Sabtu, 10 November 2012

Buah-buahan ASLI Indonesia Dan Manfaatnya

Buah lokal Indonesia yang juga jenis buah-buahan tropis selain memiliki rasa enak juga banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Buah lokal seperti sawo, kesemek, jeruk bali, dan banyak lagi mengandung vitamin dan zat yang baik untuk mencegah atau mengobati penyakit.

Berikut ini 17 buah lokal indonesia beserta manfaatnya:
  • Sawo
Kulit dan buah sawo yang berwarna cokelat membuat buah ini merupakan salah satu nama jenis warna kulit yang biasa diberikan bagi orang yang berkulit sedikit gelap. Selain rasanya yang manis, 20% gula yang terdapat dalam buah ini menjadikannya kaya akna karbohidrat. Sawo baik untuk menjaga kesehatan pembuluh darah sebab mengandung potasium yang tinggi dan vitamin A, vitamin B, vitamin C.
Selain kaya gula, sawo juga mengandung zat gizi lain seperti mineral, vitamin, karbohidrat, dan serat pangan. Buah ini juga baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Buah sawo (Achras sapota L) cukup dikenal masyarakat Indonesia. Baunya harum dan rasanya manis lezat. Dalam bahasa Inggris, sawo disebutsapodilla, chikoo, atau sapota. Di India, sawo disebut chikoo, di Filipina dikenal sebagai tsiko, dan di Malaysia ciku. Masyarakat Tionghoa menyebut buah sawo sebagai hong xiêm. Buah sawo matang biasanya dikonsumsi dalam keadaan segar. Rasa getahnya masih sering melekat pada mulut. Dalam kondisi matang, buah ini dapat dibuat menjadi minuman segar atau sebagai campuran es krim. Namun, hal tersebut belum diusahakan secara komersial.

Sawo berasal dari Amerika Tengah dan Meksiko. Di India, Sri Lanka, Filipina, Meksiko, Venezuela, Guatemala, dan Amerika Tengah, buah sawo sudah dibudidayakan secara komersial. Di Indonesia, sawo umumnya dibudidayakan sebagai tanaman pekarangan untuk dinikmati buahnya, terutama di daerah Sumatera Barat, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Nusa Tenggara Barat. Biji sawo berwarna hitam berkilat atau coklat kehitaman. Bentuknya pipih dan besar. Biji sawo mengandung saponin, kuersetin, dan minyak sebanyak 23 persen. Biji sawo sebaiknya tidak dikonsumsi karena kandungan asam hidrosianik yang cukup tinggi dapat menjadi racun. Sementara itu, bunga sawo merupakan bahan utama pembuatan parem, yaitu bubuk obat tradisional yang digosokkan pada seluruh badan pada ibu yang baru melahirkan.

Rasa buah sawo yang manis membuat buah ini banyak penggemarnya. Rasa manis ini disebabkan kandungan gula dalam daging buah dengan kadar 16-20 persen. Bukan hanya gula, dalam daging buah sawo terkandung pula lemak; protein; vitamin A, B, dan C; mineral besi, kalsium, serta fosfor. Komposisi gizi buah sawo dapat dilihat pada tabel.

Buah sawo memiliki kandungan mineral cukup baik. Buah ini merupakan sumber kalium yang baik, yaitu 193 mg/100 g. Di lain pihak, sawo juga memiliki kadar natrium yang rendah, 12 mg/100 g. Perbandingan kandungan kalium dan natrium yang mencapai 16:1 menjadikan sawo sangat baik untuk jantung dan pembuluh darah. Selain kaya kalium, sawo juga mengandung sejumlah mineral penting lainnya. Kandungan mineral lainnya per 100 gram buah sawo adalah: kalsium (21 mg), magnesium (12 mg), fosfor (12 mg), selenium (0,6  mg), seng (0,1 mg), dan tembaga (0,09 mg).

Sawo juga kaya akan vitamin C, yaitu 14,7 mg/100 g. Konsumsi 100 gram sawo dapat memenuhi 24,5 persen kebutuhan tubuh akan vitamin C setiap hari. Vitamin C dapat bereaksi dengan berbagai mineral di dalam tubuh. Vitamin C berperan penting dalam metabolisme tembaga. 

Selain itu, konsumsi vitamin C dalam jumlah cukup dapat membantu meningkatkan penyerapan zat besi. Vitamin C juga dapat berinteraksi dengan berbagai vitamin lain, seperti vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan.
Buah sawo juga mengandung asam folat, 14 mkg/100 g. Asam folat diperlukan tubuh untuk pembentukan sel darah merah. Asam folat juga dapat membantu pencegahan terbentuknya homosistein yang sangat berbahaya bagi kesehatan.

Vitamin lain yang juga terkandung pada buah sawo adalah: riboflavin, niasin, B6, dan vitamin A. Meskipun dapat digunakan sebagai sumber vitamin dan mineral, sawo sebaiknya tidak diberikan kepada bayi karena getahnya dikhawatirkan akan mengganggu saluran pencernaan. Buah sawo juga mengandung banyak gula sehingga baik untuk digunakan sebagai sumber energi. Namun, buah ini tidak dianjurkan bagi penderita diabetes melitus karena dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat.

Empuk dan Mulus. Sawo yang siap dikonsumsi adalah sawo matang. Buah mentah tidak enak dimakan karena keras. Rasanya pahit dan kelat disebabkan tingginya kandungan tanin dan kaustik. Sawo yang berkualitas baik adalah sawo yang empuk dan berwarna coklat tua. Masalah bentuk dan besarnya tidak jadi masalah, yang terpenting kulitnya harus mulus. Jangan memilih sawo yang ada luka, goresan, atau lubang sekecil apa pun. Selain itu, jangan memilih sawo yang memiliki bekas getah di bagian kulit. Sawo yang kulitnya cacat punya daging bagian bawah yang rusak atau keras.

Buah yang telah matang dapat disimpan pada suhu rendah untuk memperpanjang umur simpannya. Buah matang yang disimpan pada suhu 0 derajat celsius dapat bertahan 12-13 hari. Buah yang masih mentah bila disimpan pada suhu 15 derajat celsius dapat bertahan dalam keadaan baik selama 17 hari. Buah sawo mentah yang disimpan pada suhu lebih rendah lebih dari 10 hari tidak akan matang secara normal.

Untuk merangsang supaya cepat matang, sawo perlu diperam, setelah dicuci untuk menghilangkan bagian kulitnya yang mati. Ada beberapa cara pemeraman. Buah ditempatkan dalam wadah yang tertutup (misalnya dalam peti atau karung) selama beberapa hari. Namun, cara pemeraman demikian akan menjadikan buah matang tidak dalam waktu bersamaan. Guna mendapatkan sawo yang matang serentak, buah dimasukkan ke dalam tempat yang tertutup rapat, kemudian diberi karbit atau diasapi. Buah sawo sangat rawan tercemar mikroba karena kandungan air dan zat gizinya yang tinggi. Geotrichum candidum, Cladosporum oxysporium, danPenicillium italicum adalah contoh mikroba yang sering terdapat pada buah sawo.

Untuk menjaga agar sawo yang matang tidak diserang mikroba patogen, sebaiknya gunakan fungisida benlate. Perlakuan secara alamiah, tanpa menggunakan zat kimia, sulit sekali untuk mendapatkan hasil terbaik. Oleh karena itu, untuk menjaga keamanan, sebaiknya buah sawo dicuci terlebih dahulu sebelum dimakan
  • Kesemek
Pada kulit buah kesemek, terdapat bagian yang berwarna putih seperti bedak. Fluoride yang terkandung dalam buah ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan mulut dan gusi.
Manfaat Buah Kesemek - Kesemek buah-buahan dari marga Diospyros  yang banyak tumbuh didataran tinggi di Indonesia Terbaru dengan ciri - ciri buah yang berwarna antara jingga kekuningan sampai kemerahan dan berdiameter antara 2-8 cm dan sedikit berasa sepat memiliki Manfaat Besar dalam pencegah kanker dan penyakit-penyakit kronis lainnya. Hal ini karena buah kesemek yang kaya akan likopen sebuah zat antioksidan sebagai pencegah kanker, dan meningkatkan masukan serat kasar bagi tubuh.

Manfaat Buah Kesemek - Komponen-komponen yang terdapat dalam buah kesemek tersebut merupakan senyawa bioaktif yang mempunyai fungsi tertentu, yang dapat dikembangkan sebagai makanan fungsional. sedangkan Warna buah kesemek masak disebabkan oleh pigmen karotenoid yang berwarna oranye kemerahan. Karoten ini meupakan sumber vitamin A. Sifat fungsional karotenoid adalah melindungi membran lemak dari kerusakan akibat radikal bebas.

Manfaat Buah Kesemek -  Begitu besarnya manfaat dari buah kesemek seperti yang saya gambarkan diatas. lalu rahasia apa yang dimiliki oleh buah kesemek itu. mari kita mengenal tentang kandungan buah kesemek. 

