Selasa, 04 Desember 2012

Jamu dan Manfaatnya

Jamu adalah sebutan untuk obat tradisional dari Indonesia. Belakangan populer dengan sebutan herba atau herbal. Jamu dibuat dari bahan-bahan alami, berupa bagian dari tumbuhan seperti rimpang (akar-akaran), daun-daunan dan kulit batang, buah. Ada juga menggunakan bahan dari tubuh hewan, seperti empedu kambing atau tangkur buaya. Jamu biasanya terasa pahit sehingga perlu ditambah madu sebagai pemanis agar rasanya lebih dapat ditoleransi peminumnya. Di berbagai kota besar terdapat profesi penjual jamu gendong yang berkeliling menjajakan jamu sebagai minuman yang sehat dan menyegarkan. Selain itu jamu juga diproduksi di pabrik-pabrik jamu oleh perusahaan besar seperti Jamu Air Mancur, Nyonya Meneer atau Djamu Djago, dan dijual di berbagai toko obat dalam kemasan sachet. Jamu seperti ini harus dilarutkan dalam air panas terlebih dahulu sebelum diminum. Pada perkembangan selanjutnya jamu juga dijual dalam bentuk tablet, kaplet dan kapsul.
Pengobatan untuk kesehatan memang sangat penting agar kesehatan normal kembali tanpa ada satu penyakit pun di dalam tubuh. Tetapi Anda harus memilih pengobatan yang tepat karena tidak semua obat akan memberikan dampak positif terus menerus bagi tubuh. Pada dasarnya obat-obatan dari dokter mengandung bahan-bahan kimia, mulailah beralih untuk mengonsumsi obat tradisional. Obat tradisional tidak sulit untuk ditemukan karena berasal dari alam. Obat tradisional juga tidak menyebabkan efek samping. Anda akan menemukan banyak manfaat dari obat tradisional. 

Berikut ini manfaat obat tradisional untuk solusi kesehatan :

  1. Memperlancar sirkulasi darah dan proses pengeluaran sisa metabolisme termasuk kolesterol yang berlebih. Anda dapat mengkonsumsi daun salam dan laos.
  2. Menurunkan tekanan darah bagi penderita hipertensi dan mengurangi produksi hormon stres. Anda dapat mengkonsumsi daun seledri secara teratur.
  3. Memperlancar peredaran darah dan mengurangi sakit kepala. Anda dapat mengkonsumsi rebusan air jahe, sereh, dan ketumbar.
  4. Menambah tenaga dan antiseptik untuk mencegah penyakit. Anda dapat mengkonsumsi madu.
  5. Mengurangi pendarahan pada selaput lendir hidung, menghilangkan bau mulut, dan mencegah keputihan. Anda dapat mengkonsumsi daun sirih, cengkeh, dan kunyit yang direbus kemudian airnya diminum.
  6. Mengobati nyeri haid, darah haid menjadi lancar, dan mengurangi kram perut. Anda dapat mengkonsumsi air rebusan kunyit yang dicampur dengan asam jawa.
  7. Mencegah terjadinya kemerahan akibat radang pada kulit yang melepuh. Anda dapat mengoleskan lidah buaya pada bagian tubuh yang melepuh.
  8. Melancarkan sirkulasi darah dan membuat pikiran tenang sehingga mudah tidur.  Sebaiknya Anda minum jus mentimun, pisang, dan biji pala.


1 komentar:

  1. Cari Tiket Pesawat dan tiket kapal Online Super Cepat dan murah??
    http://selltiket.com
    Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di http://agenselltiket.com

    INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI:
    No handphone : 085372801819

    BalasHapus

Comment Using Facebook