Kamis, 17 Januari 2013

12 makanan yg menyebabkan rasa ngantuk

Cepat sekali mengantuk di siang hari? Bisa jadi karena Anda kurang tidur semalam, atau karena makanan. Menurut Jacob Teitelbaum, direktur medis di Fibromyalgia and Fatigue Centers, faktor makanan juga bisa membuat Anda terus menerus menguap di siang hari.


12 makanan berikut dapat menyebabkan kantuk. Bagi penderita insomnia, konsumsilah makanan tersebut di malam hari agar dapat tertidur nyenyak. Namun, saat bekerja, sebaiknya jangan menyantapnya karena akan membuat Anda merasa ingin tidur di tengah pekerjaan yang menumpuk. 

Apa saja makanan dan minuman penyebab kantuk ya.? Ada baiknya menghindari memakan berlebih bahan makanan dibawah ini, daftar makanan dan minuman dibawh ini dapat menyebabkan kantuk, tidak berhenti membuat sahabat menguap. Namun makanan ini juga perlu untuk tubuh, pastikanlah porsi yang kita makan sesuai dan habis menjadi energi agar tidak mengantuk.
  1. PisangPisang mengandung potassium dan magnesium, nutrisi yang berfungsi membuat otot rileks secara alami. Apalagi di dalamnya terdapat asam aminotryptophan yang berubah menjadi serotonin danmelatonin di otak. Serotoninadalah neurotransmitter yang menjadikan tubuh rileks, sementara melatonin adalah hormon yang menyebabkan kantuk. Tryptophanmembutuhkan waktu sejam untuk mencapai otak.
  2. Makanan tinggi proteinMakanan kaya protein seperti daging rendah lemak, keju, atau telur membantu cepat tidur. Selain itu, protein juga dapat melawan acid reflux, gejala yang membuat dada terasa terbakar di malam hari sehingga menyebabkan susah tidur.
  3. Almond. Selain kaya protein, almond juga mengandung magnesium yang memudahkan tidur dan membuat otot rileks.
  4. Susu. Susu hangat ampuh untuk menimbulkan kantuk. Minuman ini kaya tryptophan yang berefek menenangkan. Apalagi susu kaya akan kalsium yang membantu mengatur produksi melatonin.
  5. Ceri. ceri adalah salah satu sumber alami melatonin. Jika sulit mencari ceri segar, Anda dapat mengonsumsi jus ceri atau ceri kering. Makanlah sejam sebelum tidur.
  6. Teh. Semua jenis teh yang tidak mengandung kafein memiliki efek menenangkan sehingga membuat mengantuk. Begitupula dengan teh herbal dengan rasa yang lembut. Namun, yang paling ampuh adalah teh hijau karena mengandung theanine, zat yang mempermudah tidur nyenyak.
  7. Oatmel. Semangkuk oatmeal mengandung kalsium, magnesium, fosfor, silikon, dan potassium yang membantu tidur lelap. Namun, hindari menggunakan pemanis karena justru akan membuat mata kembali segar. 
  8. Sarapan manis-manisGula dan karbohidrat sederhana mungkin bisa meningkatkan energi, tapi bisa menurunkannya juga dengan cepat. Penurunan gula dalam darah yang terlalu drastis mengakibatkan tubuh lemas dan sering menguap guna mendapatkan oksigen lebih banyak untuk pembakaran energi. Hindari makanan manis seperti donat atau kue-kue manis lainnya karena bisa menurunkan produksi zat kimia dalam otak yang berfungsi membuatnya tetap 'menyala'.
  9. Minuman berenergiMinuman khusus seperti ini biasanya mangandung gula tinggi dan juga kafein. Beberapa lama setelah minum, gula darah kembali turun dan menyebabkan kehausan dan tenaga kosong. Lebih baik konsumsi air putih jika lain kali kehausan daripada minum minuman penambah energi tapi jadi malas dan mengantuk. 
  10. Makanan berlemakTeorinya sederhana, lemak lebih susah dicerna. Organ pencernaan membutuhkan waktu 6 hingga 8 jam untuk mencernanya, oleh karena itu jika tubuh tidak punya persediaan energi yang lain kemungkinan Anda akan merasa lemas dan mengantuk. Makanan berlemak juga diketahui bisa menyebabkan kemampuan mengingat berkurang. 
  11. Makanan rendah zat besiadalah zat pembangun energi dan kalori. Anda akan merasa lelah jika kekurangan zat tersebut. Konsumsi paha ayam lebih baik dalam meningkatkan zat besi ketimbang bagian dadanya. Daging merah juga tinggi zat besi tapi lebih banyak kolesterol. Labu juga diketahui mengandung zat besi tinggi yang bisa dimakan sebagai camilan di sore hari. 
  12. Anggur merahSegelas anggur ketika makan malam mungkin terdengar enak bagi sebagian orang. Tapi asal tahu saja, alkohol bisa menyerap energi dari tubuh karena mengandung melatonin yang tinggi, yaitu hormon yang memproduksi rasa kantuk. Tapi jangan pernah gunakan alkohol sebagai obat tidur.

1 komentar:

Comment Using Facebook