Buah Kesemek mengandung :
  • 19,6% karbohidrat, terutama fruktosa dan glukosa, 0,7% protein, vitamin A dan kalium. 
  • Kesemek juga kaya akan likopen yang berfungsi sebagai antioksidan pencegah kanker, phytochemical lutein, betakaroten dan serat. 
  • Kandungan polifenol di dalam kesemek dapat menurunkan kolesterol jahat dan mencegah penyakit jantung. 
  • Sedangkan serat kesemek dapat mengikat zat karsinogen dan mengeluarkannya dari saluran cerna,
Berikut beberapa cara menggunakan buah kesemek untuk pengobatan:

* Hipertensi
Buatlah jus buah kesemek dengan menambahkan air hangat. Minum satu kali sehari.

* Asma dan batuk berdahak
Ambillah dua potong buah kesemek kering, tambahkan sedikit air lalu kukus hingga matang. Setelah matang, haluskan dan tambahkan satu atau dua sendok madu.

* Sakit perut
Kupaslah satu buah kesemek segar, lalu makan. Mengkonsumsi buah kesemek segar diyakini dapat meredakan sakit perut berupa nyeri atau rasa panas di perut.

* Diare dan disentri
Siapkan dua potong buah kesemek yang telah dikeringkan. Rebus hingga menjadi bubur dengan campuran beras ketan dan irisan jeruk sebanyak dua potong. Setelah tercampur rata, angkat dan siap untuk dikonsumsi oleh penderita dua sampai tiga kali sehari
  • Jeruk Bali
Kulit tebal seperti spons dimiliki jeruk bali. Jeruk bali adalah jeruk yang berukuran besar dan berwarna merah muda atau putih. Dalam buah ini terdapat senyawa flavonid, pektin dan likopen. Sehingga berguna untuk mencegah anemia, mengurangi risiko penyakit jantung dan menurunkan kolesterol. Berbagai kerajinan menarik pun tak jarang dihasilkan dari kulit buah ini.
Jeruk bali adalah jenis buah yang punya nama latin Citrus Maxima atau citrus grandis. Di pasar internasional, jeruk bali biasa disebut dengan sebutan pomelo. Orang melayu menyebutnya limau besar, di Thailand diberi julukan Ma o, di Philipina diberi nama lukban atau suha, cina memberi julukan dou you atau youzi, di Bangladesh disebut jambura dan di Jepang di sebut dengan Bontan.

Asal mula jeruk bali hingga kini masih merupakan pertanyaan besar, namun yang pasti salah satu lokasi budidaya jeruk bali yang terkenal bukan Bali, melainkan Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Di Pati, jeruk bali disebut dengan jeruk bali madu karena rasanya yang manis. Setiap tahun, menurut salah seorang petani jeruk di sana, konsumsi terhadap jeruk bali madu meningkat. Jeruk bali madu di sana biasanya dihargai sebesar Rp. 11.000 per kilo,  atau Rp. 6000 per buah.

Di bali, daerah yang banyak menghasilkan jeruk bali adalah Kintamani (Bangli). Di sana harga jeruk bali bisa lebih murah daripada di Pati, yaitu dipatok dengan harga Rp. 6000 saja per kilogram. Itulah kenapa petani jeruk bali di sana, berharap harga jeruk mereka bisa mengalami peningkatan.

Selain buahnya yang manis, yang juga bisa diolah dari jeruk bali adalah kulitnya yang tebal yang bisa dibikin manisan. Bunganya oleh orang-orang Vietnam biasa dijadikan bahan campuran parfum sementara kayu dari pohon jeruk bali biasa dibikin perkakas dapur.

Pohon jeruk bali termasuk jenis yang mampu beradaptasi dengan baik pada daerah kering dan relatif tahan penyakit, terutama CVPD yang pernah menghancurkan pertanaman jeruk di Indonesia. Buah ini adalah buah musiman, bisa dipanen hanya dua kali saja dalam setahun. Penanaman jeruk bali yang banyak dilakukan di Indonesia adalah dengan cara cangkok. Cara ini dianggap lebih menguntungkan dibanding dengan penanaman secara biji atau stek, karena masa tanamnya lebih pendek.

Pohon jeruk bali akan aktif berbuah pada tahun ketiga setelah penanaman. Namun untuk menghindari pohon kekurangan nutrisi, maka di awal-awal penanaman harus banyak dilakukan pemangkasan kalau dirasakan buah terlalu banyak.

Usia pohon jeruk bali cukup panjang. Setelah berusia 23 tahun, pohon jeruk bali masih bisa berbuah. Yang perlu diperhatikan dari budidaya penanaman pohon jeruk bali adalah ancaman hama berupa lalat buah dan kecabuk. Kecabuk biasanya membuat buah jeruk bali menjadi hitam. Untuk mengatasinya, diperlukan pestisida dan methyl eugenol. Sementara untuk lalat buah, yang diperlukan adalah perangkap.

Kultivar unggulan jeruk bali di Indonesia yang cukup dikenal ada empat kultivar, selain jeruk bali madu yang tadi sudah disebutkan, kultivar lainnya adalah ‘nambangan’, ‘srinyonya’ dan ‘magetan’. Ketiga kultivar ini banyak di tanam di Kabupaten Magetan dan Madiun.

Kandungan Dalam Jeruk Bali
  • Likopen
Kandungan likopen pada jeruk bali cukup tinggi, yaitu 350 mikrogram per 100 gram daging buah. Jika bersinergi dengan betakaroten (provitamin A) yang banyak terdapat pada jeruk bali, likopen bisa berperan sebagai antioksidan. Antioksidan ini bekerja untuk melawan radikal bebas yang terdapat dalam tubuh kita sehingga mampu mencegah jerawat, flek atau noda bahkan kanker kulit.
  • Pektin
Jeruk bali mengandung pektin jauh lebih banyak dibandingkan dengan jenis jeruk lainnya setelah dijus. Satu porsi jus jeruk bali mengandung lebih dari 3,9 persen pektin. Setiap 15 gram pektin dapat menurunkan 10 persen tingkat kolesterol. Berarti jeruk bali dapat menurunkan risiko penyakit jantung.
  • Zat aktif pembersih darah
Jeruk bali dipercaya mengandung zat aktif yang dapat membersihkan sel darah merah yang telah tua di dalam tubuh dan menormalkan tingkat hematokrit, yaitu persentase sel darah per volume darah. Tingkat hematokrit normal pada wanita adalah 37-47 persen, sedangkan laki-laki 40-54 persen. Rendahnya hematokrit akan menyebabkan anemia, tetapi jika sangat tinggi dapat memicu penyakit jantung karena darah jadi mengental.
  • Kalium
Jeruk bali (gravefruit) merupakan sumber kalium, vitamin A (440 IU), bioflavonoid, dan likopen (350 ug/100g). Menurut hasil penelitian, jeruk bali termasuk antikanker yang sekaligus menyehatkan prostat.
  • Vitamin C
Seperti jeruk lain, jeruk bali adalah sumber vitamin C (350 mikrogram per 100 gram daging jeruk). Vitamin C sangat baik sebagai sumber antioksi dan Perokok dianjurkan untuk mengonsumsi jeruk bali dua “siung” (helai dalam buah) setiap hari. Peningkatan kadar vitamin C di dalam darah mampu memperbaiki jaringan yang rusak, bahkan kanker, akibat tidak stabilnya molekul radikal bebas karena rokok dan polusi udara.
  • mengandung vitamin B, provitamin A, vitamin B1, B2 dan asam folat.
Khasiat Jeruk Bali.
  1. mampu menurunkan kadar kolesterol yang seringkali menyumbat saluran pembuluh darah jantung.
  2. berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Sementara para ahli peneliti utama dari Universitas Jagiellonian, Polandia  menemukan bahwa ekstrak jeruk Bali ternyata mengandung antibakteri dan antioksidan yang dapat ”menenangkan” sistem getah perut dalam membantu proses penyembuhan.
  3. Dr. Thomas Bizozowski, ketua tim peneliti Jeruk Bali di Universitas Jagiellonian, Polandia menyarankan pada pasien penderita tukak lambung agar mengkonsumi Jeruk Bali. ”Sebaiknya para pasien yang sedang menderita tukak lambung, mengkomsumsi jeruk Bali setiap hari. Sebab kadar likopen yang terdapat di daging buah Jeruk Bali dapat menangkal bakteri di dalam lambung dan sebagai antioksidan,” katanya.
  4. Menurut peneliti lain di Universitas Friedrich Schiller, Jerman juga kandungan senyawa kimiawi yang terdapat di dalam buah Jeruk bali tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan jantung dan lambung, tetapi juga baik untuk kesehatan gusi karena kadar vitamin C-nya tinggi. Penelitian yang melibatkan 58 responden yang mengalami gangguan kerusakan gusi cukup parah, setelah mengkonsumsi Jeruk Bali selama dua minggu, hasilnya positif. Urlich Splinghter peneliti dari Universitas Friedrich Schiller, Jerman, menyimpulkan temuannya bahwa terdapat korelasi positif pasien yang mengalami kerusakan gusi akut setelah mengkonsumsi Jeruk Bali sembuh. ”Dampak positif bagi pasien perokok yang mengalami kerusakan gusi, setelah memakan Jeruk Bali berangsur-angsur pulih kembali. Perlu diketahui merokok merupakan salah satu penyebab utama kerusakan gusi,” kata Urlich.
  5. Hasil penelitian lain menyebutkan kandungan senyawa kimiawi yang terdapat di dalam daging buah Jeruk Bali ternyata juga berguna untuk ”menyapu” sel darah merah yang telah tua di dalam tubuh dan menormalkan hematokrit.
  6. Mampu mengontrol diabetes agar tidak semakin parah. Diabetes melitus tipe 2 atau sering juga disebut dengan Non Insuline Dependent Diabetes Melitus (NIDDM) merupakan penyakit diabetes yang disebabkan oleh karena terjadinya resistensi tubuh terhadap efek insulin yang diproduksi oleh sel beta pankreas. Keadaan ini akan menyebabkan kadar gula dalam darah menjadi naik tidak terkendali. Kegemukan dan riwayat keluarga menderita kencing manis diduga merupakan faktor resiko terjadinya penyakit ini. Diabetes muncul saat tubuh tidak mampu memproduksi hormon insulin yang cukup untuk mengatur tingkat gula darah dengan tepat. Naringenin membantu meningkatkan kepekaan tubuh terhadap insulin. Juga, membantu mempertahankan berat badan ideal, yang merupakan bagian penting dalam pengobatan diabetes. Setelah makan, darah mengalir dengan gula, menyebabkan hati menciptakan asam lemak, atau lipid, untuk penyimpanan jangka panjang. Naiknya berat badan pada penderita diabetes menimbulkan risiko gangguan kesehatan dan kurangnya efektivitas insulin. Para peneliti menemukan bahwa naringenin membuat hati membakar lemak daripada menyimpannya. Mereka mengatakan naringenin memiliki efek dari fenofibrate dan rosiglitazone, dua obat-obatan penurun lipid yang digunakan untuk mengendalikan diabetes tipe 2. Yaakov Nahmias, penulis penelitian dari Universitas Hebrew, Yerusalem, Israel, memuji naringenin sebagai pengobatan “luar biasa” bagi penderita diabetes. “Unsur kimia seperti naringenin sudah lama dicari oleh industri farmasi, tetapi pengembangannya terganggu oleh masalah keamanan. Ini langkah maju tetapi bukan berarti makan jeruk Bali dalam jumlah besar akan menjadi obat mujarab, karena jaruk Bali hanya bisa mengkontrol agar diabetes tidak terlalu parah,” kata Nahmias dalam jurnal PLoS One.
  • Jambu Air
Jambu air dengan warna merah atau hijau yang khas. Buah ini banyak mengandung air. Vitamin A, C, kalsium dan protein terdapat pada buah yang langsung dimakan dengan kulitnya ini. Kelembaban kulit bisa terjaga dan pencernaan bisa sehat dengan mengkonsumsi jambu air.

