Jumat, 05 Februari 2016

Orang2 Indonesia yg memiliki nama yg sangat singkat dan unik.

Banyak orang beranggapan bahwa nama adalah suatu doa yang diberikan oleh orang tua kepada anaknya dengan tujuan khusus. Namun bagaimana jadinya jika justru nama tersebut terdengar aneh dan tak lazim.?

Jika Anda menganggap Melly Goeslaw dan Anto Hoed memberikan nama kepada ke-2 anak mereka dengan nama yang menurut kebanyakan orang adalah aneh, yaitu Anakku Lelaki Hoed dan Pria Bernama Hoed, tentunya tidak hanya mereka saja, karena ada banyak nama-nama unik, menarik dan lucu di Indonesia. Berikut ini adalah beberapa nama-nama unik dan lucu yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) beserta penjelasan dari yang bersangkutan.

Tips Mencari Arti Nama Seseorang Baik Laki Laki Maupun Perempuan Dalam Islam, Artikel Tentang Mencari Arti Nama Seseorang Baik Laki Laki Maupun Perempuan Dalam Islam secara online

Nama merupakan identitas yang paling penting karena dengan nama kita dapat dikenali, disebut ataupun dipanggil sehingga dapat menjadikan komunikasi menjadi lebih efektif. Setiap manusia memiliki nama masing-masing sesuai pemberian dari orang tuanya. Harapan orang tua, selain menginginkan bayinya lahir dengan selamat dan sehat juga memiliki harapan kedepan pada kehidupan anaknya lebih baik dari kehidupannya.

Orang tua memberikan sebuah nama kepada anaknya tentu mempunyai alasan tersendiri, diantaranya mereka berharap dari nama tersebut, kelak jika mereka sudah dewasa dapat bermanfaat, menjunjung tinggi derajat orang tua serta menjadi anak yang baik dan membanggakan. Selain nama menjadi sebuah identitas, nama yang dimiliki seseorang dapat mencerminkan bentuk kepribadiannya. Untuk itu, berilah nama anak atau saudara anda dengan nama yang baik dan memiliki arti nama seseorang yang baik sehingga anak akan memiliki kepribadian yang baik..

Memberikan sebuah nama adalah suatu hal yang mudah-mudah sulit, namun banyak orang berpendapat dan meyakini bahwa nama adalah sebuah doa serta harapan. Jadi mau tidak mau kita harus memberikan nama kepada buah hati kita. Berikut cara memberi nama anak yang baik dan memiliki arti baik, sehingga harapan semoga dengan nama-nama ini kelak anak-anak kita menjadi anak yang baik.
  1. Berilah nama anak atau saudara anda dengan nama-nama yang islami, nama tersebut dapat ditemui di dalam Al-Qur’an yang memiliki arti baik, nama-nama Nabi, keluarga serta para sahabat Nabi, dan nama-nama syurga.
  2. Boleh mengambil dari nama Asma’ul Husna namun ada beberapa yang tidak diperbolehkan seperti Assomad, Al Ahad atau nama lain yang memiliki arti keesaan.
  3. Jangan memberi nama anak dengan nama yang kelihatannya bagus, namun tidak berarti seperti nama-nama dari nonmuslim, nama-nama neraka, nama-nama patung dan juga nama syaitan.
  4. Untuk nama bayi laki-laki allah menyukai nama yang berawalan Ahmad, Muhammad, Abdullah, ataupun nama para sahabat Ali, Umar maupun Utsman.
  5. Bagi nama bayi perempuan alangkah baiknya disertakan nama Siti, Dewi, Nur atau Nurul karena nama-nama itulah yang memiliki arti baik dan mengandung cahaya tersendiri.
Sebagai ummat Nabi Muhammad SAW, dianjurkan untuk nama laki-laki didahului dengan Muhammad, Ahmad atau nama shahabat nabi dengan harapan semoga perilaku anak-anak kita ketika dewasa bisa baik, sopan, dapat menjunjung tinggi derajat orang tua, serta mendapatkan syafaat dan pertolongan dari Nabi Muhammad Saw. Sedangkan alasan nama yang diberikan kepada bayi perempuan yang diawali Siti, karena nama Siti adalah nama-nama dari istri Rasulullah SAW. Kata Siti memiliki banyak arti dan banyak versi, ada yang mengartikan lemah atau lembut, dan ada pula dari kata Sayyidatina yakni nyonya. Dengan harapan menjadi dekat dan mendapat pertolongan layaknya istri-istri dari Rasulullah. Selain siti dapat pula diawali dengan Nur atau Nurul yang memiliki arti cahaya.
Jangan pernah beranggapan bahwa nama-nama tersebut adalah kuno, tidak sesuai perkembangan zaman. Akan tetapi ambillah sisi baik, arti serta harapan bahwa nama tersebut akan mengantarkan pada masa depan anak, berakhlak yang baik dan membawa pada kemaslahatan masyarakat. Terkadang seseorang yang sudah diberi nama yang bagus malah justru mendapat julukan yang lucu dengan tujuan bercanda, mengejek dan lain sebagaimana. Dalam Islam, proses pemberian nama pada bayi dapat dilakukan pada tuju hari setelah anak lahir, dengan diadakan maulid dan dilakukan bersamaan dengan aqiqah. Aqiqah ini dilakukan bersama dengan pemberian nama pada bayi, bayi laki-laki dengan menyembelih dua domba sedangkan untuk bayi perempuan cukup menyembelih satu ekor domba saja.

