Jumat, 28 September 2012

Marketing

Pemasaran adalah proses mengkomunikasikan nilai suatu produk atau jasa kepada pelanggan. Marketing kadang-kadang dapat diartikan sebagai seni menjual produk, tapi menjual hanya sebagian kecil dari pemasaran.
Pemasaran dapat dipandang sebagai suatu fungsi organisasi dan seperangkat proses untuk menciptakan, memberikan dan mengkomunikasikan nilai kepada pelanggan, dan mengelola hubungan pelanggan dengan cara yang menguntungkan organisasi dan pemegang sahamnya. Manajemen pemasaran adalah seni memilih target pasar, serta memperoleh dan mempertahankan pelanggan melalui penyediaan nilai pelanggan yang unggul.
Ada lima konsep bersaing di mana organisasi dapat memilih untuk menjalankan bisnis mereka : 
  1. konsep produksi
  2. konsep produk
  3. konsep penjualan
  4. konsep pemasaran
  5. konsep pemasaran holistik. 
Keempat komponen pemasaran holistik adalah
  • Hubungan pemasaran
  • pemasaran internal
  • pemasaran terpadu
  • pemasaran sosial responsif. 
Himpunan keterlibatan yang diperlukan untuk manajemen pemasaran yang sukses meliputi, menangkap wawasan pemasaran, menghubungkan dengan pelanggan, membangun merek yang kuat, membentuk produk yang ditawarkan pasar, memberikan dan mengkomunikasikan nilai, menciptakan pertumbuhan jangka panjang, dan mengembangkan strategi pemasaran dan rencana

Marketing.. Mungkin kebanyak orang, akan berpikiran "salemant" yg slalu membawa barang dagangan.. Atau mungkin pula orang akan berpikir n mangangap remeh terhadap "Marketing". Bila anda adalah seorang Marketing seperti saya, anda pasti berharap bisa menjual barang/jasa sesuai dengan target yang telah ditetapkan oleh perusahaan anda. Ilmu Marketing adalah ilmu yang sangat berguna dan sebenarnya kalau kita benar-benar mau mendalaminya, akan banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan. Pada dasarnya Marketing mengandung arti yang tidak sama dengan apa yang kita kenal dengan Salesman/Saleswoman.
Mungkin ada satu kemiripan dalam tugas pokok sebagai Marketing/Salesman, yaitu sama-sama menjual produk. Tapi dalam hal yang lebih luas, produk yang ditawarkan Marketing bukan hanya produk berupa barang akan tetapi juga Jasa. Kalau Salesman sudah bisa dipastikan produk yang ditawarkan berupa barang.

Disadar ataupun tidak, setiap manusia memiliki "bakat" marketing yg hebat. Contoh kongkrit: Setiap anak disaat ada mau nya, PASTI akan baik2in ataupun memohon kepada orang tuanya untuk bisa mewujudkan keinginannya. Dan banyak cara yg dilakukan oleh "Si anak" agar orang tua nya bisa memenuhi keinginannya.

Penulis sudah mengenal "Dunia Marketing" sejak 2003. Disaat bekerja sebagai marketing (Account Executive) di Sekuritas. Alhamdulillah, berkat semangat n motivasi tinggi, banyak kesenangan n kemewahan yg telah diraih. Berdasarkan hal ini lah, penulis akan mencoba berbagi "wawasan" tentang marketing.
Strategi marketing jalanan:
  1. Bentuk Tim Marketing yang Bertenaga. Carilah para anggota tim marketing yang penuh energi. Mengapa? Karena marketing jalanan cukup menguras energi. Karena itu sebaiknya anda rekrut orang-orang muda. Bisa anak sekolahan atau mereka yang masih kuliah.
  2. Tetapkan Target yang Jelas. Misalkan setiap marketer ditarget untuk mendatangi 10 rumah atau menemui 10 orang dalam satu jam dengan target closing minimal 30 persen.
  3. Buat Penawaran yang Tak Kuasa Ditolak Konsumen. Apakah itu? Penawaran yang sensasional! Ini merupakan salah satu kunci keberhasilan marketing jalanan. Berikan penawaran yang sensasional yang membuat konsumen tidak kuasa menolaknya. mengutip Tung Desem Waringin, penawaran sensasional bersandar pada USP (U = Ultimate Advantage, S = Sensational Offer, P = Powerful Promise). Strategi marketing yang bagus.

