Kamis, 17 Januari 2013

Mandi Hujan

Disaat hujan datang dengan deras, disaat itu pula lah "Saatnya Mandi hujan". Senang, basah kuyup, dingin n menyenangkan. Itulah sekilas gambaran disaat kita sedang mandi hujan. Tapi, apakah mandi hujan itu menyehatkan atau malah membuat tubuh menjadi sakit.? Apakah kita selaku orang tua, mengizinkan atau malah melarang anak2 kita untuk mandi hujan.? Anak Boleh Mandi Hujan, Asal Ketahanan Tubuh Baik . Anak-anak yang senang main hujan atau di tempat becek, menurut ilmu medis atau kesehatan, boleh saja, asal anak tersebut memiliki ketahanan tubuh yang baik sehingga tidak gampang terserang penyakit.



Untuk itu, perlu diperhatikan bahwa anak tersebut tidak pada  kondisi sakit, harus memiliki gizi yang cukup, dan minum air yang banyak. Kecuali pada kondisi hujan panas yang dapat menimbulkan uapan, sehingga dapat masuk ke dalam tubuh melalui pernapasan, akibatnya bisa sakit. Selain itu, setelah selesai bermain air hujan atau tempat becek/kumuh, harus bersihkan diri dengan sabun mandi yang mengandung antiseptik untuk menghindari kuman, agar tetap aman dari ancaman bibit penyakit yang disebabkan oleh virus, bakteri, jamur, dan parasit.

Air hujan memiliki suhu dibawah rata-rata dari air tawar lainnya. Sehingga bisa membuat badan menggigil kedinginan, walaupun hanya terkena air hujan beberapa saat saja. Bahkan bisa mengaklibatkan flu, batuk, dan meriang. Tapi walau demikian,air hujan ternyata berguna untuk beberapa hal pada tubuh manusia.

Untuk menghindari penyakit yang ditimbulkan akibat banjir, seperti Demam Berdarah Dengue (DBD), leptospirosis, demam tifoid, flu, dan diare, masyarakat hendaknya selalu menjaga kebersihan lingkungan di sekitarnya, terutama pada saat air banjir sedang surut. Karena ketika surut, biasanya terjadi penguapan yang dapat mengganggu kesehatan.
  1. Anak-anak tak pernah mengeluhkan cuaca yang buat sebagian orang tua menjadi penghambat dan masalah. Mereka menjadikan hujan sebagai “sahabat” yang menyenangkan untuk bermain. Turun hujan adalah saat mereka bersyukur karena belum tentu akan dating kesempatan main hujan kembali.
  2. Dengan mandi hujan, anak-anak berusaha melakukan adaptasi terhadap lingkungan bukan menghindarinya. Bagi anak-anak yang sering mandi hujan, tubuhnya akan terbiasa dan mereka memiliki daya tahan yang lebih dalam menghadapi lingkungan khususnya cuaca.
  3. Anak-anak menjadi lebih kreatif dan aktif ketika senang dengan hujan. Saat mandi hujan, mereka bisa berekpresi bebas, melompat, berbecek ria, menari, berteriak dan berlari meluapkan kebebasan. Mereka bisa melupakan sejenak aktifitas permainan yang membuat tubuh malas bergerak seperti menonton atau main game.
  4. Setelah mandi hujan, mereka terbiasa untuk segera mandi. Ini berguna agar anak-anak bisa memahami makna keseimbangan antara bermain dan kewajiban menjaga diri agar tetap sehat.
  5. Menghilangkan bau amis Kalau kita habis makan ikan atau daging, terkadang bau amis pada telapak tangan sulit untuk hilang walaupun kita cuci tangan pakai sabun. Nah salah satu manfaat air hujan adalah dapat menghilangkan bau amis. Coba saja sobat netter cuci tangan pakai air hujan, pasti bau amis pada jari tangan kita akan hilang, meskipun tanpa menggunakan sabun.
  6. Pengejutan system syaraf pada tubuh Seperti pada pijat reflfeksi, pola dasarnya adalah pengejutan system syaraf yang terletak dibawah jaringan kulit. Kalau kita mandi air hujan selama 10 menit saja, maka ribuan butir air hujan akan memukul kita. Pukulan air hujan tersebut dapat mengejutkan ribuan system syaraf yang tersebar di seluruh tubuh. Apalagi kalau kita mengendarai sepeda motor dengan kaca helm terbuka, pukulan air hujan pada wajah kita akan terasa lebih keras, ternyata itu seperti sebuah pijatan yang mujarab dapat melancarkan peredaran darah pada wajah.
  7. Menghilangkan toksin ( racun ) pada tubuh Dengan melarutkan garam pada air hujan segar, lalu rendamlah telapak kaki kita selama ± 15 menit. Lakukan secara rutin setiap kali turun hujan. Usahakan air hujan murni yang digunakan. Yang dimaksud dengan air hujan murni adalah air hujan yang langsung ditampung pada wadah tanpa melewati media lain. Simpan wadah penampungan air hujan pada tempat terbuka, supaya air hujan dari langit langsung masuk ke wadah penampungan, tanpa melewati genteng atau talang.
Dan masih banyak, manfaat dari air hujan. Pada artikel sebelumnya, penulis pernah menjabarkan secara singkat tentang "air hujan dan manfaatnya". 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comment Using Facebook