Hal yang wajar ketika orangtua menginginkan nama anaknya memiliki arti yang baik, namun tidak harus sebuah nama yang baik tersebut diambil dari beberapa nama yang dijadikan menjadi satu sehingga dapat dijadikan nama yang panjang. Akan tetapi sebaiknya seorang anak jangan diberi nama yang terlalu panjang karena selain dapat memberatkan anak ketika menulis namanya ketika ujian, mitos lain anak yang memiliki nama yang panjang akan merasa tidak kuat sehingga menyebabkan anak sering sakit.

Dibawah ini, adalah orang2 Indonesia yg memiliki nama yg sangat singkat dan unik.

1. N

Seorang pria muda kelahiran Jepara ini memiliki nama yang cukup unik karena hanya menggunakan satu huruf saja, yaitu N. Dia adalah putra dari pasangan Ali Mas’ud dan Kismawati yang tercatat sebagai salah satu alumni di sekolah tinggi ilmu keperawatan di Semarang, Jawa Tengah.

Nama N [image source]

Dikarenakan hal tersebut, N mendapatkan gelar pria dengan nama terpendek di Indonesia pada tahun 2000 dari Museum Rekor Indonesia (MuRI). Tentunya bukan tanpa maksud kedua orang tuanya memberikan nama itu. MenurutAli, N diambil dari salah satu surah di Alquran, yaitu Surah Nun.
 
Tentu saja bukan sekali dua kali saja dia kerepotan dalam pengurusan administrasi karena orang yang tidak mengetahuinya menganggap bahwa namanya itu adalah inisial atau singkatan.

2. “.”

Masih di Jepara. Ada seorang siswi yang memiliki nama tidak kalah unik, yaitu “.” Dia merupakan adik kandung N yang masih menyandang status pelajar. Dikarenakan malu dan sering mendapatkan cemoohan dari teman-temannya, “.” sering kali protes kepada kedua orang tuanya.

Nama “.” [image source]
 
Bahkan ketika harus berhubungan dengan pihak administrasi, namanya tidak dapat terdeteksi oleh sistem komputer karena bukan merupakan abjad dan lagi hanya satu tanda saja. Dalam Akta kelahirannya, namanya tetap ditulis “.” dan untuk urusan administrasi sekolah namanya ditulis Titik. Menurut Ali Mas’ud, orang tua N dan “.”, nama itu diambil dengan berfalsafah bahwa semua kehidupan selalu berawal dari titik lalu menjadi garis hingga membentuk obyek lainnya.

3. D

Ternyata tidak hanya di Jepara saja ada seseorang dengan nama satu huruf. Di Tegal, Jawa Tengah, ada seorang gadis yang juga memiliki nama satu huruf saja, yaitu D. Bukan karena terinspirasi oleh N atau lainnya, kedua orang tua D memang sengaja memberikan nama tersebut ke anaknya dengan maksud tertentu.

Nama D [image source]

Selidik punya selidik, ternyata saat proses kelahiran, D keluar dengan proses yang sangat cepat serta dia merupakan anak keempat di keluarganya. Oleh karena itu, sesuai dengan urutan abjad, kedua orang tuanya memberikan nama D. Uniknya, hanya dia yang memiliki nama unik di keluarganya, karena ketiga kakaknya memiliki nama yang normal seperti pada umumnya.

4. O

O merupakan penantang lain dari nama N dan D. Perempuan kelahiran 22 Novemebr 1964 ini dulunya sering menjadi bahan ejekan dan bullyan karena namanya tersebut. Bahkan tidak jarang dia menangis karenanya.
Nama O [image source]

Tujuan kedua orang tuanya menamakan dirinya O, karena ingin menyabet gelar dunia sebagai pemilik nama terpendek sejagat di Guiness Book of Records. Walaupun namanya terkesan aneh dan unik, namun dia sukses dalam karir dan memiliki profesi sebagai seorang pengacara di Padang Ekspres, salah satu perusahaan milik Group Bandung Ekspres.

5. Z

Seperti halnya N dan “.” Yang masih merupakan kakak beradik, Z adalah adik kandung dari O. Sedikit berbeda dari O yang memiliki pekerjaan sebagai pengacara, justru Z sering susah dalam berkarir karena namanya itu.

Nama Z [image source]

Bahkan, dikarenakan namanya tersebut, Z hampir tidak dapat memiliki rekening di bank ataupun saat mengajutkan kredit. Dia sering ditolak karena dalam peraturan, semua kreditor harus memiliki nama minimal 3 huruf.

6. Y

Setelah N, O dan Z, di Yogyakarta ada seorang gadis muda yang juga memiliki nama yang tertera pada KTP hanya satu huruf, yaitu Y. Sebenarnya, Y bukan nama aslinya, melainkan kependekan dari namanya yang terlalu panjang, yaitu Aiwinursiti Dyah Ayu Meganingrum Dwi Pangastuti Lestari Endang Pamikarsih Sri Kumalasari Dewi Puspita Anggraeni.

Nama Y [image source]

Walaupun hanya memiliki satu karakter saja, namun Y tidak memiliki keinginan untuk mengganti namanya tersebut. Dan seperti nama orang-orang yang hanya memiliki satu karakter sebelumnya, Y juga sering kesulitan dalam mendaftarkan diri di manapun yang terkait dengan administrasi, salah satu contohnya adalah ketika ingin membuka akun di Facebook.
 
Menurut William Shakespeare, “Apalah arti sebuah nama, bunga mawar pun masih tetap harum walaupun dia tidak bernama mawar.” Namun, tentunya tidak semudah apa yang dianalogikan oleh Shakespeare, karena di zaman sekarang ini nama adalah salah satu syarat utama dalam melakukan berbagai hal, salah satunya adalah mencari pekerjaan. Jika namanya terkesan aneh atau mengada-ada, maka tidak menutup kemungkinan perusahaan akan menolaknya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Comment Using Facebook