Kamis, 27 September 2012

Kelamaan Duduk


Sebagian besar orang terbiasa untuk duduk berjam-jam di meja kantor. Tapi apakah Anda tahu risiko yang mengancam kesehatan bila kelamaan duduk.?

Jika Anda duduk 8 hingga 10 jam dalam posisi yang sama, maka sebaiknya waspada dengan konsekuensi kesehatan yang serius. Berikut beberapa akibat buruk yang terjadi jika Anda duduk berjam-jam.

1. Sakit punggung
Orang yang duduk berlama-lama di meja kantor biasanya mengeluh nyeri punggung di bagian bawah atau sakit tulang belakang secara keseluruhan. Kondisi ini terjadi karena adanya kekakuan otot yang disebabkan duduk dalam waktu yang sama.

2. Gangguan fungsi metabolik
Beberapa penelitian baru-baru ini membuktikan bahwa jika Anda duduk selama berjam-jam, maka sistem metabolisme dalam tubuh Anda akan terganggu. Sistem metabolisme terganggu menyebabkan penurunan kadar kolesterol baik dalam tubuh, yang pada gilirannya dapat menimbulkan masalah kesehatan secara keseluruhan.

3. Peningkatan risiko diabetes
Penelitian menunjukkan perempuan yang duduk sampai 7 jam sehari berisiko lebih tinggi terkena diabetes tipe 2. Semakin banyak waktu yang dihabiskan untuk duduk dalam seminggu, maka cenderung menunjukkan tanda-tanda penyakit lebih awal.

4. Nyeri leher
Setelah duduk tegak berjam-jam, Anda juga kerap merasakan nyeri leher. Hal ini terjadi terutama disebabkan oleh peradangan pada sendi tulang belakang.

5. Mati muda
Penelitian telah membuktikan semakin lama duduk, semakin pendek usia Anda. Hal ini karena tubuh masuk ke dalam fase 'shutdown' lengkap. Anda juga lebih mungkin mengembangkan lemak darah dan kadar kolesterol tinggi jika duduk berlama-lama. Kondisi ini dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, sehingga ada kemungkinan peningkatan serangan jantung dan penyakit fatal lainnya.


Tapi jangan kawatir, beberapa ilmuwan kenthires dapat mencegahnya kok, dan berikut ini sebuah pemaparan tips-tips yang telah dipraktekan oleh Profesor.Dr.H.Subain onthelda.spd.

  • Sering-seringlah berdiri setiap minimal 30 - 60 menit sekali.
  • Angkat kedua tangan anda dan acungkan kedua jempol anda lalu goyang kekiri dan kekanan. [ dangdutan dong haha ].
  • Sering-seringlah dan perbanyaklah mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran, kalo perlu selalu suruh rekan kerja anda membawa buah tangan.
  • Yang jelas banyak-banyak olahraga dan kurangi mengkonsumsi air bergula seperti kopi, teh dan sirup [ gak sanggup deh kalo gak ngopi ].
  • Kurangi merokok, apalagi sering meminta rokok teman dan ngebon di warung [ mampus lo ]. Karena merokok dapat menyebabkan gangguan kanker dan janin [ iklan hahaha ].
  • Hindari komputer anda menyimpan dan menayangkan pornografi, karena itulah yang sering menyebabkan anda betah duduk berlama-lama [ hihihihi ketahuan ya hayoo ngaku ].

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comment Using Facebook