Rabu, 12 Desember 2012

Alkohol dan Dampaknya.

Kali ini akan membahas tentang Bagaimana Berhenti atau Mengurangi Kecanduan Alkohol pada diri kita.? Mungkin sobat semua sudah banyak melakukan berbagai cara untuk mengurangi atau mengatasi kecanduan Alkohol, tips berikut mungkin bisa membantu sobat untuk bisa terhindar atau bahkan bisa berhenti dari candu minuman keras yang berbahaya itu.

Kita mengetahui bahwa mengkonsumsi alkohol terlalu banyak berakibat buruk pada tubuh. Di antaranya, membuat kepala pusing dan ingin muntah, merasa letih, dan mengubah penampilan kita keesokan harinya.

Kebiasaan Mengkonsumsi minuman beralkohol biasanya dimulai dengan kebiasaan merokok, seorang perokok biasanya akan mudah menjadi seorang pengkonsumsi minuman keras. Jadi alangkah baiknya kita juga menghindari kebiasaan merokok untuk kesehatan kita. lkohol sebenarnya memiliki pengertian yang sangat luas, namun kebanyakan jenis alkohol yang dijadikan bahan dasar campuran berbagai minuman dan makanan adalah alkohol jenis etanol, sehingga orang menyebutnya misal sebagai Minuman beralkohol. Begitu banyaknya merk makanan ataupun minuman yang menggunakan Alkohol membuat kita berpikir bahwa zat tersebut jamak dan wajar untuk di konsumsi. Belum lagi begitu banyaknya minuman beralkohol yang diracik sendiri alias oplosan, mencampur-campurnya dengan zat-zat lain untuk meningkatkan "kekerenan" minuman tersebut. Sudah tidak aneh di masyarakat kita, terutama remaja, mengkonsumsi alkohol adalah hal yang lumrah, baik itu untuk meningkatkan kesan keren dan terlihat seperti macho. Padahal mengkonsumsi alkohol  tidaklah keren, karena efek mabuk/trance, halusinasi dan ketidakmampuan mengontrol diri menunjukkan bahwa kita lemah, pengecut dan kekanak-kanakan. Padahal jika kita tahu bahaya alkohol, sebagai mana zat-zat kimiawi lainnya, Alkohol memiliki kemampuan destruktif yang mematikan terhadap organ-organ tubuh manusia, bahkan lebih luas mampu mematikan fungsi-fungsi sosial moral etika manusia. 

Beberapa dampak dan efek alkohol bagi kesehatan manusia adalah :
  • Mengganggu fungsi hati, yang mampu mengakibatkan penyakit hepatitis (baca Artikel menarik tentang Hepatitis A dan Hepatitis B)
  • Mengakibatkan kerusakan lambung - Mengakibatkan kerusakan jaringan tubuh.
  • Mengakibatkan peningkatan resiko Kanker Payudara.
  • Mengganggu fungsi otak, jantung, dan ginjal.
  • Mengakibatkan Stroke, kelumpuhan syaraf, gagal fungsi organ.
  • Mengakibatkan cacat dan gangguan pertumbuhan bagi janin.
  • Mengakibatkan kematian
Begitu berbahayanya Alkohol dan minuman beralkohol bagi kesehatan ini seharusnya membuat kita sadar untuk tidak mengkonsumsi minuman beracun tersebut. Ingat bahwa Alkohol adalah salah satu penyebab kematian terbesar di dunia, baik karena menjadi penyakit, maupun akibat kecelakaan, over dosis dan sebagainya. Alkohol adalah racun, racun bagi tubuh, racun bagi jiwa, racun untuk keimanan. Dalam jangka panjang, alkohol meningkatkan risiko berbagai penyakit termasuk kanker payudara, kanker mulut, penyakit jantung, stroke, dan penyakit hati yang kronis. Riset menunjukkan bahwa konsumsi alkohol dalam tingkat tinggi juga akan merusak kesehatan mental, melemahkan daya ingat, dan menurunkan kesuburan.


