Selasa, 01 Februari 2011

Kerja sama Yuk..


Pepatah yang mengatakan, ringan sama - sama dijinjing dan berat sama - sama dipikul adalah mereflesikan suatu Team Work yang solid. Selain beban akan semakin ringan, hasil yang dicapai juga akan semakin optimal. Peranan Team Work sangat besar kontribusinya bagi tercapainya target / goal dari suatu organisasi. Dalam suatu organisasi tanpa adanya Team Work yang tangguh, selain terbuka peluang menuju kegagalan, hasilnya pun tidak akan sesuai dengan yang diharapkan. "Great achievement is usually born of great sacrifice, and is never the result of selfishness" Napoleon Hill. 

Teamwork adalah sebuah sebuah bentuk kerjasama yang terdiri dari beberapa Sumber Daya Manusia yang berasal dari background yang berbeda, berkedudukan sejajar dan sederajat, eksis di sebuah organisasi / perkantoran untuk menjalankan komitment dan meraih tujuan yang sama. Untuk membangun Team Work yang tangguh maka :
  1. VISI DAN MISI. Semua orang yang terlibat dalam Team Work harus benar - benar memahami dan mengerti dengan baik Visi dan Misi organisasi. Jika kondisi ini telah terpenuhi, selain akan menghilangkan sikap curiga / tidak percaya maka tujuan yang ingin dicapai akan semakain mudah direalisasikan karena semuanya telah terfokuskan / terkonsentrasikan dengan baik pada target / goal yang ingin dicapai. "If you chase two rabbits, both will escape" Chinese Proverb. 
  2. SALING PERCAYA. Siapapun yang terlibat dalam suatu Team Work, harus mau membuka diri / transparan. Yang namanya rahasia, sedini mungkin disirnakan. Setiap permasalahan yang timbul, setiap orang dalam Team Work akan berusaha seoptimal mungkin memberikan solusi pemecahan. Jika senang akan sama - sama dinikmati dan begitu juga sebaliknya, jika susah akan sama - sama dipikul. "We make a living by what we get, we make a life by what we give" Winston Churchill.
  3. KESATUAN. Selalu tekankan dalam Team Work bahwa kita adalah satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Ibarat sapu lidi. Jika bersatu akan memberikan manfaat tetapi jika dipisahkan, manfaatnya akan sirna. Ketika ada yang sakit maka spontanitas semua yang terlibat dalam Team Work juga akan merasakannya dan berusaha menyembuhkannya. "If anything goes bad, I did it. If anything goes semi - good, we did it. If anything goes real good, then you did it. That's all it takes to get people to win football games for you" Paul "Bear" Bryant
  4. SALING MENGHORMATI. Dikarenakan Team Work adalah satu kesatuan yang tidak terpisah maka setiap orang yang berada dalam Team Work memiliki fungsi dan peranan yang sangat vital dan penting. Tidak ada satu hal pun yang logis dikatakan bahwa si A, B atau C lebih penting / vital peranannya jika dibandingkan dengan si D, E atau F. Didasarkan oleh kondisi ini maka siapapun yang terlibat dalam Team Work harus saling menghormati dan menghargai. "Coming together is a beginning, staying together is progress, and working together is success" Henry Ford. 
  5. POSITIVE THINKING. Ini adalah salah satu hal fundamental yang harus dimiliki dalam Team Work, yang menilai / menvonis baik tidaknya diri seseorang adalah didasarkan oleh apa yang dia kontribusikan dan bukan semata - mata hanya oleh penampilan luar. "A positive attitude brings strength, energy and initiative" Remez Sasson. 
  6. KERJASAMA. Karena ini adalah untuk kepentingan bersama maka sudah seyogianya bentuk dari kerjasama yang diberikan adalah kerjasama yang tulus dan ikhlas serta tanpa adanya niat - niat terselubung. "A successful team beats with one heart" Unknown. 
  7. RELA BERKORBAN. Makna dari rela berkorban adalah selain korban dalam bentuk materi tetapi juga waktu dan perasaan. Wujud nyata dari rela berkorban ini juga harus tulus dan ikhlas serta tanpa pamrih adanya. Motivasi utama dari perbuatan mulia ini adalah demi kesuksesan bersama dalam suatu team Work. "Individuals play the game, but teams beat the odds" SEAL Team saying.
  8. TANTANGAN DAN RINTANGAN. Kembali, apapun tantangan dan rintangan yang timbul, semuanya akans selalu bersatu padu dalam menanganinya. Tidak seorangpun akan dibiarkan menderita / bahagia sendirian. Semuanya akan selalu dirasakan bersama - sama. "If all my friends were to jump off a bridge, I wouldn't jump with them, I'd be at the bottom to catch them. Everyone hears what you say. Friends listen to what you say. Best friends listen to what you don't say" Tim McGraw
Teamwork yang Baik untuk Customer Service Excellence harus mempunyai prinsip-prinsip Customer-Oriented Service ( Pelayanan yang berpihak kepada keinginan masyarakat / pelanggan).
Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengimplementasikan COS (Customer-Oriented Service) :

  1. Berpikir dan Bertindak sebagai Pelayan, bukan Pesuruh / Boss.
  2. Berpikir dan Bertindak sebagai Pengabdi, bukan Raja / Ratu.
  3. Berpikir dan Bertindak Cepat dan Solutif (memberikan solusi) kepada masyarakat yang sedang membutuhkan pelayanan cepat.
  4. Berpikir dan Bertindak Efisien dan Efektif dalam bekerja.
  5. Flexible dan Mandiri dalam bekerja. 
  6. Pemberi Jalan Penyelesaian, bukan Penghambat dalam mencari penyelesaian. 
  7. Berpikir “Bagaimana Enaknya Solusi Terbaik” ( Think BEST),  bukan berpikir “Bagaimana Prosedur Biasanya yang Dijalani”. 
  8. Selalu terlihat bersahabat dan hangat kepada semua level Customer / Masyarakat yang sedang meminta pelayanan, dalam kondisi apapun.
  9. Selalu sigap dan ringan tangan dalam menyelesaikan tugas.
  10. Tidak menunda pekerjaan dan pelayanan kepada masyarakat.


Dengan dimilikinya Team Work yang tangguh maka apapun yang telah direncanakan akan semakin mudah direalisasikan. "There are three ways to get something done: do it yourself, employ someone, or forbid your children to do it" Monta Crane

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comment Using Facebook