Jumat, 04 Februari 2011

Mau Tau... Ciri2 Anak Cerdas.

Alif Putra Adiva
Anda yang sudah memiliki anak, mungkin agak sulit mengetahui apakah anak Anda tergolong anak berotak cerdas atau bukan.
Ciri ciri anak cerdas memang agak sulit untuk diketahui, tapi bukan berarti tidak mungkin bisa dilihat, karena kecerdasan seorang anak tetap bisa diketahui dari sikap atau perilakunya sehari-hari.

Ciri Ciri Anak Cerdas
  • Daya tangkapnya cukup cepat. Bila sedang belajar, ia cepat mengerti tentang hal atau materi yang sedang ia pelajari.
  • Rasa keingin tahuannya lebih besar daripada anak-anak lain. Anak cerdas adalah seorang anak yang terbiasa berpikir dan otaknya selalu bekerja. Saat mempelajari sesuatu, ia kadang tak bisa menerima materi pelajaran begitu saja. Otaknya akan terus bertanya-tanya tentang “mengapa?” atau “bagaimana?”. Karena itu, tak heran bila salah satu ciri-ciri anak cerdas adalah ia selalu bertanya tentang hal yang ingin diketahuinya.
  • Mudah fokus terhadap sesuatu yang sedang dihadapinya. Ini merupakan salah satu ciri anak yang cerdas.
  • Seorang anak yang cerdas akan mencari solusi atau jawaban sampai dapat. Misalnya saat ia diberi soal, ia tidak akan pernah puas sampai ia berhasil memecahkan soal tersebut.
  • Umumnya, ciri-ciri anak cerdas adalah mencari jawaban atas suatu persoalan dengan caranya sendiri. Misalnya, seorang murid diberi soal, ia tidak mau begitu saja diberi jawaban langsung. Ia lebih suka diarahkan, hingga akhirnya ia bisa mendapatkan jawabannya sendiri agar bisa lebih puas.
  • Kebanyakan anak cerdas adalah anak yang aktif dan cepat tanggap terhadap sesuatu. Hal ini karena otaknya terbiasa “dipakai” atau terbiasa berpikir. Sehingga ketika menghadapi persoalan, ia cepat tanggap dan aktif mencari solusi.
  • Ciri-ciri anak cerdas yang lain adalah mudah memberikan self motivation atau mampu memotivasi diri sendiri untuk terus maju.
  • Anak cerdas umumnya adalah anak yang mampu bersosialisasi dengan baik. Contoh anak cerdas adalah ia mampu berinteraksi dengan orang lain bahkan orang asing sekalipun. Ia tidak terlihat canggung atau malu (percaya diri).
  • Anak yang cerdas cenderung sangat disiplin, memiliki tanggung jawab tinggi dan mampu mandiri.
  • Mudah menghafal adalah salah satu ciri-ciri anak cerdas. Ia bisa menghafal tempat dengan mudah, menghafal cara mengerjakan soal, dan menghafal berbagai hal yang lain.

Alif Putra Adiva
Ciri Ciri Bayi Cerdas
Itulah beberapa ciri ciri anak cerdas. Kecerdasan seorang anak bahkan bisa dilihat sejak ia masih bayi. Umumnya, saat berumur sekitar 3 bulan, kecerdasan bayi sudah bisa dilihat dari kemampuannya untuk kontak mata, memberi respon, atau bahkan terlihat serius/diam ketika diajak bicara oleh ibunya.

Saat berusia sekitar 6-8 bulan, ciri ciri bayi cerdas adalah mulai mampu menangkap atau mengerti apa yang dibicarakan oleh ibu atau orang lain. Misalnya, seorang ibu memberitahu tentang nama bagian tubuh, contohnya tangan. Saat bayi ditanya tentang mana yang disebut tangan, dia bisa mengangkat tangannya sendiri atau menunjuk tangan ibunya sebagai jawaban.


“Jika seorang manusia meninggal dunia, maka terputuslah seluruh amalannya, kecuali dari tiga perkara: sedekah jariyah (yang mengalir pahalanya), ilmu yang dimanfaatkan, dan anak shaleh yang mendo’akan kebaikan baginya“. [HR. Muslim dalam Kitab Al-Washiyyah (4199)]

2 komentar:

  1. good posting. keep posting bro. jangan lupa mampir ke blog ane http://kshiddiq.blogspot.com
    ditunggu ya bro..

    BalasHapus

Comment Using Facebook