Rabu, 07 November 2012

Darah Rendah


Apa Anda seringkali merasa pusing, lesu, atau depresi? Mungkin Anda sedang mengalami tekanan darah rendah. Orang dikatakan mengalami tekanan darah rendah jika tekanan sistolik (angka atas dalam pembacaan tekanan darah) kurang dari 90 mmHg atau nilai tekanan diastolik (angka bawah dalam pembacaan tekanan darah) kurang dari 60 mmHg.

Penyebab tekanan darah rendah bisa akibat dehidrasi hingga gangguan pada sinyal otak yang mengatur tentang pemompaan darah. Tekanan darah rendah bisa menyebabkan gejala pusing hingga pingsan yang memicu kerusakan jantung, endokrin atau gangguan saraf.

Menyebabkan tekanan darah rendah dapat disebabkan oleh perubahan hormon, pelebaran pembuluh darah, efek samping obat, anemia, hati & endokrin masalah.


Darah mengurangi volume, disebut hypovolemia, adalah paling umum mekanisme yang menghasilkan hipotensi. Ini dapat menghasilkan dari pendarahan, atau kehilangan darah; cukup asupan cairan, seperti dalam kelaparan; atau kerugian fluida yang berlebihan dari diare atau muntah. Hypovolemia yang sering disebabkan oleh penggunaan berlebihan diuretik. Obat lain dapat menghasilkan hipotensi oleh mekanisme yang berbeda.

Penurunan jantung output meskipun volume darah normal, jantung kongestif parah, besar infark miokard, atau bradycardia, sering menghasilkan hipotensi dan dapat dengan cepat kemajuan kardiogenik syok. Aritmia sering mengakibatkan hipotensi oleh mekanisme ini. Beta blockers dapat menyebabkan hipotensi dengan memperlambat denyut jantung dan bintang kemampuan memompa otot jantung. Jenis meditasi dan/atau disiplin mental fisiologis lain dapat membuat sementara hipotensi efek, juga, dan tidak boleh dianggap biasa.

Vasodilasi berlebihan, atau tidak cukup penyempitan pembuluh darah perlawanan (kebanyakan arteriola), menyebabkan hipotensi. Hal ini dapat karena penurunan sistem saraf simpatik output atau peningkatan aktivitas parasimpatik terjadi sebagai akibat dari cedera otak atau tulang atau dysautonomia, kelainan intrinsik dalam sistem otonom berfungsi. Vasodilasi berlebihan dapat juga menghasilkan dari sepsis, asidosis atau obat-obatan, seperti nitrat persiapan, kalsium saluran blocker, angiotensin II reseptor blocker ACE inhibitor. Banyak agen anestesi dan teknik, termasuk tulang belakang anestesi dan agen-agen yang paling inhalational, menghasilkan vasodilasi yang signifikan.

Ciri ciri darah rendah oleh kebanyakan orang akan menunjukkan kondisi umum. Tanda - tanda yang muncul bila orang terkena darah rendah yaitu penglihatannya kabur, kebingungan, pusing, lemah, merasa mual, dan sebagainya.


Sebagai langkah awal mengatasi kurang darah, Anda bisa memilih cara yang lebih alami yaitu dengan mengonsumsi makanan sehat. Dikutip dari Health Me Up, berikut ini lima makanan terbaik mengatasi tekanan darah rendah atau hipotensi.

1. Kacang-kacangan
Penelitian di Harvard Heart Letter merekomendasikan untuk memakan kacang-kacangan karena dapat meningkatkan tekanan darah. Kacang-kacangan dapat dicerna secara perlahan oleh sistem pencernaan. Inilah yang membuat tekanan darah Anda naik. Jadi, jangan lupa memasukan buncis, kacang merah, kacang polong, dan kacang hijau ke dalam daftar menu harian Anda.

2. Air Mineral
Dehidrasi terjadi ketika jumlah cairan di tubuh berkurang dan tidak diganti oleh cairan lain. Berkurangnya jumlah cairan di tubuh turut mempengaruhi nilai tekanan darah, karenanya salah satu cara menaikkan tekanan darah adalah dengan mengonsumsi air. Minum air putih kurang lebih sekitar 8 hingga 10 gelas per hari. Baca juga tentang Khasiat Air Putih DISINI dan DISINI

3. Bayam
Bayam kaya akan kalium dan rendah sodium. Tingkat mineral yang seimbang ini sangat bermanfaat bagi mereka dengan tekanan darah tinggi. Selain itu, folat dalam bayam juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan melemaskan pembuluh darah, dengan demikian mempertahankan kelancaran aliran darah.