Lalu apa saja dampak lain alkohol terhadap tubuh kita? Sejumlah studi mengungkapkan bahwa konsumsi alkohol dalam jumlah moderat dapat membantu mencegah serangan jantung dengan meningkatnya kolesterol baik serta menghentikan gumpalan darah di dalam arteri (pembuluh darah utama). Namun meminum lebih dari tiga gelas alkohol setiap hari berdampak langsung dan merusak fungsi hati. Menenggak alkohol dalam jumlah banyak, apalagi terus-menerus, akan memicu tekanan darah, kerusakan hati, dan stroke. Konsumsi alkohol dalam jumlah tinggi juga meningkatkan kadar lemak dalam sirkulasi darah di tubuh.

Hubungan antara alkohol dan kanker sudah lama diketahui, ungkap lembaga riset kanker Cancer Research di Inggris. Sebuah studi yang dipublikasi di British Medical Journal (BMJ) tahun ini menyatakan konsumsi alkohol telah menyebabkan sedikitnya 13 ribu kasus kanker per tahun di Inggris, yakni 9.000 kasus pada pria dan 4.000 kasus pada wanita. Para ahli di bidang kanker mengatakan setiap kenaikan 10 gram alkohol per hari menyebabkan peningkatan risiko kanker payudara sebesar 7-12 persen. Untuk kanker usus, studi sebelumnya menunjukkan bahwa peningkatan konsumsi alkohol sebanyak 100 gram per minggu akan meningkatkan risiko terkena kanker usus sebesar 19 persen.

Studi terbaru yang dilaporkan di jurnal BioMed Central’s Immunology mengungkapkan bahwa alkohol merusak kemampuan tubuh untuk melawan penyebaran cepat berbagai infeksi. Sedangkan studi mengenai fertilitas menyatakan bahwa meski wanita mengkonsumi alkohol dalam jumlah sedikit, hal itu tetap mempengaruhi peluang untuk hamil. Sementara konsumsi alkohol dalam jumlah banyak pada pria menyebabkan kualitas dan kuantitas sperma yang dimilikinya menjadi rendah. Buruknya dampak alkohol pada tubuh kita dapat menyebabkan terjadinya acetaldehyde--produk alkohol yang dipecah di dalam tubuh. Acetaldehyde ini beracun dan diketahui merusak DNA.

Dr. K.J Patel, dari laboratorium biologi molekuler di Medical Research Council di Cambridge, melengkapi hasil penelitian terdahulu dengan melihat efek beracun dari alkohol pada tikus. Penelitian dia menunjukkan bahwa kebiasaan minum alkohol dalam jumlah banyak selama kehamilan cukup untuk menyebabkan kerusakan permanen pada genom bayi. Foetal alcohol syndrome, kata dia, “Dapat melahirkan anak-anak yang cacat parah, lahir dengan kelainan kepala dan wajah serta cacat mental.”

Bagaimana anda dapat mengatakan jika alkohol adalah suatu masalah untuk anda.?. Alkohol adalah suatu masalah jika alkohol menyebabkan timbulnya berbagai masalah dalam bagian hidup anda. Masalah-masalah tersebut antara lain dalam kesehatan anda, pekerjaan anda dan kehidupan anda dirumah serta masalah-masalah lain dalam bagian hidup anda. Anda mungkin bermasalah dengan alkohol jika anda berpikir tentang: minum hampir setiap waktu, jika anda tetap mencoba berhenti dari dalam diri anda sendiri tapi tidak bisa berhenti atau jika anda sering minum secara berlebih dari apa yang anda rencanakan. 

