Sabtu, 28 Juli 2012

Makan Sahur dan Manfaatnya



Ketahuilah bahwa dalam makan sahur terdapat keberkahan, artinya kebaikan yang banyak dan tetap terus ada. Makan sahur adalah suatu hal yang disunnahkan dan dianjurkan untuk diakhirkan.
Dari Anas bin Malik, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

تَسَحَّرُوا فَإِنَّ فِى السَّحُورِ بَرَكَةً
Makan sahurlah kalian karena dalam makan sahur terdapat keberkahan.” (Muttafaqun ‘alaih)

Hikmah sahur diantaranya yaitu bahwasannya sahur ini membedakan puasa kita dengan puasanya ahli Kitab. Karena selain agama Islam, agama yang lain juga mempunyai ibadah seperti halnya puasa kita ini. Hanya saja perbedaannya adalah dalam hal makan sahur ini. Kita disunahkan untuk makan sahur sedangkan ahli kitab tidak mengenal akan sahur ini.  "Pembeda antara puasa kita dengan puasanya Ahlul Kitab adalah makan sahur." (HR Muslim 1096).


Dari Ibnu Umar r.huma, Rasulullah saw. Bersabda, "Sesunggunya Allah dan para malaikat-Nya mengirimkan rahmat ke atas orang-orang yang makan sahur" (Thabrani, Ibnu Hibban-At-Targhib).

Abdullah bin Harits r.a. meriwayatkan, seorang sahabat r.a. berkata," suatu ketika kau berkunjung kepada Rasulullah saw. Ketika itu beliau sedang bersahur. Lalu Beliau bersabda," Inilah perkara yang penuh berkah yang telah dikaruniakan Allah kepada mu. Jangan sekalipun kalian meninggalkannya"


Dalam riwayat lain Rasulullah saw sering menganjurkan agar selalu bersahur, sehingga beliau bersabda, "walaupun tidak ada makanan, bersahurlah meskipun dengan sebiji kurma atau seteguk air."



 Dari Abu Sai’d Al Khudri , Rasulullah saw bersabda, "sahur itu makanan yang berberkah, karena itu janganlah kalian meninggalkannya walaupun hanya seteguk air, karena Allah swt dan malaikat-Nya bershalawat kepada orang-orang yang sahur" (HR. Ahmad).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comment Using Facebook