikahan di hari berikutnya. Midodareni berasal dari kata â€Å“widodareni” (bidadari), lalu menjadi â€Å“midodareni” yang berarti membuat keadaan calon pengantin seperti bidadari. Dalam dunia pewayangan, kecantikan dan ketampanan calon pengantin diibaratkan seperti Dewi Kumaratih dan Dewa Kumajaya.

Babak V (Tahap Puncak Acara).

1. Ijab qobul
Peristiwa penting dalam hajatan mantu adalah ijab qobul dimana sepasang calon pengantin bersumpah di hadapan naib yang disaksikan wali, pinisepuh dan orang tua kedua belah pihak serta beberapa tamu undangan. Saat akad nikah, ibu dari kedua pihak, tidak memakai subang atau giwang guna memperlihatkan keprihatinan mereka sehubungan dengan peristiwa menikahkan atau ngentasake anak.

2. Upacara panggih
Adapun tata urutan upacara panggih adalah sebagai berikut :
  • Liron kembar mayang. Saling tukar kembar mayang antar pengantin, bermakna menyatukan cipta, rasa dan karsa untuk mersama-sama mewujudkan kebahagiaan dan keselamatan.
  • Gantal. Daun sirih digulung kecil diikat benang putih yang saling dilempar oleh masing-masing pengantin, dengan harapan semoga semua godaan akan hilang terkena lemparan itu. 
  • Ngidak endhog. Pengantin putra menginjak telur ayam sampai pecah sebagai simbol seksual kedua pengantin sudah pecah pamornya.
  • Pengantin putri mencuci kaki pengantin putra. Mencuci dengan air bunga setaman dengan makna semoga benih yang diturunkan bersih dari segala perbuatan yang kotor. 
  • Minum air degan. Air ini dianggap sebagai lambang air hidup, air suci, air mani (manikem).
  • Di-kepyok dengan bunga warna-warni. Mengandung harapan mudah-mudahan keluarga yang akan mereka bina dapat berkembang segala-galanya dan bahagia lahir batin. 
  • Masuk ke pasangan. Bermakna pengantin yang telah menjadi pasangan hidup siap berkarya melaksanakan kewajiban.
  • Sindur. Sindur atau isin mundur, artinya pantang menyerah atau pantang mundur. Maksudnya pengantin siap menghadapi tantangan hidup dengan semangat berani karena benar. 
Setelah melalui tahap panggih, pengantin diantar duduk di sasana riengga, di sana dilangsungkan tata upacara adat Jawa, yaitu :
  • Timbangan. Bapak pengantin putri duduk diantara pasangan pengantin, kaki kanan diduduki pengantin putra, kaki kiri diduduki pengantin putri. Dialog singkat antara Bapak dan Ibu pengantin putri berisi pernyataan bahwa masing-masing pengantin sudah seimbang. 
  • Kacar-kucur. Pengantin putra mengucurkan penghasilan kepada pengantin putri berupa uang receh beserta kelengkapannya. Mengandung arti pengantin pria akan bertanggung jawab memberi nafkah kepada keluarganya.
  • Dulangan. Antara pengantin putra dan putri saling menyuapi. Hal ini mengandung kiasan laku memadu kasih diantara keduanya (simbol seksual). 
Dalam upacara dulangan ada makna tutur adilinuwih (seribu nasihat yang adiluhung) dilambangkan dengan sembilan tumpeng yang bermakna :
  • tumpeng tunggarana : agar selalu ingat kepada yang memberi hidup.
  • tumpeng puput : berani mandiri.
  • tumpeng bedhah negara : bersatunya pria dan wanita.
  • tumpeng sangga langit : berbakti kepada orang tua.
  • tumpeng kidang soka : menjadi besar dari kecil.
  • tumpeng pangapit : suka duka adalah wewenang Tuhan Yang Maha Esa.
  • tumpeng manggada : segala yang ada di dunia ini tidak ada yang abadi.
  • tumpeng pangruwat : berbaktilah kepada mertua.
  • tumpeng kesawa : nasihat agar rajin bekerja.
3. Sungkeman
Sungkeman adalah ungkapan bakti kepada orang tua, serta mohon doa restu. Caranya, berjongkok dengan sikap seperti orang menyembah, menyentuh lutut orang tua pengantin perempuan, mulai dari pengantin putri diikuti pengantin putra, baru kemudian kepada bapak dan ibu pengantin putra.