Tips Cara Mengatasi Kecanduan Alkohol Dengan cara :
  • Melakukan Olahraga
Proses detoksifikasi bisa memicu depresi, yang bisa diredakan dengan melakukan yoga atau olahraga lainnya secara teratur. Karena banyak potasium yang dikeluarkan bersama keringat, imbangi dengan lebih banyak mengkonsumsi buah dan sayuran. misalny Pisang, melon, tomat, jeruk sitrus dan sayuran hijau banyak mengandung potasium.
  • Mengkonsumsi Sayuran dan Buah Segar
Jus buah bit (beetroots) diyakini berkhasian membersihkan hati, sementara jus wortel mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Untuk mendukung proses detoksifikasi, kombinasikan jus buah bit, wortel dan apel. Jus cranberry juga bisa ditambahkan, karena mampu memurnikan tubuh dari racun-racun pengotor.
  • Minum Air Putih Lebih Banyak
Untuk membersihkan racun alkohol, seseorang harus menambah konsumsi carian sebanyak 2-3 liter/hari karena sel-sel dalam tubuh butuh cairan agar bisa berfungsi dengan baik. Saat melakukan detoksifikasi, cairan yang cukup akan sangat membantu sistem kekebalan tubuh. Cairan juga akan melancarkan pembuangan racun-racun termasuk sisa alkohol dari dalam tubuh. Baca juga artikel tentang Air Putih. DiSINI dan DISINI
  • Mengkonsumsi herba dan suplemen
Beberapa jenis herba atau tumbuhan dan suplemen yang mengandung vitamin B yang dapat membantu mengurangi ketegangan fisik maupun psikis yang muncul selama proses detoksifikasi alkohol. Konsultasikan dengan dokter atau konsultan herbal, suplemen apa yang cocok dengan kondisi individual masing-masing.
Kebanyakan orang hanya berpikir "gelandangan/pemalas perkampungan jembel" pada saat mereka berpikir tentang seseorang yang bermasalah dengan alkohol. Ini adalah sebutan dari tahap akhir dari berbagai masalah alkohol, saat seorang peminum alkohol kehilangan anggota keluarganya, pekerjaan dan kesehatan karena penyalahgunaan alkohol. Anda tidak dapat mencapai tahap ini dalam waktu semalam. 

Anda mungkin memperlihatkan sedikit perubahan-perubahan nyata sepanjang hari, bermula dengan minum minuman keras lebih dari yang anda kehendaki atau rencanakan atau lebih dari dosis keamaan saat anda melakukan kegiatan seperti mengendarai mobil atau sepeda motor.

Kebanyakan orang merasa sulit untuk mengakui jika alkohol merupakan suatu masalah baginya. Seringkali orang disekitar anda mungkin melihat bahwa itu adalah suatu masalah anda sebelum anda mengetahuinya. Pikirkan tentang hal-hal yang disebutkan disini. Pikirkan tentang apa yang teman-teman dan keluarga anda katakan kepada anda tentang kebiasaan minum anda. Kemudian konsultasikan dengan dokter tentang masalah anda tersebut. 

Berikut adalah tanda-tanda lain bahwa alkohol adalah suatu masalah.
  • Kecelakaan
  • Kecemasan atau kekhawatiran
  • Menjadi pencuriga yang luar biasa.
  • Tidak sadar/Berkurang atau hilangnya daya ingat.
  • Depresi
  • Mengemudi sementara sedang dalam pengaruh alkohol.
  • Insomnia
  • Hilangnya harga diri.
  • Tidak melakukan perawatan diri sendiri
  • Prestasi kerja rendah
  • Menjalani hari-hari dengan rasa sakit pada waktu bangun pagi setelah minum minuman keras yang terlalu banyak
  • Tangan gemetaran/tremor
  • Pada laki-laki terjadi gangguan dalam ereksi (disfungsi ereksi)
Bagaimana alkohol berpengaruh pada kesehatan anda.?

