Senin, 08 Oktober 2012

Cara Ampuh, Menurunkan Kolestrol Jahat.

Kolesterol adalah salah satu lemak tubuh (lipid) yang sangat penting untuk aktivitas membran sel, membuat hormon, vitamin dan asam empedu. Kolesterol juga membantu dalam transmisi impuls saraf.
Tingkat kolesterol dalam darah tergantung pada apa yang Anda makan dan bagaimana tubuh membuat kolesterol di dalam hati. Memiliki terlalu banyak kolesterol dalam darah bukanlah penyakit, tetapi dapat menyebabkan pengerasan dan penyempitan pembuluh darah (aterosklerosis) dalam sistem kardiovaskuler.
Ada dua macam kolesterol: yang buruk disebut low-density lipoprotein (LDL) dan yang baik disebut high-density lipoprotein (HDL). LDL dapat berkontribusi terhadap penyakit jantung dan penyakit kardiovaskuler lainnya. HDL menghilangkan kelebihan LDL dalam darah Anda dan membawanya ke hati untuk pembuangan.kolesterol darah normal adalah kurang dari 5 mmol/l. Jika antara 5 dan 6,5 mmol/l, Anda dapat menguranginya dengan diet. Jika lebih tinggi dari 6,5 mmol/l  Anda  harus meminum obat, selain menyesuaikan diet Anda. Berikut adalah 15 makanan yang bermanfaat menurunkan kolesterol dalam darah Anda.


Kacang-kacangan. Kenari, almond dan kacang-kacangan lainnya dapat mengurangi kolesterol darah. Penelitian telah menunjukkan bahwa memakan beberapa kenari setiap hari dapat menurunkan kolesterol Anda sebanyak 27 persen. Menurut lembaga pengawasan obat dan makanan AS (FDA), memakan sekitar segenggam (42,5 gram) kacang almond, hazelnut, kacang tanah, pecan, kacang pinus, kacang pistachio dan walnut, dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Kandungan lemak Omega-3 dan antioksidan pada kacang-kacangan bekerja untuk merehabilitasi kerusakan arteri yang disebabkan oleh lemak jenuh.


Teh hijau. Penelitian di Jepang menemukan bahwa theanine pada teh hijau bermanfaat meningkatkan kolesterol baik dan mencegah pembentukan kolesterol jahat. Anda harus meminum minimal empat cangkir teh hijau bebas gula setiap hari untuk mendapatkan manfaatnya. teh hijau terutama dapat mencegah kanker payudara yang diakibatkan oleh faktor lingkungan
Masih banyak manfaat dari Teh Hijau, diantaranya : 

1. Mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker kolorektal.


Orang yang secara teratur minum teh hijau secara signifikan dapat mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung atau kanker kolorektal. Menurut penelitian di Jepang, mengkonsumsi 7 cangkir teh hijau setiap hari diperlukan untuk mencapai keuntungan jangka panjang ini. Studi Jepang tersebut mengevaluasi 12.251 orang dewasa berusia 65 hingga 84 tahun. Para peneliti menemukan bahwa dibandingkan orang yang minum kurang dari secangkir teh hijau per hari, orang-orang yang minum minimal 7 cangkir per hari menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung sebesar 75%. Para peneliti juga menemukan bahwa risiko kanker kolorektal 31% lebih rendah pada mereka yang meminum 7 cangkir teh hijau sehari dibandingkan mereka yang minum kurang dari 3 cangkir teh hijau sehari. Manfaat teh hijau pada penyakit jantung dan kanker kolorektal terutama disebabkan oleh kadar polifenol teh hijau yang tinggi (30 – 40%) dibandingkan hanya 3-10% pada teh hitam.

2. Membantu melawan kanker esofagus dan kanker kandung kemih

Sebuah studi tahun 1994 yang diterbitkan dalam jurnal resmi Institut Kanker Nasional AS telah menunjukkan bahwa meminum teh hijau mengurangi risiko terserang kanker sebesar 60%. Sebuah studi pada Agustus 2009 menyimpulkan bahwa teh hijau mungkin berguna melawan kanker kandung kemih.

3. Mengurangi kolesterol dan tekanan darah

Studi Jepang juga melaporkan bahwa theanine dari teh hijau mengurangi hipertensi, tetapi tidak berpengaruh pada tekanan darah normal. Para peneliti Jepang itu menemukan bahwa theaninemenurunkan kadar kolesterol, meningkatkan kolesterol baik dan mencegahnya menjadi kolesterol jahat karena oksidasi.

4. Mengurangi depresi dan stres

Teh hijau mengandung sejumlah kecil kafein alami yang merangsang. Theanine menyeimbangkan efek stimulasi kafein pada sistem saraf. Theanine menciptakan rasa relaksasi dalam 30 – 40 menit setelah konsumsi melalui dua cara. Pertama, merangsang  aktivitas listrik otak untuk menghasilkan gelombang alfa di otak. Hal ini menciptakan relaksasi dan kewaspadaan mental serupa dengan yang dicapai melalui meditasi. Kemudian theanine memengaruhi kimiawi otak untuk meningkatkan neurotransmiter, dopaminedan serotonin. Komponen-komponen kimiawi penting otak menghasilkan perasaan sejahtera dan rileks.

5. Meningkatkan konsentrasi belajar

Theanine yang terkandung dalam teh hijau meningkatkan kemampuan belajar, mengingat dan berkonsentrasi. Itulah alasannya mengapa secara historis para biarawan dan cendekiawan meminum teh untuk membantu dalam meditasi dan belajar. Sebuah studi tahun 2007 menemukan bahwa teh hijau bekerja sinergis dengan kafein untuk menstimulasi aktivitas sel di otak. Para peneliti menemukan bahwa 100 miligramtheanine (dari 4 cangkir teh) sudah cukup membuat Anda lebih fokus pada tugas-tugas rumit.