Kamis, 10 Januari 2013

Gelembung Udara yg membeku.

Abraham Lake di Kanada menyajikan pemandangan yang memukau. Gelembung-gelembung udara yang biasa terbentuk dalam air terlihat berbeda di tempat ini.

Abraham Lake merupakan danau buatan di sebelah barat Alberta, Kanada sejak tahun 1972 untuk menyokong keberadaan bendungan Bighorn Dam. Uniknya, kondisi alam di tempat ini menciptakan fenomena aneh, yakni gelembung udara yang membeku atau disebut ice bubbles / frozen bubbles.

Biasanya danau yang berada di tempat dingin akan membeku, bagaimana ini bisa terjadi dengan Abraham Lake? Gelembung-gelembung tersebut berisi gas metan yang dilepaskan oleh tumbuhan di dasar danau.

Fotografer Fikret Onal mengabadikan fenomena ini yang bisa dilihat pada gambar-gambar di bawah :






Mutiara Cinta


Kata Mutiara Cinta adalah seuntai kalimat yang berbicara tentang rasa yang tumbuh di jiwa dari hal terdasyat yang dimiliki manusia, yang menjadikan kita hidup dan memiliki tenaga kehidupan, yaitu cinta. Maka tak heran begitu banyak anak adam yang berlomba-lomba mencari dan ingin mengerti tentang arti kata tersebut. 
selalu di nantikan oleh pasangan anda karena memang tidak bisa di pungkiri lagi setiap pasangan mengingikan suasana yang sangat romanris. kata - kata tersebut juga tidak akan  pernah lepas dari ruang lingkup kehidupan ini.

dengan adanya untaian kalimat tersebut akan membuat orang semakin bijaksana dan dewasa dalam menyikapi permasalah hidup apalagi jika masalah yang di hadapi tersebut berkenaan langsung dengan yang namanya cinta. tentu jika anda merasakan masalah tersebut maka anda akan merasakan yang namanya galau dan hal tersebut juga dapat mengakibatkan stres. Baca juga artikel, mengenai Stress.

Agar anda dapat terlepas dari yang namanya stres maka tidak ada salahnya jika anda membaca beberpa patah kata mutiara untuk di jadikan sebagai motivasi anda dalam menyikapi permasalahan cinta yang sedang anda hadapi.


Tuhan menurunkan perasaan cinta sebagai pemersatu sekaligus pemompa semangat hidup manusia, agar bisa berkembang, mau melangkah dan menjadi motivasi dalam mengarungi dasyatnya gelombang kehidupan.

Seperti hal nya kata mutiara, kata cinta berisikan beragam rangkaian kalimat yang memiliki arti yang dalam, lebih terspesifik dalam hal perasaan di jiwa, tentang keindahaan asmara, kebahagiaan, kepedihan dan kesedihan yang dibawa oleh rasa dari surga tersebut.

Dibawah ini adalah beberapa bait kata mutiara cinta yang mencoba memberikan arti yang anda cari. Semoga memberikan kedamaian dan keindahan, dan mampu memupuk perasaan yang paling dicari oleh manusia manapun di jagad raya ini.

