Selasa, 01 Februari 2011

Krisis PD..?????

Menumbuhkan atau meningkatkan rasa percaya diri bisa dikatakan gampang-gampang susah, Gampangnya adalah cara menumbuhkan atau meningkatkan percaya diri itu simpel banget. Susahnya adalah membiasakannya ini yang membutuhkan.

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang cara menumbuhkan rasa percaya diri alangkah lebih baiknya jika kita terlebih dulu memahami apa itu sebenarnya pengertian dari percaya diri itu sendiri..


Percaya diri (self confident) atau biasa kita singkat dengan PD (PeDe) adalah kondisi mental seseorang yang memberi kepercayaan, atau keyakinan yang kuat pada dirinya sendiri agar seseorang tersebut dapat melakukan sebuah tindakan yang berani, seperti; seorang pria (gentleman) yang ingin menembak (menyatakan cinta) kepada wanita pujaan hatinya, Tampil di panggung, dan sebagainya.


Cara Meraih Percaya Diri
Cara meraih percaya diri ini bisa diaplikasikan untuk berbagai bidang. Contoh dibawah adalah penerapan terhadap kepercayaan diri saat berbicara di depan umum.
  • Pilihlah satu tindakan dimana Anda merasa kurang percaya diri melakukannya. Misalnya bicara di depan umum
  • Tetapkan tolak ukur keberhasilan dari aktivitas tersebut. Ini penting, untuk membangun kepercayaan diri. Tidak ada target, tidak ada sukses. Sukses yang membekas akan membangun kepercayaan diri.
  • Contoh tolak ukur: berbicara saat rapat, Anda bisa menetapkan berbagai tolak ukur seperti berani berbicara, berbicara tanpa gemetar, birbicara tanpa kelu, berani menatap peserta rapat saat bicara, berani menatap bos Anda, dan sebagainya.
  • Tetapkan target Anda. Saat ini Anda takut untuk berbicara, tagetkanlah untuk berani berbicara meskipun hanya beberapa patah kata.
  • Setelah satu target terpenuhi, tingkatkan target Anda misalnya berbicara tanpa gemetar (jika masih).
  • Terus lakukan sampai Anda bisa mencapai semua keberhasilan yang Anda tetapkan Bersyukur dan buat perayaan, sekecil apapun.
Anda bisa melakukan langkah-langkah yang sama untuk meraih percaya diri pada bidang lain, misalnya dengan keterampilan tangan. Contohnya kemampuan Anda membuat miniatur kapal laut. Contoh nyatanya ialah ada seseorang yang tangannya dianggap tidak terampil selama 40 tahun. Jangankan membuat miniatur kapal laut, memasang paku ditembok saja tidak bisa. Tetapi setelah melakukan latihan seperti metode di atas, dia bisa membuat miniatur kapal laut yang sangat detil. Rasa percaya dirinya tumbuh. Dia menjadi percaya diri dengan teknik ini.

Inti dari strategi ini ialah peningkatan secara terus menerus. Sedikit demi sedikit tetapi jika Anda lakukan secara kontinyu Anda bisa menjadi seseorang yang mahir dan percaya diri dengan mudah. Anda juga bisa mahir berbisnis jika Anda mulai sekarang mulai berbisnis mulai dari kecil terlebih dahulu. Biasakanlah sehingga suatu saat Anda akan mahir berbisnis. Jika mental Anda tidak siap dengan sesuatu yang besar, maka mulailah dengan sesuatu yang kecil tetapi cukup menantang.

Krisis percaya diri biasanya ditimbulkan oleh perasaan.Perasaan malu/minder dan merasa banyak kekurangan lain2.Krisis percaya diri sering dipicu oleh timbulnya perasaan kurang akan diri sendiri. Kita merasa miskin, kurang gaul, jelek, tidak pandai, dll. Kita selalu menggangap orang lain lebih tinggi dari kita. Kalau pandangan tersebut nantinya dapat memacu diri agar lebih maju, itu sangat dianjurkan. Tapi kalau pandangan tersebut hanya akan membuat diri kita semakin terpuruk, sebaiknya buang jauh-jauh pandangan yang seperti itu. Sudah sepatutnya sebagai manusia kita wajib bersyukur, karena rasa syukur adalah kunci hidup bahagia.

