Sabtu, 26 Januari 2013

Mengatasi Sinyal BB - Android - iphone yg SOS

HP boleh keren n mahal, tapi kalau engga ada sinyal (SOS), itu semua hampa. Mungkin Sobat blogger ada yang pernah mengalami gangguan sinyal pada handphone yang menyebabkan Sobat gak bisa kirim terima sms, tidak bisa menelepon, tidak bisa internetan, atau bisa internetan tapi lemot. Komunikasi adalah hal yang penting sarana handphone menjadi pilihan utama setiap orang untuk berkomunikasi dengan orang yang di tuju di mana saja mereka berada, namun terkadang komunikasi jadi terganggu karena sinyal handphone yang tiba-tiba hilang. Memang seringkali hal seperti ini selalu menjengkelkan kita. Kendala seperti ini biasanya terjadi di daerah pedalaman, tapi mungkin juga terjadi di daerah-daerah kota. Nah, sebelum masuk ke cara menguatkan sinyal handphone, kita harus tau dulu beberapa hal yang berhubungan dengan sinyal handphone.


Hal-hal yang Berhubungan dengan Sinyal Handphone :
  • Kondisi Ruangan
Kondisi ruangan yang tertutup dan kedap suara dapat menyebabkan susah diterimanya sinyal handphone. Walaupun ada sinyal yang masuk, tetapi kondisinya lemah dan handphone pun tidak bisa digunakan untuk layanan komunikasi. Jadi untuk itu disarankan keluar ruangan sementara jika ingin melakukan komunikasi.
  • Cuaca Alam
Cuaca Alam sangat berpengaruh terhadap penghantaran sinyal, karena sinyal handphone dihantantarkan oleh ion-ion positif yang bertebaran di udara. Saat cuaca sedang mendung, hujan apalagi angin sedang kencang, hal-hal tersebut dapat mengakibatkan susunan ion yang tidak beraturan, sehingga menimbulkan gangguan terhadap penerimaan sinyal handphone.
  • Antena Headset
Asal Sobat tau handphone yang Sobat gunakan juga menggunakan antena, akan tetapi karena perkembangan jaman antena handphone sudah sangat di perkecil sekali. Handphone yang sering jatuh atau terbanting apalagi kalau tercelup ke dalam air dapat menyebabkan kerusakan pada headset handphone Sobat dan jika ini sering terjadi, dapat menimbulkan sinyal handphone sukar untuk ditangkap dan pada kondisi ini sebaiknya segera diperbaiki atau bisa juga membeli yang baru.
  • Relay Service Provider
Sobat blogger mungkin ada yang pernah mendengar istilah Blank Spot, kalau sekolah di jurusan yang berhubungan dengan komputer apa lagi TKJ pasti tau lah. Itu lho, kondisi dimana daerah yang tidak tercover oleh gelombang operator. Hal ini biasanya terjadi didaerah pelosok atau pedalaman.

Ok, sekarang kita tau hal-hal apa saja yang mempengaruhi bagus jeleknya penerimaan sinyal pada handphone. Nah, untuk mengatasi masalah-masalah tersebut Sobat bisa coba beberapa cara untuk mengatasi gangguan sinyal handphone berikut ini di rumah.

Cara Mengatasi Gangguan Sinyal Pada Handphone :
  • Menggunakan Aluminium
Menambahkan sedikit lempengan aluminium dapat memperkuat sinyal, karena aluminium adalah logam yang dapat menerima sinyal dengan baik. Sobat bisa mendapatkan aluminium di penutup kaleng susu, bisa juga didapat di bungkus berbagai makanan dengan bahan aluminium foil, atau lebih bagusnya lagi Sobat beli aluminium foil yang baru. Nah, aluminium ini dapat diletakan dibagian belakang handphone, tanpa harus mengganggu elemen pin baterai.
  • Kawat Melingkar Berpilin
Dengan membuat lingkaran sederhana menyerupai per yang dibuatkan dari bahan kawat tembaga. Lalu kemudian masukan handphone ditengah-tengahnya. Cara sederhana ini terbukti ampuh dapat menguatkan sinyal. Karena selain aluminium, tembaga adalah logam yang penerimaan sinyalnya juga bagus.