6. Meningkatkan kualitas hidup penderita kanker

Sebuah studi Jepang yang dipublikasikan pada tahun 2002 menemukan bahwa theanine dari teh hijau dapat membantu meningkatkan kualitas hidup pasien kanker dengan mengoptimalkan efektivitas obat anti-kanker, dan membuat rileks. Studi ini menemukan bahwa theanine meningkatkan konsentrasi obat anti-kanker di tumor sekaligus mengurangi kadar obat ini pada jaringan normal. Efek menguntungkan theanine ini meningkatkan efektivitas pengobatan serta mengurangi efek samping. Theanine juga menghambat pertumbuhan tumor kanker. Survei yang dilakukan di Jepang, di mana teh hijau sangat populer, telah menemukan bahwa minum teh hijau telah mengurangi kejadian kanker hati, pankreas, payudara, prostat, paru-paru, tenggorokan dan perut.

7. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Studi yang dilakukan oleh Harvard Medical School menunjukkan bahwa theanine pada teh hijau meningkatkan kekebalan tubuh terhadap pilek dan flu, dan dapat meningkatkan respon kekebalan yang kuat.

8. Membantu menurunkan berat badan

Menurut sebuah studi Jepang pada tahun 2004, theanine berperan membantu efek ini. Dalam studi yang dilakukan pada hewan, pemberian theanine meningkatkan metabolisme dan menurunkan berat badan, lemak tubuh dan trigliserida (lemak darah).

9. Menguatkan tulang

Para peneliti Hong Kong telah menemukan bukti bahwa teh hijau mungkin bermanfaat pada tulang. Percobaan laboratorium mereka menemukan bahwa salah satu komponen utama teh hijau (epigallocatechin, EGC) merangsang enzim kunci yang mendorong pertumbuhan tulang. Epigallocatechinjuga meningkatkan mineralisasi tulang dalam sel, yang menguatkan tulang dan mengurangi aktivitas sel osteoklas yang melemahkan tulang.

10. Mengurangi resiko kanker usus pada wanita

Sebuah studi oleh Pusat Kanker Nasional Jepang menemukan bahwa wanita yang minum setidaknya 5 cangkir teh hijau sehari berisiko 20% lebih rendah untuk mengembangkan kanker usus. Para peneliti mengatakan bahwa komponen teh hijau berjuang melawan bakteri yang terkait dengan kanker usus. Sebaliknya, pria tampaknya tidak mendapatkan manfaat anti-kanker usus dari teh hijau.
Selain manfaat kesehatan yang tercantum di atas, penelitian lain telah menunjukkan bahwa teh hijau bermanfaat untuk diabetes, stres, gigi berlubang,  rematik, perlindungan terhadap radiasi UV, dan infeksi virus.

Berapa banyak teh hijau yang harus Anda minum?

Setelah mengetahui sedemikian banyak manfaat kesehatan teh hijau,  Anda mungkin ingin segera membuktikannya. Tapi berapa banyak cangkir sehari harus Anda minum? Kebanyakan studi menemukan manfaat kesehatan teh hijau pada mereka yang meminum dari tiga sampai 10 cangkir sehari.Teh hijau, bahkan bila dikonsumsi dalam jumlah besar, memberikan efek samping yang sangat sedikit. Pewarnaan gigi mungkin adalah masalah yang paling umum. Menggunakan pasta gigi yang mengandung bikarbonat dan hidrogen peroksida dapat mencegah hal ini.
Efek samping teh hijau kebanyakan terkait dengan kafein. Kafein dalam teh hijau dapat menyebabkan masalah seperti peningkatan denyut jantung atau insomnia pada beberapa orang. Kafein juga dapat melintasi plasenta dan ditemukan dalam ASI, yang berarti bahwa ibu hamil dan menyusui mungkin perlu menghindari teh hijau. Kafein juga dapat berinteraksi dengan sejumlah obat-obatan. Teh hijau tidak boleh dicampur dengan adenosin, aspirin, benzodiazepines, beta-blocker, obat pengencer darah, kemoterapi, clozapine, efedrin, lithium, inhibitor monoamine oxidase, kontrasepsi oral, dan fenilpropanolamin. Untuk interaksi dengan obat lainnya, berbicaralah dengan dokter Anda.
Teh hijau juga mengandung tannin, yang dapat membatasi penyerapan zat besi dari buah atau sayuran. Seduhlah teh dengan lemon (yang kaya vitamin C) untuk mengatasi hal ini.

Bagaimana Anda harus menyiapkan teh?

Anda akan mendapatkan sebagian besar manfaat teh hijau dengan menyeduhnya ke dalam air panas dan mendiamkannya selama tiga sampai lima menit untuk mengeluarkan catechin-nya (“teh tubruk”). Teh hijau yang dibuat dari daun lebih tua cenderung memiliki catechin lebih banyak. Teh hijau celup memiliki lebih sedikit catechin dibandingkan “teh tubruk”, sedangkan teh hijau dalam kapsul ekstrak memberikan jumlah catechin yang serupa dengan “teh tubruk”. Biasanya, Anda memerlukan sedikitnya 250 mg- 400 mg polifenol teh hijau per hari atau setara dengan tiga cangkir.