4. Daging Ayam
Daging ayam mengandung protein hewani yang dipercaya bisa meningkatkan tekanan darah. Alasannya? Karena tubuh membutuhkan protein untuk membangun sel, termasuk sel dalam pembuluh darah. Pembuluh darah yang lemah akan mempengaruhi aliran dan tekanan darah ke seluruh tubuh. 

5. Roti, Havermut, dan Sereal
Makanan ini memberikan 20 persen zat besi jika Anda mengonsumsinya setiap hari. Gandum membuat badan lebih sehat sehingga perlu dimasukan ke dalam daftar diet Anda. Gandum juga mempunyai banyak kandungan zat besi yang mengurangi risiko Anda terkena risiko tekanan darah rendah.

Untuk mengobati dan mencegah darah rendah, silakan anda simak ramuan tradisional berikut:

Bahan-bahan:
- Kunir / kunyit
- Kuning Telur Ayam Kampung
- Madu
- Anggur (jika ada)

Cara pembuatan:
Parut kunir dan tambah sedikit air, kemudian peras. Kocok telur ayam dan campurkan dengan perasan kunir tadi. Terakhir, Tambahkan sedikit madu dan anggur (jika ada).

Minum ramuan ini secara rutin 2 kali sehari.

Kunci dari semua pengobatan tradisional adalah disiplin dan teratur. Jadi untuk menyembuhkan darah rendah ini diperlukan kedisiplinan dan kemauan yang keras.

Tetapi ada juga tanda - tanda yang muncul ketika hipotensi mulai parah yaitu terlihat ketika berdiri. Salah satu jenis hipotensi yang terjadi dalam beberapa detik ketika ia bangun atau berdiri dinamakan sebagai hipotensi orhostatik. Oranga yang memiliki darah rendah tersebut akan merasakan ingin pingsan, bahkan sampai pingsan beneran seketika ia berdiri atau bangun. Tekanan akan kembali normal apabila orang yang memiliki darah rendah tersebut duduk atau berbaring.

Bisa juga tanda - tanda darah rendah akan muncul ketika seseorang sudah lama berdiri, suasana yang tidak menyenangkan, menjengkelkan dan menakutkan. Namun, tanda - tanda tersebut biasanya tidak lama, dan perlahan - lahan akan menghilang ketika duduk.
Shock dan ciri ciri darah rendah

Hipotensi berat Terkait dengan Shock

Ketika orang mengalami yang namanya shock, maka tekanan darah akan rendah sehingga aliran oksigen ke organ utama tubuh tidak terlaksana, termasuk otak. Tanda-tanda awal dan gejala berkurangnya aliran darah ke otak termasuk kepala ringan, mengantuk, dan kebingungan. Pada tahap awal shock, mungkin sulit untuk mendeteksi tanda tanda darah rendah. Untuk orang tua, biasanya akan mengalami kebingungan apabila mengalami tekanan darah rendah.

Seiring berjalannya waktu, dan semakin buruknya shock, maka orang tersebut akan pingsan. Orang bisa kehilangan kesadaran apabila keadaan tersebut berlanjut. Shock sering fatal jika tidak ditangani segera. Gejala - gejala saat terkena shock akan bervariasi, dan disesuaikan dengan yang menyebabkan shock. Shock disebabkan karena volume darah dalam tubuh rendah (kehilangan banyak darah) sehingga aksi memompa jantung berkurang (gagal jantung). Ciri ciri darah rendah pada kondisi ini antara lain :

  • Kulit menjadi dingin dan berkeringat.
  • Denyut nadi kadang - kadang cepat dan kadang2 lemah.
  • Bernapas dengan sangat cepat.

Bila melakukan relaksasi esktrim maka pembuluh darah akan shock (shock vasodilatory), biasanya memiliki gejala hangat dan memerah pada awalnya. Kulit akan menjadi dingin dan berkeringat, lalu orang akan merasa ngantuk.

Guy's.. Semoga Artikel diatas bermanfaat yach..


3 komentar:

  1. info yang bagus. mohon share yer.. tq

    BalasHapus
  2. Cari Tiket Pesawat dan tiket kapal Online Super Cepat dan murah??
    http://selltiket.com
    Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di http://agenselltiket.com

    INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI:
    No handphone : 085372801819

    BalasHapus

Comment Using Facebook