Rabu, 21 November 2012

Tomat dan Manfaatnya

Hampir semua orang mengenal tomat (Licopersicum esculentum). Buah yang tanpa kenal musim ini ternyata mengandung beragam nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Beragam penelitian menunjukan, tomat bermanfaat untuk kesehatan jantung serta penangkal radikal bebas.

Banyak varietas buah tomat, seperti tomat buah yang berukuran besar, tomat sayur dengan ukuran lebih kecil dan tomat ceri yang hanya sebesar kelereng. Apapun jenisnya, tomat mengandung unsur gizi yang hamper sama, yakni kaya akan vitamin A, vitamin C, mineral, serat dan zat fitonutrien.


Kaya Antioksidan
Keisitimewaan lain buah tomat adalah tinginya kandungan likopen. Selain memberikan warna merah pada buah tomat, likopen terbukti efektif sebagai zat antioksidan. Likopen juga dapat menurunkan risiko terkena kanker, terutama kanker prostat, lambung, tenggorokan dan usus besar. Kandungan asam klorogenat dan asam p-kumarat di dalam tomat mampu melemahkan zat nitrosamin penyebab kanker. Vitamin A yang terkandung di dalam tomat sangat baik untuk kesehatan mata.

Tomat juga banyak dimanfaatkan di dalam industri kecantikan, banyak masker dan pil anti penuaan yang berbahan dasar tomat. Bukan tanpa alasan, pigmen likopen memang terbukti efektif sebagai antioksidan. Zat lain seperti tomatin di dalam tomat bersifat sebagai antiinflamasi, yaitu dapat menyembuhkan luka dan jerawat. Jika Anda demam, tomat juga mempunyai sifat antipiretik alias penurun demam. Sementara serat yang tinggi di dalam tomat mampu mengatasi ganguan pencernaan seperti sembelit dan wasir.

Cegah Penggumpalan Darah
Manfaat tomat sebenarnya sudah di teliti sejak lama, seperti penelitian DR. John Cook Bennet dari Wiloughby University, Ohio, yang dilakukan pada November 1834. Hasil penelitiannya menunjukkan tomat dapat mengobati ganguan pencernaan, diare, memulihkan fungsi lever dan serangan empedu. Peneliti lain dari Rowett Research Institute di Aberdeen, Skotlandia, menemukan gel berwarna kuning yang menyelubungi biji tomat dapat mencegah penggumpalan dan pembekuan darah penyebab stroke dan penyakit jantung. Tomat juga mampu memulihkan lemah syahwat dan meningkatkan jumlah sperma serta menambah kegesitan gerakannya.

kecilkan pori-pori besar
pori-pori besar dapat jadi akses masuknya kotoran hingga menyebabkan terjadinya infeksi pori-pori. ambil satu sendok makan jus tomat segar. tambahkan 2-4 tetes air jeruk nipis segar. pakai bola kapas buat menerapkan campuran ini pada wajah anda. pijat didalam gerakan melingkar. biarkan sepanjang seputar 15 menit dan sesudah itu basuh dengan air dingin. aplikasi teratur akan memperkecil pori-pori lebih cepat.

Menyembuhkan jerawat
keasaman buah tomat menolong kurangi kotoran dan membersihkan jerawat anda. vit. a dan vit. c umumnya ditemukan didalam banyak obat jerawat dan tomat terhitung sayuran kaya akan vit. a, vit. c dan vit. k.
bila anda mempunyai jerawat mudah, potong tomat jadi dua bagian dan oleskan pada wajah. buat jerawat kronis masker tomat segar dapat dipakai. buat bubur atau pasta tomat lantas oleskan pada wajah. biarkan sepanjang satu jam. basuh dan pakai pelembab. kerjakan ini dengan teratur atau sejumlah yang anda dapat. jerawat dijamin akan mengering dan kulit kembali mulus.

Menangani minyak di kulit
bila anda mempunyai kulit berminyak tomat adalah solusi buat penderitaan anda. parut tomat segar dan saring dan tambahkan jus ketimun kecil. oleskan jus dengan bola kapaske seluruh wajah.

Tomat dapat menyingkirkan komedo
sesuatu tomat dan masker alpukat dapat jadi gabungan produk perawatan kulit yang baik. tomat bekerja jadi zat pengusir komedo dan kurangi minyak sedang alpukat mempunyai dampak antiseptik dan pelembab.
tumbuk satu buah tomat dan tambahkan tumbukan alpukat jadi gabungan pembersih dan pelembab kulit. dua gabungan alami ini dapat menenangkan dan membersihkan kulit, sesuai buat kulit berminyak dan kering. kaya vit. a, c dan e. terapkan paket ini, diamkan sepanjang 20-30 menit dan bersihkan dengan air hangat.

