Rabu, 24 Juni 2015

Tetap semangat, disaat berpuasa

Pada artikel2 sebelumnya, Ayah Alif sudah beberapa kali, memberikan penjelasan tentang Puasa (Setuja Manfaat Puasa - Puasa Ulat atau kupu2 dan Makan Sahur serta manfaatnya). Akan tetapi, Insya Allah, pada artikel ini. Ayah Alif memberikan seditik tipe, agar puasa kita tetap segar dan bersemangat.


Puasa adalah menahan makan, minum dan nafsu biologis lainnya selama kurang lebih 14 jam di siang hari (subuh sampai maghrib). Di sisi lain, banyak sekali aktifitas manusia, dalam hal ini bekerja, itu dilakukan pada siang hari. Dengan tidak mengkonsumsi makanan dan minuman yang notabene adalah sumber energi manusia, otomatis kekuatan yang dimiliki oleh tubuh berkurang. Tapi apakah gara-gara puasa kita jadi tidak beraktifitas? Atau sebaliknya, kita tetap bekerja namun di sisi lain puasa ditinggalkan? Sebenarnya tidak perlu se-ekstrim itu. Asalkan kita bisa mengatur ritme metabolisme tubuh dengan baik, stamina dan kesegaran saat bekerja siang hari akan tetap terjaga, meski kita sedang berpuasa. Dengan manajemen yang baik, maka anda akan dapat tetap segar saat bekerja meskipun sedang menjalankan ibadah puasa.
Kiranya sudah banyak ahli yang sudah meneliti secara ilmiah, berpendapat bahwa puasa itu tidak melemahkan akan tetapi justru menguatkan tubuh manusia. Ada yang berkata bahwa puasa adalah menyeimbangkan metabolisme tubuh, ada juga yang berkata detoksifikasi racun dalam tubuh, dan masih banyak lagi. Nah, bagi anda yang masih was-was akan kehilangan energi dan semangat saat berpuasa ada baiknya untuk menyimak tips-tips berikut ini. Tips ini bermanfaat agar supaya anda tidak lemas dan tetap segar saat bekerja sambil tetap menjaga puasa anda. Berikut ini tips-tipsnya.

Tips Supaya Tetap Segar Saat Bekerja


Konsumsi makanan bergizi


Makanan adalah sumber energi kita. Apa yang kita makan berpengaruh dengan metabolisme tubuh. Agar tubuh tetap fit dan segar, banyak-banyaklah mengkonsumsi makanan yang mengandung protein dan vitamin, pada saat sahur maupun berbuka. Sayur dan buah adalah dua makanan penting yang seharusnya selalu anda konsumsi setiap hari.
Perbanyak minum air putih
Berpuasa sangat rawan sekali terkena dehidrasi atau haus dalam tingkat yang akut. Hindarilah akibat tersebut dengan perbanyak konsumsi air putih di malam hari. Selain menghindarkan resiko dehidrasi, manfaat minum air putih adalah untuk menetralisir racun yang tidak bermanfaat untuk tubuh. Minumlah segelas air putih saat kumandang imsak terdengar ditelinga agar pagi hari tidak terasa haus. Dengan tetap menjaga asupan cairan, maka anda akan tetap segar saat bekerja.
Berbuka dengan yang hangat dan manis
Berbuka adalah saat paling ditunggu saat berpuasa. Tapi ingat, jangan biasakan berbuka dengan minuman yang dingin. Kita pasti mengira minuman dingin akan sangat nikmat mengingat dahaga yang dirasakan sejak pagi hari. Namun justru itu bisa berbahaya bagi lambung kita. Sebaiknya berbukalah dengan minuman hangat (tidak panas), misalnya teh manis. Bisa juga dengan air mineral biasa yang tidak dingin. Setelah itu lanjutkan dengan makan yang manis-manis. Banyak sekali penjaja makanan manis setiap bulan ramadhan, anda bisa pilih sesuai kesukaan.
Berbuka jangan langsung makan besar
Kebanyakan orang berbuka puasa dengan langsung makan nasi beserta lauk pauk yang segunung. Mereka piker nasi yang banyak plus lauk yang lezat akan menghilangkan rasa lapar yang seharian ditahan itu. Tapi menurut ahli, itu pun tidak sehat. Lebih baik, saat buka makanlah makanan yang ringan, misal kolak, sup buah, dll. Setelah itu berilah jeda barang 1 jam sebelum menyantap hidangan utama. Ingat, perut anda tidak siap untuk langsung mengolah makanan dalam jumlah yang banyak.
Hindari makanan yang mengandung banyak kolesterol
Bagi anda yang memiliki berat badan lebih, sebaiknya jangan mengkonsumsi makanan yang mengandung kolesterol saat bulan puasa. Kolesterol akan mengganggu pencernaan anda dan seratnya sulit untuk diurai. Makanan yang mengandung kolesterol misalnya daging, mentega, kue coklat, es krim dan lainnya. Saat puasa ada baiknya mengurangi mengolah makanan dengan digoreng karena akan menambah lemak dan kolesterol.
Hindari terlalu banyak minum soda
Saat berpuasa, lambung kita memang sedang ‘diistirahatkan’ agar dapat memperbaiki kinerjanya lagi setelah puasa. Sementara itu kita tahu, soda adalah minuman yang tidak ramah terhadap lambung. Bahkan anda yang sudah punya riwayat penyakit lambung sangat menghindari minuman bersoda. Bolehlah mengkonsumsi soda asal sewajarnya agar lambung anda bisa tetap sehat selama menjalani puasa sebulan penuh.
Kurangi minum kopi
Bagi anda pecinta kopi, ada baiknya untuk mengurangi konsumsi kopi, terutama saat setelah sahur. Menurut penelitian, kopi dapat merangsang seseorang untuk sering buang air kecil. Ini akan mengakibatkan cairan dalam tubuh berkurang dan bisa-bisa anda dehidrasi dan tidak beraktifitas secara maksimal.
Baca juga tentang : 7 Kopi Asli Indonesia yg Mendunia
Atur waktu tidur yang baik
Saat puasa, waktu tidur menjadi berantakan. Biasanya orang mengkambing-hitamkan makan sahur. Sebenarnya makan sahur waktu dini hari itu bukan masalah untuk kesehatan apalagi mengganggu waktu tidur. Atur waktu tidur anda, jika biasanya tidur 6 jam sehari, maka mulailah ke tempat tidur kira-kira 6 jam sebelum bangun sahur. Kalau anda bangun sahur jam 3 pagi, usahakan sudah selesai semua aktifitas jam 9 sehingga anda bisa tidur. Stamina anda tidak akan terbuang sia-sia sehingga akan menjaga anda supaya terlihat tetap segar saat bekerja di kantor.
Jangan langsung tidur setelah sahur
Ingat juga, jangan langsung tidur lagi setelah makan sahur karena akan menyebebkan tubuh jadi cepat lelah. Ada baiknya, jika anda rasa tidurnya kurang saat malam hari, anda bisa melanjutkan tidur lagi sehabis sahur. Tapi ingat, setalah sahur jangan langsung tidur sehabis sahur. Ambil jangka waktu antara 2 – 3 jam sehabis sehur untuk tidur.
Olahraga malam hari