Tomat. Meminum dua gelas jus tomat sehari menurunkan kolesterol jahat dari tubuh Anda secara signifikan. Selain itu, Tomat juga berguna untuk : 

  1. Membantu menurunkan resiko gangguan jantung.
  2. Menghilangkan kelelahan dan menambah nafsu makan.
  3. Menghambat pertumbuhan sel kanker pada prostat, leher rahim, payudara dan endometrium.
  4. Memperlambat penurunan fungsi mata karena pengaruh usia (age-related macular degeneration).
  5. Mengurangi resiko radang usus buntu.
  6. Membantu menjaga kesehatan organ hati, ginjal, dan mencegah kesulitan buang air besar.
  7. Menghilangkan jerawat.
  8. Mengobati diare.
  9. Meningkatkan jumlah sperma pada pria.
  10. Memulihkan fungsi lever.
  11. Mengatasi kegemukan.
Buah Anggur. Buah anggur merah meningkatkan kolesterol baik. Dianjurkan untuk minum dua gelas jus anggur setiap hari. 'Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, kurma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan.'' ( QS: An Nahl: ayat 11)
Selain untuk meningkatkan kolesterol baik, Anggur juga berfungsi sebagai :
  1. Penyakit jantung.  Buah anggur sangat baik, untuk penderita penyakit jantung, sebab Tingkat oksida nitrat dalam darah akan meningkat ketika Anda mengonsumsi buah anggur, yang bermanfaat untuk mencegah pembekuan dan mengurangi risiko penyakit jantung. Antioksidannya juga dapat menghentikan oksidasi kolesterol LDL yang menghambat pembuluh darah.
  2. Gangguan ginjal. Manfaat buah anggur dapat membantu menyingkirkan asam berlebih pada fungsi ginjal anda. Dengan demikian bisa mengurangi gangguan yang terjadi pada sistem tekanan ginjal. 
  3. Pencernaan. Selama ini mungkin anda kerap kali mengalami gangguan pencernakan, seperti perut kembung, sembelit, sering buang air besar, dengan mengonsumsi anggur masalah perut dan pencernaan akan teratasi, sebab buah anggur mengandung asam organik, gula, selulosa yang dikenal sebagai pencahar yang bagus. 
  4. Kelelahan. Anda banyak beraktifitas, kelelahan merupakan sebuah ujung dari sebuah aktifitas, kelelahan bisa diatasi dengan istirahat yang cukup, jus buah anggur akan membantu anda dalam mengusir kelelahan, sebab jus sebagai minuman instan yang bisa kapan saja dibuat dan dibeli, sangat efektif mengusir lelah karena jus anggur sangat kaya kan zat besi. 
  5. Migrain. Migrain merupakan penyakit yang terjadi dan sering menyerang pada kepala bagian sebelah (sakit kepala sebelah). Nah jika anda mengalami hal yang demikian dengan minum jus anggur tanpa tambahan air alias jus murni disetiap pagi hari akan membantu penyembuhan migrain secara alami. 
  6. Asma. Cuaca dingin, alergi debu merupaka faktor yang sering terjadi dan sebagai pemicu terjadinya serangan asma. Sama kerap kali menyerang disebabkan karena tenjadinya penyempitan pada saluran pernafasan. Buah anggur merupakan soluli terbaik untuk mengatasi masalah asma atau sesak nafas, mengapa demikian ? sebab anggur mempunyai kekuatan assimilatory yang berfungsi meningkatkan kadar air dalam paru-paru. 
  7. Kanker Payudara. Dalam sebuah penelitian menunjukan bahwa buah anggur yang berwarna unggu bisa mencegah kanker payudara secara signifikan jugabisa mengurangi masa tumor payudara. 
  8. Antibakteri. Buah Anggur merah ternyata memiliki kandungan antibakterial dan antivirus yang cukup kuat, sehingga jika sering mengonsumsi buah ini bisa melindungi tubuh dari infeksi berbahaya.



Blueberry. Blueberry mengandung sejumlah besar zat yang melawan kolesterol jahat. Senyawa dalam blueberry (pterostilbene) dapat membantu menurunkan kolesterol seefektif obat komersial dengan efek samping yang lebih sedikit. Kandungan senyawa anthocyanin yang terkandung dalam hytonutrient, zat yang memberi warna gelap pada blueberry ini berperan sebagai anti-oksidan, Dapat meningkatkan kapasitas ingatan jangka pendek. Blueberry juga mengandung unsur kimia merupakan zat anti peradangan. Blueberry mengandung berbagai zat gizi, contohnya beberapa mineral (mangan, kalsium, fosfor, besi, kalium, dan seng), vitamin B1, B2, B3, dan B6, vitamin C, vitamin E, vitamin K, serta karbohidrat dan lemak. Patut dicatat di sini bahwa kandungan mangan dan vitamin K buah blueberry ini cukup tinggi sehingga dapat memenuhi kebutuhan harian akan keduanya yakni sebesar 20% dan 24% masing-masingnya. Selain itu blueberry juga mengandung antosianin, suatu pigmen tanaman yang bersifat antioksidan. Telah dibuktikan bahwa kandungan antosianin, proantosianidin, resveratrol, flavonol, dan tanin yang terkandung dalam buah blueberry mampu menghambat perkembangan sel kanker dan inflamasi (radang) secara in vitro. Dikatakan pula bahwa mengkonsumsi buah berry (termasuk blueberry dan cranberry) dapat membantu mengurangi penurunan kognitif yang lazim terjadi pada penyakit Alzheimer serta akibat kondisi penuaan. Blueberry juga terbukti mampu mengurangi kerusakan otak akibat stroke. Di samping itu buah ini juga dapat membantu mencegah infeksi saluran kencing. Pada sistem jantung dan pembuluh darah, buah blueberry bermanfaat menurunkan kolesterol dan kadar lipid total dalam darah, juga dapat mengubah glycosaminoglycan yang berperan dalam pengaturan tekanan darah.