Kata Mutiara Cinta :
  • Cinta sejati dari seorang manusia rela mengorbankan apa saja. Seperti halnya Adam yang rela keluar dari surga demi membahagiakan kekasihnya Hawa.
  • Mencintai tidak harus memiliki, mencintai adalah memberi tanpa berharap untuk diberi.
  • Kasih sayang terindah adalah kasih sayang seorang ibu kepada anaknya.
  • Kasih sayang ayah sepanjang jalan, kasih sayang ibu sepanjang hayat.
  • Tuhan menurunkan cinta bagi manusia untuk mengetahui keindahan Surga.
  • Hidup tanpa cinta adalah neraka yang hadir ke muka bumi.
  • Hidup dengan mencintai adalah seperti domino, saat cinta itu terjatuh, maka sisi lain dari kehidupan juga ikut rubuh.
  • Jika hidup memberikan seribu alasan untuk tersenyum, maka cinta memberikan sejuta alasan untuk menangis.
  • Kebahagiaan bukan berasal dari orang lain, tapi datang dari dalam hati sendiri.
  • Hati seorang wanita bisa menyimpan rahasia sedalam samudra dan setinggi bintang-bintang di angkasa.
  • Jika kamu merasakan patah hati, berarti itu adalah tanda untuk mencoba mencintai yang baru.
  • Dalam matematika cinta, satu ditambah satu sama dengan tak terhingga, sementara dua dikurangi satu adalah kehampaan.
  • Rasa rindu adalah saat mata terpejam namun bayangannya selalu terkenang.
  • Penderitaan adalah bukan tidak memiliki harta, bukan tidak mencapai tahta, tapi karena tidak bisa merasakan indahnya cinta.
  • Cinta wanita adalah rasa ingin memberi, cinta seorang pria adalah rasa ingin memiliki.
  • Rasa cinta terindah adalah saat hati kita hanya merindukan kekekalan bersama sang Pencipta.
  • Perasaan cinta adalah penderitaan yang paling di cari oleh manusia.
  • Jika kau ingin dicintai, belajarlah untuk rela disakiti.
  • Penderitaan terdasyat adalah kehilangan dan patah hati.
  • Jika cinta sudah melekat, butiran pasir pun terasa coklat.
  • Cinta bisa pudar beriring waktu. Hanya kasih sayang yang akan terus abadi.
  • Cinta selalu diiringi dengan dua hal : air mata kerinduan dan debaran hasrat.
  • Hidup seakan mati saat cinta telah dikhianati.
  • Orang paling beringas sekalipun pasti mendambakan cinta.
  • Satu-satunya cara untuk tidak patah hati adalah dengan tidak mencintai.
  • Pembalasan terbaik bagi org yg menyakitimu adl dgn menunjukkan bhw dia bkn lg alasan bagimu utk tersenyum & menangis.
  • Jangan mudah menyerah dan terus memikirkan kekurangan yg ada pada dirimu, karena setiap kegagalan berimu pelajaran tuk bisa lebih baik lagi.
  • Jangan pernah merasa dirimu sendiri dalam hidup ini, karena selalu ada seseorang yg peduli, yg menyebutkan namamu setiap doanya.
  • Dalam mencoba sesuatu yg baru, tak ada yg salah dengan rasa takutmu, karena yg terpenting, jangan biarkan kata menyerah ada di benakmu.
  • Terkadang, karena terlalu ingin mendapat apa yg kamu inginkan, kamu lupa apa yg kamu butuhkan.
  • Tak perlu menjadi seorang yang sempurna demi dia yang kamu cinta. Lebih baik menunggu seseorang yang mencintai ketidak-sempurnaanmu.
  • Jangan pernah sakiti orang yang mencintaimu, meski mungkin kamu tak mencintainya. Karena mereka tak akan pernah menyakitimu.
  • Hanya mereka yang kuat yang mampu mengucapkan kata maaf, namun bagi mereka yang mampu memaafkan adalah orang yang lebih kuat.
  • Jangan pernah kamu tutupi perasaanmu. Karena meskipun mulutmu mampu untuk berkata tidak, matamu tak akan bisa menutupinya.
  • Seringkali cinta membuatmu kecewa dan terluka, tapi berterima kasihlah, karena cinta juga membuatmu dewasa dan bahagia.
  • Jangan tersenyum untuk menyembunyikan rasa sakit. Tersenyumlah untuk menyembuhkan rasa sakitmu.
  • Jangan menangis untuk mengenang masa lalu. Menangislah untuk melepaskan masa lalu. 
  • Jadikan kepandaian sebagai kebahagiaan bersama, sehingga mampu meningkatkan rasa ikhlas untuk bersyukur atas kesuksesan.
  • Berhentilah mencemasan sesuatu secara berlebihan. Cemas adalah buah dari pemikiran. Berpikir positif akan membuat hidup jadi lebih tenang.
  • Hal terindah yg bs dimiliki pria adl seorg wanita yg menilainya sbg satu2nya hal di dunia yg tdk dpt dibeli oleh uang.
  • Jangan berpikir kamu JATUH karena masalah yg diberikan Tuhan, karena sebenarnya Tuhan hanya menginginkanmu belajar BERDIRI.
  • Jangan begitu mudah memberi rasa percaya, karena jika seseorang yg tak pantas menerimanya, dia bisa kapan saja buatmu terluka.
  • Jangan hanya menunggu waktu yang tepat. Karena itu bukanlah hal yang utama, terkadang waktu yang salah bisa menjadi yang paling sempurna.
  • Jangan mencintai seseorang hanya karena kamu tahu dia mencintaimu. Jika kamu tak bahagia, tinggalkan dia.
  • Tuhan selalu memilki cara tuk membuka matamu atas orang-orang yg berusaha memanfaatkanmu. Jangan pernah ragu akan hal itu.
  • Terkadang butuh patah hati tuk kamu menyadari bahwa dia yg kamu cinta ternyata sangat berarti dalam hidupmu.