  • Matikan (turn off) BlackBerry anda, dan lakukan hard reset. Lalu pasang kembali dan tunggu beberapa saat apakah tanda SOS masih ada atau sudah berganti menjadi 3G.
  • Apabila masih tidak ada sinyal, silakan cek di Manage Connections dan pastikan pada field Mobile Network sedang dalam posisi dicentang. Lalu, lakukan register ulang di Host Routing Table untuk mendaftarkan BlackBerry anda ke jaringan operator yang anda gunakan dengan masuk ke menu Options > Device > Advanced System Settings > Host Routing Table. Tekan tombol menu dan pilih Register Now. Pastikan anda menerima pesan bahwa registrasi.
Sebagai pengguna Blackberry, tentunya kita tidak menguasai semuanya jika ternyata terjadi masalah pada Blackberry kita. Contohnya seperti Sinyal Blackberry tiba-tiba SOS (Hilang), berubah menjadi GSM atau tulisan GPRS/EDGE/3G berubah menjadi huruf kecil. Hal ini tentu sangat menjengkelakan sehingga membuat BlackBerry lemot dan beberapa layanan BlackBerry tidak dapat digunakan seperti Browsing, BlackBerry Messenger, dan lainnya. Untuk itu pada postingan kali ini saya akan berbagi tips tentang Cara Mengatasi Signal BlackBerry Anda yang suka Hilang.

Sinyal Blackberry SOS
Signal SOS yang muncul pada BlackBerry menandakan bahwa BlackBerry anda tidak mendapat signal/signal hilang, hal tersebut bisa saja terjadi ketika anda berada di ruangan yang sangat minim mendapat asupan signal. Signal SOSdapat menyebabkan layanan SMS, Browsing, Chatting, dan hampir semua layanan yang memerlukan signal BlackBerry tidak dapat digunakan.Solusinya : Segeralah keluar dari ruangan tersebut, cari tempat yang mendapat asupan signal yang cukup sehingga agar Blackberry anda segera mendapat sinyal dan normal kembali. Namun jika masih menunjukkan tanda SOS, coba Soft Test atau Hard Reset/Reboot/Restart. Kalau masih tanda SOS bisa menggunakan Diagnostic Test –> Host Routing Table.

Sinyal Blackberry GSM
Sinyal GSM pada Blackberry menunjukkan gejala yang sama dengan SOS. Anda tidak bisa menggunakan layanan SMS serta telepon dan layanan lainnya. Chatting, Email dan Browsing tidak bisa.Solusinya: Hampir sama seperti penanganan pada masalah sinyal SOS. Namun perlu ditambahkan dengan PING ke server RIM menggunakan Diagnostic Test.

Sinyal gprs/edge/3g Hurufnya mengecil
jika tanda signal gprs/edge/3G pada BB anda hurufnya mengecil berarti anda belum melakukan pendaftaran untuk berlangganan paket data BlackBerry atau BIS. Atau bisa juga terjadi yang tadinya GPRS/EDGE/3G huruf besar menjadi huruf kecil gprs/edge/3g karena errorpada data service di jaringan operator.Solusinya:Jika hal itu terjadi kemungkinan anda belum berlangganan paket BIS, silahkana berlangganan terlebih dahulu. Namun jika anda sudah berlangganan layanan data service BlackBerry dan signal masih tetap menjadi huruf kecil gprs/edge/3g maka anda bisa coba pancing signal BlackBerry anda atau lakukan Diagnostics Test. Cara untuk memancing sinyal yaitu buka Manage Connection –> Uncentang box Mobile Network dan centang lagi. Jika signal masih belum kembali normal, PING server RIM dengan Host Routing Table.

Adakalanya saat sedang menelepon rekan atau berinternet, tiba-tiba koneksi putus. Setelah dicek, ternyata sinyal operator yang digunakan melemah.

Selain melihat jumlah bar sinyal di ponsel, ada cara lain untuk mengecek kekuatan sinyal tersebut.


Bila menggunakan Android, cukup masuk ke dalam Setting, About lalu klik Network. Selanjutnya kekuatan sinyal akan ditunjukkan dalam satuan decibel miliwatts (dBm).

Bila menggunakan iPhone, berdasarkan pengalaman KompasTekno, cobalah untuk menekan *3001#12345# pada dial pad. Anda akan dibawa masuk ke menu Field Test dan bar sinyal akan berubah menjadi satuan dBm.

Sinyal pada -100 dBm menandakan Anda mendapatkan sinyal kualitas terburuk. Sedangkan angka -70 dBm menandakan kualitas sinyal ponsel sudah baik.

Nah, setelah punya akses untuk mengecek kekuatan sinyal, cobalah beberapa langkah berikut ini untuk mendapatkan sinyal terbaik yang bisa Anda dapatkan.

1. Buat peta sinyal

Seandainya Anda sedang berada di dalam rumah, buatlah sebuah denah rumah dalam bentuk sederhana. Nyalakan mode field test atau masuk ke Setting untuk melihat indikator kekuatan sinyal.

Selanjutnya berjalanlah dari satu titik ke titik di dalam rumah untuk mengetahui berapa kekuatan sinyal yang kamu dapatkan di sana. Tandai setiap titik di peta.

Dengan cara demikian kamu mudah menemukan titik mana saja yang memiliki sinyal kuat. Setiap kali akan menelepon, lakukanlah di titik tersebut sehingga suaranya jernih.