Kandungan Gizi Jambu air, 100 g :
  • Water 93 g
  • Energy 25 kcal
  • Energy 105 kj
  • Protein 0.6 g
  • Total lipid (fat) 0.3 g
  • Ash 0.4 g
  • Carbohydrate, by difference 5.7 g
  • Fiber, total dietary ~ g
  • Sugars, total ~ g
  • Calcium, Ca 29 mg
  • Iron, Fe 0.07 mg
  • Magnesium, Mg 5 mg
  • Phosphorus, P 8 mg
  • Potassium, K 123 mg
  • Sodium, Na ~ mg
  • Zinc, Zn 0.06 mg
  • Copper, Cu 0.016 mg
  • Manganese, Mn 0.029 mg
  • Selenium, Se ~ mcg
  • Vitamin C, total ascorbic acid 22.3 mg
  • Thiamin 0.02 mg
  • Riboflavin 0.03 mg
  • Niacin 0.8 mg
  • Pantothenic acid ~ mg
  • Vitamin B-6 ~ mg
  • Folate, total ~ mcg
  • Vitamin B-12 ~ mcg
  • Vitamin A, IU 339 IU
  • Vitamin A, RAE 17 mcg_RAE
  • Retinol ~ mcg
  • Vitamin E, added ~ mg
  • Fatty acids, total saturated ~ g
  • Fatty acids, total monounsaturated ~ g
  • Fatty acids, total polyunsaturated ~ g
  • Cholesterol ~ mg
Berikut beberapa manfaat dari buah Jambu Air :
  • Kandungan air yang cukup banyak daripada dagingnya mampu membantu tubuh dari kekurangan cairan. Cairan ini ternyata berguna untuk membersihkan ginjal dari urea dan asam urine. Sebelum dibuang bersama air, kedua kotoran tersebut harus dilarutkan terlebih dahulu dengan air itu. Kalo ginjal kekurangan air maka kotoran yang dikeluarkan tubuh menjadi tidak lancar hingga akhirnya menjadi batu ginjal.
  • Kandungan Vitamin A buah jambu air lumayan banyak untuk meningkatkan imunitas atau sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan mata dan menambah kinerja sel darah putih. Menurut informasi kesehatan yang beredar kekurangan vitamin A banyak di idap oleh penderita HIV.
  • Buah Jambu air mempunyai kandungan Vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan yang bertugas memperbaiki sel tubuh yang rusak seperti kulit. Untuk masalah perawatan kecantikan, vitamin c ini mempunyai peranan penting untuk melancarkan peredaran darah. Kalo kebutuhan tubuh akan vitamin C tercukupi, kulit akan terlihat lebih segar. Vitamin C bisa merangsang tumbuhnya kolagen kulit dan menjaganya.
  • Kandungan serat buah jambu air ini lumayan tinggi loh dan kandungan mineral nya sangat banyak. Dari asam sulfuric, asam sitrat, protein, mangan, besi, magnesium, tembaga, magnesium, kalsium, kalium, seng dan fosfor.
  • Jambu Biji Merah
Jambu biji merah memiliki banyak banyak kandungan gizi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Kandungan Vit C, A, B kompleks, serat dan banyak mineral lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh. 
  1. Jambu biji rendah  akan kalori dan lemak namun mengandung vitamin penting diantaranya, mineral, dan senyawa antioksidan poli-fenolik dan flavonoid yang berperan penting dalam pencegahan kanker, anti-penuaan, serta meningkatkan daya tahan tubuh.
  2. Buah ini sangat kaya sumber serat larut (5,4 g per 100 g buah, sekitar 14% dari DRA), yang baik untuk memperlancar pencernaan. Serat membantu melindungi membran mukosa usus dengan mengurangi efek buruk racun serta mengikat bahan kimia penyebab kanker di usus besar.
  3. Jambu biji adalah sumber antioksidan dan vitamin C, menyediakan lebih dari tiga kali dari kebutuhan asupan harian. Kulit Luar jambu biji mengandung tinggi vitamin C daripada bagian tengahnnya. 
  4. jambu biji kaya akan astringent yang bersifat alkali dan memiliki manfaat sebagai desinfektan dan anti bakteri, sehingga membantu penyembuhan diare atau disentri yang disebabkan oleh pertumbuhan mikroba. Lebih lanjut, nutrisi lain dalam jambu biji, seperti vitamin C, karotenoid dan kalium memperkuat dan meremajakan sistem pencernaan. 
  5. Vitamin B pada jambu biji memainkan peran penting dalam kesehatan fungsi otak. Jambu biji kaya akan vitamin B3 dan B6. Vitamin B3,dikenal juga sebagai niasin yang berfungsi merangsang fungsi otak dan meningkatkan aliran darah, dan vitamin B6, juga dikenal sebagai pyridoxine, adalah nutrisi penting untuk otak dan fungsi saraf. 
  6. Studi ilmiah menunjukkan bahwa konsumsi buah-buahan yang kaya vitamin C secara rutin membantu tubuh menjadi lebih kuat melawan infeksi, penyebab kanker serta radikal bebas yang berbahaya untuk tubuh. 
  7. Buah jambu biji merupakan sumber Vitamin-A dan flavonoid seperti beta-karoten, likopen, lutein dan cryptoxanthin. Senyawa yang diketahui memiliki sifat antioksidan dan sangat penting untuk kesehatan. vitamin A juga dibutuhkan untuk menjaga selaput lendir tetap sehat dan untuk kulit. Konsumsi buah-buahan alami kaya akan karoten dikenal untuk melindungi paru-paru dan kanker rongga mulut.
  8. Studi menunjukkan bahwa likopen dalam jambu biji muda dapat mencegah kerusakan kulit dari efek sinar UV dan memberikan perlindungan dari kanker prostat.
  9. Jambu biji segar sangat kaya akan kalium, bahkan lebih banyak dibandingkan dengan pisang per 100 g berat buah. Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah.
  10. Jambu biji juga merupakan sumber vitamin B kompleks seperti asam pantotenat, niasin, vitamin B6 (pyridoxine), vitamin E dan K, dan mineral seperti magnesium, tembaga, dan mangan. Mangan digunakan oleh tubuh sebagai faktor rekan untuk enzim antioksidan, superoksida dismutase. Tembaga dibutuhkan dalam produksi sel darah merah. 
  11. Walaupun belum ada penelitian yang pasti mengenai manfaat jambu merah biji untuk mengobati demam berdarah ( DBD ), namun banyak yang mempercayai jambu biji merah dapat meningkatkan trombosit darah pada penderitan demam berdarah. kandungan vitamin dan mineral yang tinggi pada jambu biji merah dapat membantu mempercepat proses penyembuahn pada oarang ya sakit tanpa menyebabkan efek samping.
Sangat banyak manfaat buah jambu biji merah untuk kesehatan, disamping mudah didapatkan dimana saja dan tentu saja harganya yang murah. Buah jambu biji merah dapat dikonsumsi secara langsung, atau yang paling banyak dijadikan jus jambu biji merah.
  • Duku
Duku merupakan buah dengan bentuk bulat kecil dan memiliki daging buah yang cenderung bening. Diare bisa diobati dengan obat ini, selain bagus untuk sistem penecernaan. Duku memiliki banyak mineral seperti kalsium, fosfor dan zat besi.