ok dah mari kita lanjutkan tentang artikel yang menulis kata-kata mutiara cinta ini. resapi ya saat kalian membacanya dan khayati artian yang mengandung dalam setiap kata-kata mutiara cinta tersebut.
  • Terkadang, di antara semua tawa dan perselisihan yg ada, akan hadir cinta di hatimu untuk dia, sahabatmu.
  • Tak ada yang mampu membeli cinta sejati. Cinta sejati tak datang kepadamu, ia berada dalam hatimu. Hanya hati tulus yang mampu merasakannya.
  • Tetap lakukan yang terbaik, meski Tuhan mengambil yang kamu anggap baik, karena sesuatu yang lebih baik telah Dia persiapkan. Percayalah..
  • 3 Kata yg paling menyedihkan ialah "sesungguhnya", "Seandainya", & "seharusnya". 
  • Masalah adalah ujian pendewasaan. Jadi tidak ada alasan menyalahkan orang lain. Benahi diri sendiri dan jadi pribadi yang dewasa.
  • Setiap cobaan yang terjadi, adalah atas kehedak Tuhan. Dan setiap kehendak Tuhan adalah untuk memuliakan.
  • Terkadang, yang tidak baik menurut kita adalah yang terbaik menurut Tuhan. Gunakan kebesaran hati untuk dapat menyikapi hal itu.
  • Ketika hati sedang gundah, gelisah dan dipenuhi dengan keputusasaan, ingatlah bahwa hanya kepada Tuhan kita mengadu.
  • Terkadang wanita memilih tuk berpura-pura kuat, karena mereka tahu seperti apa rasanya menjadi orang yg lemah, menangis tiada arti.
  • Jika kamu ingin berikan sesuatu yg berharga, berikan waktu dan perhatianmu. Cinta yg tulus tak harapkan lebih dari itu.
  • Dimana kepercayaan dipertahankan, cinta dikuatkan. Dimana kepercayaan dihancurkan, cinta dilemahkan.
  • Kadang kamu melepaskan seseorang, bukan karena kamu berhenti mencintainya, tapi karena sebesar apapun usahamu, dia tetap tak mencintaimu.
  • Amarah adalah cara termudah membuat masalah. Bersabar adalah salah satu cara agar terhindar dari masalah.
  • Menunggu memang bukan sesuatu yg menyenangkan, tapi kadang itu cara Tuhan tuk melatih KESABARAN.
  • Jangan ingkari kata hati, meski dia tak mampu melihat apa yg dilihat matamu, tapi dia mampu mengerti apa yg tak dipahami pikiranmu.
  • Jangan pernah meremehkan dirimu sendiri. Percayalah bahwa kamu pantas merasa istimewa, setiap detik setiap hari selama hidupmu.
  • Apapun yg menghampiri hidupmu, tetaplah menjadi dirimu. Jika ada yg tak menyukainya, lepaskan. Masih banyak yg mencintaimu.
  • Jangan mengeluh harimu, bersyukurlah atas nafasmu. Tuhan memberikannya padamu karena Dia tahu kamu cukup kuat menjalaninya.
  • Hidup bukan tentang mendapatkan apa yg kamu inginkan, tapi tentang menghargai apa yg kamu miliki, dan sabar menanti yg akan menghampiri.
  • Terkadang, tak peduli berapa banyak orang di sekitarmu, kamu merasa sepi. Hanya karena kamu berharap dia yg kamu cinta ada di sisi.
  • Dalam cinta, semakin sedikit kamu melihat dengan matamu, semakin banyak kamu akan melihat dengan hatimu.