Plum. Seperti blueberry, plum memiliki sejumlah besar materi yang menurunkan kolesterol. Masih banyak manfaat dan khasiat dari Buah Plum ini, diantaranya : Plum mengandung phytonutrients yang disebut asam chlorogenik dan neochlorogenic yang melindungi tubuh dari kerusakan oksigen. Tubuh kita mengandung radikal bebas yang dapat merusak sel-sel jika tidak dinetralisir. Salah satu buah yang dapat membantu menetralisir dari bahan alami di temukan pada buah plum. Kandungan yang terdapat pada buah plum tersebut melindungi terhadap kerusakan oksigen ke dalam sel otak kita, dalam kolesterol dan trigliserida yang mengalir pada darah, dan membran sel kita.
    Konsumsilah buah plum minimal tiga buah per hari agar dapat mengurangi degenerasi otot yang disebabkan oleh penuaan. Plum adalah sumber lutein dan zeaxanthin, kedua pigmen ini melindungi dengan visi mencegah degenerasi otot penyebab utama kehilangan penglihatan.

    Plum juga memiliki dosis nutrisi yang sehat seperti serat, vitamin C, dan kalium. Jika Anda tidak menyukai plum yang segar, Anda bisa memakannya dengan cara lain yaitu dengan memakan plum yang sudah dikeringkan. Ada juga resep lain yang dapat melibatkan buah plum dengan buah lain bagi Anda yang sedang berdiet. Penggabungan plum dengan daging babi atau membuat kue kopi plum, merupakan dua sajian populer menggunakan buah plum.

    Penggabungan antioksidan dan nutrisi yang ditemukan pada buah plum membuat diet semakin ideal, namun jika terlalu banyak mengkonsumsinya dapat berbahaya. Selain itu, plum juga mengandung oksalat yang dapat menyebabkan batu ginjal yang menyakitkan. Jika Anda mempunyai keturunan penyakit batu ginjal sebaiknya tidak mengkonsumsi buah ini.

    Namun, manfaat buah bagi kesehatan pada plum juga membantu menjaga keseimbangan nutrisi yang sehat serta membantu menetralkan radikal yang berbahaya dalam tubuh. Masalah harga, plum merupakan jenis buah yang sangat terjangkau, tidak seperti beberapa buah sehat lainnya. 




kedelai. Produk kedelai seperti susu kedelai, tahu dan tempe tidak hanya mengurangi kolesterol Anda, tetapi juga kaya protein. Kita sering mengatakan bahwa kedelai dapat menjadi pengganti daging bagi mereka yang tergolong vegetarian. Kedelai merupakan gudang nutrisi dan Anda bisa mendapatkan manfaat kesehatan dari sejumlah produk berbasis kedelai seperti susu kedelai, tahu, tauge, kacang, saus dan tepung. Kedelai adalah jenis kacang-kacangan yang banyak terdapat di Asia Timur. Mereka diklasifikasikan sebagai biji minyak. Kedelai dianggap sebagai protein lengkap karena adanya jumlah asam amino esensial. Manfaat kedelai ditemukan pada negara-negara seperti China dan Jepang, di mana masyarakatnya lebih kecil terkena penyakit jantung, osteoporosis, kanker payudara dan kelenjar prostat. Berikut sejumlah manfaat kesehatan yang dapat Anda peroleh dari kedelai 
  1. Antioksidan Kedelai mengandung senyawa yang disebut isoflavon, di mana bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan. Senyawa ini bertanggung jawab untuk memperbaiki sel dan mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh polusi, sinar matahari dan proses tubuh yang normal. 
  2. Mengurangi resiko penyakit jantung. Protein dan isoflavon hadir dalam kedelai, membantu dalam mengurangi kolesterol LDL (kolesterol "jahat") serta penurunan kemungkinan pembekuan darah. Hal ini pada gilirannya, mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Penelitian menunjukkan, konsumsi susu yang mengandung 25 gram protein kedelai selama sembilan minggu mengakibatkan penurunan 5% kolesterol LDL rata-rata.
  3. Mencegah kanker Isoflavon bertindak sebagai agen antikanker yang melawan sel-sel kanker. Melindungi tubuh dari kanker hormon seperti itu dari rahim, payudara dan prostat. 
  4. Membalikkan efek endometriosis. Kedelai membantu dalam menunda aksi estrogen alami tubuh, yang bertanggung jawab untuk mengurangi atau mencegah rasa sakit selama periode menstruasi (perdarahan berat) dan gejala lainnya pada wanita. 
  5. Mencegah osteoporosis. Protein kedelai membantu dalam penyerapan yang lebih baik kalsium dalam tulang. Isoflavon yang hadir dalam makanan kedelai berfungsi untuk memperlambat kehilangan tulang dan menghambat kerusakan tulang yang pada gilirannya mencegah osteoporosis.
  6. Mengatasi gejala menopause Kandungan isoflavon pada kedelai membantu untuk mengatur estrogen. Penelitian telah menemukan bahwa isoflavon kedelai dapat mengurangi rasa panas pada badan (hot flushes) pada wanita menopause.
  7. Memberi efek baik untuk diabetes dan sakit ginjal Protein dan serat yang larut dalam kedelai, mengatur kadar glukosa darah dan filtrasi ginjal, dengan demikian mengendalikan diabetes dan penyakit ginjal.
  8. Menjaga berat badan Kandungan serat yang tinggi pada kedelai sebagai alat untuk manajemen (mengatur) berat badan. Ini adalah indeks glisemik rendah (GI) makanan yang mengatur gula darah dan fluktuasi insulin. Sehingga dapat membantu mengontrol rasa lapar. Hal ini akan sangat membantu Anda dalam proses penurunan berat badan