Buah duku (Lansium Domesticum Corr) berasal dari tanaman berkayu yang hidup menahun. Pohonnya diperkirakan asli dari Indonesia. Literatur lain mengatakan duku berasal dari Asia Tenggara bagian barat, dari semenanjung Thailand di sebelah barat sampai Kalimantan di sebelah timur. Kini Buah duku hampir tersebar luas diseluruh wilayah Asia dan menjadi salah satu primadona buah duku tropis.


Di Indonesia, sentra buah duku tersebar luas di wilayah Sumatra dan Jawa. Jenis yang banyak dibudidayakan adalah varietas Komering, Metesih, Condet dan Kalikajar. Buah duku dapat tumbuh subur di daerah beriklim basah dengan curah hujan tinggi. Tanaman ini termasuk jenis pohon buah musiman yang hanya berbuah setahun sekali. Biasanya bunga akan bermunculan di awal musim hujan (September-Oktober). Enam bulan kemudian buah terlihat bergelantungan di ranting dahan dan siap dipanen pada bulan Februari-Maret.

Buah duku mentah berwarna hijau, bergetah dan citarasanya sangat asam. Seiring matangnya buah, kulit akan berubah kekuningan dan daging buah akan berasa manis. Sebagian besar buah duku hanya dimakan segar sebagai buah meja. Padahal kalau kita mau sedikit berkreasi, duku dapat dijadikan beragam sajian lezat dan nikmat, seperti untuk isi puding, campuran fruits cocktail atau sebagai bahan baku selai.

KANDUNGAN KIMIA


Dilihat dari komposisi zat gizinya, buah duku tidak terlalu mengecewakan. Setiap 100 gr buah duku terkandung kalori 70 kal, protein 1.0 g, lemak 0.2 g, karbohidrat 13 g, mineral 0.7 g, kalsium 18 mg, fosfor 9 mg dan zat besi 0.9 mg. Untuk kandungan kalori, mineral dan zat besi duku setingkat lebih tinggi dibandingkan dengan buah apel atau jeruk manis.

KHASIAT
  1. Mengandung dietary fiber atau serat yang bermanfaat untuk memperlancar sistem pencernaan, mencegah kanker kolon dan membersihkan tubuh dari radikal bebas penyebab kanker.
  2. Selain daging buah yang segar menyehatkan, bagian kulit buah dan bijinya juga bermanfaat untuk bahan baku obat anti diare dan menurunkan demam.
  3. Kulit kayunya juga sering digunakan orang untuk mengobati gigitan serangga berbisa dan obat disentri.
  4. Sebagian orang juga percaya, benalu pohon duku dapat menghambat dan membasmi sel-sel kanker.
  • Belimbing
Dalam bahasa inggris buah ini dikenal dengan starfruit, karena bentuknya seperti bintang dengan lima sudut. Kandungan vitamin E di dalamnya bermanfaat untuk kecantikan kulit. Buah ini juga dipercaya dapat menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi.
Rasa buah belimbing manis memang manis dan menyegarkan. Selain itu, belimbing ini sarat akan gizi. Kandungan vitamin A dan C yang dikandungnya merupakan antioksidan yang ampuh melawan radikal bebas, meningkatkan daya tahan tubuh.
Di dalam belimbing manis juga kaya pektin. Pektinnya mampu menjerat kolesterol, mencegah hepatitis atau penyakit pengerasan hati, dan asam empedu yang terdapat dalam usus dan membantu pembuangannya. Dan seratnya bermanfaat memperlancar proses pencernaan. Makanya buah belimbing efektif untuk menurunkan tekanan darah bagi penderita penyakit hipertensi yang mengkonsumsinya.
Buah belimbing matang yang terkenal dengan rasa manis ini berkhasiat untuk meredakan berbagai macam penyakit, seperti diabetes, kolesterol, batuk, radang tenggorokan dan demam. Kandungan vitamin C yang cukup tinggi juga dipercaya sebagai obat kanker.
Bunga buah belimbing yang berwarna keunguan dipercaya berkhasiat untuk mengobati penyakit malaria. Daunnya yang rimbun berkhasiat untuk mengobati sakit maag, melancarkan air seni, hipertensi dan penyakit bisul.
Bahkan akar tanaman belimbing dapat mengobati penyakit rematik. Manfaat yang bisa kita peroleh, selain untuk kesehatan, enak dikonsumsi sebagai buah segar dan dapat juga dimanfaatkan sebagai tanaman pekarangan.
  • Manggis
Tebak-tebak buah manggis. Buah ini memang sering dijadikan bahan tebak-tebakan untuk menebak jumlah isi di dalamnya. Daging buah ini berwarna putih meskipun kulitnya berwarna hitam. Berbagai manfaat besar dihasilkan kandungna antioksidan, antibiotik dan antivirus yang tinggi pada buah manggis. Masalah vertigo dan kelelahan bisa diredakan oleh buah ini.
Buah Manggis merupakan buah dari tanaman tropis ini artinya manggis hanya bisa tumbuh di daerah yang beriklim tropis seperti indonesia. Buah manggis yang memiliki nama latin Garcinia mangostana ini terkenal dengan julukannya sebagai ratu buah, karena penampilanya yang sangat anggun warna ungu dengan di hiasi mahkota pada atas buah menambah keanggunan dari buah ini.


Selain bentuknya yang sangat menarik Buah Manggis ini memiliki rasa yang enak sekali saya yakin anda semua suka dengan Buah Manggis, rasanya yang manis dan sedikit asam memberikan kesegaran tersendiri.



Buah Manggis ini mengandung Zat xanthone yang mana zat ini dapat mencegah tumbuhnya Tumor dan Kanker, nah lo. hebat sekali kan manfaat buah manggis ini. selain itu Kulit Buah manggis ini juga bisa digunakan untuk pengobatan Malaria, penyakit TBC, Penyakit kulit, Diare dan disentri. ok bagi anda yang ingin mengetahui apa saja manfaat buah manggi ini silahkan disimak selengkapnya.

Manfaat Buah Manggis
  1. Memakan atau meminum jus buah manggis secara rutin dapat mencegah Penyakit-penyakit otak yang berbahaya seperti Alzheimer dan arthritis yang disebabkan oleh peradangan.
  2. Zat xanthones yang terdapat dalam buah manggis mampu mengatasi membran sel dalam tubuh kita yang mudah membesar dan mengeras, yang dapat menyebabkan kegemukan atau obesitas. Zat xanthones dapat melunakkan kembali sel-sel, dan mengubah zat makanan menjadi energi yang dibutuhkan oleh tubuh.
  3. Mencegah terjadinya kanker prostat. pada usia tua saluran prostat dipastikan akan membesar karena penumpukan bakteri pada saluran kencing. Dengan mengkonsumsi manggis yang penuh akan anti oksidannya bakteri tersebut dapat diatasi.
  4. Dari segi kencantikan, mengkonsumsi buah manggis secara rutin dapat mencegah munculnya jamur di kulit anda.
  5. Mengkonsumsi Buah Manggis dengan rutin setiap hari mampu mengurangi bahkan menghilangkan rasa sakit yang anda derita. Hal ini sudah dibuktikan oleh beberapa para ahli medis.
Ekstrak kulit buah yang larut dalam petroleum eter ditemukan dua senyawa alkaloid. Kulit kayu, kulit buah, dan lateks kering Garcinia mangostana mengandung sejumlah zat warna kuning yang berasal dari dua metabolit yaitu alfa-mangostin dan �-mangostin yang berhasil diisolasi. Mangostin merupakan komponen utama sedangkan �-mangostin merupakan konstituen minor. Ditemukan metabolit baru yaitu 1,3,6,7-tetrahidroksi-2,8-di (3-metil-2butenil) xanton yang diberi nama a-mangostanin dari kulit buah Garcinia mangostana.

