Rabu, 12 Desember 2012

Kentut.!!

Pernah terbayang di benak Anda untuk bekerja sebagai pencium bau kentut? Beberapa orang Cina yang berlatih pengobatan alternatif rupanya percaya bahwa setiap orang yang sedang bermasalah dengan perut, kembung, misalnya, memiliki bau kentut tertentu: pahit, gurih, manis, dan amis. 

Ciri khas bau ini dapat digunakan untuk mendeteksi penyakit oleh ahli yang terlatih dengan penciumannya yang tajam. Bau yang berasa penuh daging busuk, misalnya, bisa ditafsirkan sebagai indikasi perdarahan usus atau tumor.

Ternyata beberapa penelitian ilmiah menunjukkan bahwa penggunaan deteksi kentut sebagai alat diagnostik ini tidak terdengar mengada-ada. Bahkan, anjing telah dilatih untuk mendeteksi kanker prostat dari bau sampel urin pasien. Selain itu, anjing terlatih juga mampu mengidentifikasi sampel tinja dari pasien kanker kolorektal dengan akurasi 97 persen.

Orang-orang yang memilih profesi ini di Cina berada pada jalur karier yang menguntungkan. Bayangkan saja, mereka digaji sekitar USD $50 ribu per tahun. Hanya orang-orang berusia 18 hingga 45 tahun saja yang diterima. Mereka juga harus bebas dari setiap gangguan atau penyakit hidung dan menahan diri dari rokok dan alkohol. Kalau begitu, Anda berminat?

Beraroma dan berbunyi namun tak berwujud, itulah kentut. Tak ada orang yang menyukai kentut kecuali orang yang membuangnya sendiri. Oleh karena itu, kentut bisa jadi hal yang memalukan jika dilakukan di depan umum. Sebenarnya ada cara-cara sederhana untuk mengurangi gas di dalam perut.

Kentut merupakan produk alami dari proses pencernaan. Gas yang diramu di dalam usus ini merupakan campuran dari oksigen, nitrogen, hidrogen, karbon dioksida dan metana. Rata-rata manusia memproduksi antara 1 - 4 liter gas usus setiap hari dan meluncurkan gas sekitar 14 kali dalam sehari.

Agar tak sering kentut, ada beberapa cara sederhana :

  • Kunyah Makanan Baik-baik
Mengunyah makanan dengan baik akan membuat makanan menjadi bagian yang lebih halus dan mudah dicerna enzim pencernaan. Jika mengunyah karbohidrat dengan baik, enzim pencerna pati yang diproduksi di mulut akan membantu memecah makanan lebih efektif.
  • Atur Pola Makan
Makanan yang dimakan banyak mempengaruhi seberapa banyak dan seberapa bau gas yang dikeluarkan tubuh. Karbohidrat yang mengandung gula alami akan memicu gas, sedangkan protein dan lemak tidak. Mengonsumsi makanan manis setelah makan protein dapat memicu penumpukan gas pencernaan. Penyebabnya karena protein dicerna lebih lambat dari gula. Ketika gula ada di atas protein, gula yang dicerna lebih cepat akan terfermentasi.
  • Konsumsi Probiotik
Probiotik adalah bakteri yang penting untuk kesehatan usus. Ada banyak obat yang dapat membunuh bakteri dalam usus, misalnya antibiotik. Oleh karena itu, penting untuk mengisi ulang bakteri-bakteri baik. Probiotik dapat diperoleh dari yogurt.
  • Minum Teh Peppermint
Jika sering buang angin setelah makan, salah satu obat sederhana adalah minum secangkir teh peppermint setelah makan. Cara ini sering bermanfaat mengurangi produksi gas. Sebaiknya pilih teh organik bila memungkinkan.
  • Jamu Pahit dan Rempah-rempah
Formulasi herbal pahit yang berisi campuran tanaman artichoke dan gentian dapat meningkatkan produksi cairan pencernaan dan meningkatkan efisiensi sistem pencernaan. Ramuan ini telah digunakan selama berabad-abad untuk membantu pencernaan dan mengurangi gas pencernaan. Rempah-rempah juga dapat menetralisir gas karena kandungan komponen aromatiknya yang membantu pencernaan. Kapulaga, jintan, adas manis dan adas dapat membantu untuk mengurangi gas di usus. Baca juga artikel tentang jamu.
  • Minum Enzim Pencernaan
Enzim pencernaan dapat membantu memecah dan mencerna makanan. Suplemen ini mengandung zat yang diproduksi tubuh untuk memecah makanan secara efisien. Seringkali karena stres dan obat-obatan, tubuh kurang cukup memproduksi enzim. Beberapa perusahaan farmasi membuat produk enzim pencernaan yang cukup bagus.