Bawang putih. Bawang putih memiliki efek positif pada kolesterol jahat Anda sembari menjaga kolesterol baik. Banyak uji klinis telah melihat peran dan manfaat bawang putih pada penyakit jantung, terutama dengan menurunkan kolesterol total, kolesterol LDL dan trigliserida. American Dietetic Association menyarankan agar mendapatkan manfaat kesehatan bawang putih, kita harus mengonsumsi 600 – 900 mg (sekitar 1 siung segar) per hari. Kalau dengar bawang putih, mungkin yang terbayang adalah bau mulut yang mengganggu. Padahal bawang putih adalah salah satu dari tanaman obat yang banyak manfaatnya, sehingga dijuluki “umbi seribu khasiat”. Sesungguhnya zat apa yang terkandung didalamnya? Benarkah makin tajam aromanya berarti makin tinggi khasiatnya?
Tanaman dengan nama latin “Allium sativum” ini termasuk bumbu dapur yang sangat popular di Asia. Ia memberikan rasa harum yang khas pada masakan, sekaligus menurunkan kadar kolesterol yang terkandung dalam bahan makanan yang mengandung lemak. Maka jangan heran jika pada masakan Cina, Korea dan Jepang banyak menggunakan bawang sebagai bumbu utamanya.
Bawang putih telah digunakan sebagai obat selama ribuan tahun. Bahkan 3000 tahun SM, para pujangga Cina telah menguji dan menulis manfaat bawang putih! Cendekiawan Yunani kuno Aristoteles juga telah menguji bawang putih pada tahun 335 SM untuk digunakan sebagai pengobatan.Tulisan Mesir kuno mencatat bahwa bawang putih diberikan pada para pekerja yang membangun piramida untuk menjaga mereka agar tetap kuat dan sehat. Orang Rusia menjadikan bawang putih sebagai “ganti antibiotic” dan dikenal sebagai “Penisilin Rusia” karena dipercaya mengandung 1/10 kebaikan penisilin.
Manfaat bawang putih bagi kesehatan sudah sangat popular di tengah masyarakat sejak zaman dulu. Selain sebagai pendongkrak stamina seks, kini dapat dipastikan bawang putih juga mampu menangkal flu, membasmi cacing perut, mengobati rematik, dan meredakan insomnia. Juga mampu memerangi penyakit-penyakit degeneratif seperti hipertensi, stroke, jantung koroner, diabetes, ketidakseimbangan kolesterol dan kanker. Dari sekian banyak manfaat bawang putih, para ahli telah menemukan manfaat baru bawang putih yaitu dapat mencegah berat badan dan bahkan menurunkan berat badan. Suatu tes laboratorium menunjukkan bahwa tikus-tikus yang diberikan gula diet akan mengalami penurunan berat jika mereka 

Minyak zaitun. Minyak zaitun dapat mengurangi kolesterol jahat dari tubuh Anda. Para peneliti di Universidad Autonoma de Madrid (Spanyol) menemukan bahwa diet yang diperkaya minyak zaitun membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL). Karena kandungan lemak tak jenuh yang tinggi (utamanya asam oleik dan polifenol), maka Minyak Zaitun dipercaya sangat baik untuk Menjaga Kesehatan. Minyak Zaitun sendiri dihasilkan oleh pohon tradisional dari basin Mediterania. Awalnya, minyak ini digunakan untuk memasak, kosmetik, obat herbal dan sabun, dan juga sebagai bahan bakar untuk lampu minyak.

Minyak Zaitun terkadang bisa menjadi alternatif pengganti minyak goreng. Shahnaz Husain, seorang ahli perawatan kulit, Minyak zaitun mengandung emolien yang bermanfaat untuk menjaga kondisi kulit yang rusak seperti psoriaris dan eksim. Masih banyak manfaat dari Minyak Zaitun ini, diantaranya : 
  1. Menurunkan Risiko Penyakit JantungMinyak zaitun bekerja dengan memperlancar aliran darah, menurunkan tekanan darah, dan mengatur kolesterol dengan menekan LDL (kolesterol jahat) dan membiarkan HDL (kolesterol baik). Berdasarkan riset yang diterbitkan oleh Annals of internal Medicine, para ali di Eropa menemukan bahwa minyak zaitun extra virgin dapat membantu menurunkan tingkat risiko serangan jantung karena kandungan antioksidan nabatinya yang sangat tinggi. 
  2. Melawan Kanker. Menurut para peneliti di Copenhagen University Hospital di Denmark, minyak zaitun dapat mereduksi kerusakan sel (kerusakan ini dapat memicu kanker). Fenol dalam minyak zaitun extra virgin bertindak sebagai antioksidan pencegah penyakit untuk menghambat proses kanker ; asam oleat diperkirakan mencegah penyebaran tumor. 
  3. Menghilangkan Artritis. Minyak zaitun juga bermanfaat untuk mengatasi nyeri sendi dan pengeroposan tulang. Minyak zaitun yang dikonsumsi dalam campuran makanan sehari-hari memiliki fek antinyeri dengan melumasi sendi dan mencegah pembengkakan. Minyak ini menghasilkan prostaglandin yakni suatu zat pncegah pembengkakan dan nyeri. Caranya bisa dengan mencampurkan minyak zaitun ke dalam menu salad buah setiap hari. Cara lain adalah dengan mengoleskan minyak zaitun yang telah dicampur dengan minyak esensial pada nyeri otot/ nyeri sendi. 
  4. Mencegah Diabetes. Sebagian besar kandungan minyak zaitun adalah lemak tak jenuh tunggal. Hal ini membuat minyak zaitun bermanfaat untuk menurunkan kadar gula dalam darah serta risiko diabetes tipe 2. 
  5. Menghentikan Rasa Nyeri. Berdasarkan riset, minyak zaitun mengandung oleokantal yang dapat mencegah radang, mirip dengan penghilang rasa sakit seperti ibuprofen dan obat antiradang lainnya. Minyak zaitun yang digunakan untuk obat oles luka lecet, luka sobek, dan gangguan yang berisiko menimbulkan radang, bengkak, dan nyeri.
  6. Mencegah Pikun. Asam lemak tak jenuh tunggal menjaga struktur sel dan membran dalam otak, sehingga membantu mencegah hilangnya ingatan. 
  7. Mencegah Osteoporosis. Minyak zaitun membantu penyerapan kalsium yang diperlukan untuk mencegah pengeroposan tulang. 
  8. Memperkuat Tubuh dalam Melawan HIVAsam maslinat (produk alami yang disarikan dari minyak buah zaitun yang mengkal) diperkirakan dapat memperlambat penyebaran HIV. Para peneliti dari University of Granda percaya bahwa minyak zaitun mengkal dapat menurunkan penyebaran HIV dalam tubuh sampai 80%. Zat ini menghambat serin-protease (enzim yang digunakan HIV untuk menyebarkan infeksi ke seuruh tubuh).