Hasil penelitian menunjukkan, ekstrak kulit manggis mempunyai aktivitas melawan sel kanker meliputi breast, liver, dan leukemia. Selain itu, juga digunakan untuk antihistamin, antiimpflamasi, menekan sistem saraf pusat, dan tekanan darah, serta antiperadangan. Kulit buah juga mengandung antosianin seperti cyanidin-3-sophoroside, dan cyanidin-3-glucoside. Senyawa tersebut berperan penting pada pewarnaan kulit manggis. Kulit buahnya mengandung senyawa pektin, tanin, dan resin yang dimanfaatkan untuk menyamak kulit dan sebagai zat pewarna hitam untuk makanan dan industri tekstil, sedangkan dan getah kuning dimanfaatkan sebagai bahan baku cat dan insektisida.Efek biologi & farmakologi
  • Sirsak
Kulit buah ini berwarna hijau dan daging berwarna putih. Sirsak biasa dimakan dengan ditambahkan gula, sirop atau dibuat jus. Manfaatnya sebagai pengatur kadar gula dalam darah dan melawan bakteri dalam tubuh.

Untuk lebih lengkapnya lagi, baca DISINI.
  • Salak
Jenis salak dengan kualitas paling baik yang dikenal di Indonesia adalah salak pondoh. Banyak orang yang menyukai rasanya yang manis dan garing. Buang-buang air yang terus menerus bisa diobati dengan buah bersisik coklat ini. Untuk itu jangan terlalu banyak memakan buah ini jika tidak ingin sulit buang air.


Buah salak bayak ditanam untuk dimanfaatkan buahnya, yang populer sebagai buah meja. Selain dimakan plontos, buah salak juga biasa dibuat manisan, asinan, dikalengkan, atau dikemas sebagai keripik. Buah yang muda digunakan untuk bahan rujak.

Helai-helai anak daun dan kulit tangkai daun buah salak dapat digunakan sebagai bahan anyaman, meski tentunya sesudah duri-duri buah salak dihilangkan lebih dahulu. Karena duri-duri buah salak hampir tak tertembus, rumpun buah salak kerap ditanam sebagai pagar.

Penelitian terbaru buah salak yang disampaikan oleh Nurfi Afriansyah, MSc dari Pusat Litbang Gizi dan Makanan Departemen kesehatan RI sebagaimana ditulis dalam tabloid gaya hidup sehat menyatakan bahwa kandungan betakaroten dalam 100 gram buah salak kurang lebih 5,5kali lebih banyak dibanding mangga, 3kali dibandingkan jambu biji dan 5kali semangka merah. Sayang tidak disebutkan berapa kalinya wortel.

Jangan membuang kulit ari buah salak

Menurut F.X. Wahyurin Mitano, pendapat tentang buah salak tersebut benar. Sebab, dalam kulit ari buah salak itulah terdapat kandungan serat. Anjuran yang sama berlaku saat kita makan jeruk. Sebaiknya, jangan dimakan bulir jeruknya saja. Makan juga “pembungkus” jeruknya. “Kandungan serat itulah yang mengurangi kemungkinan menderita sembelit setelah makan buah salak,” ungkap ahli gizi RSUD dr Soetomo tersebut.
Untuk mengurangi kekhawatiran tidak atau kesulitan BAB, jangan lupa untuk memakan atau membuat jus buah salak dengan kulit arinya. Tidak menguliti buah salak sampai bersih, karena kulit ari ini yang dipercaya bisa mengatasi kesulitan BAB jika memakan banyak buah salak atau minum banyak jus buah salak. Ayo kita berekpserimen dengan jus buah salak untuk merawat mata kita.

Salah satu manfaat lain dari buah salak adalah dapat membantu program diet, Kandungan zat gizi dan fitonutrien yang ada di dalam buah salak memang berpotensi membantu program diet. Di dalam buah salak terdapat vitamin C sebanyak 2 mg, tanin dan serat. Kita mengetahui bahwa serat dapat memberikan rasa penuh atau kenyang lebih lama karena memerlukan waktu untuk diserap oleh usus.

Kandungan Gizi Buah Salak Dalam 100 Gram
  1. Kalori  77,0 kal
  2. Protein 0,40 g
  3. Karbohidrat  20,90 g
  4. Kalsium 28,00 mg
  5. Fosfor 18,00 mg
  6. Zat Besi 4, 20 mg
  7. Vitamin B 0,04 mg
  8. Vitamin C 2,00 mg
  9. Air 78,00 mg
Pada musimnya tentu Anda mudah menemui buah dengan ciri khas rambut ini. Dari anak-anak hingga dewasa menyukai buah berwarna putih manis tersebut. Salah satu yang memiliki rasa yang nikmat adalah rambutan rapiah. Untuk kesehatan, buah ini pada dagingnya kaya akan antioksidan.
  • Buah salak Bermanfaat untuk obat mencret atau diare.
Jika anda sering mengalami gangguan masalah seputar perut, mencret misalnya anda bisa manfaatkan buah salak sebagai obat dengan mengkonsumsi sebanyak 20 gram daging buah salak yang masih muda.
  • Buah salak bermanfaat juga sebagai obat mata.
Nah berdasarkan penelitian para ahli dibidang kesehatan, ternyata buah salak mengandung Betakaroten yang tentu sangat bagus buat kesehatan mata. Betakaroten adalah salah satu zat anti oksidan yang banyak terdapat dalam sayuran seperti wortel.
Apabila anda ingin terus menjaga kesehatan mata adabaiknya juga mulai sekarang sering mengkonsumsi jus salak sebagai alternatif selain jus wortel yang rasanya mungkin jauh lebih nikmat ketimbang jus wortel.


Setiap segala sesuatu yang diciptakan Allah kepada hambanya ternyata membawa fungsi juga manfaat bagi manusia, termasuk tanaman dan buah-buahan.  Ada yang sifatnya mengobati atau berfungsi sebagai penawar ada juga sebagai penyebab penyakit. Salak misalnya apabila dimakan terlalu banyak lantas membuang kulit arinya maka makan salak bisa menyebabkan perut mulas bahkan sulit BAB, untuk itu solusinya jika makan salak makan juga beserta kulit arinya. Kulit ari disini berfungsi sebagai penawar, karena kulit ari salak mengandung banyak serat.

Lalu Apa Saja Manfaat Buah Salak Bagi Kesehatan ?
  • Buah salak mengndung vitamin C, 2mg buah salak juga mengandung serat yang memberikan efek kenyang lebih lama sebab memerlukan waktu dalam proses penyerapan dalam usus. Kandungan gizi buah salak antara lain kalori, protein, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin C dan B juga air.
  • Buah salak juga sangat baik untuk kesehatan kuku dan kulit anda.
Apa pantangan Mengkonsumsi Buah Salak ?
Pantangan buah salak dihkususkan bagi yang menderita maag dan radang usus, sebab tannin dalam kandungan buah salak bisa memperparah kondisi usus yang luka karena sulit dicerna. Tannin merupakan zat yang terdapat pada tumbuhan salah satunya adalah salak.

Bagaimana dengan ibu hamil ? bolehkah ibu hamil mengkonsumsi salak ? jawabanya “Boleh” asalkan tidak berlebihan. Makan salak bagi ibu hamil disarankan disertai kulit arinya jadi jangan makan salak meninggalkan kulit arinya, sebab akan mempersulit berak (buang air besar) dan tidak dianjurkan makan salak muda.
  • Rambutan
Pada musimnya tentu Anda mudah menemui buah dengan ciri khas rambut ini. Dari anak-anak hingga dewasa menyukai buah berwarna putih manis tersebut. Salah satu yang memiliki rasa yang nikmat adalah rambutan rapiah. Untuk kesehatan, buah ini pada dagingnya kaya akan antioksidan.


Rambutan (Nephelii lappacei) banyak ditanam sebagai pohon buah, terkadang ditemukan sebagai tumbuhan liar,terutama di luar Jawa. Tumbuhan tropis ini memerlukan iklim lembab dengan curah hujan tahunan paling sedikit 2000 mm. rambutan merupakan tanaman dataran rendah hingga ketinggian 300-600 dpl. Biasanya tumbuhan ini tingginya antara 15-25 m, bercabang-cabang, dan daunnya berwarna hijau. Buah bentuknya bulat lonjong, panjang 3-5 cm dengan duri temple (rambut) lemas sampai kaku.
Kulit buah berwarna hijau, dan menjadi kuning atau merah kalau sudah masak. Dinding buah tebal. Biji berbentuk elips, terbungkus daging buah berwarna putih transparan yang dapat dimakan dan banyak mengandung air. Rasanya bervariasi dari masam sampai manis. Kulit biji tipis berkayu.