2. Airplane mode

Pasang Airplane Mode selama tiga detik, lalu matikan kembali mode tersebut. Cara ini akan me-refresh koneksi ke jaringan operator seluler yang Anda gunakan.

Selain itu bisa saja ponsel Anda akan terhubung ke pemancar sinyal yang lokasinya paling dekat dengan lokasi menelepon. Dengan demikian, sinyal yang dipancarkan dan diterima ponsel akan lebih kuat, suara saat menelepon pun lebih jernih.

3. Buka jendela

Bila berada di dalam rumah dan merasa suara putus-putus saat menelepon, bukalah jendela dan berdirilah di dekatnya.

Nah, seandainya suara putus-putus itu terjadi ketika menelepon dari dalam mobil. Lakukan hal yang sama, bukalah jendela terdekat.

Dengan cara ini, sinyal yang dipancarkan dari luar bisa  ditangkap oleh ponsel tanpa harus menembus penghalang. Apalagi bahan logam dalam body mobil termasuk bahan yang sulit ditembus sinyal seluler.


4. Sudah cek baterai?

Kalau SMS atau pesan lain yang kamu kirimkan ternyata delay, cobalah cek baterai ponsel. Smartphone biasanya akan menerapkan mode penghematan daya saat baterai tinggal sedikit.

Mode ini bisa saja memutus sementara koneksi ke jaringan, karena untuk memindah koneksi dari satu pemancar ke pemancar lain memang memakan banyak daya.

Nah, kalau ternyata masalah sinyal pada ponsel disebabkan hal ini, cukup charge saja dan semuanya akan selesai.

5. Dekati pemancar sinyal 


Pertama, Anda harus men-download dan memasang aplikasi Open Signal di ponsel Android. Aplikasi ini bisa dipakai untuk mengecek ada berapa menara pemancar sinyal di sekelillingmu.

Bila panggilan suara terputus-putus, cobalah cari pemancar terdekat dan berjalanlah mendekat ke arahnya.

Dengan demikian Anda bisa mendapat sinyal yang lebih kuat, dan otomatis koneksi ponsel mengarah ke satu pemancar itu.


6 komentar:

  1. Makasih infoy mas ..mau dicoba..ni berlaku u/ bb jenis apa ja

    BalasHapus
  2. Aku punya 4 bb kartu tri semua, 3 ada sinyal, yg 1 sos terus,ganti kartu ttp sos, berbagai cara sdh dicoba, tp sinyal yg ada kok selain tri, bb lainya ttp ada snyl tri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba Om rockie mengikuti cara2 berikut ini ;

      1.SOS menunjukkan bahwa Blackberry anda kurang mendapat sinyal yang cukup. Bisa disebabkan karena berada di ruangan yang sedikit mendapat penerimaan sinyal. SOS menyebabkan layanan SMS, Browsing dan Chatting tidak dapat digunakan.

      Solusinya : Segeralah keluar dari ruangan tersebut, mencari tempat yang lebih baik. Maksudnya agar Blackberry anda segera mendapat sinyal dan normal kembali. Jika masih menunjukkan tanda SOS, coba Soft Test atau Hard Reset/Reboot /Restart. Kalau masih tanda SOS bisa menggunakan Diagnostic Test –> Host Routing Table.

      2.Sinyal Blackberry GSM

      GSM menunjukkan gejala yang sama dengan SOS. Anda tidak bisa menggunakan layanan SMS serta telepon dan layanan lainnya. Chatting, Email dan Browsing tidak bisa.

      Solusinya : Sama seperti penanganan pada kasus sinyal SOS. Mungkin perlu ditambahkan dengan PING ke server RIM menggunakan Diagnostic Test.

      3.Sinyal gprs/edge/3g Huruf Kecil

      Huruf kecil gprs/edge/3g menunjukkan Blackberry anda belum berlangganan paket BIS/paket Blackberry. Atau bisa juga karena terjadi error dengan layanan service operator.

      Solusinya : Kalau belum berlangganan paket data Blackberry (BIS), berlanggananlah dulu. Cermati dulu cara daftar dan tarif infonya. Jika sudah berlanggana tapi masih menunjukkan huruf kecil, sama penanganannya seperti masalah diatas sebelumnya, gunakan Diagnostic Test.

      Hapus
  3. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
    sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
    kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
    Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
    1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
    melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
    dengan KYAI SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
    saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SOLEH PATI
    kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
    penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
    dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
    minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
    buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
    Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
    sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SOLEH PATI Di Tlp 0852-2589-0869
    Atau Kunjungi Situs KYAI www.pesugihan-uang-gaib.blogspot.co.id/ agar di
    berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur, saya sendiri dulu
    hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik, jika ingin seperti
    saya coba hubungi KYAI SOLEH PATI pasti akan di bantu Oleh Beliau

    BalasHapus

Comment Using Facebook