Ada pepetah bijak mengatakan "Belajarlah menjadi orang yang bahagia dengan apa yang Anda miliki, sementara Anda tetap berusaha untuk mendapatkan apa yang masih belum Anda capai."

 Memang tidak mudah dan terkadang dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa mengembalikan atau mengatasi krisis percaya diri yang kita alamiKadang, diperlukan beberapa hari, minggu, bahkan berbulan-bulan untuk meningkatkan rasa percaya diri. Namun, jika kita konsisten menerapkan caranya, akhirnya Anda akan menemukan diri Anda yang baru, yang lebih kuat, dan yang lebih percaya diri!
Berikut ini sekelumit Tips yang mudah mudahan bisa meningkatkan rasa percaya diri anda.
  •  Catatan Harian
Menulis setiap hari membuat Anda melakukan refleksi diri setiap hari. Refleksi harian dapat membantu menguatkan apa yang Anda ketahui, apa yang Anda pelajari, dan apa yang masih perlu Anda perhatikan.
  • Tunjukkan rasa terima kasih 
Tuliskan setiap hari lima hal yang membuat Anda merasa harus berterima kasih dan bersyukur, dan lakukan. Ini akan membantu perasaan Anda serta memperkuat karakter yang akan terwujud dalam rasa percaya diri.
  • Gunakan penegasan 
Tulis keinginan Anda dan bagaimana mewujudkannya dalam sehari-hari. Misalnya, “Saya ingin lebih percaya diri setiap hari.” Ucapkan di depan cermin, atau rekam suara Anda. Dengar/baca kembali setidaknya satu kali sehari.
  •  Memulai hubungan baru 
Identifikasi orang yang Anda kagumi, bisa dijadikan guru atau sebaliknya. Cari orang yang akan menemani Anda melewati suka dan duka. Dengan meningkatkan percaya diri, Anda akan membahagiakan diri sendiri.
  • Ubah perilaku 
Kenali hal apa yang meningkatkan dan menghilangkan rasa percaya diri Anda. Berolahraga dan berpakaian baik serta pantas, akan meningkatkan percaya diri. Selalu mengatakan “ya” untuk menghindari pertengkaran (padahal Anda ingin mengatakan “tidak”) akan menghilangkan rasa percaya diri Anda.
  • Ungkapkan 
Menahan apa yang ingin dikatakan karena takut bagaimana orang akan menerima kita dapat mematahkan rasa percaya diri. Jangan ragu untuk mengungkapkan apa yang Anda pikirkan atau sukai.
  •  Ambil risiko setiap hari 
Cara terbaik untuk mendukung rasa percaya diri adalah dengan mulai melakukan hal-hal yang selama ini Anda takuti.

Memiliki kepribadian pemberani dan percaya diri dalam melakukan segala hal adalah keinginan setiap orang. Usaha dengan cara-cara yang mereka ketahui untuk menghilangkan sifat penakut, pengecut, ragu-ragu, pemalu dan minder telah mereka lakukan. Namun sebagian besar usaha tersebut gagal karena keinginan itu tidak bisa menjangkau alam bawah sadar diri mereka. Ada beberapa metode untuk memasuki alam bawah sadar misalnya dengan latihan-latihan meditasi, yoga dan tai chi. Namun tidak semua orang bisa melakukannya. Ada cara mudah memasuki otak bawah sadar, yaitu dengan teknologi Gelombang Otak (Brainwave). CD Musik Tereapi Gelombang Otak Percaya Diri ini mengandung subliminal message atau sugesti tersembunyi yang tidak terdengar pikiran sadar tapi bisa didengar dan langsung masuk ke alam bawah sadar.

Sugesti adalah saran yang berupa kalimat perintah atau pernyataan yang disampaikan kepada seseorang agar orang tersebut dapat berubah sesuai keinginan. Sedangkan Subliminal Message adalah sugesti yang dibuat dengan cara tertentu dengan frekuensi suara dibawah batas ambang pendengaran pikiran sadar. Tujuannya agar sugesti tersebut langsung masuk ke alam bawah sadar tanpa melalui proses penyaringan oleh pikiran sadar. Dengan cara inilah sebuah sugesti menjadi sangat efektif dan bertahan lebih lama (hasilnya permanen).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comment Using Facebook