Umumnya rambutan berbunga pada akhir musim kemarau dan membentuk buah pada musim hujan, sekitar November sampai Februari. Rambutan juga mempunyai banyak jenis di antaranya Ropiah, Si Macan, Si Nyonya, Lebak Bulus dan Binjei. Perbanyakan melalui biji, tempelan tunas, dan mencangkok.
Kandungan dan Manfaat

Buah ini mengandung karbohidrat, protein, lemak, fosfor, besi, kalsium dan vitamin C. Kulit buah mengandung tanin dan saponin. Biji mengandung lemak dan polifenol. Daun mengandung tannin dan saponin. Kulit batang mengandung   tannin, saponin, flavonida, pectic substance, dan zat besi.

Bagian tumbuhan ini yang dapat digunakan sebagai obat adalah kulit buah digunakan untuk mengatasi disentri dan demam, kulit kayu digunakan untuk mengatasi sariawan, daun digunakan untuk mengatasi diare dan menghitamkan rambut, akar digunakan untuk mengatasi demam, dan biji digunakan untuk mengatasi kencing manis (diabetes mellitus).

Cara dan Contoh Pemakaian.
Untuk obat yang diminum, tidak ada dosis rekomendasi. Untuk pemakaian luar, daun digiling samapi halus, lalu ditambah sedikit air. Kemudian air perasannya dapat digunakan untuk perawatan rambut. Adapun contoh pemakaiannya adalah sebagai berikut :
  • Disentri
Kulit buah rambutan (10 buah) dicuci, lalu dippotong-potong seperlunya. Lalu ditambahkan 3 gelas minum air bersih, selanjutnya rebus sampai airnya tersisa setengah. Setelah dingin, disaring dan diminum 2 kali sehari, masing-masing tiga perempat gelas.
  • Demam
Kulit rambutan yang telah dikeringkan (15 gr) dicuci. Kemudian ditambah 3 gelas air bersih, lalu direbus sampai mendidih selama 15 menit. Setelah dingin, disaring dan diminum 3 kali sehari, masing-masing sepertiga bagian.
  • Perawatan Rambut
Daun rambutan secukupnya dicuci , lalu ditumbuk sampai halus. Sedikit air ditambahkan, sambil diaduk rata sampai menjadi adonan seperti bubur. Lalu, diperas dan didisaring dengan sepotong kain. Air yang terkumpul digunakan untuk membasahi kulit kepala. Hal ini dilakukan setiap hari sampai terlihat hasilnya.
  • Kencing Manis
Biji rambutan (5 biji) digoreng sangran (sangria), lalu digiling sampai menjadi serbuk. Kemudian, diseduh dengan satu cangkir air panas. Setelah dingin airnya diminum sekaligus. Lakukan 1-2 kali sehari.
  • Sariawan
Kulit kayu rambutan (3 ruas jari) dicuci, lalu direbus dengan 2 gelas air bersih sampai tersisa satu gelas. Kemudian dipakai untuk berkumur selagi hangat.
Tak disangka, ternyata si rambut merah ini punya khasiat obat juga. Tak ada salahnya dicoba. Bagi yang punya perkarangan yang luas, kenapa tak mencoba menanamnya? Selain mudah dan murah, juga cepat berbuah. Satu lagi, bisa dijadikan koleksi tanaman obat keluarga.
  • Nanas
Buah nanas merupakan salah satu buah favorit dalam rujak karena rasa asam manisnya. Buah berwarna kuning ini memiliki manfaat antara lain dapat membantu masalah pada penyempitan pembuluh darah yang tertutup lemak, membantu pencernaan. Bagi Anda yang sedang diet, buah ini baik untuk dikonsumsi.

Nanas merupakan salah satu buah yang memiliki ciri khas tidak seperti buah yang lainnya. Buah Nanas ini memiliki daun buah yang berduri tajam, berwarna hijau dan keras. Nanas merupakan salah satu buah yang harganya cukup murah dan terjangkau. Namun, siapa sangka selain harganya murah manfaat nanas untuk kesehatan juga sangat banyak. Nanas seringkali dijadikan salah satu menu buah saat  anda sedang dalam proses diet. Untuk itu, buah nanas ini sangat baik dan sangat membantu sekali bagi anda yang sedang dalam proses diet karena nanas bermanfaat untuk menurunkan berat badan kita.


Manfaat Nanas Untuk Kesehatan

Manfaat Nanas sangat baik untuk kesehatan tubuh kita, berikut adalah beberapa manfaat buah nanas :
  • Dapat mengurangi resiko terserang hipertensi. 
  • Dapat menurunkan berat badan kita. Sangat cocok bagi anda yang sedang dalam program diet. 
  • Vitamin C yang ada pada buah nanas ini mampu melindungi tubuh kita dari radikal bebas yang menyerang sel kekebalan di dalam tubuh kita.  
  • Dapat mencegah terserangnya penyakit flu.
  • Memperkuat ketahanan tubuh dari beberapa serangan penyakit. 
  • Dapat mencerahkan kulit kita. 
  • Dapat membantu pencernaan protein dan dapat mempercepat proses penyembuhan.
Di atas adalah beberapa manfaat nanas yang bisa kita dapatkan. Untuk itu, konsumsi buah nanas juga sangat penting bagi kesehatan tubuh kita agar kita terhindar dari beberapa penyakit.


Khasiat Nanas



Sudah tidak bisa diragukan lagi bahwa manfaat nanas dan khasiat dari buah nanas ini sangat banyak. Untuk itu, bagi anda yang memiliki masalah kesehatan seperti yang sudah disebutkan di atas anda bisa mengkonsumsi buah nanas ini untuk mencegah ataupun mengobati berbagai penyakit tersebut. Jika anda ragu, itu tentu wajar karena memang semua itu tergantung niat anda dan kemauan untuk sembuh. Jika anda ingin sembuh bisa mencoba mengkonsumsi buah nanas ini secara teratur setiap hari dalam porsi yang sesuai dan tidak berlebihan untuk mendapatkan khasiat dari buah nanas ini.

  • Melancarkan pencernaan protein. Manfaat nanas ini dapat kita peroleh karena buah tersebut memiliki enzim bromelain dalam jumlah besar. Enzi mini bermanfaat untuk memperlancar proses pencernaan dan sebagai pelega tenggorokan. Enzim bromelain berfungsi sebagai pencerna protein yang terdapat dalam makanan hingga dapat diserap oleh tubuh.
  • Mempercepat proses penyembuhan luka. Fungsi lain dari Enzim Bromelain adalah dapat mempercepat proses penyembuhan luka serta mengurangi peradangan dan pembengkakan dalam tubuh. Untuk itu, bagi pasien yang akan atau telah menjalani operasi sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah nanas.
  • Berfungsi sebagai pembersih. Manfaat nanas sebagai pembersih ini juga diperoleh dari adanya enzim bromelain yang dapat membantu agar kadar asam dalam darah menjadi seimbang. Nanas juga dapat mengurangi kadar air yang berlebih dari dalam tubuh sehingga dapat membantu menyembuhkan penyakit Edema. Selain enzim bromelain, asam aspartic yang terkandung dalam nanas juga dapat membuang asam amonia yang merupakan racun berbahaya dari dalam tubuh.
Setelah kita ketahui beberapa manfaat buah nanas diatas, tentunya Anda akan berpikir untuk menyertakan buah ini dalam hidangan makanan Anda. Namun ada baiknya jika kita mengetahui bagaimana memilih buah nanas yang baik.


Ketika membeli buah nanas, ada nanas yang memiliki warna hijau atau kuning. Pilihlah diantara nanas-nanas tersebut yang paling berat. Semakin berat buah nanas, semakin segar buah itu karena kandungan air didalamnya masih banyak. Jika Anda ingin memilih nanas yang matang, silahkan Anda pilih nanas yang memiliki bau khas manis yang kuat. Karena jika Anda salah memilih nanas yang masih mentah, rasanya akan sangat asam.

  • Pepaya
Buah pepaya memiliki daging berwarna oranye dan berbiji hitam bulat-bulat kecil. Betakaroten merupakan kandungan gizi yang tertinggi di dalamnya. Buah ini juga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker payudara.

Manfaat buah pepaya buat kesehatan, sudahkah anda mengetahuinya? Buah yang harganya murah dan mudah ditemukan di pasaran ini ternyata selain rasanya nikmat dan segar juga menyimpan berbagai macam kandungan gizi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.


Pepaya merupakan salah satu buah yang paling banyak dikonsumsi masyarakat karena rasanya yang manis dan segar, selain itu bisa diolah dalam berbagai macam makanan, jajanan maupun minuman. Pepaya seringkali dijadikan campuran dalam es buah segar. Dalam masyarakat indonesia buah yang satu ini memang sangat cocok dengan selera.



Di jawa buah ini disebut dengan nama “kates” sedangkan di sunda disebut dengan “gedang”.



Bagi masyarakat jawa, buah pepaya yang masih muda dan hijau diolah menjadi masakan dalam bentuk oseng-oseng.


Beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan dari buah pepaya :
  1. Sangat baik bagi anda yang sedang dalam program diet karena memiliki banyak kandungan gizi dan rendah kalori.
  2. Kulit pepaya dapat dimanfaatkan untuk membantu penyembuhan luka di kulit.
  3. Kaya akan kandungan anti-inflamasi dan anti kanker.
  4. Bisa mengatasi masalah sembelit dan gangguan pencernaan karena kandungan seratnya yang cukup tinggi.
  5. Meningkatkan daya tahan tubuh karena kaya akan kandungan vitamin C.
  6. Mampu mencegah peningkatan kadar gula dalam darah bagi penderita diabetes.
  7. Membantu pertumbuhan rambut dan menghambat munculnya ketombe.
  8. Mencegah penuaan dini karena kaya akan kandungan antioksidan yang mampu melawan radikal bebas
  • Mangga
Rasa asam pada buah mangga muda biasanya diidamkan wanita hamil. Rasa manis baru akan didapatkan pada buah mangga yang matang dengan daging berwarna kuning. Berkhasiat untuk mengendalikan tekanan darah dan bermanfaat untuk kesehatan kulit. ClubOn, nikmatilah kesegaran buah-buahan hasil negeri sendiri. Murah harganya, banyak manfaatnya, lezat pula!


Mangga, nama buah ini berasal dari Tamil maankaay. Kata ini dipadankan dalam bahasa Indonesia menjadi mangga; dan pada pihak lain, kata ini dibawa ke Eropa oleh orang-orang Portugis dan diserap menjadi manga (bahasa Portugis), mango (bahasa Inggris) dan lain-lain. Nama ilmiahnya sendiri kira-kira mengandung arti: “(pohon) yang berbuah mangga, berasal dari India”.

Mangga atau mempelam adalah nama sejenis buah, demikian pula nama pohonnya. Mangga termasuk ke dalam marga Mangifera, yang terdiri dari 35-40 anggota, dan suku Anacardiaceae. Nama ilmiahnya adalah Mangifera indica.

Pohon mangga termasuk tumbuhan tingkat tinggi yang struktur batangnya (habitus) termasuk kelompok arboreus, yaitu tumbuhan berkayu yang mempunyai tinggi batang lebih dari 5 m. Mangga bisa mencapai tinggi 10-40 m.
Berasal dari sekitar perbatasan India dengan Burma, mangga telah menyebar ke Asia Tenggara sekurangnya semenjak 1500 tahun yang silam. Buah ini dikenal pula dalam berbagai bahasa daerah, seperti pelem atau poh (Jw.)


Buah mangga termasuk kelompok buah batu (drupa) yang berdaging, dengan ukuran dan bentuk yang sangat berubah-ubah bergantung pada macamnya, mulai dari bulat (misalnya mangga gedong), bulat telur (gadung, indramayu, arumanis) hingga lonjong memanjang (mangga golek). Panjang buah kira-kira 2,5-30 cm. Pada bagian ujung buah, ada bagian yang runcing yang disebut paruh. Di atas paruh ada bagian yang membengkok yang disebut sinus, yang dilanjutkan ke bagian perut.



Kulit buah agak tebal berbintik-bintik kelenjar; hijau, kekuningan atau kemerahan bila masak. Daging buah jika masak berwarna merah jingga, kuning atau krem, berserabut atau tidak, manis sampai masam dengan banyak air dan berbau kuat sampai lemah. Biji berwarna putih, gepeng memanjang tertutup endokarp yang tebal, mengayu dan berserat. Biji ini terdiri dari dua keping; ada yang monoembrional dan ada pula yang poliembrional.



Mangga terutama ditanam untuk buahnya. Buah yang matang umum dimakan dalam keadaan segar, sebagai buah meja atau campuran es, dalam bentuk irisan atau diblender. Buah yang muda kerapkali dirujak, atau dijajakan di tepi jalan setelah dikupas, dibelah-belah dan dilengkapi bumbu garam dengan cabai. Buah mangga juga diolah sebagai manisan, irisan buah kering, dikalengkan dan lain-lain. Di pelbagai daerah di Indonesia, mangga (tua atau muda) yang masam kerap dijadikan campuran sambal atau masakan ikan dan daging.

Biji mangga dapat dijadikan pakan ternak atau unggas; di India bahkan dijadikan bahan pangan di masa paceklik. Daun mudanya dilalap atau dijadikan sayuran. Kayu mangga cukup kuat, keras dan mudah dikerjakan; namun kurang awet untuk penggunaan di luar. Kayu ini juga dapat dijadikan arang yang baik.

Anda dapat memilih bagaimana Anda ingin menikmati Mangga. Saatnya Anda menikmati hari Anda dengan Mangga


Kandungan Gizi Mangga - Manggo
Nilai Kandungan gizi Mangga per 100 g (3.5 oz)
Energi 272 kJ (65 kcal)
Karbohidrat 17,00 g
Gula 14,8 g
Diet serat 1,8 g
Lemak 0,27 g
Protein 0,51 g
Vitamin A equiv. 38 mg (4%)
- Beta-karoten 445 mg (4%)
Thiamine (Vit. B1) 0.058 mg (4%)
Riboflavin (Vit. B2) 0,057 mg (4%)
Niacin (Vit. B3) 0,584 mg (4%)
Asam pantotenat (B5) 0,160 mg (3%)
Vitamin B6 0,134 mg (10%)
Folat (Vit. B9) 14 mg (4%)
Vitamin C 27,7 mg (46%)
Kalsium 10 mg (1%)
Besi 0,13 mg (1%)
Magnesium 9 mg (2%)
Fosfor 11 mg (2%)
Kalium 156 mg (3%)
Seng 0,04 mg (0%)
Persentase yang relatif ke US rekomendasi untuk orang dewasa.
  • Gohok
Buah gohok atau gowok. Buah yang ga bisa di makan sama kulit-kulitnya ini, sudah lumayan langka di temui.
Gowok, kupa, atau kepa adalah pohon buah anggota suku jambu-jambuan atau Myrtaceae yang berasal dari Indonesia, khususnya Jawa dan Kalimantan. Nama-namanya dalam bahasa daerah adalah gohok (Btw.), kupa, kupa beunyeur (Sd.), gowok, dompyong (Jw.).

Pohon kecil sampai sedang, tinggi 8-20 m dan gemang hingga sekitar 50 cm. Daun tunggal berhadapan, lonjong, 17-25 x 6-7 cm.
Buah buni, bulat agak gepeng, 2-3 cm garis tengahnya, ungu tua hingga kehitaman mengkilap, bermahkota tabung kelopak, tersusun dalam rangkaian. Daging buah putih atau agak merah ungu, banyak mengandung sari buah, masam atau asam manis agak sepat, berbiji gepeng dengan kulit putih atau merah ungu.

Gowok tumbuh liar terutama di hutan-hutan sekunder, antara ketinggian 200-1800 m dpl. Selain itu gowok juga ditanam di ditanam di kebun-kebun pekarangan dan lahan-lahan wanatani yang lain.

Gowok kebanyakan ditanam untuk diambil buahnya, kerap dijual di pasar untuk dimakan segar, sebagai bahan rujak atau untuk disetup. Kayunya berwarna kemerahan, digunakan sebagai bahan bangunan atau perabotan.
  • Jamblang
amblang memang buah musiman. Jadi jarang ada setiap saat kita butuhkan. Namun karena bersifat musiman membuat Jamblang menjadi buah yang ditunggu musimnya.

Jamblang, jambu keling atau duwet adalah sejenis pohon buah dari suku jambu-jambuan (Myrtaceae). Tumbuhan berbuah sepat masam ini dikenal pula dengan berbagai nama seperti jambee kleng (Aceh), jambu kling (Gayo), jambu kalang (Min.), jambulang, jambulan, jombulan, jumblang (aneka nama lokal di Sulut), jambulan (Flores), jambula (Ternate), jamblang (Btw., Sd.). Juga jambu juwat, jiwat, jiwat padi (Ind., juwet atau duwet (Jw.), juwet, jujutan (Bl.), dhuwak, dhalas (Md.), duwe (Bima) dan lain-lain.

Musim : Mei - Juni

Dalam pelbagai bahasa asing buah ini dikenal sebagai jambulan, jambulana (Malaysia), duhat (Filipina), jambul, jamun, atau Java plum (Ingg.), dan lain-lain. Nama ilmiahnya adalah Syzygium cumini.

Buah jamblang biasa dimakan segar. Di India dan Filipina, seperti juga kebiasaan di beberapa daerah di Indonesia, buah jamblang yang masak dicampur dengan sedikit garam dan kadang-kadang ditambahi gula, lalu dikocok di dalam wadah tertutup (biasanya dua mangkuk ditangkupkan) sehingga lunak dan berkurang sepatnya. Buah yang kaya vitamin A dan C ini juga dapat dijadikan sari buah, jeli atau anggur. Di Filipina, anggur jamblang diusahakan secara komersial.