Minyak Kelapa. Penelitian Dr. Mary Enig MS dari Nutritional Sciences dan penelitian lainnya menyebut bahwa minyak kelapa alami (non-hidrogenasi) meningkatkan kolesterol baik (HDL). Masih banyak manfaat dari Minyak Kelapa ini, diantaranya : 
  1. Perawatan Rambut: Minyak kelapa adalah salah satu nutrisi alami terbaik untuk rambut. Ini membantu dalam pertumbuhan yang sehat rambut memberikan mereka kulit hoki. Pijat secara teratur kepala dengan minyak kelapa memastikan bahwa kulit kepala Anda bebas dari ketombe, kutu, dan telur kutu, bahkan jika kulit kepala Anda kering. Minyak kelapa secara ekstensif digunakan di sub-benua India untuk perawatan rambut. Ini adalah kondisioner yang sangat baik dan membantu dalam pertumbuhan kembali udara rusak. Ini juga menyediakan protein penting yang diperlukan untuk rambut rusak bergizi. Oleh karena itu digunakan sebagai minyak rambut perawatan dan kondisioner yang digunakan dalam pembuatan berbagai, dan krim lega ketombe. Minyak kelapa biasanya dioleskan untuk perawatan rambut.
  2. Bantuan Stres: Minyak kelapa sangat menenangkan dan karena itu membantu dalam menghilangkan stres. Menerapkan minyak kelapa ke kepala diikuti dengan pijatan lembut membantu dalam menghilangkan kelelahan mental.
  3. Perawatan Kulit: Minyak kelapa adalah minyak pijat yang sangat baik untuk kulit juga. Ini bertindak sebagai pelembab efektif pada semua jenis kulit termasuk kulit kering. Manfaat minyak kelapa pada kulit adalah sebanding dengan minyak mineral. CoconutsFurther, tidak seperti minyak mineral, tidak ada kesempatan memiliki efek samping pada kulit dengan aplikasi minyak kelapa. Minyak kelapa karena itu adalah solusi yang aman untuk mencegah kekeringan dan pengelupasan kulit. Hal ini juga penundaan keriput, dan kendur kulit yang biasanya menjadi menonjol dengan usia. Minyak kelapa juga membantu dalam mengobati berbagai masalah kulit termasuk psoriasis, dermatitis, eksim dan infeksi kulit lainnya. Oleh karena itu minyak kelapa bentuk bahan dasar berbagai produk perawatan tubuh seperti sabun, lotion, krim, dll, yang digunakan untuk perawatan kulit.
  4. Penuaan dini: Minyak kelapa membantu dalam mencegah penuaan dini dan penyakit degeneratif karena sifat antioksidan.
  5. Penyakit Jantung: Ada menyebar kesalah pahaman di antara banyak orang bahwa minyak kelapa tidak baik untuk jantung. Hal ini karena mengandung sejumlah besar lemak jenuh. Namun, minyak kelapa bermanfaat bagi jantung. Ini mengandung asam laurat sekitar 50%, yang membantu dalam mencegah berbagai masalah jantung termasuk tingkat kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi. Lemak jenuh hadir dalam minyak kelapa tidak berbahaya seperti yang terjadi dalam kasus minyak sayuran lainnya. Ini tidak menyebabkan peningkatan kadar LDL. Hal ini juga mengurangi insiden cedera pada arteri dan karena itu membantu dalam mencegah aterosklerosis.
  6. Berat Badan: Minyak kelapa sangat berguna dalam mengurangi berat badan. Mengandung asam lemak pendek dan menengah-rantai yang membantu dalam mengambil dari berat badan yang berlebihan. Hal ini juga mudah dicerna dan membantu dalam fungsi tiroid sehat dan sistem enzim. Selanjutnya, meningkatkan metabolisme tubuh dengan menghilangkan stres pada pankreas, sehingga terbakar lebih banyak energi dan membantu orang obesitas dan kelebihan berat badan mengurangi berat badan mereka. Oleh karena itu, orang yang tinggal di wilayah pesisir tropis, yang makan minyak kelapa setiap hari sebagai minyak goreng utama mereka, biasanya tidak gemuk, obesitas atau kelebihan berat badan.
  7. Pankreatitis: Minyak kelapa juga diyakini berguna dalam mengobati pankreatitis.
  8. Pencernaan: penggunaan minyak kelapa Internal terjadi terutama sebagai minyak goreng. Minyak kelapa membantu dalam meningkatkan sistem pencernaan dan dengan demikian mencegah perut dan berbagai masalah pencernaan terkait termasuk sindrom iritasi usus besar. Lemak jenuh hadir dalam minyak kelapa memiliki sifat anti mikroba dan membantu dalam berurusan dengan berbagai bakteri, jamur, parasit, dll, yang menyebabkan gangguan pencernaan. Minyak kelapa juga membantu dalam penyerapan nutrisi lain seperti vitamin, mineral dan asam amino.
  9. Kekebalan: Minyak kelapa juga baik untuk sistem kekebalan tubuh. Ini memperkuat sistem kekebalan tubuh karena mengandung lipid antimikroba, asam laurat, asam kaprat dan asam kaprilat yang memiliki antijamur, antibakteri dan antivirus sifat. Tubuh manusia mengubah asam laurat menjadi monolaurin yang diklaim untuk membantu dalam berurusan dengan virus dan bakteri yang menyebabkan penyakit seperti herpes, influenza, cytomegalovirus, dan bahkan HIV. Ini membantu dalam memerangi bakteri berbahaya seperti listeria monocytogenes dan Helicobacter heliobacter, dan berbahaya protozoa seperti giardia lamblia.
  10. Penyembuhan: Ketika diterapkan pada infeksi, membentuk lapisan kimia yang melindungi bagian tubuh yang terinfeksi dari debu eksternal, udara, jamur, bakteri dan virus. Minyak kelapa adalah yang paling efektif pada memar karena mempercepat proses penyembuhan dengan memperbaiki jaringan yang rusak.
  11. Infeksi: minyak kelapa sangat efektif melawan berbagai infeksi karena sifat antijamur, antivirus, dan antibakteri. Menurut Pusat Penelitian Kelapa, minyak kelapa membunuh virus yang menyebabkan influenza, campak, hepatitis, herpes, SARS, dll juga membunuh bakteri yang menyebabkan bisul, infeksi tenggorokan, infeksi saluran kemih, pneumonia, dan gonore, dll Minyak kelapa juga efektif pada jamur dan ragi yang menyebabkan candida, kadas, athletes foot, sariawan, ruam popok, dll
  12. Hati: Kehadiran trigliserida rantai menengah dan asam lemak membantu dalam mencegah penyakit-penyakit hati seperti zat yang mudah diubah menjadi energi ketika mereka mencapai hati, sehingga mengurangi beban kerja pada hati dan juga mencegah penumpukan lemak.
  13. Ginjal: Minyak kelapa membantu dalam mencegah penyakit ginjal dan kandung empedu. Hal ini juga membantu dalam melarutkan batu ginjal.
  14. Diabetes: Minyak kelapa membantu dalam mengendalikan gula darah, dan meningkatkan sekresi insulin. Hal ini juga membantu dalam pemanfaatan yang efektif dari glukosa darah, sehingga mencegah dan mengobati diabetes.
  15. Tulang: Seperti disebutkan sebelumnya, minyak kelapa meningkatkan kemampuan tubuh kita untuk menyerap mineral penting. Ini termasuk kalsium dan magnesium yang diperlukan untuk perkembangan tulang. Dengan demikian minyak kelapa sangat berguna bagi perempuan yang rentan terhadap osteoporosis setelah usia pertengahan.
  16. Perawatan Gigi: Kalsium merupakan elemen penting yang hadir di gigi. Karena minyak kelapa memfasilitasi penyerapan kalsium oleh tubuh, membantu dalam mendapatkan gigi yang kuat. Minyak kelapa juga berhenti kerusakan gigi.
  17. HIV dan Kanker: Hal ini diyakini bahwa minyak kelapa memainkan peran penting dalam mengurangi kerentanan virus dari pasien HIV dan kanker.