Menerapkan marketing jalanan memiliki keunggulan pada kemudahan dalam mengukur tingkat efektivitasnya. Sebab, tidak harus menunggu sampai seminggu atau bahkan sebulan, anda bahkan bisa mengukur efektivitasnya berdasar ukuran setiap jam. Marketing jalanan merupakan pendobrak bila segala macam upaya marketing online yang selama ini anda lakukan belum membuahkan hasil memuaskan. Siapkan strategi marketing anda.

Berikut 3 Keahlian yang harus anda miliki sebagai seorang marketing, seperti dikutip Forbes dari buku ‘How to Give Yourself the Power to Succeed’ :
1. Mendengarkan Dengan Seksama Tanpa Memikirkan Agenda Pribadi Anda.
Proses membeli bukan hanya seputar diri sendiri maupun keinginan Anda sebagai penjual, melainkan tentang si pembeli. Seringkali kita terlalu sibuk memikirkan kuota penjualan, promosi dan komisi hingga melupakan apa yang sebenarnya diinginkan dan diharapkan calon pembeli.
Penjual dengan agenda pribadi cenderung memaksakan diri dan tidak mendengarkan.Fokuslah terhadap manfaat apa saja yang bisa diberikan produk Anda kepada pembeli.
2. Jangan Menyuruh Seseorang Untuk Membeli, Namun Arahkan Keputusan Membeli.
Peranan Anda sebagai penjual adalah mempresentasikan produk dengan jelas, cerdas, jujur dan penuh integritas. Sedangkan peranan pembeli adalah memutuskan apa yang terbaik untuk dibeli. Pembeli yang setia adalah pembeli yang cerdas.
Tugas Anda cukup menawarkan produk, pelayanan atau ide. Lalu jelaskan keuntungan dan manfaatnya bagi calon pembeli jika kelak mereka membelinya. Jangan lupa untuk menjawab pertanyaan. Merealisasikan transaksi penjualan harus dibangun dari proses tanya jawab yang menyeluruh dan kemudian membangun rasa percaya antar kedua belah pihak.
3. Layani Pembeli Dari Apa Yang Mereka Mau Dari Produk Anda.

Terkadang, kita terlalu asyik menceritakan kelebihan maupun kisah dari produk yang kita jual sampai melupakan satu hal penting. Hal itu adalah ekspektasi pembeli potensial. Hal ini berarti apa yang Anda rasa penting, bukan berarti penting bagi mereka.
Contoh konkritnya, ada seorang ibu paruh baya menjelaskan bisnis rumahan yang menghasilkan uang tanpa harus meninggalkan rumah kepada ibu muda. Setelah menjelaskan poduknya, seketika ibu muda itu menolak. Dengan terheran-heran, ibu paruh baya tadi bertanya kenapa. Ternyata di umurnya yang masih muda, ibu muda tadi justru mencari bisnis rumahan yang justru bisa membuatnya sering keluar rumah dan travelling. Di sinilah kemampuan mendengarkan dan mengetahui benar apa yang pembeli inginkan menjadi penting.
5 Komponen Inti Orang Sukses
Mindset (pola pikir) – Tanpa pola pikir sukses sisa komponen ini tidak akan memiliki kekuatan maksimal. Anda harus memutuskan untuk menjadi sukses, harus percaya Anda akan berhasil dan kemudian melakukan apa yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut.
Orang-orang sukses memiliki pola pikir menjaga mata mereka pada tujuan. Sepanjang jalan mereka menemukan banyak rintangan, tapi bukan berfokus pada rintangannya, rintangan tidak akan membuat mereka mencari-cari alasan untuk menyerah, tapi orang sukses memiliki pola pikri yang selalu mencari solusi. Wooiii.. ingat cari solusi bukan alasan!
Contoh sederhana: Orang gagal kalau mau pergi terus hujan, mereka akan mencari-cari alsana, hujan, dingin, takut flu, dll., sehingga pada akhirnya tidak jadi berangkat. Orang sukses selalu mencari solusi untuk mencapai tujuan, kalau hujan kan ada payung, jas hujan, kalau dingin ada mantel., maka mereka berangkat dan sukses hingga tujuan.