Kayunya dapat digunakan untuk bahan bangunan, meskipun tidak istimewa dan agak mudah pecah. Kayu ini cukup kuat, tahan air dan serangan serangga; sekalipun agak sukar dikerjakan. Yang terlebih sering ialah digunakan sebagai kayu bakar. Kulit kayunya menghasilkan zat penyamak (tanin) dan dimanfaatkan untuk mewarnai (ubar) jala. Kepingan kecil pepagan ini juga kadang-kadang dibubuhkan untuk menghambat keasaman tuak. Daunnya kerap digunakan sebagai pakan ternak.

Beberapa bagian tumbuhan juga dipergunakan sebagai bahan obat, tradisional maupun modern. Kulit batang, daun, buah dan bijinya acapkali digunakan sebagai obat kencing manis, murus (diare), dan beberapa penyakit lain. Bahkan simplisia dari kulit batang (dikenal sebagai Syzygii cortex) dan biji jamblang (disebut Syzygii semen) dahulu dianjurkan sebagai sediaan apotek yang tidak wajib. Di samping tanin, bahan aktif yang dikandungnya antara lain adalah glukosida yambolin (jamboline). 
Pohon jamblang juga sering ditanam sebagai pohon peneduh di pekarangan dan perkebunan (misalnya untuk meneduhi tanaman kopi), atau sebagai penahan angin (wind break). Bunga-bunganya baik sebagai pakan lebah madu.

Aneka manfaat jamblang

Saat ini di Indonesia, jamblang tergolong ke dalam tumbuhan langka. Kurangnya pembudidayaan tumbuhan tersebut, merupakan salah satu faktor utama terkait dengan kelangkaannya. 

Padahal, jamblang memiliki segudang manfaat. Hampir seluruh bagian tumbuhan tersebut telah diketahui kegunaannya. Berdasarkan beberapa penelitian, berikut ini manfaat jamblang:
  • Bagian kulit kayu bermanfaat untuk mengobati diabetes; 
  • Bagian daunnya memiliki banyak kegunaan, antara lain sebagai antioksidan, anti virus, anti inflamasi (penghilang radang), dan berperan dalam menurunkan kadar gula dalam darah (anti diabetes), mengobati konstipasi, dan menghilangkan alergi;
  • Bagian buahnya kaya akan kandungan antosianin yang berperan penting sebagai antioksidan dan mampu menangkal radikal bebas. 
  • Buah jamblang berpotensi sebagai anti kanker; 
  • Zat antosianin yang memberikan warna ungu pada kulit buah jamblang, juga merupakan sumber pewarna alami yang sangat potensial digunakan dalam industri pembuatan makanan; 
  • Selain antosianin, buah jamblang mengandung zat-zat antara lain Vitamin C, Vitamin A, Riboflavin, kolin, asam folat, asam amino;
  • Buah jamblang juga mengandung aneka zat mineral, antara lain natrium, kalium, kalsium, posfor, zat besi, seng, dan mangan;
  • Sebagai penurun kolesterol dan anti diabetes. 
Dengan demikian, predikat tanaman obat dapat disematkan pada jamblang. Selain sebagai tanaman obat, kayu pohon jamblang tergolong ke dalam jenis kayu yang istimewa karena sangat kuat dan tahan dari kerusakan yang diakibatkan oleh air dan rayap. 

Salah satu negara yang telah memanfaatkan jamblang secara optimal yaitu India. Di India, jamblang dibudidayakan dengan baik karena merupakan komoditas yang bernilai ekonomi tinggi. Buah jamblang digunakan sebagai bahan baku selai, jeli, es krim, dan cuka. Bagian kayunya digunakan untuk membuat arang, jembatan, perahu, dayung, tiang, alat pertanian, gerobak, bantalan rel kereta api, dan bagian bawah gerbong kereta api. Bagian kulit kayunya mengandung zat tanin yang digunakan untuk meyamak kulit dan membuat jala ikan. 

Bagian daun jamblang dijadikan pakan ternak dan makanan bagi ulat sutra tasar. Selain itu, bagian daunnya dijadikan sebagai penghasil minyak atsiri yang digunakan sebagai bahan pewangi dalam industri pembuatan sabun dan parfum.

Sementara itu, bagian bunganya kaya akan nektar dan berguna untuk memelihara lebah sehingga dapat menghasilkan madu berkualitas tinggi. Oleh karena itu, pembudidayaan jamblang sebenarnya sangat penting untuk dilakukan. 

Nilai kandungan gizi Jamblang mentah per 100 g (3.5 oz)
Energi 251 kJ (60 kcal)
Karbohidrat 15,56 g
Lemak 0,23 g
Protein 0,72 g
Air 83,13 g
Vitamin A IU 3
Thiamine (Vit. B1) 0,006 mg (0%)
Riboflavin (Vit. B2) 0,012 mg (1%)
Niacin (Vit. B3) 0,260 mg (2%)
Asam pantotenat (B5) 0,160 mg (3%)
Vitamin B6 0,038 mg (3%)
Vitamin C 14.3 mg (24%)
Kalsium 19 mg (2%)
Besi 0,19 mg (2%)
Magnesium 15 mg (4%)
Fosfor 17 mg (2%)
Kalium 79 mg (2%)
Sodium 14 mg (1%)
  • Kecapi
Kecapi merupakan buah yang agak rumit memakannya, karena kulitnya begitu liat dan kuat, kadang perlu dijepit pake pinngiran pintu untuk membukanya. Malah kalau belum bisa juga, biasa dilempar ketanah sampai kulitnya terbuka (jadi inget masa kecil).

Kecapi, sentul atau ketuat adalah nama sejenis buah dan juga pohon penghasilnya. Nama-nama lainnya adalah kechapi (Mal.), sentol, santol atau wild mangosteen (Ingg.), santor (Fil.) dan lain-lain. Nama ilmiahnya Sandoricum koetjape (Burm.f.) Merr.

Kecapi diperkirakan berasal dari Indocina dan Semenanjung Malaya. Berabad-abad yang silam, tumbuhan ini dibawa dan dimasukkan ke India, Indonesia (Borneo, Maluku), Mauritius, dan Filipina, di mana tanaman buah ini kemudian menjadi populer, ditanam secara luas dan mengalami naturalisasi.
Pohon ini ditanam terutama karena diharapkan buahnya, yang berasa manis atau agak masam. Kulit buahnya yang berdaging tebal kerap dimakan dalam keadaan segar atau dimasak lebih dulu, dijadikan manisan atau marmalade.

Buah kecapi bertipe buah buni, berbentuk bulat pipih, berdiameter 5-6 cm, berwarna kuning keemasan, berbulu halus; daging buah bagian luarnya tebal dan keras, berwarna merah daging dan rasanya agak asam; daging buah bagian dalam lunak, berwarna putih, rasanya asam sampai manis, biasanya melekat pada biji. Bijinya 2-5 butir per buah, berbentuk bulat telur, sungsang, berwarna coklat berkilat, berukuran besar; keping bijinya berwarna merah.

Kayu kecapi bermutu baik sebagai bahan konstruksi rumah, bahan perkakas atau kerajinan, mudah dikerjakan dan mudah dipoles.

Berbagai bagian pohon kecapi memiliki khasiat obat. Rebusan daunnya digunakan sebagai penurun demam. Serbuk kulit batangnya untuk pengobatan cacing gelang. Akarnya untuk obat kembung, sakit perut dan diare; serta untuk penguat tubuh wanita setelah melahirkan.

Kandungan Gizi buah Kecapi per 100 g bagian yang dapat dimakan mengandung:  
kalorinya sebesar 247 kJ/100 g.
air 83,9 g
protein 0,7 g
lemak 1 g
karbohidrat 13,7 g
serat 1,1 g
abu 0,7 g
kalsium 11 mg
fosfor 20 mg
besi 1,2 mg
kalium 328 mg
dan vitamin C 14 mg. 



11 komentar:

  1. terimakasih atas artikelnya sangat bermanfaat bagi saya

    BalasHapus
  2. artikelnya sangat bermanfaat..
    terima kasih..

    BalasHapus
  3. warna ngejrengng pd gowok dan duwet, saya yakin mengandung zat non nutrisi anti kaker seperti likopen, lutein dll penelitiannya. sayang belum di eksplor

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga yakin mas, setiap buah yg diciptakan oleh-Nya. Pasti bermanfaat, bagi mahluk hidup.

      Hapus
  4. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
    sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
    kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
    Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
    1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
    melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
    dengan KYAI SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
    saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SOLEH PATI
    kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
    penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
    dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
    minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
    buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
    Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
    sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SOLEH PATI Di Tlp 0852-2589-0869
    Atau Kunjungi Situs KYAI www.pesugihan-uang-gaib.blogspot.co.id/ agar di
    berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur, saya sendiri dulu
    hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik, jika ingin seperti
    saya coba hubungi KYAI SOLEH PATI pasti akan di bantu Oleh Beliau

    BalasHapus
  5. Cari Tiket Pesawat dan tiket kapal Online Super Cepat dan murah??
    http://selltiket.com
    Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di http://agenselltiket.com

    INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI:
    No handphone : 085372801819

    BalasHapus

Comment Using Facebook