Alpukat. Lemak tak jenuh pada alpukat adalah jenis yang menyehatkan karena dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL Anda. Selain itu, manfaat dari Alpukat adalah : 
  1. Memperlambat Proses Penuaan. Karena kaya akan antioksidan, alpukat juga penting untuk mencegah gejala penuaan. Glutathione dalam alpukat dapat mendorong sistem kekebalan, memperlambat proses penuaan dan mendorong sistem saraf. 
  2. Menyehatkan Mata. Alpukat adalah sumber terbaik dari karotenoid lutein yang mampu melindungi mata yang berhubungan dengan penuaan dan katarak. 
  3. Menjaga Jantung. Alpukat mengandung vitamin B6 dan folic acid yang membantu mengatur level homocysteine. Level homocysteine yang tinggi dapat menyebabkan penyakit jantung. Vitamin E dan glutathione serta lemak tak jenuh juga mampu menjaga jantung tetap sehat. 
  4. Menyehatkan Kulit. Minyak alpukat ditambahkan ke banyak kosmetik karena kemampuannya untuk memberi nu
  5. Menghilangkan Bau Mulut. Buah ini adalah salah satu penghilang bau mulut alami paling baik. Alpukat membersihkan intestine yang menjadi penyebab lidah berlendir dan bau mulut.
  6. trisi pada kulit dan membuat kulit Anda bersinar. Selain itu, buah itu bisa membantu menyembuhkan penyakit kulit psoriasis yang bisa membuat kulit merah dan iritasi.
  7. Menurunkan Kolesterol. Beta sitosterol adalah salah satu zat yang banyak terdapat dalam alpokat. Zat ini telah terbukti efektif untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. 
  8. Melindungi dari Kanker.Banyak penelitian menunjukkan bahwa alpokat dapat mencegah pertumbuhan kanker prostat. Asam oleic dalam alpokat juga efektif dalam mencegah kanker payudara.


