Senin, 18 Maret 2013

Radang Tenggorokan

Faringitis atau sering disebut Radang Tenggorokan adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi dibagian tenggorokan (Faring) dan menjadi radang. Hampir 80% Radang Tenggorokan disebabkan oleh virus, dapat menyebabkan demam dan 20% lainnya disebabkan oleh bakteri, alergi, dan rokok.


Radang tenggorokan mungkin pernah Anda alami. Penyakit ini tentu akan sangat mengganggu serta aktivitas yang tengah Anda lakukan. Penyakit ini disebut juga dengan pharyngitis yang menyebabkan rasa sakit ketika saat makan ataupun menelan. Mungkin Anda berpikir radang tenggorokan ini penyakit yang tidak terlalu berat dan mudah diobati. Namun jangan Anda sepelekan penyakit ini.

Saat Anda tengah mengalami gangguan radang tenggorokan yang tergolong ringan, sebaiknya mengkonsumsi makanan yang sehat dan segar seperti sayuran dan buah-buahan yang mengandung banyak vitamin. Ini tentu akan membantu meredakan radang yang mengganggu tenggorokan Anda saat menelan. Gejala radang tenggorokan ini biasanya merupakan tanda dari penyakit flu atau pilek. Penderita akan mengalami badan yang tidak fit dan akan diawali rasa meriang.

Penyakit yang disebut pharyngitis ini terdapat dua macam, yaitu akut dan kronis. Pada pharyngitis akut merupakan radang tenggorokan yang baru saja dirasakan sakit awal saat menelan dan selanjutnya disertai dengan demam dan juga batuk. Sedangkan pada pharyngitis kronis, telah berlangsung dalam waktu lama dan ini tidak disertai dengan rasa nyeri saat menelan, hanya saja seperti ada yang mengganjal pada bagian tenggorokan.

Lalu apa penyebab dari timbulnya penyakit radang tenggorokan? Penyakit ini disebabkan oleh terjangkitnya infeksi virus atau kuman, sekitar 80 persen dan juga kondisi tubuh yang kurang baik sehingga dapat menyebabkan tubuh menjadi demam. Penyebab lainnya juga bisa disebabkan karena difteri, merokok, batuk dan pilek atau lendir yang bisa membuat tenggorokan teriritasi, hand, foot and mouth disease, alergi yang bersifat kronis atau menetap, iritasi, serta adanya bakteri streptokokus. Oleh karena itu, untuk pengobatan yang lebih efektif bisa dilakukan dengan antibiotik tetapi hanya pada radang yang disebabkan oleh karena kuman.

Radang tenggorokan yang disebabkan oleh infeksi virus maupun bakteri ini memiliki gejala yang sama pada nyeri tenggorokan dan sakit saat menelan. Bagi penderita radang berat atau ringan, tenggorokan yang dilapisi selaput lendir akan tertutup dengan selaput berwarna keputihan atau mengeluarkan nanah. Hal ini bisa juga disebabkan gejala lain karena adanya pembesaran kelenjar getah bening di leher, dan peningkatan jumlah sel darah putih.

Pada radang tenggorokan ringan yang terkena infeksi virus tidak harus diperiksa ke dokter, cukup hanya dengan minum obat penghilang rasa sakit atau demam yang disertai meriang. Terkecuali, jika penderita yang bukan karena disebabkan virus perlu penanganan dan pemeriksaan dokter. Sebelum dokter memberikan obat, biasanya dokter akan mendiagnosa penyebab dari radang tersebut. Hal ini bertujuan agar mencegah pemberian obat antibiotik yang tidak seharusnya diberikan bagi penderita radang tenggorokan ringan, karena dapat mengakibatkan organisme yang resisten terhadap antibiotik.

Radang tenggorokan seringkali diabaikan karena pada umumnya tidak terlalu berat. Hanya merasakan gatal dan sakit saat menelan. Bukan itu saja, pemicu lainnya bisa juga disebabkan karena stres dan kerja yang berlebihan sehingga membuat sistem pertahanan tubuh semakin melemah dan memicu infeksi tenggorokan. Tetapi jika hal tersebut dibiarkan berlarut-larut, maka radang ini dapat memicu timbulnya penyakit lain. Memang hampir setiap orang pernah mengalami hal serupa. Tetapi tidak banyak juga yang memeriksakan penyakitnya tersebut ke dokter, bahkan setelah radang telah semakin parah dan tidak mampu untuk menelan lagi.

Oleh karena itu, bagi penderita radang tenggorokan ringan yang telah mengalami beberapa hari dan tidak juga hilang, ataupun radang berat jangan sampai mengabaikannya. Segeralah untuk memeriksakan ke dokter agar mendapat penanganan pertama serta obat yang tepat setelah dilakukannya diagnosa. Hal ini menjaga agar radang ringan ataupun berat tidak menjadi parah dan menyebabkan komplikasi.