Fokus – Anne Ahira guru internet marketing saya selalu menasihati agar tetap FOKUS FOKUS FOKUS FOKUS dan FOKUS (sampai 5x) yang menunjukan bahwa fokus itu sangat penting.
Pikiran Anda mungkin nyasar beberapa ratus kali per hari. Ketika kita sadar bahwa kita sedang keluar dari fokus kita maka kita harus bisa mengakui itu dan kembali untuk fokus pada tugas di tangan dan pada tujuan jangka panjang Kita. Mengingatkan diri dari tujuan Anda akan membantu Anda mendapatkan kembali fokus Anda lebih cepat.
Contoh fokus: Orang gagal seperti kutu loncat, ada bisnis baru mereka join dan melupakan bisnis lama, ada bisnis baru lagi mereka loncat ke sana dan mereka melupakan bisnis lama. Jadi gak pol kalo gitu, kayak saya dulu loncat sana sini :D Kalau orang sukses mereka biasanya punya specialis tertentu.
Wooii.. ingat fokus wooii..!

Dedikasi – Anda harus memiliki hasrat sepenuhnya untuk goal Anda, jangan setangah hati. Jika Anda bekerja pada sebuah proyek yang Anda tidak bisa fokus dan menunda mengerjakannya, kemungkinan Anda tidak memiliki dedikasi untuk itu. Pikirkan tentang apakah proyek ini sangat penting untuk tujuan utama Anda. Apakah aspek yang diperlukan untuk mencapai tujuan Anda atau itu hanya sebuah proyek sampingan?
Jika tidak sesuai tujuan Anda dan Anda tidak bersemangat tentang hal itu, maka Anda tidak akan memiliki dedikasi untuk itu. Selalu jaga fokus Anda pada tujuan utama Anda. Itulah cara terbaik untuk menjadi bergairah dan berdedikasi. Wooii.. dedikasi bukan terasi!

Disiplin – Kurangnya disiplin mungkin adalah pembunuh sukses nomor satu. Tanpa disiplin, tidak ada yang dicapai. Disiplin hanyalah kemampuan untuk memberikan diri perintah dan kemudian menindaklanjutinya.
Tentu saja, disiplin tidak mudah. Namun, jika Anda memiliki pola pikir sukses, fokus dan dedikasi untuk mencapai tujuan Anda, bagian disiplin akan datang jauh lebih mudah. Kita sering menunda-nunda pekerjaan karena tidak memiliki pola pikir sukses, fokus dan dedikasi.
Kebiasaan orang itu cuma disiplin dan bersemangat pada awal-awal saja, kesananya lesu, dan itu akan membuat anda gagal. Jadi, wooii.. biasakan disiplin!

Kemauan – kemauan untuk melakukan sesuatu atau untuk menciptakan sukses adalah kunci lain yang besar untuk sukses. Tanpa kemauan, sangat sedikit kemungkinan sukses dalam hidup Anda.
Anda mungkin sudah seering mendengar cerita orang yang tidak seharusnya selamat dalam kecelakaan lalu lintas atau mereka terdampar dalam kondisi mengerikan, tetapi mereka tetap hidup. Ini membuktikan bahwa mereka memiliki kemauan yang kuatuntuk bertahan hidup, bagi mereka mati bukan pilihan.
Ketika Anda menetapkan tujuan Anda dan berjuang untuk kesuksesan, maka Anda harus memiliki kemauan untuk melakukannya dan menghapus kegagalan sebagai pilihan.
Memiliki kemauan untuk menjadi sukses akan membantu Anda membangun pola pikir sukses. Ini akan membantu Anda tetap fokus dan berdedikasi, yang akan menyebabkan disiplin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comment Using Facebook