Alkohol paling dikenal dengan baik sebagai penyebab sirrosis hati, penyakit liver/hati. Disamping itu, alkohol meberikan banyak pengaruh pada kesehatan anda. Alkohol merupakan penyabab utama kematian dan cedera karena kecelakaan. Akohol juga dapat berpengaruh pada buruk pada bayi selama kehamilan. Alkohol dapat menyebabkan sakit maag/lambung dikarenakan ulserasi atau perlukaan lambung hingga berdarah atau iritasi lapisan lambung. 

Apa saja sebab-sebab alkoholisme.?

Penyebab alkoholisme tidak sepenuhnya diketahui. Riwayat alkoholisme pada suatu keluarga (ada anggota keluarga yang juga senang minum alkohol/alkoholisme) lebih memungkinkan terjadinya alkoholisme pada seseorang. faktor gender juga turut berperan, dan laki-laki kelihatannya lebih beresiko tinggi daripada wanita. Beberapa orang minum alkohol untuk menghilangkan atau membebaskan diri dari kecemasan, depresi, tegangan, kesendirian, keragu-raguan diri atau ketidakbahagiaan. 

Mengapa sebaiknya anda berhenti minum minuman keras.?

Berhenti minum alkohol adalah satu-satunya cara untuk mengehentikan penyebab masalah alkohol dalam hidup anda. Mungkin tidak mudah untuk berhenti dari alkoholisme. Tapi usaha anda untuk berhenti akan dibayar dengan kondisi kesehatan yang lebih baik, hubungan dengan teman dan anggota keluarga serta masaryarakat yang harmonis dan bisa juga berarti suatu prestasi. Saat anda berpikir untuk berhenti, anda mungkin ingin dan perlu membuat daftar alasan-alasan untuk berhenti minum alkohol. 

Bagaimana cara berhenti?

Langkah awal adalah sadar bahwa anda lah yang mengendalikan perilaku anda sendiri. Itu adalah satu-satunya kontrol yang nyata yang anda punyai dalam kehidupan anda. Jadi gunakanlah kesadaran anda sebagai kontrol perilaku anda. Langkah-langkah selanjutnya adalah:

Berkomitmen untuk berhenti. Sekali anda memutuskan untuk berhenti, anda dapat membuat rencana-rencan untuk memastikan kesuksesan anda.
Cari dan dapatkan bantuan dari dokter yang kompeten. Dokter dapat menjadi pendukung terbaik bagi anda. Alkoholisme adalah suatu jenis penyakit, dan alkoholisme dapat diobati. Bicarakan dan konsultasikan dengan dokter atau konsultan tentang masalah anda agar dapat terbantu dan teratasi.

Dapatkan dukungan. Hubungi atau lakukan kontak dengan organisasi/kelompok atau lembaga konsultasi nasional ketergantungan alkohol dan obat. Mereka dapat memberikan kepada anda perangkat dan dukungan yang anda butuhkan untuk berhenti dari alkoholisme. Mintalah dukungan dan bantuan dari teman dan anggota keluarga anda juga. 
Ketika anda minum alkohol, tubuh anda mencoba untuk mengejar pengaruh atau efek-efek tekanan/depresant dari alkohol. Hal ini akan membangun toleransi terhadap alkohol yang mengarahkan pada gejala-gejala penarikan hebat pada saat orang-orang yang terbiasa minum alkohol berlebihan berhenti dari kebiasaan tersebut. 

Gejala penarikan alkohol hebat termasuk diantaranya melihat bayangan yang tidak-tidak, serangan dan mengigau hebat (kebingungan, melihat gambaran hidup, tremor hebat (gemetaran), menjadi sangat pencuriga), dan bahkan dapat terjadi kematian. Inilah mengapa anda perlu perawatan dari dokter jika anda sebelumnya peminum berat dan mencoba untuk berhenti dari kebiasaan tersebut. 

1 komentar:

  1. Cari Tiket Pesawat dan tiket kapal Online Super Cepat dan murah??
    http://selltiket.com
    Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di http://agenselltiket.com

    INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI:
    No handphone : 085372801819

    BalasHapus

Comment Using Facebook