Banyak orang yang merasa malu jika ketahuan kentut, karena masalah perkentutan seringkali dinilai salah dari sisi etika dan kesopanan. Tapi jangan remehkan kentut, karena orang bisa meninggal hanya gara-gara tak bisa mengeluarkan gas dari tubuh. Dalam frekuensi normal, kentut merupakan hal yang sehat karena menandakan sistem pencernaan khususnya gerakan peristaltik usus hingga anus berjalan dengan normal.

Bila frekuensinya berlebihan, maka menandakan adanya gangguan di perut. Tapi yang lebih buruk dan dapat mengancam nyawa adalah bila orang tidak bisa mengeluarkan gas dari dalam tubuhnya alias tidak bisa kentut. Ketidakmampuan tubuh mengeluarkan gas atau kentut dari dalam tubuh dapat mengancam jiwa karena disebabkan oleh kondisi peritonitis. Peritonitis adalah peradangan (iritasi) dari peritoneum, yaitu jaringan tipis yang melapisi dinding bagian dalam perut dan mencakup sebagian besar organ perut.

Gejala dari peritonitis secara umum adalah sebagai berikut:
  1. Perut (abdomen) sangat sakit, kembung dan kadang lembek. Rasa sakit akan semakin memburuk ketika perut disentuh atau bergerak.
  2. Ketidakmampuan mengeluarkan gas atau kentut dari tubuh
  3. Demam dan menggigil
  4. Terdapat cairan di perut
  5. Susah buang air besar
  6. Kelelahan berlebihan
  7. Hanya sedikit buang air kecil
  8. Mual dan muntah

Peritonitis dapat mengancam kehidupan dan dapat menyebabkan beberapa komplikasi yang berbeda. Ada tiga jenis peritonitis, yaitu sebagai berikut:
  • Peritonitis spontan

Peritonitis spontan biasanya disebabkan oleh infeksi ascitesascites, yaitu pengumpulan cairan dalam rongga peritoneal. Hal ini biasanya terjadi karena gagal hati atau ginjal. Faktor risiko meliputi penderita penyakit hati termasuk orang yang mengosumsi alkohol berlebihan dan penyakit lainnya yang mengarah ke sirosis, seperti virus hepatitis kronis (hepatitis B atau hepatitis C).
  • Peritonitis sekunder

Peritonitis sekunder memiliki beberapa penyebab utama, salah satunya karena bakteri. Bakteri dapat memasuki peritoneum melalui lubang (perforasi) pada saluran pencernaan. Lubang tersebut dapat disebabkan oleh usus buntu yang pecah, radang lambung, perforasi usus, atau luka, seperti luka tembak atau pisau. Peritonitis sekunder juga dapat terjadi jika empedu atau bahan kimia yang dilepaskan oleh pankreas (enzim pankreas) bocor ke selaput rongga perut. Kontaminan asing juga dapat menyebabkan peritonitis sekunder jika masuk ke dalam rongga peritoneal. Hal ini dapat terjadi selama penggunaan kateter dialisis peritoneal atau tabung makan.
  • Peritonitis dialisis

Peritonitis dialisis adalah peradangan pada selaput rongga perut (peritoneum) yang terjadi ketika seseorang menerima dialisis peritoneal, yang disebabkan oleh bakteri yang masuk ke wilayah tersebut pada prosedur dialisis. Bakteri kulit atau jamur dapat menyebabkan infeksi. Penyebab peritonitis harus diidentifikasi dan segera diobati. Bila Anda mengalami gejala-gejala tersebut, segeralah menghubungi dokter atau rumah sakit, karena kondisi ini bisa sangat berbahaya dan mengancam nyawa. Pengobatan biasanya melibatkan operasi dan antibiotik.

Fakta tentang Kentut :

  • Darimana asal Kentut?
Dari gas dalam usus. Gas dalam usus berasal dari udara yang kita telan, gas yang menerobos ke usus dari darah, gas dari reaksi kimia dan gas dari bakteri perut. 
  • Apa komposisi Kentut?
Bervariasi. Makin banyak udara anda telan, makin banyak kadar nitrogen dalam kentut (oksigen dalam udara terabsorbsi oleh tubuh sebelum sampai usus). Adanya bakteria dan reaksi kimia antara asam perut dan cairan usus menghasilkan karbondioksida. 

Bakteria juga menghasilkan metana dan hidrogen. Proporsi masing-masing gas tergantung apa yang anda makan, berapa banyak uidara yang tertelan, jenis bakteri dalam usus, berapa lama kita menahan kentut. 

