Selasa, 15 Januari 2013

Makanan Pedas dan Dampak Negatifnya.

Pada artikel sebelumnya, penulis pernah menjelaskan tentang "Cabe dan Manfaatnya". Tapi kali ini akan membahas tentang makanan pedas. Selera dan cita rasa makanan semua manusia memang berbeda, apalagi hal ini bersangkutan dengan sumber kekayaan hayati masing-masing negara. Makanan pedas dan hangat, memiliki cita rasa tersendiri di setiap lidah manusia, tentu saja selalu menggugah nafsu makan. Berikut adalah beberapa makanan pedas yang terdapat di berbagai negara:

1. Sambel Ulek, Indonesia.
Sambel ini hanyalah suplemen pelengkap saja, yang selalu tersedia di meja-meja makan orang Indonesia. Bumbu dan ramuan dasar sambel ini bisa terdiri lebih dari dua jenis cabai, bahkan 10 kali lipat lebih pedas dari cabai “mata burung” Thailand. Bagi turis asing, khususnya kulit putih (caucasian), mengomentari bahwa setelah memakan sambel ulek ini, lidah mereka terasa terbakar.

2. Vindaloo, India
Vindaloo, sejenis sup kari yang sangat pedas, bayangkan saja kompisi bahan yang terdiri diri saus mustard, cabai kering, ketumbar, jahe, dan adas. Tidak sampai disitu saja, elemen utamanya daging kambing ataupun ayam, dimasak terlebih dahulu menggunakan bumbu-bumbu yang memiliki karakter pedas, cabai dan sebagainya.

3. Wot, Ethiopia
Banyak orang yang tidak menyangka bahwa kuliner di negara-negara Afrika tidak memiliki kepedasan, yang seliar alamnya. Eththiopia adalah salah satu negara Afrika yang dikeanl dengan masakan wotnya.  Wot yang lezat ini terdiri dari bawang putih dan merah, jahe, dan barbere (campuran cabai dan merica), dengan kuah kaldu ayam ditambah beberapa telur ayam.

4. Lobak Merica Sichuan, China
Secara umum hidangan ini berupa salad ringan yang disajikan dengan cara berbeda. Lobak yang ditaburi merica sinchuan dan beberapa potongan cabai, sehingga memiliki rasa yang unik di lidah, manis, pedas, dan renyah.


5. Papa A La Huancaina, Peru
Hidangan berupa salad kentang rebus, daun selada, zaitun hitam, biji jagung, dan telur rebus.  Semakin menambah selera dengan ditambahkan saus Huancaina,  yang terbuat dari keju, susu kental, garam, dan cabai Cili, Amarillo, yang sangat pedas.

JIKA Anda termasuk penyuka makanan pedas, sepatutnya Anda berbahagia. Pasalnya, bukan hanya memberikan sensasi saat menyantapnya, makanan pedas juga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan. Mau tau apa saja? Berikut di antaranya seperti yang dikutip dari Zeenews. 
  • Baik bagi kesehatan jantung. Cabai memiliki kandungan vitamin a, vitamin C, dan bioflavinoids. Kandungan ketiganya mampu memperkuat pembuluh darah, membuatnya elsatis dan lebih mampu menyesuaikan diri dengan fluktuasi tekanan darah. Fungsi lainnya, ketiganya mampu menurunkan kolesterol, dan mengurangi jumlah fibrin dalam darah. 
  • Meredakan rasa sakit dan mengurangi peradangan. Capsaicin, yang merupakan komponen utama dalam cabai, menghambat Substance P, suatu zat yang berhubungan dengan proses inflamasi, yang menyebabkan sakit kepala, migrain, dan juga sinus. Capcaisin diketahui juga merangsang pelepasan endorfin yang membunuh rasa sakit akibat peradangan dan juga rasa sakit. 
  • Melancarkan hidung tersumbat. Saat Anda menderita hidung mampet, mengonsumsi makanan berkuah pedas sepatutnya bisa menjadi alternatif yang menyenangkan. Rasa panasnya merangsang sekresi dengan cara membantu dalam membuka saluran pernapasan Anda yang tersumbat cairan. Kandungan dalam cabai juga mengandung antibakteri yang membantu melawan infeksi sinus kronis. 
  • Menyukseskan program diet. Studi menunjukkan bahwa capsaicin dapat membantu mempercepat metabolisme dan mengurangi jaringan lemak. 
  • Menyingkirkan kanker prostat. Menurut peneliti, capsaicin yang ditemukan dalam cabai mampu mematikan sel-sel ganas penyebab kanker, terutama kanker prostat. 
  • Menurunkan kadar gula darah. Sebuah studi telah menunjukkan bahwa makan cabai dapat membantu mengontrol kadar insulin setelah makan, bahkan hingga 60 persen. 
Tunggu apalagi, tidak ada alasan untuk menyingkirkan makanan pedas sebagai menu makan Anda. Selain menambah selera makan, rasa pedasnya ternyata memberikan banyak kontribusi terhadap kesehatan Anda


Berikut ini 7 Bahaya Makanan Pedas :
  • Makanan pedas mengakibatkan kerusakan dinding lambung. Ini dikarenakan, jenis makanan yang pedas merupakan kombinasi asam dan terlalu banyak asam masuk keperut, maka menyebabkan kerusakan dinding lambung anda. 
  • Makanan pedas mengakibatkan penyakit Gastritis atau maag akut. Gejala gastritis yaitu seperti muntah, mual-mual, diare. 
  • Makanan pedas mengakibatkan penyakit Ulkus Gaster atau tukak lambung. Gejala yang Nampak, ketika anda terkena penyakit ini yaitu perut serasa terbakar, gejala mual-mual, muntah-muntah. 
  • Makanan pedas mengakibatkan anda terkena insomnia atau susah tidur pada malam hari. Sehingga sebaiknya anda tidak memakan makanan pedas di saat malam hari. Karena istrihat anda tidak akan nyaman. 
  • Makanan pedas mengakibatkan anda akan kehilangan nafsu makan. Jadi usahakan untuk mengurangi makanan yang berasa pedas untuk kesehatan tubuh anda. 
  • Makanan pedas mengakibatkan berat badan anda semakin menurun. Jadi kurangi atau hilangkan dari kebiasan memakan makanan yang pedas jika anda ingin agak gemuk atau anda yang tergolong kurus. 
  • Makanan pedas mengakibatkan anda terkena serangan sakit kepala dari dampak penyakit gastritis. Karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas tersebut. 



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Comment Using Facebook