Flaxseed oil. Minyak biji rami dapat menurunkan tekanan darah pada laki-laki dengan kolesterol tinggi. Dalam studi tiga bulan terhadap 59 pria paruh baya, mereka yang mengonsumsi suplemen minyak biji rami setiap hari mengalami penurunan tekanan darah secara signifikan. Ada beberapa manfaat lain, dari Flaxseed Oil : Biji dan Minyak dari tanaman lenan (Flax) mengandung zat yang baik untuk kesehatan. Flaxseed dan minyak flaxseed kaya akan alpha-linolenic acid (ALA), suatu asam lemak yang bermanfaat untuk penyakit jantung.
Minyak Flaxseed baik untuk kesehatan jantung karena kaya akan kandungan alapha-linolenoic acid. Jenis lemak yang sehat sama pentingnya dengan protein, mineral dan vitamin. Setiap orang dapat menikmati keuntungan dari minyak flaxseed. Untuk dewasa 2 sendok teh (10mL)
Untuk anak-anak:
Umur 6 bulan sampai 2 tahun: 1 sendok teh setiap hari
Usia 2 tahun sampai 5 tahun: 1 sendok teh setiap hari
Usia 6 tahun sampai 12 tahun: 1 sendok teh setiap hari
Usia 13 tahun dan lebih: 2 sendok teh setiap hari

Untuk perawatan ibu hamil dapat diberikan 1 sampai 3 sendok teh minyak flaxseed setiap saat dalam sehari. Dapat dikonsumsi bersaman dengan cereal sewaktu sarapan pagi. Konsumsi lemat tidak seharusnya melebihi 30% dari total kilojoules (kalori) per hari. Kalau saja anda mengkonsumi. minyak flaxseed, pastikan mengurangi konsumsi makanan lain yang mengandung banyak lemak, sehingga total lemak dalam tubuh tidak meningkat secara keseluruhan.
Manfaat untuk kesehatan:
- Menurunkan tingkat kolesterol darah
- Menurunkan tekanan darah tinggi
- Menambah energi, vitalitas dan stamina
- Mengurangi ancaman pembekuan darah
- Perlindungan terhadap kanker, khususnya kanker payudara dan prostat.
- Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Cara Penyimpanan:
Minyak Flaxseed dapat bertahan lama bila disimpan pada suhu rendah. Jika akan dipakai dalam jangka waktu yang panjang, lebih tepat di simpan dalam lemari es. Minyak flaxseed dapat bertahan selama 12 bulan, sebaiknya disimpan dalam lemari es dan digunakan dalam waktu 8 - 10 minggu.





Ikan dan minyak ikan. Sebuah studi dari Universitas Sains dan Teknologi Norwegia menemukan bahwa orang dengan diabetes tipe 2 yang mengonsumsi dosis tinggi minyak ikan selama sembilan minggu menurunkan konsentrasi kolesterol dalam tubuh mereka. Bagaimana minyak ikan membantu menurunkan kolesterol?
Berapa banyak tubuh kita membutuhkan minyak ikan untuk menurunkan kolesterol?
Dari sumber mana kita bisa mendapatkan jumlah yang diperlukan?
Ini adalah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan tentang minyak ikan.

Omega-3 minyak ikan
Ikan berminyak berikut kaya dengan Omega-3 minyak ikan

  • Salmon
  • Sarden
  • Makarel
  • Herring

Omega-3 minyak ikan memiliki jumlah yang tinggi asam lemak essensial dan itulah mengapa itu dianggap sangat baik untuk kesehatan.

Asam lemak essensial kaya akan komposisi yang berguna bagi kesehatan yang membantu menurunkan kolesterol serta mengurangi gejala-gejala penyakit lain seperti asma, batu empedu, aterosklerosis, rheumatik arthritis dan yang terpenting adalah penyakit jantung.

Bagaimana cara membantu menurunkan kolesterol?
Omega-3 minyak ikan membantu menurunkan kolesterol karena dapat melakukan ha berikut :

  • Ini dapat mengurangi produksi low density lippoprotein (LDL) yang juga dikenal sebagai kolesterol jahat.
  • Dapat mengurangi trigliserida plasma.
  • ini dapat meningkatkan produksi lipoprotein kepadatan tinggi (HDL) yang dikenal sebagai kolesterol baik.

Berapa banyak minyak ikan tubuh kita benar-benar membutuhkan untuk menurunkan kolesterol?

  • Jika anda serius untuk menurunkan kolesterol anda, anda harus mengkonsumsi 100g ikan berminyak setidaknya 2x seminggu.
  • Anda dapat mencoba kapsul omega-3 minyak ikan jika anda tidak suka rasa ikan berminyak. Kapsul ini mudah didapatkan di toko obat atau apotek.
  • 4g untuk 6g kapsul omega-3 minyak ikan setiap hari terbukti sangat berguna untuk menurunkan kolesterol.

Ada banyak penelitian yang membuktikan bahwa minyak ikan membantu untuk menurunkankolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan produksi kolesterol baik (HDL). Jadi, cara yang bagus untuk menyertakan minyak ikan di dalam diet anda karena benar-benar membantu menurunkan kolesterol. Gangguan dan penyakit jantung sedang meningkat dihampir bagian dari dunia dan kita perlu tahu bahwa kolesterol memiliki peranan penting dalam perkembangan penyakit jantung. Asam lemak Omega-3 yang melimpah ditemukan dalam ikan-ikan yang disebutkan diatas dan juga dapat diambil sebagai suplemen untuk meningkatkan kesehatan jantung dan menurunkan kolesterolAda juga beberapa penelitian yang menunjukkan hasil bahwa dosis harian minyak ikan tampaknya untuk mencegah, memperlambat atau bahkan membalikkan penyempitan dan pengerasan pembuluh darah jantung pasien.


1 komentar:

  1. Cari Tiket Pesawat dan tiket kapal Online Super Cepat dan murah??
    http://selltiket.com
    Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di http://agenselltiket.com

    INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI:
    No handphone : 085372801819

    BalasHapus

Comment Using Facebook