Makin lama menahan kentut, makin banyak kadar nitrogen dalam kentut karena gas-gas lain terabsorbsi oleh darah melalui dinding usus. Orang yang makannya tergesa-gesa kadar oksigen dalam kentutnya lebih banyak karena tubuh tidak sempat mengabsorbsi oksigem. 
  • Kenapa Kentut berbau busuk?
Bau kentut karena kandungan hidrogen sulfida dan merkaptan. Kedua senyawa ini mengandung sulfur (belerang). Makin banyak kandungan sulfur dalam makanan anda, makin banyak sulfur dan merkaptan diproduksi oleh bakteri dalam perut dan makin busuklah kentut anda. 

Telur dan daging berperan besar dalam menghasilkan bau busuk kentut. Kacang-kacangan berperan dalam memproduksi volume kentut dan bukan kebusukannya. 
  • Kenapa Kentut menimbulkan bunyi?
Karena adanya vibrasi lubang anus pada saat kentut diproduksi. Kerasnya bunyi tergantung kecepatan gas. 
  • Kenapa Kentut yang busuk itu hangat dan tidak bersuara?
Salah satu sumber kentut adalah bakteri. Fermentasi bakteri dan proses pencernaan memproduksi panas, dan hasil sampingannya adalah gas busuk. Ukuran gelembung gas lebih kecil, hangat dan jenuh dengan produk metabolisme bakteri yang berbau busuk. Ini kemudian menjadi kentut, walau hanya kecil volumenya tapi SBD (Silent but Deadly). 
  • Berapa banyak Kentut diproduksi dalam sehari?
Rata-rata setengah liter sehari dalam 14 kali kentut. 
  • Mengapa Kentut keluar melalui lubang dubur?
Karena density-nya lebih ringan, mengapa gas tidak melakukan perjalanan ke atas ? Tidak demikian. Gerak peristaltik usus mendorong isinya ke arah bawah. Tekanan di sekitar anus lebih rendah. 

Gerak peristaltik usus menjadikan ruang menjadi bertekanan, sehingga memaksa isi usus termasuk gas-gasnya untuk bergerak ke kawasan yang bertekanan lebih rendah, yaitu sekitar anus. Dalam perjalanan ke arah anus, gelembung-gelembung kecil bergabung menjadi gelembung besar. 