Menangani peradangan kulit
sengatan matahari dapat membakar kulit. kerap menyebabkan dampak kemerahan, apalagi gatal disebabkan tuturan cahaya matahari. parut setengah tomat dan campur dengan dua sendok makan yogurt polos.
oleskan ramuan ini pada wajah, leher, tangan dan kaki. basuh sesudah 20 menit. tomat mendinginkan kulit dan menetralkan permukaan kulit, sedang yoghurt berikan protein yang amat diperlukan kulit. lebih lembut dan kenyal.

Buat kulit lebih bercahaya
campur madu dengan jus tomat sampai jadi pasta tebal. oleskan campuran ini pada wajah dan bagian kulit yang diinginkan, bersihkan sesudah 15 menit buat memperoleh kulit lebih halus dan bercahaya.
sumber panduan cantik alami berita unik

Wasir : Rebus beberapa buah tomat yang sudah masak dalam minyak kelapa selama kira-kira sepuluh menit, lalu saring dengan sepotong kain. Setelah dingin, oleskan pada wasirnya.

Tekanan darah tinggi (Baca juga tentang Darah Tinggi), mata merah : Makan buah tomat segar sebanyak 1-2 buah pada waktu pagi hari, sewaktu perut kosong.

Memar akibat terbentur : Tim jus tomat yang ditambah dengan air jahe, lalu minum setelah dingin.

Luka Bakar : Gunakan irisan tomat segar, atau hancurkan daun tanaman tomat dan diletakkan pada luka atau luka bakar.

Radang usus buntu, sakit kuning : Minum jus tomat, sehari tiga kali, masing-masing satu cangkir. Tetap berkonsultasi dengan dokter.

Jerawat : Tambahkan 25 ml alkohol 70% pada jus tomat (100 ml), lalu kocok merata. Gunakan campuran untuk menggosok muka yang berjerawat. Lakukan 2-3 kali sehari. atau gunakan sebagai masker, caranya jus tomat dicampur dengan satu sendok teh yogurt tawar. Gunakan masker selama kurang lebih 10 menit lalu bersihkan wajah dengan air. Baca juga mengenai jerawat, DISINI.

Demam : Pengobatan tradisional Cina membuktikan, tomat mempunyai khasiat pereda demam (antipiretik) dan penawar racun (detoksikan). Cuci tomat masak (tiga buah), lalu potong-potong seperlunya. Lumatkan dalam setengah cangkir air masak dan satu sendok makan madu murni. Peras dan saring, lalu minum. Lakukan tiga kali sehari. Penderita diabetes melitus dilarang menambahkan madu murni agar kadar glukosa darah tidak meningkat.

Radang gusi, gusi berdarah : Cuci buah tomat yang sudah masak, lalu makan mentah. Lakukan sehari dua kali, selama kurang lebih satu bulan.

Sakit Tenggorokan : buatlah jus tomat dengan air hangat lalu jadikan obat kumur. Tomat sangat baik sebagai anti-inflamasi dan menenangkan.

Sariawan, ulkus di rongga mulut : Potong-potong buah tomat yang sudah masak (dua buah), lalu masak dengan ikan segar. Setelah dingin, makan. Lakukan setiap hari selama 1--2 minggu sampai tampak perbaikan.

Meningkatkan nafsu makan : Minum jus tomat satu jam sebelum makan.

Lemas karena kadar glukosa darah rendah : Minum jus tomat segar.

Pencegahan kanker dan jantung : Tomat yang dimasak, seperti direbus, saus tomat, dan tomat yang berada dalam masakan, seperti sup, menyebabkan likopen pada tomat lebih mudah diserap sehingga lebih berkhasiat untuk mencegah kanker prostat dan penyakit jantung. Baca juga tentang Jantung, DISINI dan DISINI.

Kesehatan rambut : tomat dijus tanpa air, oleskan jus tomat dari kulit kepala hingga ujung rambut, diamkan 30 menit, keramas dan bilas hingga bersih. manfaatnya Manfaat: Menyeimbangkan PH rambut yang basah, Menghilangkan bau rambut, Menghilangkan bahan kimia dari kolam renang di rambut, Membuat warna rambut lebih berkilau, Mencegah dan menyembuhkan kerontokan. Catatan: Tidak boleh sering dipakai karena tomat menggandung asam, Menggunakan tomat segar terlalu sering akan mengeringkan rambut, Diajurkan 1 kali 2 minggu ketika rambut rusak, Hanya gunakan tomat segar 1 kali dalam 2 bulan ketika rambut sudah sehat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comment Using Facebook