Rabu, 09 Januari 2013

Seputar Indonesia

Inilah beberapa fakta paling unik tentang Indonesia raya tercinta ini. Semua orang sepertinya tahu bahwa Soekarno dan Hatta adalah yang memproklamirkan kemerdekaan Indonesia. Namun sampai tulisan ini dibuat, tidak ada nama jalan “Soekarno-Hatta” di Jakarta, kota tempat dibacakannya proklamasi. Nama mereka pun baru diabadikan menjadi nama bandara 40 tahun setelah Indonesia merdeka. Lebih parahnya lagi, pemerintah baru secara resmi menyematkan gelar “proklamator” kepada mereka pada tahun 1986, atau 16 tahun setelah Soekarno wafat.
Fakta Paling Unik Tentang Indonesia
Ibu Kota
Belum ada negara di dunia yang berganti ibu kota selama empat kali dalam kurun waktu relatif singkat kecuali Indonesia, yakni Jakarta (1945-1946), Yogyakarta (1946-1948), Bukittinggi (1948-1949), Jakarta (1950-sekarang).Unik Baca

Fakta Paling Unik Tentang Indonesia

Sepakbola

Sepakbola merupakan salah satu olahraga paling digemari di Indonesia, namun tim nasionalnya tidak pernah menang Piala Dunia FIFA. Hanya sekali tampil pada tahun 1938, itu pun bukan membawa bendera Indonesia, melainkan Hindia Belanda. Meskipun Indonesia memiliki jumlah penduduk paling banyak ke-4 di dunia dan Brazil di peringkat ke-5, namun prestasi sepakbola kedua negara tersebut berbeda jauh.

Fakta Paling Unik Tentang Indonesia
Hutan
Indonesia terkenal dengan keanekaragaman hayatinya yang luas. Hutan Indonesia yang luasnya mencapai 138 juta hektar merupakan tempat hidup bagi 11% spesies tumbuhan dunia, 10% spesies mamalia dunia, dan 16% spesies burung dunia. Meskipun demikian, Guinness World Records pada tahun 2008 menyematkan rekor pada Indonesia sebagai negara yang paling kencang laju kerusakan hutannya di dunia, yakni kehilangan 1,8 juta hektar hutan setiap tahun.

Fakta Paling Unik Tentang Indonesia
Pulau
Dengan 17.508 pulau, Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia. Disinilah 3 dari 6 pulau terbesar di dunia berada : Kalimantan, Sumatera, dan Papua. Namun jangan heran bahwa hampir 60% penduduknya tinggal di Pulau Jawa, padahal luasnya hanya 7% dari seluruh wilayah Indonesia. Uniknya lagi, ada empat pulau yang kedaulatannya dikuasai bersama-sama dengan pemerintah negara tetangga. Pulau Kalimantan secara administratif dikuasai tiga pemerintahan yaitu Indonesia, Malaysia, dan Brunei Darussalam. Pulau Papua dikuasai Indonesia dan Papua Nugini. Pulau Timor dikuasai Indonesia dan Timor Leste, dan yang terakhir Pulau Sebatik dikuasai Indonesia dan Malaysia. Baca juga arkitel tentang Jumlah Pulau Di Indonesia.

Fakta Paling Unik Tentang Indonesia

Angka
Penyebutan angka 1-9 dalam huruf Bahasa Indonesia mengandung misteri. Jika kita menjumlahkan dua angka yang huruf awalannya sama, maka hasilnya selalu sepuluh.
Berawalan S -> Satu + Sembilan = Sepuluh
Berawalan D -> Dua + Delapan = Sepuluh
Berawalan T -> Tiga + Tujuh = Sepuluh
Berawalan E -> Empat + Enam = Sepuluh
Bahkan Lima + Lima = Sepuluh

Tanggal 17 Agustus
Bila 17 Agustus menjadi tanggal kelahiran Indonesia, justru tanggal tersebut menjadi tanggal kematian bagi pencetus pilar Indonesia. Pada tanggal itu, pencipta lagu kebangsaan “Indonesia Raya”, WR Soepratman (wafat 1937) dan pencetus ilmu bahasa Indonesia, Herman Neubronner van der Tuuk (wafat 1894) meninggal dunia.Unik Baca

Fakta Paling Unik Tentang Indonesia