Kalau tidak ada gerak peristaltik, gelembung gas akan menerobos ke atas lagi, tapi tidak terlalu jauh karena bentuk usus yang rumit dan berbelit-belit. 
  • Berapa waktu yang diperlukan Kentut untuk melakukan perjalanan ke hidung orang lain.?
Tergantung kondisi udara seperti kelembaban, suhu, kecepatan dan arah angin, berat molekul gas kentut, jarak antara transmitter dengan receiver. Begitu meninggalkan sumbernya, gas kentut menyebar dan konsenstrasinya berkurang. Kalau kentut tidak terdeteksi dalam beberapa detik berarti mengalami pengenceran di udara dan hilang ditelan udara selama-lamanya. Kecuali kalau anda kentut di tempat sempit seperti lift atau mobil, konsentrasinya lebih banyak sehingga baunya akan tinggal dalam kurun waktu lama sampai terserap oleh dinding. 
  • Apakah setiap orang Kentut.?
Sudah pasti, kalau masih hidup. Sesaat setelah matipun orang masih bisa kentut. 
  • Betulkah laki-laki kentut lebih sering daripada perempuan.?
Tidak ada hubungannya dengan gender. Kalau benar, maka perempuan menahan kentutnya dan saat kentut banyak sekali jumlah yang dikeluarkan. 
  • Saat apa biasanya orang Kentut.?
Pagi hari saat di toilet, yang disebut “morning thunder”. Kalau resonansinya bagus, mungkin bisa terdengar diseluruh penjuru rumah. 
  • Mengapa kacang-kacangan menyebabkan banyak kentut.?
Kacang-kacangan mengandung zat gula yang tidak bisa dicerna tubuh. Zat gula tersebut (raffinose, stachiose, verbascose) jika mencapai usus, bakteri di usus langsung berpesta pora dan menghasilkan gas. Jagung, kubis, susu juga penyebab banyak kentut (bukan baunya). 
  • Selain makanan, apa saja penyebab Kentut.?
Udara yang tertelan, makan terburu-buru, makan tanpa dikunyah, minum soft drink, naik pesawat udara (karena tekanan udara lebih rendah, sehingga gas di dalam usus mengalami ekspansi, sehingga muncul sebagai kentut). 
  • Apakah kentut sama dengan sendawa, tapi muncul di lain lubang.?
Tidak. Sendawa muncul dari perut, komposisi kimianya lain dengan kentut. Sendawa mengandung udara lebih banyak, kentut mengandung gas yang diproduksi oleh bakteri lebih banyak. 
  • Kemana perginya kentut kalau ditahan atau tidak dikeluarkan.?
Bukan diabsorbsi darah, bukan hilang karena bocor. Kentut berimigrasi menuju ke bagian atas menuju usus dan pada gilirannya akan keluar juga. Jadi bukan lenyap, hanya mengalami penundaan. 
  • Mungkinkah kentut terbakar.?
Kentut mengandung metana, hidrogen yang combustible (gas alam mengandung komponen ini juga). Kalau terbakar, nyalanya berwarna biru karena kandungan unsur hidrogen. 
  • Bisakah menyalakan korek api dengan kentut.?
Konsistensinya lain. Juga suhunya tidak cukup panas untuk memulai pembakaran. 
  • Mengapa Kentut anjing dan kucing lebih busuk.?
Karena kucing dan anjing adalah karnivora. Daging kaya akan protein. Protein mengandung banyak sulfur, jadi kentut binatang ini lebih busuk. Lain dengan herbivora seperti gajah, kuda, kambing yang memproduksi banyak kentut, lebih lama, lebih keras bunyinya, tapi relatif tidak berbau. 
  • Betulkah pening kepala kalau mencium bau kentut 2-3 kali berturut-turut.?
Kentut mengandung sedikit oksigen. Mungkin sedikit saja anda akan mengalami pening kepala kalau mencium bau kentut terlalu banyak. 
  • Apakah warna kentut.?
Tidak berwarna. Kalau warnanya oranye seperti gas nitrogen oksida akan ketahuan siapa yang kentut. 
  • Apakah kentut itu acid, basa, atau netral.?
Acid, karena mengandung karbondioksida (CO2) dan hidrogen sulfida (H2S). 
  • Apakah yang terjadi kalau seseorang kentut di planet venus.?
Planet venus sudah banyak mengandung sulfur (belerang) di lapisan udaranya, jadi kentut disana tidak akan banyak pengaruhnya.

Orang  jujur
Orang yang mau mengaku kalau sudah kentut

Orang tak jujur
Orang yang kentut malah nyalahin orang lain

Orang bodoh
Orang yang menahan kentut berjam-jam lamanya

Orang berwawasan
Orang yang tahu kapan waktunya harus kentut

Orang  misterius
Orang yang kentut tapi orang lain tidak ada yang tahu

Orang  percaya diri
Orang yang yakin kalau kentutnya bau

Orang  sadis
Kalo kentut sambil dibekap dengan tangan, kemudian dibekapkan ke hidung orang lain

Orang  Pemalu
Orang yang kentutnya ngga ketahuan tapi malu sendiri

Orang  Stratejik
Orang yang kentut sambil ketawa sekencang-kencangnya, untuk nutupin suara kentutnya.

Orang hemat
Kalo sudah kentut dia tarik nafas untuk mengganti kentutnya yang keluar

Orang  pintar
Orang yang bisa mengetahui kentut orang lain

Orang  sakti
Kalo kentut menggunakan tenaga dalam

Orang pelit
Kalo kentut dikeluarin sedikit-sedikit sampai bunyinya tit…tit…tit…

Orang sombong
Orang yang suka nyiumin kentutnya sendiri

Orang  ramah
Orang yang suka nyiumin kentut orang lain

Orang tengil
Orang yang kentut sambil ngupil

Orang keras kepala
Orang yang langsung membalas setelah di kentuti orang di sebelah.

Orang Amit2
Orang yang sehabis kentut lalu memasang muka imut

Kentut berdasarkan frekuensi :
  • Kentut minimal 3 kali sehari = Orang sehat
  • Kentut minimal 5 kali sehari = Normal
  • Kentut minimal 8 kali sehari = Salah makan
  • Kentut minimal 15 kali sehari = Abnormal
  • Kentut berfrekuensi 15.000 HZ = Bomber
  • Kentut bertubi-tubi = Machine gunner
  • Kentut tak bersuara = Stealth killer, misterius
  • Kentut disini yang kena disana = Sniper
  • Pengen kentut dipaksa-paksa tapi yang keluar ampasnya = *****
  • Orang kurang kerjaan = YANG BACA
  • Orang gila = Kerjanya meneliti kentut

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Comment Using Facebook