INFEKSI akibat bakteri merupakan salah satu penyebab radang tenggorokan. Rasa gatal di awalnya, kemudian perih dan sakit saat menelan, merupakan beberapa kondisi yang tidak menyenangkan saat tenggorokan Anda bermasalah. Akibatnya, tidak hanya sulit menelan, tetapi juga bisa mengakibatkan demam.

Jika Anda enggan untuk mengonsumsi obat dari dokter, ada beberapa jenis makanan yang bisa Anda konsumsi untuk meringankan gejala radang tenggorokan Anda.

  • Jus lemon dengan madu. Segelas jus lemon bukan hanya menyegarkan, jus kaya vitamin C ini akan memberi manafaat ganda terlebih jika dicampurkan dengan beberapa sendok madu. Konsumsi jus lemon dan madu tanpa es. Vitamin dalam keduanya akan membantu menyembuhkan penyakit tenggorokan Anda.
  • Teh jahe atau teh madu. Segelas teh hangat yang dicampur jahe atau madu bisa menjadi obat alternatif yang juga menghangatkan tenggorokan Anda. jahe dan madu bisa berfungsi untuk melapisi tenggorokan dan dapat mencegah iritasi.
  • Sup ayam. Semangkuk sup ayam hangat bukan hanya nikmat saat hari tengah hujan. Sup ayam ternyata berfungsi sebagai anti peradangan dan mencegah virus yang masuk ke dalam tubuh. Tambahkan beberapa jenis rempah seperti jahe dan lada. Selain itu campurkan beberapa jenis sayuran untuk menambah khasiatnya.
  • Pisang. Teksturnya yang lembut membuat pisang sangat mudah ditelan, termasuk bagi orang yang sedang radang tenggorokan. Pisang mengandung vitamin B6, kalium dan vitamin C.
  • Telur. Kekayaan protein dalam telur dapat membantu dalam menangani peradangan dan rasa sakit pada tenggorokan. Untuk mendapatkan manfaatnya, konsumsi putih telur yang direbus, atau didadar dengan sedikit minyak zaitun.
  • Pasta gandum. Bukan hanya memiliki tekstur yang juga lembut, pasta gandum mengandung banyak gizi seperti, serat, zat besi, serta vitamin seperti, vitamin B1, B2, B3, dan vitamin E.


Penting bagi kita untuk mengetahui gejala-gejala awal sebelum terkena radang tenggorokan yaitu:


Disebabkan oleh bakteri
Infeksi oleh bakteri lebih parah dibandingkan infeksi oleh virus. Biasanya orang yang terkena radang yang disebabkan oleh bakteri kemungkinan telah tertular 2-7 hari sebelumnya. Jika infeksi disebabkan oleh bakteri streptokokus sebaiknya lekas kedokter, karena jika tidak ditangani secara serius infeksi dapat menjalar ke katup jantung dan dapat menyebabkan penyakit Demam Rhematik.

Ciri-cirinya:
  • Sakit saat menelan
  • Kelenjar leher membengkak
  • Bagian tenggorokan berwarna merah cerah dan terdapat bercak putih
  • Suhu badan meningkat atau demam dan sering kali disertai dengan menggigil
Disebabkan oleh virus
Radang yang disebabkan oleh virus biasanya lebih ringan, tetapi pengobatan dengan antibiotik tidak efektif jika infeksi disebabkan oleh virus karena pemberian antibiotik dapat menimbulkan resistensi (kekebalan) kuman terhadap antibiotik.

Ciri-ciri infeksi virus:
  • Rasa pedih, gatal, dan kering dalam tenggorokan
  • Batuk dan bersin dan menyebabkan suara serak
  • Biasanya tidak mengalami demam, tetapi dalam beberapa kasus mengalami sedikit demam
Jika anda sudah terlanjur terkena radang tenggorokan, maka anda harus menjauhi beberapa makanan dan mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi tinggi untuk memulihkan daya tahan tubuh anda .

Berikut cara alami untuk mengatasi radang tenggorokan:
  • Jauhi makanan yang mengandung protein dan kalori tinggi seperti daging, susu, telur, ayam, dan ikan
  • Konsumsilah buah-buahan dan makanan yang banyak mengandung vitamin, seperti vitamin A, C, E, B6, B1, dan asam folat yang berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Perbanyak minum air putih hangat
  • Hindari mengkonsumsi minuman dan makanan dingin
  • Hindari makanan yang berminyak, pedas, dan asam karena dapat menyebabkan radang tenggorokan bertambah parah
  • Kumurlah dengan air garam hangat untuk mengurangi pembengkakan

 Tetap jaga pola makan agar hidup tetap sehat. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Comment Using Facebook