Melakukan olahraga tidak mustahil untuk dilakukan saat bulan puasa. Anda bisa melakukannya pada malam hari. Setelah sholat taraweh atau paling tidak 2-3 jam setelah makan buka puasa. Anda bisa melakukan olahraga kesukaan, misalnya main futsal atau bulutangkis. Tetapi, harus ada batasnya juga agar tubuh tidak terlalu lelah. Sebaiknya olahraga maksimal 2 jam saja dan jangan terlalu memforsir tubuh supaya keesokan harinya anda tetap segar saat bekerja di kantor.
Olahraga ringan sore hari
Untuk menjaga kebugaran anda, sebaiknya melakukan olahraga saat sore hari menjelang buka puasa. Waktu yang baik adalah 1 jam sebelum berbuka. Olahraga bisa dilakukan 30 – 50 menit saja. Olahraga yang dilakukan tidak perlu terlalu berat, cukup lari kecil-kecil keliling komplek atau memutar lapangan. Bisa juga dengan bersepeda santai bersama keluarga atau hanya sekedar jogging ringan mengandalkan sepatu lari anda.
Banyak minum vitamin
Untuk menambah kekuatan dan menjaga daya tahan tubuh, perbanyaklah mengkonsumsi multivitamin. Sekarang ini sudah banyak beredar multivitamin dalam kemasan yang mudah dikonsumsi. Minum secukupnya vitamin setelah sahur akan menambah daya tahan tubuh anda sehingga ketika siang hari bekerja stamina anda tetap fit. Selain itu, multivitamin juga akan menjaga tubuh anda dari berbagai macam penyakit yang mengancam kesehatan anda.
Itulah beberapa tips agar tubuh anda tetap segar saat bekerja di siang hari sehingga tidak mengganggu pekerjaan yang anda lakukan. Kesehatan dan kebugaran badan anda sangat dipengaruhi oleh makanan yang anda konsumsi. Semakin kaya kandungan vitamin dan protein yang anda konsumsi, semakin baik pula efeknya pada tubuh anda. Selain makanan, olahraga juga mempengaruhi kebugaran anda. Jangan karena bulan puasa maka malas berolahraga, justru harus rajin dan teratur olahraga saat puasa. Terakhir adalah waktu istirahat anda. Istirahatlah secara teratur dan cukup supaya energi anda bisa terisi kembali.

2 komentar:

  1. terimakasih banyak, sangat membantu sekali...

    http://obatleukemia.toko-gumilar.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tetap semangat tuk menjalan aktivitas nya..

      Hapus

Comment Using Facebook